25 Jenis Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air

Jasa Tukang Taman Surabaya. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang tanaman hias yang bisa hidup di cuaca panas atau tahan panas jadi hanya membutuhkan sedikit air. Tanaman hias dengan daun yang indah atau berbunga cantik telah menjadi tanaman pilihan bagi pecinta tanaman hias.

jasa tukang taman surabaya

Selain memiliki bentuk daun yang unik, ornamen daun outdoor juga memiliki beragam varian warna yang tidak dimiliki tanaman lain. Pada saat ini, daun hias luar ruangan sering dikaitkan dengan bunga menjadi lebih indah.

Jika kita dapat memilih tanaman hias indoor yang tepat, kita akan memiliki banyak fungsi. Ini termasuk penolak nyamuk, polutan penyerap, ruang pembersih, ruang pendingin untuk mempercantik ruangan, dan banyak lagi.
Baca juga 5 Jenis Tanaman Hias Untuk Ruangan Tertutup (Indoor)
Dekorasi sudut ruang rumah dengan tanaman hias indoor adalah salah satu cara terbaik. Bunga-bunga yang menawarkan keindahan akan membuat ruangan lebih nyaman dan bersih. Selain itu, kehadiran tanaman hias dalam ruangan dengan banyak efek positif pada pemilik rumah.

Karena kemampuannya menghasilkan oksigen untuk tubuh, tanah pot dapat menyerap senyawa mikro yang berbahaya dan mudah menguap di udara, sehingga keberadaan tanaman hias juga bisa menjadi masalah. pembersih udara alami di dalam ruangan.


Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air

Hasil sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ruang kerja yang nyaman dihiasi dengan tanaman dapat mengurangi risiko kelelahan fisik setelah bekerja. Selain itu, ini juga bisa mengurangi risiko stres.
Baca juga 7 Cara Mudah Membuat Lanskap Taman (Landscaping)
Selain itu, keberadaan tanaman hias dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Mengisi ruang kerja dengan tanaman hias juga memiliki efek yang sama dengan menghabiskan liburan di pegunungan.

Tetapi kita juga harus memperhatikan tanaman yang akan kita gunakan untuk menghias ruangan. Karena beberapa tanaman memiliki ruang hidup atau kondisi kehidupan yang berbeda.


Tanaman Hias Tahan Panas Dan Hujan

Berikut dari kami jasa tukang taman surabaya beberapa jenis tanaman bunga yang layak anda tanam karena mudah perawatannya dan membutuhkan sedikit air untuk hidup antara lain :


1. Tanaman Euphorbia/Euforbia

Bunga Euphorbia adalah salah satu bunga yang paling indah dan memiliki banyak duri pada batangnya. Tanaman hias sering ditemukan di pekarangan dan disimpan dalam pot.

Bunga ini termasuk jenis bunga yang tidak menyukai kadar air. Sinar matahari penuh diperlukan untuk pertumbuhan bunga ini.

Selain sebagai tanaman hias, Euphorbia juga dapat digunakan sebagai obat herbal. Beberapa penyakit yang sering sembuh dengan bunga ini adalah diare, malaria, hepatitis dan banyak lainnya.

Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air


2. Tanaman Kaktus

Kaktus adalah jenis tanaman yang dapat bertahan hidup di lingkungan yang panas, kering, dan bawah air. Habitat asli kaktus itu sendiri adalah padang pasir. Keunikan kaktus terletak pada daunnya yang berduri.
Baca juga 6 Cara Mudah Agar Kaktus Tidak Mudah Mati
Daun berbentuk duri digunakan untuk mengurangi penguapan, dan batang yang tertutup lilin dapat menyimpan cadangan air dan akar yang sangat lama.

Kaktus memiliki jenis yang berbeda, sehingga sering digunakan sebagai tanaman hias. Di Indonesia sendiri, kaktus telah populer sejak lama. Keunikan bentuk dan warna bunga membuat kaktus tanaman hias yang sangat populer.


3. Tanaman Lili Paris

Tanaman laba-laba (Chlorophytum comosum) juga dikenal sebagai bunga lili paris atau lili siam di Indonesia. Lili Paris memiliki koleksi daun melengkung menyerupai rumput. Nama ini berasal dari tunas tanaman yang terbentuk pada batang yang menggantung.
Baca juga 10 Jenis Tanaman Hias Penutup Tanah (Groundcover)
Tanaman ini adalah salah satu tanaman rumah yang paling mudah beradaptasi dan mudah ditanam. Karena itu cocok untuk semua orang, bahkan mereka yang tidak memiliki bakat tukang kebun!

Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air


4. Tanaman Bougenville/Bunga Kertas

Bunga kertas juga disebut Bougenville dan sangat ditoleransi di dunia tanaman hias. menurut kami sebagai jasa tukang taman surabaya. Tanaman hias ini memiliki warna bunga berwarna-warni. Keindahan bunga ini berasal dari bunga yang cerah.

Bunganya juga tumbuh subur, seludang pada bunga ini sering dianggap bagian dari bunga. Bunga kertas ini memiliki berbagai bagian tanaman. Karena itu, minat dari bunga ini sangat besar.
Baca juga 9 Cara Menanam Bunga Kertas (Bougenville) Dengan Stek Batang
Perawatannya sangat mudah, tidak memerlukan banyak waktu, karena tanaman ini cocok untuk tumbuh di daerah tropis. Halaman bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk menanam bunga kertas ini.

Jasa Tukang Taman Surabaya Tanaman Yang Butuh Sedikit Air


5. Tanaman Cemara

Tanaman Cemara (Casuarina sp.) ialah member keluarga Casuarinaceae yang terdiri dari 17 spesies. Tanaman ini berasal dari Australia, si kecil benua India, Asia Tenggara dan pulau-pulau di Samudera Pasifik Barat. Mereka berbentuk semak dan pohon yang dapat tumbuh sampai 35 meter.
Baca juga 10 Jenis Bunga Bagus Untuk Taman Minimalis
Kebanyakan spesiesnya ialah dioecious (kelamin jantan dan betina berada pada individu berbeda) dan sisanya monocious (mempunyai kelamin jantan dan betina sekalian). Namanya diambil dari burung Kasuari sebab kemiripan bulu ekornya dengan daun tanaman ini.

Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air


6. Tanaman Siklok

Siklok adalah tanaman hias untuk daun di luar ruangan yang tahan suhu tinggi. Menurut kami sebagai jasa tukang taman surabaya. Tanaman ini unik dibandingkan tanaman lainnya. Keunikannya adalah daunnya berwarna hijau dan memiliki bentuk runcing.

Bahkan jika runcing, tanaman Siklok aman dan tidak berduri. Untuk perawatan, itu juga sangat mudah, cukup air sekali setiap 2 hari dan simpan langsung di luar untuk terkena sinar matahari.
Baca juga 10 Jenis Tanaman Hias Daun Yang Paling Populer
Tanaman ini banyak digunakan sebagai alat reboisasi yang efektif karena tidak memerlukan banyak tempat untuk menanamnya. Sehingga pekarangan menjadi tempat yang ideal untuk pabrik siklok ini.

Jasa Tukang Taman Surabaya Tanaman Yang Butuh Sedikit Air


7. Tanaman Lidah Mertua

Tanaman hias ini memiliki nama yang sangat unik yaitu ada yang menyebutnya pedang-pedang. Disebut demikian karena tanaman ini memiliki bentuk daun memanjang seperti pedang.

Lidah yang lebih tua ini adalah jenis tanaman hias yang sering ditanam di luar ruangan. Perawatannya cukup mudah dan nyaman. Selama musim kemarau, jika tanaman ini tidak disiram selama seminggu, itu akan tetap hidup dengan baik.
Baca juga 10 Tips Cara Mudah Mengenal Tanaman Hias
Ini sangat cocok bagi Anda yang sering lupa menyirami tanaman. Menanam tanaman ini memiliki banyak keuntungan yaitu dapat menyerap berbagai jenis polutan dan mengurangi gelombang elektromagnetik.

Jasa Tukang Taman Surabaya Tanaman Yang Butuh Sedikit Air


8. Tanaman Kamboja/Plumeria

Bunga Kamboja adalah tanaman hias di wilayah Afrika dan Amerika. Bentuk tanaman hias ini adalah pohon kecil dengan daun langka namun agak tebal. Bunganya juga memiliki aroma yang sangat khas dan karangan bunga putih, ungu dan merah.
Baca juga Mengenal Pohon Kamboja Plumeria (Plumeria Acuminata)
Menurut kami jasa tukang taman surabaya. Meskipun berasal dari luar negeri, bunga ini telah tumbuh di Indonesia, terutama di wilayah Bali, karena bunga Kamboja adalah bunga yang merupakan bagian dari bagian tradisional masyarakat.

Bunga Kamboja ini memiliki daya tarik kelopak warna yang sangat menarik. Bunga ini dapat tumbuh subur walaupun tidak disiram terlalu sering

Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air


9. Tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya suka tinggal di tempat yang kering. Lidah buaya memiliki daun bengkak dan duri yang tidak terlalu tajam di tepi tanaman ini.
Baca juga 43 Macam Tanaman Hias Indoor dan Outdoor
Lidah buaya sering disimpan di halaman karena bisa mendinginkan udara. Selain sebagai tanaman hias, lidah buaya juga bisa dijadikan makanan yang menyegarkan. Dan dapat digunakan sebagai obat sehat untuk rambut.

Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air


10. Tanaman Beringin

Tanaman beringin adalah salah satu tanaman dengan karakteristik dibandingkan dengan tanaman hias luar ruangan lainnya. Tanaman beringin memiliki batang yang sangat keras dan akar yang menggantung.

Beringin memiliki daun yang berkelompok dan tidak mudah jatuh sehingga sangat cocok untuk berteduh. Tanaman ini juga bisa ditanam dalam pot untuk tanaman hias.
Baca juga Pohon Beringin Kecil Sebagai Tanaman Indoor 
Sudah banyak tanaman beringin tumbuh di pot ini, bisa dikatakan bahwa tanaman beringin sangat tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, termasuk cuaca yang sangat panas.

Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air


11. Tanaman Pisang Kalatea

Pisang kalatea (ejaan sebetulnya mesti Pisang calathea), atau nama ilmiahnya Calathea lutea di luar negeri daunnya diterapkan sebagai pembungkus makanan. Daunnya lebar seperti daun pisang (sehingga disebut juga pisang calathea) cuma saja yang ini tak termasuk keluarga Musa sp,

namun genus tanaman hias daun Calathea, tubuh pendek, tinggi optimal cuma 150 cm. Pisang calathea baik ditanam bagi Anda yang berkeinginan tanaman berdaun lebar seperti pisang tetapi tak menyenangi yang tinggi atau berkeinginan ditanam di dalam rumah.

Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air


12. Tanaman Pisang Kana/Bunga Tasbih

Pohon kana/bunga tasbih termasuk kedalam pisang-pisangan yang mempunyai bunga yang amat cantik. Pohon Kana suka cahaya sang surya dan tanah yang lembap kearah berair.

Pohon kana sendiri berasal dari tempat benua amerika.kecuali memiliki bunga yang menawan rupanya pohon kana dapat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air


13. Tanaman Krisan/Krisantinum/Bunga Seruni

Bunga seruni, krisan, atau krisantemum yakni sejenis tumbuhan berbunga yang sering kali ditanam sebagai tanaman hias pelataran atau bunga petik. Tumbuhan berbunga ini mulai timbul pada zaman Kapur.

Menurut kami sebagai jasa tukang taman surabaya. Bunga seruni yakni komponen dari tumbuhan suku kenikir-kenikiran atau Asteraceae yang meliputi berjenis-jenis-variasi variasi Chrysanthemum.
Baca juga 10 Jenis Bunga Yang Harum Wangi Di Indonesia
Bunga nasional Jepang ini dalam bahasa Jepang disebut sebagai キク (kiku). Sebab bebauannya yang wangi , bunga ini kerap di tambahkan ke dalam teh supaya lebih wangi dan enak.

Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air


14. Tanaman Dracaena Marginata/Tricolor

Dracaena marginata tricolor yaitu tanaman hias daun dengan format daun panjang tapi tak lebar (sempit), tekstur kaku, warna merah dengan sedikit sentuhan hijau, tak jarang disebut dragon tree. 

Tanaman ini betul-betul gampang perawatan, seperti species tanaman lain dalam genus Dracaena. Bisa dibuat tanaman indoor yang cantik, dragon tree mulai marak diperbincangkan di Indonesia.

Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air


15. Tanaman Bunga Sepatu

Hibiscus (Hibiscus rosa-sinensis L.) adalah semak dari suku Malvaceae, asli dari Asia timur dan banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, merah dan tidak berbau.
Baca juga 15 Tanaman Hias Bunganya Kuning
Bunga-bunga dari berbagai kultivar dan hibrida mungkin dalam bentuk bunga tunggal (daun mahkota tertutup) atau ganda (mahkota berlapis) putih menjadi kuning, oranye menjadi merah atau merah muda.

Di Sumatra dan Malaysia, kembang sepatu disebut bunga raya. Bunga ini ditetapkan sebagai bunga nasional Malaysia pada 28 Juli 1960. Orang Jawa menyebutnya kembang worawari.

Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air


16. Tanaman Agave

Agave adalah tanaman yang umumnya seperti duri. Bentuk daun dan motif khusus menarik kolektor agave. Memang, sosok agave umumnya hampir seragam: daun disusun dalam roset, oval di ujung runcing dan warna hijau.

Alasan hal tersebut menurut kami jasa tukang taman surabaya karena daun yang semula sedikit pipih memiliki ujung runcing menjadi melotot seperti kubus. Tepi daun tanaman abad ini ditutupi dengan duri kecil, ujung daun dilengkapi dengan duri merah panjang.

Tanaman Agave Yang Membutuhkan Sedikit Air


17. Tanaman Pangkas Mas

Tanaman pemangkasan Duranta repens, yang biasa disebut tanaman paling populer sebagai bagian dari taman saat ini. Keduanya ditanam untuk membuat bentuk hias (biasanya bentuk bundar), pagar atau pagar taman.

Saat ini di pasaran ada dua jenis daun yang beredar, dengan warna berbeda. Yang satu hijau, yang lain hijau kekuningan. Tipe kedua tukang kebun dikenal sebagai tanaman pemangkasan kuning, saat ini populer.

Tanaman berukuran kuning ini biasanya ditanam dalam jumlah besar untuk membuat logo atau pembatas. Warna kuning yang dipancarkan memang serasi bila dipadukan dengan warna lain.

Tanaman Pangkas mas Yang Membutuhkan Sedikit Air


18 Tanaman Ruellia Ungu

Ruellia adalah genus tanaman yang biasa disebut sebagai ruelia atau pétunias sauvage. Tanaman Ruellia ungu termasuk ke dalam genus tanaman berbunga yang dapat membuat tanaman hias menutupi tanah seperti ramuan berbunga, dan beberapa di antaranya dapat digunakan sebagai tanaman obat.
Baca juga 10 Macam Bunga Untuk Taman Minimalis
Tanaman hijau abadi ini bisa mencapai ketinggian 91 cm. Batang bunga bertemu untuk membentuk serangkaian daun berbentuk lanset panjang 15 sampai 30 cm dan lebar 1, 3 sampai 1, 9 cm.

Bunga ungu berbentuk terompet ungu, biru metalik ke ungu, memiliki jumlah 5 kelopak dengan diameter 7,6 cm




19. Tanaman Erpa Merah/Kuncir Merah

Tanaman Erpa Merah istilah nama lainnya bayam merah adalah tanaman yang masih relatif dari bayam hijau biasa. Karena warnanya yang merah, tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias.

Bayam merah sangat cocok untuk ditanam di tempat terbuka dan menikmati sinar matahari. Warna daun merah cerah sangat indah untuk dilihat.

Tetapi jika tanaman ini kekurangan sinar matahari, daunnya akan memiliki penampilan yang kusam dan buram. Bayam merah sangat mudah direproduksi dan cukup cepat. Taman Anda akan sangat indah jika Anda memiliki tanaman hias bayam merah ini.

Tanaman Kucir merah Yang Membutuhkan Sedikit Air


20. Tanaman Bunga Pentas

Bunga stadium benar-benar dapat memanjakan mata saat bunga datang, bahkan bunga ini disebut tanaman berbunga yang mekar dengan rajin. Memang, bunga stadion bisa mekar hingga 4 kali setahun.

Banyak yang menganggap bahwa bunga Pentas lebih cantik daripada bunga Soka. Bunga ini telah tumbuh secara massal, sehingga untuk mendapatkannya tidak terlalu sulit.

Meskipun tanaman ini sangat tahan terhadap panas, ia tidak menyukai sinar matahari yang berlebihan karena daun dan daunnya yang mudah terbakar. Karena menurut kami jasa tukang taman surabaya jenis bunga yang mudah ditanam dan cepat tumbuh

Tanaman Pentas Krisan Yang Membutuhkan Sedikit Air


21. Tanaman Lantana

Saliara (Lantana camara) yaitu macam tumbuhan berbunga dari famili Verbenaceae yang berasal dari kawasan tropis di Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini tumbuh di tempat dengan ketinggian 1.700 m dpl dan mempunyai banyak percabangan dengan tinggi antara 0,5-4 meter.

Saliara bisa diterapkan sebagai obat memar, keracunan makanan, serta untuk penghentian pendarahan pada penderita penyakit kanker rahim
Baca juga 5 Tehnik Dasar Budidaya Tanaman Hias
Bunga Lantana yaitu spesies tumbuhan berbunga dalam keluarga verbena, Verbenaceae, yang berasal dari Amerika tropik.

Tanaman ini sudah disebarkan kebagian lain dunia sebagai tanaman hias dan dianggap spesies invasif dikebanyakan wilayah tropis dan subtropis. Tanaman bunga Lantana ialah variasi tanaman bunga yang memiliki format menawan.

Tanaman Lantana Yang Membutuhkan Sedikit Air


22. Tanaman Palem

Kami menyarankan Anda menggunakan taman Anda sebagai tempat kerja untuk menanam berbagai jenis tanaman yang dapat meningkatkan dekorasi rumah Anda. Kelapa sawit merupakan alternatif yang bisa digunakan untuk tanaman hias luar ruangan.

Kelapa sawit adalah tanaman yang cocok di daerah tropis, sehingga sangat mudah tumbuh di Indonesia. Selama ada cukup air dan cahaya, pohon aren ini akan tumbuh dengan baik dan sehat di halaman.

Pohon palem dapat membuat halaman rumah lebih indah dan segar. Jadi tunggu apa lagi untuk mulai menanam pohon palem mini di halaman?

Tanaman Palem Yang Membutuhkan Sedikit Air


23. Tanaman Zamia

The Zamam Palm adalah tanaman hias untuk penanaman di luar ruangan. Pohon palem Zamam ini juga memiliki bentuk unik yang terlihat seperti bonsai. Tidak seperti kebanyakan spesies palem, daun palem Zamem ini agak lebar dan gemuk. 

Selain itu menurut kami jasa tukang taman surabaya, tanaman hias juga bisa ditanam dalam pot. Kabar baiknya adalah bahwa pemeliharaan pohon palem Zamam ini tidak terlalu rumit. Untuk tumbuh dengan baik, tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup.

25 Jenis Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air


24. Tanaman Pandan Bali

Cordyline australis, biasanya diketahui sebagai pohon kubis, kubis-palem yakni pohon monokotil bercabang endemik ke Selandia Baru. Tingginya menempuh 20 meter dengan batang yang kokoh dan daun seperti pedang, yang berkerumun di ujung cabang dan dapat menempuh 1 meter.



25. Tanaman Hias Puring

Nama latin tanaman puring yakni Codiaeum Variegatum Bi. Meskipun dalam bahasa Inggris tanaman puring memiliki nama Croton. Berdasarkan sejarah tanaman puring ini berasal dari Indonesia. Penyebaran tanaman puring ni berada pada tempat subtropis dan tropis. 
Baca juga 3 Faktor Penting Menjaga Kualitas Tanaman Hias Daun
Ciri tanaman puring ini memiliki daun yang berwarna-warni dengan ukurang pohon yang tak terlalu besar. Tanaman puring ini banyak mempunyai kulvitar tipe dari daun seperti tanaman puring merah, tanaman puring kuning, tanaman puring orange, tanaman puring jingga dan lain-lain.

Fungsi dan kegunaan tanaman puring bagi beberapa masyarakat diaplikasikan sebagai tanaman hias sebab memiliki daun yang cantik.

Jasa Tukang Taman Surabaya tanaman puring

Demikian artikel dari kami jasa tukang taman surabaya tentang 25 Jenis Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air. Semoga menambah info dan referensi anda yang ingin menanam jenis tanaman yang tidak terlalu intensif dalam penyiramannya. Terima kasih jangan lupa bookmark untuk mengetahui up date artikel kami selanjutnya.