Adsen Bawah Navi

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

Konten [Tampil]
Jasa Tukang Taman Surabaya. Artikel ini bisa dijadikan referensi tentang 20 jenis tanaman hias yang memiliki batang keras yang bisa anda jadikan elemen landscape pada taman anda. Karena memang ada beberapa jenis jenis tanaman batang keras ada juga yang lunak, selain itu juga ada jenis tanaman hias daun.

Sehingga kemungkinan tanaman hias batang untuk pembudidayaannya bisa dengan tehnik cangkok atau juga stek yang langsung dapat ditanam dengan batangnya yang biasanya jenis tanaman hias untuk outdoor maupun indoor.

Berikut nama jenis tanaman hias batang dan nama latinnya, kami juga sedikit sertakan macam-macam tanaman hias dan gambarnya. Namun dari keterbatasan kami tidak menjelaskan tentang macam-macam tanaman hias dan manfaatnya

Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang 20 Jenis Tanaman Hias Batang Keras Untuk Taman

Tanaman hias meliputi seluruh tumbuhan, bagus berbentuk terna, merambat, semak, perdu, maupun pohon, yang sengaja ditanam orang sebagai bagian taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, bagian riasan/busana, atau sebagai bagian karangan bunga.

Bunga potong malah bisa dimasukkan sebagai tanaman hias. Dalam konteks awam, tanaman hias ialah salah satu dari pengelompokan menurut fungsi dari tanaman hortikultura.
Baca juga 6 Cara Mudah Menata Taman Minimalis
Komponen yang dimanfaatkan tak semata bunga, melainkan kesan estetika yang ditimbulkan oleh tanaman ini. Kecuali bunga (warna dan wewangian), daun, buah, batang, malah pepagan bisa menjadi bagian yang dimanfaatkan.

Sebagai model, sebagian ranting tumbuhan yang mengeluarkan wangi-wangian segar bisa diletakkan di ruangan untuk mengharumkan ruangan bisa menjadikannya sebagai tanaman hias.
Berikut jenis tanaman hias yang memiliki batang keras diantaranya :

1. Tanaman Hias Palem

Tanaman palem ialah tanaman dari suku pinang-pinangan atau Aracaceae yang mana tanaman ini merukan tanaman yang masih satu kerabat dengan tanaman kelapa, enau dan pinang.

Palem ialah salah satu variasi tanaman yang masuk ke dalam kategori tanaman hias. Tanaman ini sungguh-sungguh popular dikalangan masyarakat lebih-lebih pada kalangan masyarakat di perkotaan.
Baca juga Mengenal Dan Cara Merawat Palem Kipas
Menurut kami sebagai Jasa Tukang Taman Surabaya, tanaman hias ini cukup gampang dalam perawatannya dan bisa tumbuh di tempat tropis dan sub-tropis, di dataran rendah ataupun dataran tinggi, bisa pula tumbuh di tanah yang subur ataupun yang gersang sekalipun.

Jasa Tukang Taman Surabaya

2. Tanaman Hias Bambu Kuning

Bambu kuning mini termasuk tipe bambu hias (ornamental bamboo) dengan cabang atau ruas batang berwarna kuning, ukuran batang kecil atau ramping, tak besar, dan tumbuhnya tak besar.

Bambu kuning mini baik dibuat ornamen taman sebagai tanaman pembatas atau border, dapat juga untuk edging atau background (seandainya berkeinginan background pantasnya ditanam banyak batang atau berkelompok supaya cantik merumpun).
Baca juga 10 Jenis Pohon Penyerap Polusi Terbaik

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

3. Tanaman Hias Ketapang Kencana

Dari sumber yang Jasa Tukang Taman Surabaya baca, Ketapang kencana (Terminalia mantaly) yakni sejenis tumbuhan peneduh berwujud pohon. Tajuknya yang mendatar dan berlapis-lapis, sebagaimana kerabat satu marganya, ketapang T. catappa,

membuatnya juga menjadi penghias taman rumah dan kebun. Ketapang kencana yakni tumbuhan endemik Madagaskar, tetapi kini diintroduksi ke bermacam tempat tropika.umpun).

Jasa Tukang Taman Surabaya


4. Tanaman Hias Beringin Putih

Beringin putih adalah macam tanaman pelataran yang umum diterapkan untuk tanaman hias. Mudahnya mengikuti keadaan, malah dalam cuaca cukup ekstrem, membuatnya jadi alternatif untuk penghias pelataran.

Beringin putih atau Ficus benjamina dan sebagian variasi ficus lain dari suku ara-araan atau Moraceae, berdasarkan Wikipedia, disebut juga waringin atau ara (ki ara, ki berarti “pohon”). 
Baca juga Jenis Beringin Kecil Untuk Hiasan Indoor
Tumbuhan itu dicirikan dengan ukuran pohon yang besar dan kanopi yang lebar. Daun, cabang, dan batangnya mengeluarkan getah kental berwarna keputihan.

Beringin putih juga diketahui sebagai tumbuhan pelataran dan tumbuhan hias pot. Beringin juga kerap diterapkan sebagai obyek bonsai.

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

5. Tanaman Hias Puring

Puring (Codiaeum variegatum), puding, atau kroton yakni tanaman hias pelataran populer berbentuk perdu dengan wujud dan warna daun yang benar-benar bervariasi.

Berbagai kultivar sudah dimaksimalkan dengan jenis warna dari hijau, kuning, jingga, merah, ungu, serta campurannya. Format daun malahan beragam-jenis: memanjang, oval, tepi bergelombang, helainya "terputus-putus", dan sebagainya.
Baca juga 17 Jenis Tanaman Hias Bagus Untuk Depan Rumah
Jasa Tukang Taman Surabaya. Secara botani, puring merupakan kerabat jauh singkong serta kastuba. Ciri yang sama merupakan batangnya mewujudkan lateks berwarna putih pekat dan lengket, yang adalah ciri khas suku Euphorbiaceae.

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

6. Tanaman Hias Tricolor

Dracaena marginata tricolor yaitu tanaman hias daun dengan wujud daun panjang tapi tak lebar (sempit), tekstur kaku, warna merah dengan sedikit sentuhan hijau, tak jarang disebut dragon tree.

Tanaman ini sungguh-sungguh gampang perawatan, seperti species tanaman lain dalam genus Dracaena. Bisa dihasilkan tanaman indoor yang cantik, dragon tree mulai marak diperbincangkan di Indonesia

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

7. Tanaman Hias Ararea

Ararea (Osmoxylon lineare), aralia, atau aralea, di luar negeri namanya Miagos Bush, yakni tanaman semak berdaun hijau kuning, mirip dengan brokoli kuning melainkan yang ini daunnya panjang dan berujung lancip, tak seperti brokoli kuning yang berdaun keriting.
Baca juga 10 Jenis Bunga Hias Bagus Untuk Taman Rumah
Ararea sungguh-sungguh layak untuk taman terkhusus taman bergaya minimalis, sifatnya yang pendek dan semak dapat jadi poin plus untuk penutup tanah atau border tanaman pendek.

8. Tanaman Hias Sikas (Mawar jambe)

Sikas atau pakis haji ialah tanaman hias yang awam ditemukan ditanam di luar rumah. Tanaman ini adalah member keluarga suku Cycadinae, di Indonesia juga diketahui sebagai mawar jambe.

Sikas konon ialah tanaman yang telah ada semenjak jutaan lalu, pada ketika itu yaitu makanan dinosaurus.

Sikas sebagai tanaman hias mempunyai pesona yang benar-benar memukau sebab perpaduan struktur batang keras berkayu, coklat berjonjot, dipadupadankan dengan daunnya yang berwarna hijau gelap mengkilap nan anggun.


9. Tanaman Hias Wali Songo

Tanaman walisongo atau wali songo berdaun variegata (Schefflera arboricola syn. Heptapleurum arboricola) disebut juga dwarf umbrella tree sebab mirip umbrella tree Schefflera actinophylla tapi lebih kecil.
Baca juga 43 Macam Tanaman Hias Untuk Indoor Dan Outdoor
Tanaman walisongo yakni tanaman perdu dengan warna daun dasar hijau disertai belang kuning pucat (variegata), layak sebagai tanaman pembatas di taman ataupun tanaman indoor,

sebab sangat bagus dalam mengabsorpsi polusi atau zat-zat racun yang terkandung dalam udara, terpenting asap rokok.

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

10. Tanaman Hias Sabrina/Rombusa Mini

Tanamman Hias Rombusa mini mempunyai nama Latin "Passiflora Foetida"
Rombusa mini yaitu tanaman perdu kecil berbentuk semak, menonjol rimbun daunnya, berbunga putih kecil dengan wujud seperti bintang.

Menurut kami Jasa Tukang Taman Surabaya. Tepat juga sebagai tanaman penutup tanah, tanaman pagar, tanaman border atau pembatas. Tanaman itu sangat tahan terhadap panas serta kering.
Baca juga Desain Taman Tropis Depan Rumah

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

11. Tanaman Hias Cemara

Cemara sendiri ialah tetumbuhan hijau kekal yang sepintas lalu bisa dikira sebagai tusam sebab rantingnya yang beruas pada dahan besar terlihat seperti jarum, dan buahnya mirip runjung kecil.

Tapi kenyataannya pohon-pohon ini bukan termasuk Gymnospermae, sehingga memiliki bunga, bagus jantan ataupun betina. Bunga betinanya kelihatan seperti berkas rambut, kecil dan kemerah-merahan.
Baca juga 25 Jenis Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air
Suku cemara-cemaraan atau Casuarinaceae mencakup sekitar 70 macam tetumbuhan. Beberapa besar suku ini terdapat di Belahan Bumi Selatan, secara khusus di kawasan tropis Dunia Lama, termasuk Indo-Malaysia, Australia, dan Kepulauan Pasifik.

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

12. Tanaman Hias Kamboja/Plumeria

Kamboja atau semboja (bahasa Latin: Plumeria) adalah sekelompok tumbuhan dalam marga Plumeria. Formatnya berupa pohon kecil dengan daun jarang tapi tebal.

Bunganya yang harumnya sungguh-sungguh khas, dengan mahkota berwarna putih sampai merah keunguan, lazimnya lima helai.
Baca juga 8 Jenis Pohon Peneduh Cepat Tumbuh
Bunga dengan empat atau enam helai mahkota bunga oleh masyarakat tertentu dianggap mempunyai daya gaib. Variasi akarnya serabut dan tekstur bunganya tak terlalu kasar dan tak terlalu halus.

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

13. Tanaman Hias Melati/Jasmine

Melati ialah tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati yaitu genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae).

Terdiri dari sekitar 200 spesies tumbuhan autentik tempat beriklim tropis dan hangat dari Eurasia, Australasia dan Oseania, melati secara luas dibudidayakan untuk wewangian khas bunganya yang harum.
Baca juga 10 Jenis Bunga Yang Berbau Harum Di Indonesia
Di Indonesia, salah satu macam melati sudah dipilih menjadi "puspa bangsa" atau bunga simbol nasional adalah melati putih (Jasminum sambac), 

sebab bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dihubungkan dengan bermacam-macam budaya dari banyak suku di negara ini.

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

14. Tanaman Hias Bunga Kertas/Bougenville

Dari info yang kami Jasa Tukang Taman Surabaya peroleh. Bunga kertas ialah bunga berupa semak dan perdu kecil yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, yang mempunyai mahkota bunga yang sungguh-sungguh tipis dan kaku mirip dengan lembaran kertas.

Bunga kertas terdiri dari 20 variasi tumbuhan. Bunga ini beersifat semusim, semak, dan sub-semak orisinil Amerika Utara dengan satu spesies memperluas ke Amerika Selatan

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

15. Tanaman Hias Sambang Darah

Sambang darah (Excoecaria cochinchinensis) ialah tumbuhan berguna obat bersifat berbisa dan berasal dari China dan Asia Tenggara. Di Indonesia, tanaman ini diketahui dengan sebagian nama: daun rĕměk daging (Jateng), daun sambang darah, ki sambang, dan sambang darah
Baca juga 10 Jenis Tanaman Hias Daun Paling Populer Di Indonesia
Kecuali dikenali sebagai tanaman obat, tanaman ini terbukti kepada ikan betul-betul berbisa, dan malahan memiliki energi membunuh. Tetapi demikian, tanaman ini masih juga bisa diaplikasikan sebagai tanaman hias.


16. Tanaman Hias Pangkas

Tanaman pangkas Duranta repens, yang populer dengan sebutan tanaman yang paling populer sebagai unsur taman dikala ini. Bagus yang ditanam untuk membikin ornamen wujud (biasanya wujud - wujud bulat), pembatas ataupun pagar taman.

Dipasaran ketika ini beredar dua variasi, yang berbeda warnanya. Yang satu hijau, yang satunya lagi hijau kekuningan.
Baca juga Cara Pemberian Pupuk Pada Tanaman Hias
Tipe kedua yang dikalangan pembuat taman diketahui sebaga tanaman pangkas kuning, ketika ini tengah digemari.

Tanaman pangkas kuning ini biasanya ditanam dalam jumlah banyak untuk membikin logo atau sebagai pembatas. Warna kuning yang dipancarkan memang harmonis seandainya dipadukan dengan warna yang lainya.

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

17. Tanaman Hias Pucuk Merah

Jasa Tukang Taman Surabaya. Pucuk merah variegata yaitu variasi tanaman pohon yang masih adalah kerabat dari pucuk merah dan pucuk ungu.

Pucuk merah lazimnya mempunyai warna daun hijau melainkan tiap tunas yang tumbuh berwarna merah (oleh maka dinamakan pucuk merah), dengan adanya faktor variegata pada tanaman ini
Baca juga Harga Tanaman Hias Pucuk Merah Tinggi 2 Meter
membikin warna daunnya menjadi 3 warna, ialah hijau, merah, ditambah dengan belang putih gading pada tepi daunnya, membuatnya menonjol sungguh-sungguh menarik, jauh berbeda dengan tanaman pucuk merah umum pada biasanya.

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

18. Tanaman Hias Bunga Sepatu

Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) merupakan tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di tempat tropis dan subtropis.

Bunga besar, berwarna merah dan tak beraroma. Bunga dari beragam kultivar dan hibrida dapat berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih sampai kuning, oranye sampai merah tua atau merah jambu.

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

19. Tanaman Hias Tabebuya

Tabebuia rosea ialah pohon neotropikal yang tumbuh tinggi, bisa menempuh 8-9 meter. Tanaman ini mewujudkan bunga berwarna pink pucat, sekilas mirip pohon sakura apabila diamati dari jauh. 

Batang tabebuia rosea kuat dengan ciri khas seperti batang bonsai, melainkan tak perlu kuatir sebab tak merusak bangunan.
Baca juga Mengenal Pohon Tabebuya Warna Kuning Dan Pink
Di Costa Rica dalam Bahasa Spanyol Tabebuia rosea disebut Roble de Sabana yang berarti Savannah Oak, disana tanaman ini sungguh-sungguh dihargai sebab masa berbunga yang betul-betul panjang. Kian sedikit air yang diperoleh tabebuia rosea, karenanya kian banyak bunganya.


20. Tanaman Hias Flamboyan

Pohon bergenus Delonix ini memiliki banyak nama, di Indonesia, dinamakan flamboyan, diambil dari bahasa prancis Flamboyant yang mempunyai arti ‘cerah’. 

Di kalangan spesialis ilmiah disebut Royal Poinciana, orang-orang India menyebutnya Gulmohar. Ada juga Flame tree atau flame of the Forest, sebab seperti kobaran api yang menyala di tengah-tengah hijaunya pohon lain

20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya

Mungkin itu dulu dari 10 jenis tanaman hias batang, mungkin dari macam-macam tanaman hias dan ada yang anda sukai. Dan mungkin pada kesempatan berikutnya kami bisa ulas tentang jenis-jenis tanaman hias daun. Baca juga Jenis-Jenis Tanaman Hias Daun

Demikian untuk artikel dari kami jasa tukang taman surabaya tentang 20 Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Gambarnya. Semoga dapat sebagai referensi anda yang menginginkan lahan hijau di halaman rumah anda.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel