image image image image image image

Mengenal Pohon Tabebuya Pink, Ungu, Kuning dan Putih

Tukang Taman Surabaya Pohon Tabebuya Bandung
ingin mengulas sedikit tentang tanaman hias yang mungkin tidak asing lagi buat anda gardener yaitu tanaman hias Tabebuya atau dengan istilah lain Tabebuia nama latinnya Tabebuia chrysotricha,  adalah asal asli dari tanaman ini adalah dari negara brasil, ada pula yang menyebutnya dengan nama pohon sakura dikalangan masyarakat lokal karena memang bentuk bungan tabepuya ini mirip dengan pohon sakura yang ada di Jepang.

Kelebihan dari pohon Tabebuya ini sangat tahan panas dan membutuhkan sedikit asupan air untuk tumbuh hidup. Jadi tanaman hias tabebuya ini sangat cocok untuk iklim tropis yang ada di Indonesia. Serta kelebihan lain yang dimiliki Pohon Tebebuya di antaranya daunnya tidak mudah rontok dan memiliki batang yang agak keras.

Jadi biasanya tanaman tabebuya ini bisa dijadikan tanaman peneduh yang biasa ditanam pada bahu jalan trotoar atau jalan tol.
Namun kelemahan dari pohon tabebuya ini rata-rata berbunga lebat pada musim kemarau atau curah hujan mulai berkurang dan bunganya setelah layu akan rontok. Jadi untuk membersihkannya harus berkala.

Keanekaragaman bunga tanaman tabebuya memiliki bunga bervariasi warna. Namun ada beberapa jenis warna yang memang sudah langka atau susah untuk dijumpai. Bentuk dari bunga tabebuya adalah seperti bentuk terompet dan bergerombol yang memiliki panjang antara 3 – 11 cm makanya ada pula yang menyebutnya dengan nama trumpet tree. Untuk warna bunga yang beraneka ragam banyak dijumpai di genustabebuia, namun yang sering banyak dijumpai dan ditanam di Indonesia yaitu jenis warna bunga kuning.
Tukang Taman Surabaya harga Pohon Tabebuya pink

Ada beberapa jenis warna bunga pada setiap spesies pohon tabebuya memiliki warna yang berbeda-beda, diantaranya ada warna putih, pink muda, kuning, kuning ke-orange-an, magenta, pink tua, dan ada yang merah. Kebayang dibenak anda bagaimana cantik dan indahnya taman atau tepi jalan dari bunga tabebuya ini saat mekar dan berbunga...?

Tabebuia merupakan pohon lindung yang mampu berbunga dan memiliki bentuk bunga yang bagus. Selain memiliki beberapa pilihan warna, Tabebuia pada musim berbunganya mampu menghasilkan jumlah bunga yang sangat banyak dan tidak putus sejak awal musim kemarau hingga menjelang musim hujan. Bahkan sekarang ini musim pembungaan dapat diatur dengan manipulasi pola pemupukan.

Baca juga 8 Tips Mudah Merawat Taman Minimalis

Pohon Tabebuya berasal dari daerah dengan iklim kering, sehingga memiliki ketahanan hidup yang tinggi dalam kondisi kekeringan. Hal ini sangat sesuai karena tanaman penghijauan umumnya dihadapkan pada kurangnya penyiraman disaat musim kemarau. Pohon ini adalah pohon hias populer dapat tumbuh di berbagai jenis tanah di daerah subtropis dan tropis. Tabebuya adalah pohon rendah pemeliharaan, membutuhkan pemangkasan hanya untuk memangkas tangkai mati atau rusak. Hama atau penyakit jarang mengganggu pohon tropis. (Wikipedia.com)

Pernahkah merasa melihat pohon sakura di Indonesia, di Jakarta atau Surabaya? Jika iya, Anda tidak salah, karena ada pohon berbunga mirip dengan bunga cantik asal Jepang itu. Namanya, tabebuia atau tabebuya (Tabebuia chrysotricha), sebuah tanaman berjenis pohon besar asal Brazil dengan bunga berbentuk terompet.

Tumbuhan ini sangat menarik, sekalipun daunnya tidak mudah rontok, tetapi jika saat musim berbunga hampir seluruh daunnya rontok dan berganti dengan bunga yang penuh warna. Dari sanalah didapat pemandangan cantik pohon tersebut. Tingginya bisa menjulang mulai dari 8 hingga 15 meter dengan batang yang tidak terlalu besar.
Tukang Taman Surabaya Jual Pohon Tabebuya kuning
Tabebuya Kuning Mulai Berbunga
Selain tampilannya yang didominasi oleh bunga, pohon ini juga memiliki keunggulan lainnya. Memiliki ketahanan hidup yang tinggi merupakan salah satunya. Pohon tersebut dapat bertahan dalam kondisi kekeringan dan bisa tumbuh di berbagai jenis tanah. Tabebuia pun tidak membutuhkan waktu lama untuk tumbuh, terkadang pada usia 8 bulan pohon ini sudah menghasilkan bunga. Umumnya, musim bunga tabebuia sendiri berlangsung saat musim kemarau.

Sementara itu, akar pohonnya yang berjenis akar tunggang (tunggal) pun aman untuk konstruksi bangunan di sekitarnya walau berbatang keras. Namun, bila ditanam di taman atau berdekatan dengan rumah, ingat untuk selalu memangkasnya dan pertahankan ketinggian sekitar empat atau lima meter.

Pohon tabebuya putih

Untuk jenis tanaman tabebuya warna bunga putih ini pembibitannya dan tanaman sudah sulit di jumpai pada stand bunga (langka). Jadi anda yang ingin menanamnya harus hunting dan mencari-cari baik bibit maupun tanaman yang sudah tumbuh. Mungkin dikarenakan jarang peminat permintaan sehingga budidaya menurun akhirnya petani tanaman sudah tidak membudidayakannya lagi.

Pohon tabebuya ungu

Jenis pohon tabebuya berjenis bunga ungu juga sudah susah untuk dijumpai di Indonesia, kebanyakan yang familiar adalah warna bunga kuning karena mungkin jenis tabebuya yang ungu ini berbeda karakter dan ketahanan dengan jenis warna kuning. Karena ada beberapa jenis tabebuya yang berbeda karakter dari batang dan bentuk daunnya.
Tukang Taman Surabaya Jual Pohon Tabebuya Ungu pink

Harga pohon tabebuya

Harga dari pohon tabebuya sangat bervariasi tergantung ketinggian dan lingkar batang serta ketersediaan atau kelangkaan jenis tabebuya tertentu. Untuk harga bibit dengan tanaman yang sudah tinggi 1 meteran jelas harganya beda. Namun rata-rata harga pada stand bungan dengan ukuran siap tanam 1 – 2 meter kisaran harga dari Rp. 150.000 – Rp. 250.000. Apabila anda berminat menanamnya anda bisa kontak kami Jasa Tukang Surabaya flamboyanasri menyediakan bibit siap tanam dengan ukuran 1 meteran (Maaf hanya melayani pembelian partai) 
Tukang Taman Surabaya Harga Pohon Tabebuya
Tabebuya di Kebun Tinggi Batang 2 meteran

Cara menanam pohon tabebuya 

Sebenarnya cara menanam dari pohon tabebuya ini sama saja dengan menanam tanaman lainnya tidak ada perlakuan khusus. Jadi apabila anda membelinya dengan media polibag bisa langsung melepasnya tetapi yang harus diperhatikan adalah berhati-hati jangan sampai akar dari pohon tabebuya ini rusak atau banyak yang patah. Karena mungkin pohon akan stres dan akan butuh waktu lama untuk pemulihan, jika kurang preventif dalam perawatannya mungkin akan berakhibat kematian pada pohon tabebuya anda.

Namun jika hal diatas dirasa kurang praktis anda ada tips yang mungkin dilakukan pemindahan dari polibag ke media tanam (taman) dengan cara merobek plastik polibag dengan cutter menjadi 4 – 6 robekan namun polibag masih menempel pada pohon tabebuya lalu anda masukan ke lubang yang telah anda buat.

Baca juga jenis tanaman pelindung Jual Bonsai Pule/pulai Murah Surabaya

Bebeda jika anda membeli bibit atau tanaman tabebuya yang sudah siap tanam, biasanya sudah dikarantina terlebih dahulu dengan cara akarnya sudah terbungkus dengan karung. Jadi anda tinggal memasukkan akar dari akar tabebuya bersamaan dengan karungnya tidak usah dilepas.
manfaat pohon tabebuya

Untuk manfaat medis, khasiat atau herbal yang terkandung dalam akar, batang atau daunnya tabebuya kami sebagai Jasa Tukang Taman Surabaya belum mendapatkan info lebih jelas. Dikarena kami hanya berfokus pada tata kelola tamannya, jadi tabebuya ini sering di manfaatkan sebagai tanaman pohon pelindung pada area taman kota, bahu jalan tol, trotoar, dan pekarangan/halaman rumah. Tabebuya ini sangan cocok di samping daunnya tidak mudah rontok juga bunganya sangat indah.
pohon tabebuya kuning

Jenis pohon tabebuya kuning ini yang sangat familiar di Indonesia karena populasinya sangat banyak dan sering dimanfaatkan sebagai tanaman pelindung. Karakter tabebuya kuning ini pohonnya kuat tahan terhadap panas sedikti membutuhkan asupan air, sedikit penyiraman tabebuya masih bisa bertahan hidup.

Warna bunga kuning yang sangat indah akan bermekaran ketika akan datang musim kemarau atau tiba musim kemarau dengan merontokkan daunnya dan berganti dengan daunnya yang berwarna kuning. Sehingga yang terlihat hanya bunganya saja tidak salah kalau ada yang menyebutnya dengan sebutan bunga sakura karena memang keindahannya tidak kalah dengan bunga sakura jepang.

Demikian sekilas tentang mengenal Pohon Tabebuya Pink, Ungu, Kuning dan Putih semoga bermanfaat bagi pengunjung yang budiman.


0 Response to "Mengenal Pohon Tabebuya Pink, Ungu, Kuning dan Putih"

Post a Comment