10 Cara Menghilangkan Hama Penyakit Tanaman Buah

Jasa Tukang Taman Surabaya. Kesempatan kali ini berbagi tips bagaimana cara menghilangkan, membasmi dan mengatasi hama dan penyakit yang menyerang pada tanaman segala macam buah-buahan. Penggunan pestisida dan insektisida harus tepat sehingga target hama dan penyakit segera teratasi. 

Jadi anda harus tahu cara membasmi ulat pada tanaman, misalkan kutu putih, hama trips yang biasa menyerang pada tanaman hias maupun tanaman cabe. Cara penanganan hama dan penyakit yang anda pakai bisa secara alami misalkan dengan bahan dapur, atau secara kimiawi.

Cara Menghilangkan Hama Penyakit Tanaman Buah


Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang 10 Cara Menghilangkan Hama Tanaman Buah

Selain merawat tanaman, perlu juga memerangi hama dan penyakit agar mendapatkan hasil yang optimal. Hama dan penyakit merupakan hambatan utama dalam budidaya, sehingga perlu untuk mengambil langkah-langkah yang tepat untuk membuat tanaman sukses.
Baca juga 5 Tehnik Dasar Budidaya Tanaman Hias
Pengetahuan menyeluruh tentang hama dan penyakit diperlukan agar mereka efektif dalam pengobatannya. Berikut adalah beberapa contoh hama dan penyakit yang sering menyerang kelengkeng dan cara mengatasinya:


1. Hama Penyakit Trusuk

Parasit berduri adalah jenis parasit yang menyerang batang, terutama batang utama. Jika jumlah parasit tentu saja, banyak lubang juga akan berlubang, yang akan mengganggu kesehatan tanaman.
Baca juga Cara Membuat Pestisida Alami Untuk Bermacam Hama Tanaman
Tanaman yang terserang parasit tulang rusuk akan menunjukkan perubahan nyata pada daun, yang berubah menjadi kuning dan jatuh. Selain itu, cabang-cabang mengering dan tanaman mati seiring waktu.

Pengendalian hama Trusuk: Semprotkan insektisida pada batang yang terserang parasit tulang rusuk. Namun, yang terbaik adalah melakukan pencegahan sebelum diserang dengan menyemprotkan insektisida pada batang yang sehat, terutama batang utama.


2. Hama Penyakit Kelelawar

Dari pengalaman kami Jasa Tukang Taman Surabaya. Jenis hama kelelawar juga sangat merugikan karena, selain memakan buah matang, mereka juga dapat membunuh buah muda lainnya. Untuk alasan ini, manajemen awal diperlukan untuk mengurangi kerugian akibat kelelawar.
Baca juga Cara Membasmi Semut Dan Keong Pada Tanaman
Pengendalian: Ketika tanaman mulai berbuah dengan jubah dari bahan padat, kelelawar tidak dapat merusaknya. Kita bisa menggunakan bundel serat bambu atau anyaman kelapa.


3. Hama Penyakit Tangkai Penggerek

Larva ini menyerang kulit pada kambium dan menggores batang atau cabang melingkar untuk membunuh ujungnya. Tanaman yang terserang hama dicirikan oleh adanya kotoran dan cairan berwarna kemerahan dari tanda sebelumnya disertai dengan larva, yang mengganggu distribusi nutrisi dan air.

Serangan larva ini menyebabkan daun menguning, yang menyebabkan kematian mereka.
Pengendalian: Berikan insektisida, seperti insektisida karbofuran aktif, misalnya: furadan, kurater, krisnadan.


4. Hama Penyakit Ulat

Hama ini menyerang semua jenis daun, mengganggu fotosintesis, yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Selain menyerang daun, jika tanaman sudah berbuah, ia juga akan menyerang buah. Indikasi tanaman yang telah terserang ulat bulu, yaitu saluran berlubang dan bahkan dimakan.
Baca juga 6 Penyebab Pertumbuhan Tanaman Menjadi Lambat
Pengendalian: Pilihlah daun yang terserang ulat bulu dan semprotkan dengan insektisida.


5. Hama Penyakit Thrips

Dari info yang kami Jasa Tukang Taman Surabaya dapat, Hama thrips menyerang daun, terutama daun muda seperti bagian atas daun. Serangan hama dengan menyedot cairan dari daun, memberi kesan bahwa daun memudar dan kering.

Pengendalian: penyemprotan insektisida seperti: AlfaMex, Pegasus, Curacron, Biocron, Samite, Omite, Catez, Bamex, Demolish, Agrimex, Caleb-tin, dll. Berikan dosis yang sesuai.


6. Hama Penyakit Kutu

Kutu menyerang hampir semua bagian tanaman seperti ranting, daun dan batang. Indikasinya adalah bahwa hampir setiap bagian tanaman daun, batang, ranting dan buah-buahan yang memudar dan rusak. Pengendalian: semprotkan insektisida seperti Decis2,5 ec atau Perfecthin 400 ec.


7. Hama Penyakit Akar Putih

Tumbuhan yang sakit disebabkan oleh jamur Rigidoporus lignosus ditandai oleh karakteristik daun menguning dan pudar yang jatuh hingga mati. Penyakit ini sering menyerang tanaman muda berumur kurang dari 10 tahun.
Baca juga 8 Tips Agar Tanaman Cepat Berbuah
Pengendalian: Semprotkan fungisida atau singkirkan tanaman yang terserang dan terbakar untuk mencegah penyebaran ke tanaman lain.
jamur.

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Phytopythora infestans, yang menyerang pangkal buah dan daun. Indikasinya adalah titik-titik hitam di pangkal buah, daun, di pangkal daun.

Berjuang: Semprotkan fungisida atau pindahkan tanaman yang terserang dan hancurkan dengan cara membakarnya.


8. Hama Penyakit Bintik Hitam

Bintik-bintik hitam pada permukaan daun menyebabkan daun menguning dan jatuh. Noda disebabkan oleh jamur yang dimulai dengan munculnya bintik-bintik pada permukaan daun dalam bentuk bulatan kecil dan tepi parut.

Pengendalian yang biasa kami Jasa Tukang Taman Surabaya pakai : Semprotkan fungisida berbasis bitertanol aktif, benomil, hexaconazole dan difenoconazole.


9. Hama Penyakit Infeksi Jamur

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Cladosporum fulvus Cke yang menyerang daun. Indikasi pada permukaan daun adalah spora coklat.
Pengendalian: semprotkan fungisida.


10. Hama Penyakit Layu

Layu biasanya terjadi secara tiba-tiba dan menyebabkan kematian. Layu ini disebabkan oleh jamur yang menyerang sistem root. Karakteristik tanaman yang terserang layu pada siang hari, terutama saat terkena sinar matahari. Pengendalian: Cabut dan hancurkan sambil membakar agar tidak menular, lalu ganti dengan biji baru

Itulah rangkuman dari kami jasa tukang taman surabaya tentang 10 Cara Menghilangkan Hama Penyakit Tanaman Buah yang patut anda coba. Jika belum berhasil anda bisa coba lagi dengan cara yang lain, jangan menyerah sebelum mencoba.Semoga bermanfaat, mohon bisa berbagi pada orang lain yang belum tahu.