image image image image image image

Cara Membasmi Semut dan Keong Pada Tanaman

Cara Membasmi Semut dan Keong Pada Tanaman

Tukang Taman Surabaya - Flamboyanasri. Berbagi info tentang cara membasmi atau mengusir semut dan keong pada tanaman yang ada di area taman anda. Kadang tidak terduga ada semut di halaman rumah atau taman anda, sehingga kalau dibiarkan bisa merusak media tanam pada tanaman hias atau bunga. Berakhibat kualitas tanaman hias kurang bagus karena terganggunya proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman anda.

Semut ialah segala serangga member suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut mempunyai lebih dari 12.000 tipe (spesies), beberapa besar hidup di wilayah tropika. Beberapa besar semut diketahui sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. 

Member koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Dimungkinkan pula terdapat klasifikasi semut penjaga. Satu koloni bisa merajai tempat yang luas untuk mendorong kehidupan mereka. Koloni semut kadangkala disebut superorganisme sebab koloni-koloni mereka yang menyusun sebuah kesatuan.

Sedangkan ukuran tubuhnya yang relatif kecil, semut termasuk binatang terkuat di dunia. Semut jantan sanggup menyangga bobot dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, bisa dibandingi dengan gajah yang cuma cakap menyangga muatan dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Semut cuma tersaingi oleh kumbang badak yang sanggup menyangga muatan dengan berat 850 kali berat badannya sendiri.

Tips Tukang Taman surabaya Cara Membasmi Semut


Ikuti Cara Membasmi Semut dan Keong Pada Tanaman Dari Kami Tukang Taman Surabaya :

Cara ini juga bisa diaplikasikan untuk tanaman-tanaman yang ada pada taman atau pekarangan anda, misal jenis tanaman cabe rawit, tanaman terong, buah tomat atau jenis sayuran lainnya. Karena semut juga termasuk hama pengganggu jika dibiarkan menjadi koloni yang lebih besar.

Mungkin cara membasmi atau menghilangkan hama semut ini bisa dengan cara pestisida alami atau dengan kimia (insektisida), untuk cara alami anda bisa mencari informasi lebih detail cara membuat dan bahan yang dibutuhkan. Namun disini kami tukang taman surabaya infokan dengan cara kimia saja.
Coba saja dulu dengan 4 Cara Membuat Pestisida Alami Untuk bermacam Hama Tanaman
Apabila belum berhasil dengan memakai pestisida alami, baru anda bisa memakai dengan pestisida atau insektisida kimia. Karena kadang-kadang hama semut ini sangat bandel, hilang pergi sementara namun beberapa saat balik lagi.

Karena dari pengalaman kami sebagai tukang taman surabaya, selain menyerang pada tanaman cabe rawit pada umumnya, hama semut juga sering berkumpul pada tanaman hias anggrek. Karena semut menyukai tempat yang lembab area yang tidak mendapat cahaya matahari langsung. Misalnya juga mengendap pada pohon mangga, bergerombol pada daunnya untuk berkembang biak. Jenis semut ini kita kenal dengan jenis semut ranrang (krangkang), yang diserang biasanya daun mangga namun juga bisa menyebar pada cabang dan buah mangga.

Membasmi hama semut dan keong pada tanaman.Semut umumnya sembunyi dipangkal batang, umbi semu, di dalam atau di bawah pot. Eksistensi semut di dalam atau di bawah pot bisa menyebabkan kerusakan akar dan tunas-tunas muda sehingga pertumbuhan tanaman terhambat.

Tips Tukang Taman surabaya Cara Membasmi Keong

Semut bisa diberantas dengan jenis pestisida atau insektisida seperti Chlordane, Bayrusil, Tamaron, dan Kelthane dengan dosis 0,1-0,2% atau pantas rekomendasi. Untuk menyelesaikannya, bisa dikerjakan dengan merendam pot kedalam air. Tapi, sistem itu cuma sanggup dijalankan kalau jumlah pot dan serangannya masih terbatas.

Keong ini berukuran besar, berumah, dan berbisa dengan mengeluarkan lendir. Keong ini aktif menyerang pada malam hari dan memakan seluruh ragam tanaman.
Baca juga tentang 7 Jenis Hama Dan Cara Pengendaliannya Pada Tanaman Adenium

Beberapa Jenis Keong Pada Tanaman

1. Keong Separuh Telanjang
Di komponen punggung keong tampak ada benjolan yang agak mengeras, tapi belum bisa dikatakan sebagai rumah. Keong ini aktif menyerang pada malam hari dan ngumpet di dalam media atau gulma. Keong ini menyerang pseudobulb dan tunas muda lainnya.

2. Keong Telanjang
Keong ini formatnya seperti lintah. Hama ini tak bendung kepada kekeringan dan menyenangi lingkungan lembap. Keong ini aktif menyerang pada malam hari dengan memakan daun muda dan tunas baru serta jaringan lunak lainnya. Keong ini kerap sembunyi dalam media dalam pot.

3. Keong Kecil
Keong kecil bertempurung ini berwarna kuning muda dan bersarang atau sembunyi di bawah pot anggrek.

Sekian info singkat dari kami tukang taman surabaya tentang Cara Membasmi Semut dan Keong Pada Tanaman. Semoga bermanfaat bagi anda yang taman pekarangan atau halaman rumah anda ada semut bersemayang. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya...bila masih membandel cari cara lain ya..!!!

0 Response to "Cara Membasmi Semut dan Keong Pada Tanaman"

Posting Komentar