image image image image image

3 Tips Menjaga Kesehatan Tanaman Hias

Tukang taman Surabaya Tips menjaga tanaman hias
Bagi anda pengunjung flamboyanasri Tukang Taman Surabaya – yang mempunya hobi menanam ataupun budi daya tanaman hias mungkin informasi sedikit dari kami bermanfaat bagi anda tentang bagaimana menjaga kesehatan tanaman dengan mengetahui beberapa hama dan penyakit yang menyerang tanaman hias anda.

Karena tanaman juga membutuhkan perhatian dan perawatan yang baik, tanaman perlu mendapat perhatian yang cukup termasuk menjaga kesehatannya, untuk menjaga kesehatannya tanaman perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :


1.Menjaga Kesehatan Tanaman
Beberapa hal yang anda pengunjung flamboyanasri Tukang Taman Surabaya, adalah perlu diperhatikan dan dilakukan untuk menjaga kesehatan tanaman ialah:

-Periksa tanaman secara berkala sambil menyiram tanaman
-Buang daun-daun yang menguning dan kering, agar tanaman tetap kelihatan hijau dan segar.
-Pangkas tanaman yang tumbuh terlalu rimbun, pilih beberapa tunas yang baik, tunas-tunas yang lain dibuang agar tanaman tidak terlalu rimbun, sehingga mempercepat rusaknya bentuk tanaman dan pertumbuhannya.
-Secara berkala tanaman dibersihkan dari kotoran dengan disemprot atau disiram.

2.Memperhatikan hama yang mengganggu dan cara mengatasinya

a. Mealbugs : nampak seperti bintik-bintik halus putih pada batang dan kumpulan daun. Mereka mengisap cairan daun dan meninggalkan tanda-tanda tusukan, jika serangan ringan cukup dicuci, tetapi jika berat maka dengan disemprot dengan malathion 1-3 cc/liter air. Penyemprotan setiap 3 hari sekali sehingga gejala serangan hilang.
b. Aphids : hewan sangat kecil, bulat, ditemukan pada pucuk-pucuk daun. Jenis ini suka mengisap cairan dan meninggalkan bintik-bintik bekas tusukan. Pemebersihannya juga dengan melathion atau pestisida sejenisnya
c. White Files:serangga berwarna putih dan mudah terbang sehingga sukar diberantas. Pemberantasannya juga dengan melathion atau pestisida sejenisnya.
d. Scale insect : ditemukan pada urat-urat daun, tetapi tidak begitu berbahaya. Cara pemberantasannya dengan dicuci atau dengan malathion atau sumithion 1-3 cc/liter air.
e. Nemathoda atau cacing kecil-kecil yang menyebababkan tanaman layu dan dapat diberantas dengan Nemagon
g. Belalang yang menggerogoti pucuk-pucuk daun, disemprot dan dimusnahkan.
f. Achatina fulica / bekicot (siput) darat dapat diberantas dengan slugicida atau dengan menebar garam
h.Ulat-ulat hijau dan ulat bulu yang merusak daun dan bunga-bunga dapat disemprot dengan Dithane
i.Rayap cara pencegahannya dengan selalu menjaga kebersihan media tanam.

3.Memperhatikan penyakit yang mengganggu dan cara mengatasinya
a.Penyakit Pathology
- Jamur : biasanya tanaman terlalu rimbun mudah ditumbuhi jamur. Jamur dapat berupa bintik-bintik hitam pada batang atau daun seperti bubuk putih. Diberantas dengan fungisida, misalnya Captan 2 gr/liter air.
- Bakteri ; tanaman yang terserang bakteri biasanya nampak seperti tersiram air panas, bercak-bercak atau daun busuk kecoklatan, dapat diberantas dengan Ceresan
- Virus ; tanaman yang terserang virus biasanya tumbuh kerdil daun mengeriting dan pucat karena kehilangan zat hijau daun lalu mati, dapat diberantas dengan membakar tanaman sebab belum ada obat yang tepat untuk memberantas virus tanaman.

b.Penyakit Physiologis 

- Penyakit daun coklat dapat disebabkan udara terlalu panas atau kelebihan air.
- Daun menguning pucat, karena kelebihan air atau drainase jelek, kekurangan Nitrogen, stres karena pemindahan, akar memenuhi pot.
- Bintik-bintik coklat pada daun disebabkan terbakar cahaya terlalu banyak
- Daun rontok dapat disebabkan karena kekurangan air atau kelebihan, kekurangan cahaya atau kelebihan, atau kekurangan zat makanan. 
- Daun menggulung/mengering disebabkan kelembapan kurang atau juga kurang siraman
- Daun tidak bercahaya atau suram disebabkan kekurangan cahaya

Bagaimana pengunjung flamboyanasri Tukang Taman Surabaya mungkin sedikit pengetahuan dari kami bisa dijadikan bahan rujukan untuk anda, sehingga ketika ada gejala-gejala yang terjadi pada tanaman hias kesayangan anda bisa langsung anda atasi secepatnya. 

Terima kasih atas kunjungannya, Anda juga dapat mengunjungi Artikel kami 5 Tehnik Dasar Dalam Membudidayakan Tanaman Hias.

0 Response to "3 Tips Menjaga Kesehatan Tanaman Hias"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463