image image image image image

TUKANG TAMAN JAKARTA 10 JENIS TANAMAN HIAS PENUTUP TANAH (GROUNDCOVER) TAMAN

Jasa Tukang Taman Surabaya – Flamboyanasri

Hadir juga di kota Jakarta Pusat,Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Utara.
Dalam artikel sebelumnya kami telah memberikan ulasan tentang manfaat dan fungsi dari jenis tanaman penutup tanah atau groundcover, namun kali ini akan kami berikan beberapa nama tanaman hias yang biasa digunakan untuk penutup tanah (
groundcover) dalam pembuatan tata kelola taman, baik itu jenis taman dengan konsep taman klasik, taman tropis, taman minimalis atau taman Eropa.

Ya...mungkin bagi anda yang belum mengenal betul dalam aspek atau elemen dalam pembuatan taman, anda dapat menjadikan tambahan wawasan tentang tata kelola penataan taman rumah anda. Memang ada beberapa jenis tanaman hias yang umumnya dipakai dalam pembuatan taman.

Jenis rumput karena fungsi rumput hanya digunakan sebagai penutup tanah secara global dan tidak memberikan tekstur warna degradasi dalam sebuah taman. Karena rumput hanya memberikan kesan hamparan hijau saja namun dengan hadirnya tanaman penutup tanah ini akan memberikan kesan artistik dan berwarna untuk sebuah taman landscape. Memang ada beberapa jenis rumput yang biasa digunakan dalam sebuah taman misalnya rumput manila (jepang), rumput gajah mini, rumput kucai, rumput sintetis dan lain-lain.

Anda juga dapat membaca artikel tentang 8 Tips Mudah Merawat Taman Minimalis By Tukang taman Jakarta

Karena corak dari warna daun dan bunga jenis tanaman penutup secara tidak langsung memberikan kesan yang berbeda. Dari jenis tanaman hias utama seperti jenis bonsai di dalamnya, misal : anting putri, beringin Korea, Kamboja  bali, pule, bonsai serut, bonsai stek Yasmine, atau jenis palem-paleman : palem botol, palem ekor tupai, palem putri, palem merah dan jenis lainnya.
 

Jasa Tukang Taman Jakarta
Untuk ukuran ketinggian dari jenis tanaman penutup tanah (groundcover) kurang lebih 5 – 10 cm, tergantung ukuran  bibit yang ditanam, namun berangsur dengan bertambahnya usia tumbuh dan berkembang jenis tanaman penutup tanah ini akan semakin meninggi. Dalam hal ini perawatan pemangkasan harus anda lakukan, agar tanaman penutup ini tetap memberikan kesan indah tidak menutupi tanaman hias pokok dalam sebuah taman.
Berikut ini nama-nama jenis tanaman penutup tanah (
groundcover) yang biasa digunakan untuk elemen lunak dalam sebuah taman, yaitu :

1. Jenis tanaman Anggrek Tanah.
Jenis tanaman ini mempunyai aman latin Spathoglotis plicata, mempunyai batang pendek dan beruas, yang bentuknya serupa dengan umbi-umbian. Mempunyai warna buya ungu, sangat mudah dalam budi daya dan perawatanya.

Tukang Taman Jakarta Jenis Tanaman hias penutup tanah

Sebenarnya jenis tanaman hias ini juga dapat langsung bisa ditanam dalam pot, namun perkembangbiakannya tidak sebagus ditaman pada lahan tanah pada taman. Harga dari Anggrek tanah bervariasi dijual per polybag, jika berminat bisa hubungi kami, namun kami tidak melayani eceran.maaf ya...!!!karena fokus di jasa taman dan suplayer tanaman hias.
 
2. Jenis Bayam Merah
Jenis tanaman hias ini dikenal dengan istilah latinnya Alteanthera ficoidea, sebenarnya selain sebagai tanaman hias, tanaman ini juga mempunyai beberapa manfaat herbal. Namun kami tidak membahas tentang kasiatnya mungkin dalam kesempatan kali ini, mungkin kalau ada waktu kesempatan lain.

Tukang Taman Jakarta Jenis Tanaman hias penutup tanah
Tanaman hias jenis bayam ini sama persis dengan dengan jenis tanaman bayam pada umumnya, namun jenis tanaman hias ini memiliki daun dan batang lebih besar. Manfaatnya dapat digunakan sebagai antidioksida. Dapat hidup di dataran rendah dan tinggi, untuk kebutuhan airnya termasuk kategori sedang 1x dalam sehari, dan membutuhkan sinar matahari sepanjang hari untuk pertumbuhan normal.

Walaupun jenis tanaman penutup ini tidak memiliki bungan yang indah namun warnanya yang kontras dan mencolok akan memberikan kesan lebih terang dan mudah dalam perawatannya. 

3. Jenis Tanaman Cendrawasih
Jenis tanaman ini memiliki istilah latin Phyllantus sp, memang jenis ini sangat cocok untuk penghias pagar ataupun penutup tanah. Nama cendrawasih memang identik dengan bentuknya yang indah dan mempesona.

Tukang Taman Jakarta Jenis Tanaman hias penutup tanah
Jasa Tukang Taman Jakarta
Tanaman hias ini berasal dari srilangka, untuk harganya relatif murah namun jika sudah menjadi sebuah bonsai bunga cendrawasih harganya sampai 4 juta bahkan lebih mahal.

4. Jenis Tanaman Cocor bebek
Istilah latinnya disebut dengan Kalanchoe pinnata, jenis tanaman ini banyak bengandung air atau nama lainnya sekulen. Warnanya yang mencolok akan memberikan kesan cerah dalam sebuah taman, cocor bebek juga bisa ditanam di sebuah pot untuk ditempatkan dalam ruangan.

Tukang Taman Jakarta Jenis Tanaman hias penutup tanah
Tanaman yang mempunyai daun tebal dan warna bunga yang cerah, cara perkembangbiakannya bisa dengan cara tunas daun karena Daun cocor bebek akan mengeluarkan tunas-tunas dari lekukan-lekukan daunnya, jadi tunas inilah yang akan tumbuh dan menjadi tanaman cocor bebek dewasa.

Jenis tanaman hias penutup tanah yang satu ini mempunyai corak bunga yang sangat indah dengan warna keunguan sangat cocok untuk beckground tanaman bonsai.

5. Jenis Tanaman Crossandra

Nama istilah lainnya Fire Gracker Flower, jenis tanaman hias ini juga cocok untuk ditanam pada pot sebagai bedding Plant. Tanaman ini membutuhkan udara yang lembab, dan untuk memperpanjang masa berbunganya anda bisa membuang dari bagian tanaman yang sudah menua.

Tukang Taman Jakarta Jenis Tanaman hias penutup tanah
Karena jenis bunga ini termasuk berbunga semusim, tetapi warna bunganya memang benar-benar indah yang dapat memberikan corak tersendiri apalagi jika bunga ini terkena sinar matahari maka akan terlihat menarik dalam taman anda.

6. Jenis Tanaman Kembang coklat putih
Nama istilah lainya tanaman ini adalah Zyphranthes sp, kategori bawang-bawangan terna kecil dan berumbi yang terletak di dalam tanah, daunnya pipih dan memanjang melengkung dan licin, tinggi kira-kira 10-15 cm. Kembang cokelat ini berasal dari Brasilia dan Chili yang memiliki warna bunga yang indah.

TUKANG TAMAN JAKARTA 10 JENIS TANAMAN HIAS PENUTUP TANAH

7. Jenis Tanaman Krokot / Kriminil
Istilah nama lainnya adalah Althernantera amoenna, jenis tanaman yang termasuk kategori annual atau semusim yang siklus hidupnya cuma satu tahun, namun akan tumbuh lagi cabang yang baru jadi anda harus pintar-pintar dalam merawatnya.

TUKANG TAMAN JAKARTA 10 JENIS TANAMAN HIAS PENUTUP TANAH
Jasa Tukang Taman Jakarta
Bunga ini biasanya juga dimanfaatkan untuk makanan jangkrik, mempunyai jenis spesies 40-100 jenis yang terdapat dalam daerah tropis. Jadi untuk menanamnya bunga krokot atau kriminal tergolong mudah dan gampang untuk tumbuh.

8. Jenis Tanaman Lili brazil
Istilah nama lain adalah Dianella Tasmanica, tanaman hias yang tidak memiliki bunga hanya bentuk dari daunnya yang memanjang dengan kombinasi warna putih pada tepi daun dan warna hijau pada bagian tengah daunnya.

TUKANG TAMAN JAKARTA 10 JENIS TANAMAN HIAS PENUTUP TANAH
Namun dengan keahlian kami di bidang jasa penataan taman, tanaman ini akan terlihat indah dan asri sebagai elemen pelengkap dalam sebuah pembuatan taman.

9. Jenis Tanaman Lili paris
Istilah lainnya tanaman ini Chlorophytum sp, bentuk dan daunnya tidak jauh beda dengan lili brazil, namun perbedaannya hanya pada panjang daunnya. Bentuk dari lili paris lebih runcing dan lebih panjang dari lili brazil. Dan warna daun ada variannya untuk tepi dari daun berwarna kuning sedangkan bagian tengahnya berwarna hijau.

TUKANG TAMAN JAKARTA 10 JENIS TANAMAN HIAS PENUTUP TANAH
Namun keduanya merupakan tanaman hias favorit karena mudah perawatannya dan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Atau ada pula yang menyebutnya dengan tanaman bulu ayam karena bentuknya menyerupai dengan bulu ayam.

10. Jenis Tanaman Adam Hawa
Istilah lainnya Rhoeo discolor, banyak yang memanfaatkannya juga sebagai tanaman herbal yang dapat mengobati penyakit batuk. Untuk bentuk daunnya dari perpohonnya mempunyai 10 – 15 helai dalam usai dewasanya.

TUKANG TAMAN JAKARTA 10 JENIS TANAMAN HIAS PENUTUP TANAH

Selain hidup dalam lingkungan yang sinar mataharinya kurang juga cocok untuk ditanam dalam pot dalam ruangan. Namun jenis tanaman Adam hawa ini tidak mempunyai bunga hanya bentuk daunnya yang indah dan menarik.

Sementara sampai di sini dulu artikel dari kami tentang Tukang Taman Jakarta 10  Jenis Tanaman Hias Penutup Tanah (groundcover) Taman
 

Untuk jenis yang lainnya mungkin akan kami mengulasnya dalam waktu dan kesempatan yang akan datang, karena jenis tanaman hias penutup tanah sangat beragam jenisnya. Makanya bagi anda jangan bosan untuk mengunjungi blog sederhana dari Tukang Taman Surabaya Jatim.

0 Response to "TUKANG TAMAN JAKARTA 10 JENIS TANAMAN HIAS PENUTUP TANAH (GROUNDCOVER) TAMAN"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463