25 Jenis-Jenis Tanaman Hias Daun Untuk Taman

Jasa Tukang Taman Surabaya. Kesempatan kali ini akan kami posting tentang jenis-jenis tanaman hias daun yang bagus untuk ditanam di taman rumah anda. Ada jenis tanaman hias daun kecil dengan ciri-ciri tersendiri yang bagus untuk ditanam pada area outdoor.

Adapula jenis tanaman hias daun untuk indoor, lain halnya dengan jenis tanaman hias batang yang sudah kami ulas pada postingan sebelumnya. Tanaman hias daun mempunyai daya tarik keindahannya pada daun bukan terletak pada bunganya.


Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang 25 Jenis-Jenis Tanaman Hias Daun Untuk Taman

Tanaman hias daun juga adalah salah satu primadona di kalangan pecinta tanaman hias. Bentuk daunnya yang unik, menarik, dan juga mempunyai corak – corak khusus, itu yang menjadi alasan kenapa tanaman hias daun amat diminati dan juga banyak dicari oleh pecinta tanaman di tanah air. 

Tanaman hias ini layak juga dipadukan dengan bunga – bunga yang telah menjadi penghias pelataran maupun ruangan rumah Anda. Berikut ini ialah 25 Jenis-Jenis Tanaman Hias Daun Untuk Taman antara lain :


1. Aglaonema 

Aglaonema juga diketahui dengan nama populer sri rejeki. Adalah tipe tanaman yang gampang ditanam dan juga gampang dirawat. Tanaman ini yaitu tipe tanaman hias daun outdoor, yang memerlukan sinar sang surya yang cukup, walaupun tidak secara langsung. 
Baca juga 10 Macam Jenis Bunga Aglaonema Paling Populer
Peletakan di dalam garasi, maupun di selasar rumah yaitu lokasi yang sesuai untuk tanaman daun yang satu ini. Kecuali itu, tanaman hias daun aglaonema ini juga gampang layu dan juga kering di musim kemarau, dan saat berada pada ruangan yang terlalu panas.

Hasil gambar untuk aglonema


2. Tanaman Hias Gelombang Cinta

Nama yang diberi sangatlah unik dan juga menarik. Gelombang cinta yaitu salah satu tanaman yang pantas dengan namanya, mempunyai format yang unik dan juga menarik.

Tanaman ini menurut kami jasa tukang taman surabaya diketahui sebagai anthurium ini mempunyai wujud daun yang lebar dan juga unik, berbeda dengan daun pada ragam bunga dan juga tanaman hias lainnya.
Baca juga 10 Jenis Tanaman Hias Merambat Cepat Tumbuh
Hal inilah yang membikin tanaman anthurium ini pada masa kejayaannya mempunyai harga jual yang sungguh-sungguh tinggi, sedangkan pada saat ini sudah tidak trend lagi.




3. Tanaman Hias Kastuba

Kastuba atau yang lebih diketahui sebagai poinsettia. Tanaman yang tak jarang dihubungkan dengan suasana natal. Hal ini bukan tanpa alasan, kombinasi hijau daun dan merah pada komponen pucuk yang benar-benar menandakan suasana natal.




4. Tanaman Hias Daun Kuping Gajah

Warna daun dari tanaman hias daun telinga gajah ialah berwarna hijau tua dengan urat-urat hijau muda keputih-putihan. Tanaman ini mempunyai energi pikat yang berasal dari wujud-format daunnya yang istimewa.

Perawatan tanaman ini juga terbilang lebih gampang, sebab perhatian cenderung cuma tertuju pada daunnya saja. Anthurium cuma memerlukan sedikit cahaya sang surya.




5. Tanaman Hias Keladi Red Star

Bagi anda pecinta tanaman hias maupun gemar menanam tanaman hias untuk mempercantik rumah anda, tanaman hias yang satu ini pastinya telah tak asing lagi.

Tanaman yang kami maksud disini yaitu tanaman keladi hias. Keladi ialah sekelompok tumbuhan yang berasal dari genus Caladium (suku talas-talasan, Araceae). Tanaman hias keladi ini berasal dari hutan Brazil tetapi kini telah tersebar ke beragam penjuru belahan dunia. (Wikipedia)
Baca juga 25 Jenis Tanaman Yang Membutuhkan Air Sedikit
Dari info yang kami jasa tukang taman surabaya dapat. Tanaman keladi merupakan ragam tanaman hias yang mengandalkan kecantikan dan keindahan dari daunnya pada musim-musim tertentu. Pada musim kemarau tanaman ini akan mengalami masa rehat selama 4-5 bulan.

Pada masa rehat ini, kecantikan daun yang dimilikinya akan sedikit berkurang. Daun keladi ada yang berwarna kombinasi merah, oranye, putih, hijau, perak, atau berwarna putih hingga merah



6. Tanaman Hias Puring

Tanaman Puring memiliki nama ilmiah adalah Codiaeum variegatum termasuk dalam keluarga Euphorbiaceae. Golongan tanaman semak kekal yang awam tumbuh di hutan dan juga semak belukar malah tanaman ini dapat tumbuh tinggi menempuh 3 meter. Banyak tersebar di Indonesia, Malaysia, Australia pun hingga kepulauan Barat Samudera Pasifik.



7. Tanaman Hias Pucuk Merah

Pucuk merah (Syzygium oleana) yaitu salah satu tanaman hias daun pembatas atau pohon peneduh yang tak terlalu tinggi, untuk masa popularitasnya dari dahulu naik sampai saat sekarang masih banyak peminatnya. 
Baca juga Jual Tanaman Pucuk Merah Di Surabaya
Bisa ditemui dimana-mana, keunikannya yakni tiap-tiap tunas yang baru tumbuh pasti berwarna merah, sehingga disebut pucuk merah. Lebih lengkapnya seputar tanaman pucuk merah bisa dibaca pada deskripsi produk biji atau bibit pucuk merah.



8. Tanaman Hias Suplir

Suplir ialah tumbuhan paku populer untuk penghias ruang atau taman yang termasuk dalam marga Adiantum, yang tergolong dalam anak suku Vittarioideae, suku Pteridaceae

Suplir memperbanyak diri secara generatif dengan spora yang berlokasi pada komponen tepi sisi bawah daun yang telah dewasa. Tanaman Suplir (Adiantum sp.) mempunyai sekitar 200 spesies dalam keluarga Pteridaceae
Baca juga 5 Jenis Tanaman Hias Untuk Ruagan Tertutup
Dari sumber yang kami jasa tukang taman surabaya dapat. Ada beberapa peneliti memasukkan Adiantum dalam keluarga Adiantaceae. Berasal dari Amerika dan kawasan Andes yakni daerah dengan jumlah spesies terbanyak. Tanaman ini menyenangi tanah dengan banyak kandungan humus, lembab dan drainase yang baik. 

Dapat tumbuh di tanah datar sampai dinding batu. Banyak variasi yang dikenal tumbuh pada dinding batu di sekitar air terjun dan tempat rembesan air.




9. Tanaman Hias Spider Plant

Spider plant (Chlorophytum comosum) kerap kali disebut airplane plant atau ‘hen and chickens’, yakni tanaman herba perennial yang berasal autentik dari Afrika komponen tropis, dan kini telah mendunia sebagai tanaman rumahan (indoor) populer sebab corak daun unik dan gampang hidupnya. 
Baca juga 43 Jenis Tanaman Hias Indoor Dan Outdoor
Kecuali ditempatkan indoor, spider plant juga kuat diterpa panas terik sang surya sepanjang hari di dataran rendah. Anda juga dapat menanamnya di pot gantung




10. Tanaman Hias Calatea

Tanaman Calathea (Calathea sp.) tergolong ke dalam keluarga Marantaceae. Berasal dari kawasan tropis Amerika, banyak jenisnya yang popular sebagai tanaman hias dalam pot sebab daun sangat cocok untuk dekoratif ruangan. 

Pada sebagian spesies, tanaman ini disukai sebab bunganya yang warna warni. Di daerah asalnya, daun yang besar dan kuat dipergunakan untuk membungkus benda kecil. Malahan ada yang diterapkan sebagai pembungkus ikan selama pengiriman di kawasan Brazil. 
Baca juga 10 Jenis Bunga Hias Yang Bagus Untuk Taman Minimalis
Di daerah lain, dipakai sebagai bahan kerajinan wadah tradisional. Calathea ornata mempunyai nama populer prayer plant atau peacock plant. Tanaman ini mempunyai daun-daun yang benar-benar indah. 

Tanaman yang berasal dari kawasan tropis america ini dimanfaatkan sebagai tanaman hias dalam ruang ataupun luar ruangan. 

Calathea ini tumbuh dalam rumpun, yaitu tanaman herbaceous menahun dengan batang yang lunak. Tunas tanaman berasal dari akar rimpang atau umbi yang berlokasi di bawah permukaan tanah




11. Tanaman Hias Tanduk Rusa/Simbar Menjangan

Simbar menjangan (Platycerium bifurcatum) yakni species pakis-pakisan yang berasal absah dari Pulau Jawa di Indonesia, New Guinea, dan Australia selatan-timur. 

Tanaman ini sering kali ditemukan tumbuh di hutan liar terlebih hutan hujan. Tinggi tanaman dapat menempuh 90 cm, dengan lebar 80 cm, di Indonesia disebut paku tanduk rusa sebab daunnya mirip seperti tanduk rusa. 
Baca juga Dasar Teori Menanam Daun Tanduk Rusa
Ragam ini yaitu simbar menjangan pada lazimnya, dimana yang daunnya seperti danduk dan juga jatuh berjumbai. Ada juga variasi paku tanduk rusa atau simbar menjangan yang tegak (tak jatuh daunnya)




12. Tanaman Hias Palem Zamia

Zamia furfuracea tampak mirip dengan zamioculcas yang umumnya juga disebut zamia culcas, melainkan jangan hingga terkecoh cuma sebab kemiripannya. 

Kedua ragam tanaman ini berbeda. Zamia kelihatan lebih ‘kering’ dan daunnya tak mengkilap seperti zamioculcas, sehingga disebut juga zamioculcas kering. Zamia adalah tanaman cycad yang berasal autentik dari Provinsi Veracruz di Meksiko. 
Baca juga 20 Jenis Tanaman Hias Batang Disertai Gambar
Menurut kami jasa tukang taman surabaya. Tanaman ini yaitu tanaman gurun, walaupun bukan termasuk palem (Arecaceae), macam pertumbuhannya betul-betul mirip palem, sehingga acap kali disebut cardboard palm

Kecuali itu zamia juga mempunyai nama lain seperti cardboard cycad, cardboard plant, mexican cycad, jamaican sago, dan cardboard sago. Dahan batang daun zamia cuma 20 cm dan variasi pertumbuhan tak setegak zamioculcas, melainkan lebih ke arah samping. 

Daunnya nampak seperti kartu sebab agak rata dan rapi, daun tekstur keras dan kerasnya juga seperti kartu (sehingga disebut cardboard). Indah seperti tanaman purbakala dan amat bendung kering.




13. Tanaman Hias Bromelia

Banyak ragam Bromeliad yang memaksimalkan struktur tumpang tindih komponen dasar daun sehingga dapat menaruh air. Tanaman Bromelia (Bromelia sp.) yaitu tanaman yang masuk keluarga Bromeliaceae. 
Baca juga 4 Tips Cara Mudah Dan Tepat Merawat Bromelia
Tipe tanaman ini tersebar luas di wilayah Amerika Latin dan West Indies. Sebagian ragam mempunyai daun yang bercorak aneka warna sehingga menarik untuk dibudidayakan sebagai tanaman hias daun. 

Kebanyakan tanaman ini tumbuh dengan daun roset tanpa batang. Tanaman Bromelia memerlukan media tanam yang kencang buang air sebab akarnya tak bendung dengan genangan air yang dapat menyebabkan busuk.




14. Tanaman Hias Kadaka

Tanaman Kadaka Osaka yakni salah satu tanaman hias yang tak jarang diciptakan sebagai penghias taman. Tanaman ini juga kerap kali disebut dengan tanaman pakis sarang berdaun keriting. 
Baca juga Manfaat Tanaman Hias Paku Sarang Burung Kadaka 
Kebanyakan orang menyimpan tanaman ini di halaman depan dengan metode digantung di dinding supaya menambah kesan kesegaran di rumahnya.




15. Tanaman Hias Lidah Mertua/(Sansevieria trifasciata)

Lidah mertua atau mother in law’s tongue (Sansevieria trifasciata) adalah tanaman perennial yang berdiri tegak kelihatan kokoh, dengan daun berwarna hijau gelap, pinggir daun berwarna kuning.

Lidah mertua banyak ditanam di tempat perkotaan sebab betul-betul baik meresap polusi atau racun membahayakan yang terkandung dalam udara.
Baca juga 10 Pohon Penyerap Polusi Terbaik
Tanaman ini termasuk tanaman indoor pembersih udara paling ampuh sebab kecakapannya dalam mengabsorpsi zat-zat membahayakan telah digambarkan betul-betul tepat sasaran, khususnya asap rokok.

Tanaman lidah mertua mempunyai rimpang, sanggup menaruh air dalam jumlah banyak dalam segala komponen tubuhnya (seperti sukulen lainnya – lidah mertua tergolong sukulen), kapabel hidup di tempat yang amat kering maupun tandus sekalipun.

Seluruh genus tanaman Sansevieria unik sebab mempunyai jangka keperluan sinar yang lebar sekali, dari amat minim hingga sinar melimpah bahkan bisa ditoleransi dengah benar-benar bagus.




16. Tanaman Hias Alokasia

Dari sumber yang kami jasa tukang taman surabaya dapa tanaman alocasia silver yakni tanaman alocasia dengan warna daun tak umum atau eksotis, yakni perak atau silver. Format dan ukuran daun hampir sama dengan alocasia pada biasanya, melainkan yang membuatnya istimewa yaitu warna daunnya yang berwarna silver.




17. Tanaman Hias Diaffenbachia/Daun Bahagia - Beracun Jika Tergigit

Jangan tertipu oleh namanya, tanaman hias yang awam diletakkan di pot ini mempunyai efek yang amat tak membahagiakan seandainya tergigit.

Mempunyai nama ilmiah Dieffenbachia, dan disebut Dieffenbachia dalam bahasa Inggris, tanaman ini berasal dari tempat tropis Meksiko dan Argentina.
Baca juga 10 Jenis Bunga Yang Harum Di Indonesia
Kandungan kristal Calcium Oxalat yang beracum ada di sel tanaman ini, dan terkandung pada komponen getah dan batangnya. Apabila si kecil-si kecil atau binatang peliharaan tidak sengaja menggigitnya, akan mengakibatkan gatal luar umum pada kulit dan kejang-kejang.

Seandainya racun telah mengenai tenggorokan, hasilnya ialah gangguan saluran pernapasan yang mengakibatkan kematian.




18. Tanaman Hias Philodendrons

Tanaman Philodendron (Philodendron sp.) ialah marga besar dengan 489 spesies dalam keluarga Araceae. Tanaman ini banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias dan indoor (dalam ruangan).

Umumnya kehidupan tanaman ini diawali di atas kanopi pohon di mana biji mulai berkecambah. Tanaman kemudian bertumbuh secara epifit.

Saat menempuh umur dan ukuran tertentu, Philodendron mulai memproduksi akar udara tumbuh menuju dasar hutan. Berikutnya mereka mengambil gizi segera dari tanah.




19. Tanaman Lemon Lime Draceana

Dracaena ‘Lemon Lime’ (Dracaena deremensis var. Lemon Lime) adalah tipe tanaman hias daun dari genus Dracaena yang menjadikan daun berbentuk seperti pedang, dengan warna daun hijau dan variegata atau belang kuning.
Baca juga 15 Tanaman Hias Bunga Kuning
Daunnya yang berwarna cemerlang dapat membikin suasana ruangan jadi cemerlang dan menarik perhatian sebab tanaman ini dapat menempuh tinggi 150 hingga 200 cm dikala dewasa, dan daunnya dapat menempuh panjang 70 cm.

Tanam dracaena lemon lime di pot, tempatkan di dekat jendela, siram cuma dikala tanah dirasa telah sungguh-sungguh kering. Dracaena termasuk tanaman bendung banting dan layak sekali untuk tanaman indoor.




20. Tanaman Hias Wali Songo ( Schefflera )

Tanaman Walisongo ini sesungguhnya mempunyai nama autentik Schefflera. Sebab nama aslinya cukup sulit dilafalkan, orang Indonesia awam menyebutnya sebagai tanaman walisongo. Tidak ada yang tahu kenapa tanaman ini populer dengan sebutan demikian.

Yang terang, tanaman ini betul-betul layak di tanam di dalam ruangan. Dia termasuk tanaman hias dalam ruangan yang menawan. Schefflera betul-betul mudah dikenali sebab ciri-ciri fisiknya yang mencolok.
Baca juga Pohon Beringin Kecil Sebagai Tanaman Dalam Ruangan (indoor)
Daun tanaman ini berbentuk oval dengan warna yang benar-benar mengkilap jika apabila terkena cahaya sang surya. Tanaman ini benar-benar kokoh sebab tak gampang berdebu.

Kecuali menonjol kuat, tanaman ini juga sanggup mengabsorpsi racun membahayakan seperti formaldehida, toluene, dan benzene. Tanaman ini betul-betul bagus diletakkan di zona yang acap kali terkena asap rokok.




21. Tanaman Hias Keladi Tengkorak

Keladi tengkorak (Alocasia cuprea) ialah tanaman hias keladi dengan wujud daun yang menarik, rusuk daun tampak sungguh-sungguh terang sehingga dikatakan sebagai ‘tengkorak’. Salah satu keladi dengan daun besar, meski tanamannya pendek. 

Di Indonesia namanya memang cukup menyeramkan, melainkan di luar negeri lumayan lucu, Alocasia cuprea dinamai elephant’s ear atau kuping gajah. 




22. Tanaman Hias Hangjuang/Andong Merah

Kami jasa tukang taman surabaya menyebutnya dengan bunga delman atau lazimnya disebut hanjuang (Cordyline sp) yaitu tanaman hias daun dari genus Cordyline, tanamannya perdu dan bercabang, tingginya sekitar 2-3 meter. 

Daunnya unik sebab berwarna merah agak gelap hingga menonjol seperti hitam. Pantas sebagai penghias taman, apalagi kereta kuda juga keperluan sinar sejuk sehingga sesuai dibuat tanaman hias dalam ruangan. 

Toleran kepada kering, tak butuh perawatan ekstra, tergolong golongan badung. Dokar memrah juga dapat jadi tanaman obat untuk melancarkan darah yang membeku kalau ada benturan, menyejukkan darah, dan menghentikan pendarahan. 




23. Tanaman Hias Sente Kipas

Pisang kipas (Ravenala madagascariensis) pada lazimnya di luar negeri dikenali sebagai traveller’s tree atau traveller’s palm, yakni species tanaman absah dari Madagaskar. Sedangkan namanya disebut traveller’s palm, tanaman ini bukan termasuk kategori tanaman palem. 

Di Indonesia disebut pisang kipas sebab format tanaman menyerupai pohon pisang, dengan daun-daun yang menyusun seperti kipas, tapi bukan juga yakni tanaman pisang-pisangan atau dari genus 

Musa, tetapi dari genus Ravenala (species tunggal dalam genus hal yang demikian, dan berkerabat dengan bunga bird of paradise, adalah famili Strelitziaceae. 




24. Tanaman Hias Paku Hati ( Selaginella sp.)

Tanaman Pakis atau Paku yaitu salah satu dari sekitar 10.560 spesies yang menjadi member golongan tumbuhan vaskular yang bereproduksi lewat spora dan tak mempunyai bunga atau biji. Mereka telah mempunyai batang bercabang dan daun. 

Tanaman ini tersebar ke segala dunia, selain daerah-daerah dengan salju kekal. Secara ekonomis, tanaman ini tak mempunyai peran signifikan. Sebagian tipe dioptimalkan sebagai tanaman lanskap, daun potong dan tanaman hias




25. Tanaman Hias Kuncir Merah/Erpah Merah

Tanaman erpah kerap di pakai sebagai pohon pembatas atau tanaman pagar pagaran yang mempunyai karakter hampir mirip dengan tanaman teh tehan bagi anda yang mau menanam tanaman erpah di halaman rumah anda. Dengan ukuran tanaman tinggi 10-15 cm.


Itulah tadi 25 Jenis-Jenis Tanaman Hias Daun Untuk Taman, semoga dapat menjadi alternatif anda yang mencari ide jenis tanaman hias untuk ditanam di taman anda menurut versi kami jasa tukang taman surabaya. 

Sebab kecuali sebagai tanaman hias, manfaat lain yang lebih penting merupakan untuk menjaga ruangan anda konsisten bersih dan teduh sehingga kesehatan lingkunagn kita tetap terjaga.