image image image image image

10 Tips Cara Mudah Mengenal Tanaman Hias

Hadir sebagai Tukang Taman Mojokerto dan Tukang Taman Jombang
Jasa Tukang Taman Surabaya Tanaman hias TaiwanTanaman merupakan makhluk hidup juga yang selalu dapat tumbuh dan berkembang. Setiap tanaman dengan jenis tertentu mempunyai ciri dan karakter sendiri-sendiri yang membuatnya berbeda satu dengan lainnya. Keindahan dan keunikan suatu tanaman membuat tanaman tersebut menjadi populer, dicari oleh banyak orang, memiliki harga yang mahal dan diinginkan kehadirannya dalam sebuah taman.

A. Pengelompokkan Tanaman
Dalam perancangan sebuah taman, baik taman rumah tinggal, taman lingkungan maupun taman-taman yang dalam sebuah kota, pemilihan tanaman sebagai elemen dot atau pengisi taman menjadi salah satu aspek yang penting.

Sedikit info dari kami Jasa Tukang taman Surabaya, mungkin bagi anda yang masih awan tentang pengenalan jenis tanaman hias ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam memilih dan menempatkan suatu tanaman dalam sebuah konsep taman, antara lain : sebagai berikut :

B. Kebiasaan Hidup dan Bentuk Tumbuh Tanaman
Berdasarkan kebiasaan hidupnya, dikenal tanaman dengan tanaman yang berumur pendek dan tanaman yang berumur panjang. Tanaman yang berumur pendek terdiri dari tanaman semusim dan tanaman dua musim. Siklus hidup tanaman semusim atau annuals hanya dalam satu musim, seperti bayam-bayaman (Amaranthus sp.), portulaka (portulaca grandiflora), dan bunga tahi kodok (Tagetes Erecta).


Anda juga dapat mengikuti artikel kami tentang 3 Tips Menjaga Kesehatan Tanaman Hias

Ada pula tanaman yang hidup dalam dua musim atau disebut dengan biennials atau ada juga yang menyebutnya tanaman dua tahunan. Contoh tanaman anyelir (Dianthus barbatus) dan kembang sunggang (Gloriosa superba). Sementara ada juga tanaman hias yang mempunyai siklus hidup yang panjang atau tahunan disebut parennials.

Golongan tanaman hias ini adalah tanaman yang dapat hidup terus-menerus dalam kurun waktu yang relatif lama, seperti tanaman hias anggrek, supir (Adiantum sp), Aster (Aster Sp), krisan (Chrysanthemum sp), gerbera (Gerbera jamesonil), dadap (Erythrina sp), bungur (Lagerstroema India) dan flamboyan (Delonix Regia).

Jadi menurut kami Jasa Tukang taman Surabaya, dalam mengaplikasikannya dalam sebuah taman, komposisi yang menarik dibentuk oleh permainan tinggi rendah tanaman yang ditanam.


Baca juga artikel kami tentang 10 Jenis Tanaman hias Cocok Untuk Cuaca Panas By Tukang Taman Gresik

Berdasarkan bentuk dan ukuran tumbuhnya, tanaman dikelompokkan menjadi jenis tanaman hias herba dan jenis tanaman semak, baik yang tegak maupun yang rebah (melata), perdu dan pohon. 

Khusus dalam artikel ini hanya bentuk dalam penggolongan lainnya yaitu ada juga jenis tanaman air, palem, bambu, paku-pakuan, kaktus serta sekulen dan tanaman buah, namun tidak kami ulas semuanya dalam postingan kali ini mungkin dilain waktu dan kesempatan.

Berikut ini beberapa pengelompokkan versi kami jasa tukang taman Surabaya, mungkin dapat memberikan info dan penjelasan tentang jenis-jenis tanaman hias menurut bentuk tumbuhnya :

1. Tanaman Herba dan Semak adalah tumbuhan berbatang kecil serta sedikit mengayu dengan percabangan yang rendah atau menempel pada tanah, contoh : jenis lantana dan Taiwan

Jasa Tukang taman Surabaya Tanaman semak liliparis
Tanaman Hias Liliparis

2. Jenis tanaman Perdu adalah tanaman berbatang lebih besar dan lebih keras serta percabangannya relatif lebih tinggi daripada semak ukuran dibawah 5 - 6 meter. Biasannya perdu berbatang tegak, contohnya ; kembang sepatu (Hibiscus prosa-sinensis) dan kacapiring (Gardenia Augusta).
Jasa Tukang taman Surabaya Tanaman Andong hangjuang
Tanaman Perdu Ando Merah (Hangjuang)


3. Tanaman hias merambat adalah tanaman yang batangnya memerlukan sandaran, sepeti jenis Talamanca (allamanda cathartica), bugenfil (Bougainvillea sp), lampion Irian (Mucuna benetii)
Jasa Tukang taman Surabaya Tanaman hias alamanda ungu
Tanaman Hias Rambat Bunga Alamanda

4. Tanaman Pohon adalah sebutan untuk tanaman yang memang mempunyai batang yang besar dengan percabangan pada umumnya tinggi di atas tanah. Contohnya, jenis pohon glodokan tiang (Polyalthea longifolia), pohon bodi (Ficus religiosa), Tanaman Ketapang kencana, pohon Taibe punya dan pohon tanjung (Mimusops elegi).
Jasa Tukang taman Surabaya Tanaman hias Glodokan tiang
Tanaman Hias Glodokan Tiang
 
5. Tanaman air adalah tanaman yang memang habitat hidunya di air, seperti bunga teratai (Nymphaea sp), paku ekor kuda (Equisetum hymale) dan timpa (Thpha angustifolia).
Jasa Tukang taman Surabaya Tanaman hias Bambu air
Tanaman Hias Bambu Air

6. Tanaman Palem adalah tanaman tanaman yang termasuk kelompok famili Palmae, contohmya phunix (Phoenix roebelinii), lontar (Borassus flabellifer), Palem segitiga (Dypsis decaryi), kamedoria (Chamaedorea), aren (Arenga pinnata), ekor tupai (Wodyetia bifurcata), palem putri, palem sadeng, palem kurma, palem jenggot dan palem botol.
Palem Kenari
7. Tanaman Bambu adalah kelompok tanaman yang termasuk famili Graminae atau Poaceae. Contohnya, rumput air (Cecorus grammineus), bambu kuning (Bambusa vulgaris Vittata), bambu hijau dan rumput sate (Pennisetum glaucum)
Jasa Tukang taman Surabaya Tanaman hias Bambu Kuning
Tanaman Hias Bambu Kuning

8. Tanaman Paku-pakuan adalah sekelompok tanaman yang seolah-olah tidak memiliki batang karena tubuhnya langsung menancap pada tanah dengan kaki banyak. Famili yang termasuk ke dalam kelompok paku-pakuan diantaranya jenis Polypodiaceae, Pteridaceae, Selaginellaceae, Oleandraceae, Davalliaceae dan Aspleniaceae.
Jasa Tukang taman Surabaya Tanaman hias Kadaka
Tanaman Hias Kadaka

9. Tanaman Kaktus atau Sekulen adalah jenis tanaman lunak yang tidak berkayu. Tanaman jenis ini memiliki batang dan daun yang mampu menyimpan air dan tahan terhadap kondisi pada daerah yang kering atau sedikit air. Contohnya Neoregelia sp, Aloe sp, dan Mammilaria elongata.
Jasa Tukang taman Surabaya Tanaman hias kaktus sekulen
Tanaman Hias Kaktus / Sekulen

10. Tanaman Buah adalah sekelompok tanaman yang menghasilkan buah dan dapat dikonsumsi, selain dijadikan tanaman hias juga dapat dinikmati hasil buahnya atau sekarang sering disebut penanaman dalam pot (tambulanpot) jenis tanamannya seperti durian (Durio zibethinus), Rambutan (Nephelium lappaceum), Klengkeng dan Pala (myristica fragrans). 
Jasa Tukang taman Surabaya Tanaman buah
Itulah beberapa pengelompokan tanaman menurut bentuk tumbuhnya dan terima kasih telah menyimak postingan kami jasa tukang taman Surabaya tentang Tips Cara Mudah Mengenal Pengelompokan Tanaman Hias.

0 Response to "10 Tips Cara Mudah Mengenal Tanaman Hias"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463