image image image image image

10 Jenis Tanaman Hias Cocok Cuaca Panas By Tukang Taman Gresik

Jasa Tukang Taman Surabaya – Flamboyanasri.

Sekarang kami hadir untuk daerah Jawa timur Wilayah Barat dan sekitarnya sebagai Tukang Taman Gresik dan Tukang Taman Tuban

Sebuah hobi untuk menanam tanaman hias di sekitar halaman rumah adalah kebiasaan yang menarik dan positif selain juga sangat menyenangkan. Selain juga dapat memperindah dan mempercantik pekarangan rumah anda selain juga membuat lingkungan menjadi segar dan asri.

Mungkin anda juga mengenal beberapa jenis yang memang cocok di tanam di dalam rumah (indoor) dan ada juga jenis tanaman yang cocok di tanam di luar ruangan atau outdoor karena ini berkaitan dengan daya tahan dan intensitas cahaya  terhadap jenis tanaman hias tersebut.

Untuk cuaca pada daerah kita hanya beriklim tropis saja itu berarti hanya ada dua musim ; musim hujan dan musim kemarau. Nah, bagi anda yang ingin menanam jenis tanaman yang memang cocok untuk daerah  yang memiliki cuaca panas atau juga minim sedikit perawatan agar tidak mudah layu sehingga tanaman tersebut tidak harus menyiramnya secara rutin atau setiap hari, maka anda harus tepat dalam memilihnya.

Memang sangat banyak sekali varietas jenis tanaman hias yang tahan terhadap panas, untuk itu kami sedikit kasih Tips untuk memilih 10 Jenis Tanaman Hias Cocok Cuaca Panas By Tukang Taman Gresik.

Berbagai macam tanaman hias yang memang cocok ditanam pada cuaca panas yang berada di wilayah Indonesia. Kira-kira apa saja yang tanaman yang cocok untuk suhu udara yang sangat tinggu. Yuks, mari disimak apa sajakah tanaman tersebut menurut versi kami Jasa Tukang Taman Surabaya – Flamboyanasri ?

1.Tanaman Hias Kaktus
Jenis tanaman kaktus ini merupakan jenis tanaman yang memang sangat tahan terhadap cuaca ekstrim yang sangat panas. Karena memang habitat aslinya berada pada Gurun pasir yang sangat minim dengan asupan airnya. Sehingga jenis tanaman hias ini mampu cadangan air di dalam batangnya sehingga mampu bertahan dalam jangka waktu yang relatif lama.

Jasa Tukang taman Surabaya Tanaman Hias Kaktus
Saat ini banyak sekali varietas dari jenis tanaman kaktus ini karena sekarang jenis kaktus sudah ada yang ukuran kecil atau kaktus mini yang bisa anda gunakan untuk tanaman hias. Karena tanaman jenis ini sangat minim perawatannya anda tidak perlu menyiramnya setiap hari, anda hanya cukup menyiramnya 2 – 3 kali dalam sebulan.

Menurut kami Jasa Tukang Taman Surabaya. Selain itu, dengan ukuran yang relatif mini dan pertumbuhannya yang sangat lambat maka tidak perlu menyediakan tempat yang luas. Tanaman hias kaktus juga cocok untuk desain konsep taman Minimalis karena minimnya lahan.

Karena kaktus ini anda juga dapat menanamnya pada media pot yang bisa diletakkan pada pekarangan atau depan rumah bahkan juga di dalam rumah. Atau apabila memilih ukuran yang sangat mini, anda bisa menaruhnya di atas meja karena tidak memiliki daun yang lebat jadi anda tidak perlu khawatir akan mengkotori tempat anda.

Tetapi ingat pohon kaktus ini terdapat duri-duri tajam jadi anda harus berhati-hati, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak anda, walaupun tingkat resikonya tidak terlalu berbahaya kerena tidak mengandung racun yang berbahaya tetapi anda harus tetap protected.

2. Jenis Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)
Selain memiliki berbagai manfaat salah satunya dapat menyaring polutan (pencemaran udara) atau pembersih udara pada lingkungan, anda juga dapat menyimaknya pada artikel  6 Jenis Taman Hias dan Manfaatnya.

Jasa Tukang Taman Surabaya Tanaman Hias Lidah Mertua
 Jenis tanaman lidah mertua ini mudah tumbuh dalam berbagai kondisi dan cuaca, baik pada cuaca sangat panas maupun dalam kondisi kurang pencahayaan atau sinar matahari langsung. Karena jenis tanaman hias ini mampu tumbuh dari suhu  4 derajat hingga pada 37 derajat celcius.

Untuk media tanamnya anda tidak perlu repot-repot dalam membuatnya anda cukup membuat campuran dari abu sekam bakar, kompos atau anda bisa menggunakan coconut dan sedikit tanah. Anda juga dapat menambahkan pecahan genting atau kerikil untuk sirkulasi air masuk ke akar tanaman ke dalam media tanam atau pot.

3. Jenis Tanaman palem
Jenis tanaman yang satu ini hanya cocok untuk luar ruangan (outdoor) saja karena memang bentuk dan karakternya untuk area terbuka. Mungkin anda sudah mengenal beberapa jenis dari beberapa jenisnya ; ada palem raja, palem sadeng, palem putri, palem ekor tupai (foxtail), palem botol, palem kenari, palem kurma dan banyak lagi jenisnya.

Jasa Tukang Taman Surabaya Tanaman Hias Lidah Mertua
Untuk harganya juga bervariasi tergantung dari tinggi dan diameternya, juga tergantung pada jenisnya karena semakin langka jenis tanaman maka semakin mahal atau tinggi harganya misalnya jenis palem Jenggot bisa mencapai puluhan juta.

Jasa Tukang Taman Surabaya Palem Putri
Untuk tingkat perawatannya jenis tanaman hias palem ini relatif sedang apabila akarnya sudah tumbuh dengan baik dan menjalar panjang dalam media tanam, maka tanaman palem ini tidak memerlukan siraman air yang begitu banyak karena tanaman hias ini sudah bisa mengambilnya sendiri dari tanah. Untuk itu tanaman hias palem ini banyak ditanam pada area tepi jalan atau juga ditaman.

Menurut kami Jasa Tukang Taman Surabaya. Walaupun jenis tanaman ini relatif mudah perawatannya lalu tidak serta merta anda harus membiarkannya begitu saja, karena anda masih perlu melakukan perawatan secara berkala untuk membersihkan dahannya yang sudah tua dan berjatuhan tetapi itu dilakukan dalam jangka waktu relatif lama bahkan bisa berbulan-bulan.

4. Tanaman Hias Bunga Kertas (Bougenville)
Jenis Tanaman hias ini bagus untuk pekarangan dan taman anda karena tanaman hias ini jenis tanaman hias yang dapat menghasilkan bunga yang indah dan menarik berbeda dengan jenis tanaman yang diatas tadi, selain tanaman bunga kertas juga tahan terhadap cuaca panas.

Jasa Tukang Taman Surabaya Tanaman Hias Bunga kertas
Tanaman hias ini dapat berbunga pada setiap bagian cabangnya, bahkan daun dari tanaman hias ini tidak kelihatan karena dipenuhi dengan bunga yang sedang mekar dan lebat. Walaupun dalam musim kemarau tanaman hias Bougenville tetap tumbuh dan berbunga secara normal. Bagaimana anda tertrik untuk menanamnya pada halaman rumah atau pekarangan anda ?

5. Tanaman Hias Lili Paris
Jenis tanaman hias lili paris atau nama ilmiahnya Chlorophytum ini tergolong tanaman hias perdu atau semak yang biasa digunakan disamping memiliki daun yang sangat menarik sebagai tanaman hias penutup tanah selain rumput. 

Jasa Tukang Taman Surabaya Tanaman Hias Lili Paris

Atau anda bisa menyimaknya pada artikel kami tentang Tukang Taman Jakarta 10 Jenis Tanaman Hias Penutup Tanah (Groundcover)
Dan jenis tanaman hias ini salah satu tanaman hias yang sangat populer di Indonesia yang biasa digunakan dalam segala konsep taman karena tahan terhadap berbagai macam cuaca baik panas atau dingin.

Dengan daunnya yang berbentuk tipis, menjulur dan menjuntai, lili paris sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias gantung dan sangat tahan panas. Karena setiap akar dari lili paris ini memiliki benggolan akar yang dapat menyimpan makanan ataupun air.

Sehingga walaupun tidak disiram beberapa hari masih bisa bertahan, dan setelah tanaman hias lili paris ini besar bisa mengeluarkan bunga berwarna putih yang biasa bermunculan di sela-sela daunnya, juga mengeluarkan anak-anakan kecil pada setiap batang-batangnya.

6. Tanaman Hias Kamboja
Tanaman hias ini memiliki bunga dan bau yang harum dan khas, biasanya tumbuh pada area pemakaman walaupun tanpa ada yang menyiram setiap harinya tanaman Kamboja ini tetap hidup dengan subur.

Untuk penduduk bali jenis tanaman hias Kamboja ini memiliki manfaat yang sangat sakral, apalagi Kamboja yang  sudah tumbuh berumur bertahun-tahun yang sudah membonsai biasa disebut Kamboja fosil harganya bisa sampai puluhan juta bahkan ratusan juta dengan diameter batang 1–3 meter.

Anda bisa mengunjungi di galeri Gambar Kamboja Fosil

Tanaman hias Kamboja memang sangat tahan cuaca panas, walaupun tanpa penyiraman yang rutin karena batangnya yang bergetah dan daunnya yang tebal maka daunnya tidak terlalu mudah layu dan memiliki bunga pada setiap cabang batang kecilnya.

Namun, tanaman Kamboja ini tidak tahan terhadap asupan air terlalu banyak atau terendam air karena tanaman Kamboja bisa membusuk pad bagian akar dan akan cepat mati karena tanaman Kamboja lebih suka jika terkena sinar matahari secara rutin.

7. Tanaman Hias Euphorbia
Jenis tamanan hias ini memiliki kesamaan dengan tanaman hias Kamboja, yaitu memiliki kesamaan sangat suka dengan sinar matahari. Tanaman ini kan tumbuh dengan baik apabila diletakkan pada tempat yang mendapatkan sinar matahari secara langsung. Karena jika tidak mendapatkan sinar matahi secara langsung maka pertumbuhannya akan lambat. Jadi tanaman hias Euphobia ini tidak cocok untuk ditanam berada di dalam ruangan ( indoor ).


Namun tanaman hias Euphorbia tidak membutuhkan perawatan yang khusus, karena anda hanya cukup menempatkannya pada tempat yang terkena matahari langsung dan menyiramnya 2-3 sebulan, sangat cocok buat anda yang memang mempunyai rutinitas yang padat dan super sibuk yang tidak sempat untuk merawatnya namun tetap ingin menghadirkan pekarangan atau teras rumah anda tetap terdapat penghijuan anda bisa memilih tanaman hias Euphobia ini.

8. Tanaman Hias Cemara
Tanaman hias jenis Cemara ini memang termasuk pohon atau Trees tergolong tumbuhan tropis, tetapi tanaman ini memang identik dengan daerah yang beriklim dingin, namun tanaman hias cemara ini ternyata juga dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki cuaca panas.

Jasa Tukang Taman Surabaya Tanaman Hias Cemara Lilin
Bentuk pohonnya yang unik dan daunnya yang runcing serta tidak menghasilkan bunga, tetapi tidak menuntut kemungkinan tanaman hias cemara ini tetap eksentrik dan indah untuk diaplikasikan dalam sebuah taman. Karena disamping daunnya yang unik juga sangat kuat untuk tidak mudah layu atau rontok.

Mungkin anda juga sudah mengenal tentang jenis tanaman cemara ini, menurut kami Tukang Taman Surabaya sering memakai jenis tanaman hias Cemara Udang, cemara kipas dan jenis cemara lilin. Karena ada beberapa jenis dan varietas dari tanaman cemara.

9. Tanaman Hias Beringin
Tanaman jenis ini memang sudah tidak asing lagi, tanaman hias beringin ini sering dipakai untuk pohon peneduh karena cabang dan daunnya yang sangat rindang sehingga suasana di bawah pohon akan terasa sejuk. Untuk jenis tanaman beringin bisa tumbuh subur di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan tanaman hias beringin ini dijadikan simbol yang mencerminkan pengayom dan kemakmuran masyarakat.

Jasa Tukang Taman Surabaya Tanaman Hias bonsai dolar
Tanaman hias beringin akan lebih artistik dan bernilai seni tinggi apabila di kreasikan dijadikan sebuah bonsai. Kami Tukang Taman Surabaya biasanya menggunakan jenis bonsai Beringin Korea atau dikenal dengan nama tren dengan sebutan iprik dolar.

Karena sudah memodifikasinya dengan cara distek, pohon aslinya beringin biasa yang daunnya biasa saja kemudian distek disambung dengan daun pohon dolar.

Jadi tanaman jenis beringin bisa difungsikan sebagai pohon peneduh untuk ditanam pada daerah terbuka ( outdoor ) atau jenis tanaman bonsai beringin yang bisa di tempatkan pada ruangan (indoor) yang difungsikan sebagai tanaman hias bonsai karena beringin memiliki batang yang indah dan artistik sehingga sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias

10. Tanaman Hias Siklok (Agave)
Tanaman hias ini sangat tahan terhadap beberapa cuaca ekstrim dan tahan banting terhadap terik panasnya matahari. Tanaman yang dikenal dengan nama ilmiah Agave Attenuata ini memiliki daun yang berwarna hijau atau ada juga yang agak keputihan dan memiliki daun yang tebal berdaging serta runcing, namun berbeda dengan kaktus karena tanaman hias siklok atau agave ini tidak memiliki duri.

Jasa Tukang Taman Surabaya Tanaman Hias agave siklok

Untuk jenis variasinya jenis tanaman siklok memiliki beberapa jenis ragam ada agave hijau, agave hijau keputihan, agave kuning dengan beragam juga bentuk daunnya.
Jasa Tukang Taman Surabaya Tanaman Hias agave siklok

Terima kasih telah berkunjung dan menyimak dari kami Tukang Taman Surabaya - Flamboyanasri.com tentang 10 Jenis Tanaman Hias Cocok Cuaca Panas By Tukang Taman Gresik. Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Jenis Tanaman Hias Cocok Cuaca Panas By Tukang Taman Gresik"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463