image image image image image

3 faktor Penting Menjaga Kualitas Tanaman Hias Daun

Tukang Taman Surabaya

Tukang Taman Surabaya hal menjaga kualitas tanamanSebagai Jasa Tukang Taman kami juga harus mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan tanaman hias. Baik itu jenis ataupun karakteristikannya. 

Tanaman hias daun sepertinnya telah ,menjadi bagian yang sangat penting dalam industri hortikultura di Indonesia khusunya kami Jasa penataan taman untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya daerah Sidoarjo, Gresik, Mojokerto atau wilayah bagian Bojonegoro dan uban.

Pada umumnya, bagian tanaman yang dianggap paling menarik dan banyak diperhatikan adalah bunga, namun dari segi keunikan, tanaman hias daun memiliki karakteristik yang tidak kalah menariknya dengan tanaman hias bunga. Pada tanaman hias daun, bunga biasanya menjadi bagian yang kurang diperhatikan karena bunga yang terbentuk tidak mencolok, warna kurang menarik, serta ukurannya relatif kecil, hal itu bertolak belakang dengan organ daunnya.

Daun pada tanaman hias daun memiliki bentuk yang unik dan warna yang sangat bervariasi sehingga tampak eye catching, misalnya, warna merah daun aglonema atau warna hijau bercampur merah pada daun puring atau bromelia. Tanaman hias daun memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan tanaman hias bunga, antara lain memiliki keindahan yang relatuf tahan lama karena vegetatifnya cenderung lebih panjang dari pada umur bunganya.
 


Tukang Taman Surabaya Menjaga Kualitas Tanaman Hias Daun

Bahkan, bisa dikatakan keindahan tanaman hias daun dapat dinikmati sepanjang usia hidup tanaman tersebut. Oleh karena itu, saat ini tanaman hias daun tidak hanya digunakan sebagai penghias rumah, tetapi juga kerap dijadikan sebagai pemanis toko/pusat perbelanjaan, atau pusat-pusat bisnis dan perkantoran. Apalagi untuk penghias perumahan (Regency Residence), bisa juga kantor pemerintahan, pabrik industri. Pokoknya tanaman hias daun dapat dijadikan bagian terpenting dalam keasrian dan penghijaun dalam lahan yang anda miliki.

Anda juga dapat menyimak artikel kami tentang Fungsi Tanaman Hias Penutup Tanah

Untuk mendapatkan kualitas tanaman hias daun yang indah, perlu diketahui sebagai faktor lingkungan yang diperlukan agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal dan berkualitas baik. Seperti halnya makhluk hidup, untuk tumbuh dengan baik, tanaman hias daun juga memiliki kebutuhan lingkungan yang harus dipenuhi dan itu berbeda-beda antara tumbuhan satu dengan tumbuhan lainnya.

Apa saja kebutuhan yang harus terpenuhi untuk menghasilkan kualitas yang baik untuk tumbuhan hias daun ?

Menurut kami Jasa Tukang Taman Surabaya, faktor-faktor yang harus terpenuhi antara lain : mencakup ketinggian tempat, suhu, kebutuhan air dan cahaya. Pemahaman mengenai sifat dan kebutuhan lingkungan tersebut, akan memudahkan anda dalam memelihara tanaman hias daun berdasarkan golongan sehingga bisa diperoleh tanaman hias yang indah dan berkualitas baik.

1.Ketinggian Tempat dan Suhu

Ketinggian tempat merupakan faktor lingkungan yang berkaitan erat dengan faktor suhu. Sebagai negara tropis, Indonesia memliki fluktuasi suhu sepanjang tahun yang tidak terlalu draktis. Berdasarkan kondisi tersebut, perubahan suhu yang terjadi di Indonesia lebih dikarenakan faktor ketinggian tempat dan lokasi geografis.

Ketinggian yang berbeda akan menghasilkan kondisi fisik dan kimia yang berbeda pula. Dengan demikian, ketinggian tempat turut menentukan jenis-jenis tanaman yang hidup di tempat-tempat dengan ketinggian tertentu. Tergantung jenisnya, tanaman hias daun dapat tumbuh beragam ketinggian tempat, baik dataran rendah ( < 200 m dpl) maupun dataran tinggi (>700 m dpl). Agar tanaman bisa tumbuh optimal, jenis-jenis tanaman hias daun yang akan ditanama harus disesuaikan dengan lingkung tumbuhnya.

Jasa Tukang Taman Surabaya

Sebagai contoh : sanseviera termasuk salah satu jenis tanaman yang membutuhkan suhu relatif hangat sehingga cocok ditanam di dataran rendah, sedangkan anthurium merupakan jenis yang membutuhkan suhu sejuk sehingga cocok di tanam pada daerah dataran menegah (antara 600 – 1.400 m dpl) yang rata-rata bersuhu sejuk.

2.Kebutuhan Air
Pada tanaman, air berperan penting dalam melarutkan dan mengangkut bahan makanan ke seluruh bagian yang membutuhkan. Kekurangan air bisa menyebabkan tanaman menjadi layu dan apabila berlangsung lama tanpa ada penaanganan yang baik, bisa berdampat pada kematian tanaman. Hal ini karena tanaman mengalami kekeringan sehingga proses biologi dan kimia dalam tanaman terganggu.

Kemampuan setiap tanaman dalam menyerap air berbeda-beda, tergantung pada jenis tanaman, fase pertumbuhan, ukuran tanaman, ukuran pot (jika tanaman ditanam dalam pot), kondisi media, kondisi akar, cahaya serta suhu dan kelembagaan udara. Proses pergerakan air dari tanah ke seluruh organ tanaman melalui akar sampai proses pelepasan air melalui stomata daun ke udara disebut dengan proses transpirasi.

 

Tukang Taman Surabaya Menjaga Kualitas Tanaman Hias Daun

Semakin cepat proses transpirasi, semakin banyak pula air yang akan dibutuhkan oleh tanaman. Tanaman yang tergolong sekulen umumnya lebih hemat dalam memanfaatkan air dalam jumlah yang sedikit, sedangkan jenis tanaman air seperti supir membutuhkan air dalam jumlah yang banyak dan dapat tumbuh dengan baik pada kondisi jenuh air.

3.Kebutuhan Cahaya

Selain air, faktor penting yang juga dibutuhkan tanaman hias daun adalah cahaya, dalam hal ini adalah cahaya dari sinar matahari. Cahaya matahari dibutuhkan tanaman sebagai sumber energi untuk melakukan proses fotosintesis. Kebutuhan tanaman hias daun akan cahaya berbeda-beda tergantung jenis tanamannya.

Terdapat beberapa jenis tanaman yang toleran terhadap cahaya matahari langsung dan ada pula tanaman yang tidak terlalu toleran terhadap cahaya matahari langsung, sehingga membutuhkan naungan. Namun, melalui tehnik budi daya tertentu, tanaman yang membutuhkan intensitas cahaya matahari tinggi bisa menjadi toleran terhadap tempat yang teduh (berpenaung).

Jasa Tukang Taman Surabaya

Beberapa jenis tanaman juga memiliki kemampuan untuk beradaptasi pada intensitas cahaya tinggi maupun terbatas. Dalam peletakkan tanaman harus memperhatikan kebutuhan tanaman akan cahaya. Tanaman yang menyukai cahaya matahari langsung sebaiknya diletakkan di lokasi yang terpapar cahaya matahari langsung sehingga dapat tumbuh secara optimal.

Sementara itu, tanaman yang tidak terlalu menyukai cahaya matahari langsung sebaiknya diletakkan di lokasi yang teduh misalnya di bawah pohon, di bawah naungan paranet atau teras rumah.
Demikian tulisan ringkas kami tentang 3 faktor Penting Menjaga Kualitas Tanaman Hias Daun

0 Response to "3 faktor Penting Menjaga Kualitas Tanaman Hias Daun"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463