image image image image image

7 Jenis Hama dan Pengendaliannya Pada Tanaman Adenium

Tukang Taman Surabaya flamboyanasri

Sekarang kami hadir sebagai Tukang Taman wilayah Jakarta, Tukang taman Depok, Tukang taman Bogor dan seluruh wilayah pulau Jawa.

Setelah beberapa artikel kami mengulas seputar tanaman hias adenium (Kamboja Jepang) dari tahap pengenalan, cara merawat memindahkan ke pot yang baru. Sehingga pada kesempatan kali ini kami Tukang Taman Surabaya akan berikan beberapa info tentang hama atau penyakit yang sering menyerang pada Tanaman hias adenium ini.

Anda juga dapat menyimak artikel kami tentang 4 Tips Merawat Tanaman Hias Adenium (Kamboja Jepang)

Dengan harapan dengan info yang kami berikan dapat anda digunakan untuk mengetahui gejala-gejala yang timbul pada tanaman adenium sehingga anda bisa meminimalisir atau pencegahan hama atau penyakit yang menyerang Tanaman hias Adenium anda.

Menurut kami Tukang Taman Surabaya, berikut ini jenis-jenis hama yang sering menyerang tanaman Adenium anda antara lain :

1.Hama Aphid (Kutu Kuning)
Nama Aphid ini merupakan jenis hama yang berupa kutu yang mempunyai warna kuning, Jenis hama Aphid ini biasanya hidup berkelompok dalam jumlah banyak. Hama ini menyerang tanaman Adenium dengan cara memakan dan menghisap cairan sel daun muda.

Tukang taman Surabaya 7 jenis hama dan pengendalian Pada tanaman Adenium

Tanda-tanda daun yang terserang hama ini adalah daun menjadi keriting, berubah warna menjadi hitam, dan mengering. Aphid sering bersembunyi pada pucuk tanaman adenium, berada pada bawah daun dan pada tangkai bunga.

Menurut kami Tukang Taman Surabaya untuk Pengendalian hama Aphid ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan pestisida Demiter, penyemprotan pestisida dilakukan pada bagian yang terserang saja dan cukup dilakukan dalam waktu seminggu sekali selama 3 minggu.

Insektisida Demiter memiliki gabungan sifat Contact Killing dan  Nervous Disturbing, sehingga hama Aphid yang terkena insektisida ini akan langsung mati atau kemampuan reproduksinya hilang.

2.Hama Red Spider (Tunggau Merah)
Jenis hama Red Spider termasuk hama paling sering menyerang tanaman Adenium. Hama ini biasanya bersembunyi pada permukaan bagian bawah daun muda untuk menghisap cairan daunnya. Daun yang terserang hama Red Spider akan berwarna kusam dan mengerut, hama ini banyak menyerang pada saat musim kemarau.

Pengendalian : Cara pengendalian Red Spider ini juga dapat dilakukan dengan cara penyemprotan pertisida jenis campuran antara Curacron, Kelthane, atau Omite. Dosis pestisida yang digunakan dapat diberikan sesuai anjuran pada kemasan.

Pencegahan serangan jenis hama ini dapat dilakukan dengan cara memperbaiki sirkulasi udara di sekitar tanaman atau dengan menyemprotkan pestisida yang berbeda secara bergantian selama sebulan sekali.

3.Hama Thrips
Jenis hama trips adalah sejenis hama kutu yang berwarna hitam yang bergerak sangat cepat. Hama ini menyerang pada bunga-bunga yang belum mekar (kuncup) sehingga bunga gagal mekar dan mengering. Serangan hama Thrips ini dapat diatasi dengan menyemprotkan insektisida Agrimex, Pegasus, dan Confidor kepagian yang diserang.

4.Hama Fungus Gnat.
Jenis hama Fungus Gnat ini juga dikenal sebagai Lalat hitam, ukuran hama ini sangat kecil. Fungus Gnat menyerang pada bagian bunga Adenium yang belum mekar sempurna. Serangannya menimbulkan bintik-bintik hitam pada bagian yang diserang. Hama ini dapat menyebabkan kuncup bunga menjadi busuk. Larva Fungus Gnat juga merusak bagian akar dan batang Adenium.

Pengendalian : Cara pengendalian Fungus Gnat dapat anda lakukan dengan menyemprotkan pestisida jenis Benlate atau Dithane. Dengan dosis yang digunakan sesuai pada kemasannya.

5.Mealy Bug (Kutu Putih)
Jenis hama ini berupa kutu yang berukuran kecil yang berwarna putih. Mealy bung ini memiliki tepung dan lapisan lilin seperti kapas pada tubuhnya. Hama jenis ini menyukai daerah yang lembab dan sering berada di ketiak daun Adenium, pada pucuk daun muda  dan pada batang tanaman.

KUTU PUTIH Memiliki lapisan tepung seperti kapas dipermukaan tubuhnya
Sebatas yang kami Tukang Taman Suarabaya ketahui bahwa ketika menyebar hama ini mirip tepung putih, Mealy bung ini menyerang dengan cara menghisap cairan tanaman pada daun batang, bahkan akar tanaman juga bisa menjadi sasaran serangan hama ini. Tanaman yang sering terserang hama ini pertumbuhannya menjadi tidak normal, serangan yang ringan dapat ditanggulangi dengan cara memotong dan membakar bagian yang terserang.

Serang yang hebat dari jenis hama Mealy Bug dapat dikendalikan dengan menyemprotkan pestisida jenis Dimacide, Pegasus, Diazionin atau Dursban. Cara penggunaan Pestisida dapat disirankan pada media tanam, untuk mengendalikan hama yang bersembunyi di media tanam.

6.Hama Cacing
Jenis hama cacing ini sering merusak pada bagian akar tanaman Adenium pada saat cacing membuat sarang. Tanaman yang terserang akarnya akan rusak sehingga menjadi sulit untuk menyerap unsur hara. Cacing biasanya terdapat di media tanam yang sering dipupuk dengan menggunakan pupuk kandang.

Karena itu pengunjung blog Tukang Taman Surabaya, sebaiknya anda menggunakan pupuk kandang yang sudah disterilkan .

Pengendalian : Jenis hama cacing ini dapat dikendalikan dengan menggunakan Furadan atau Nematisida Dazomet 98 persen. Dosis yang diberikan sesuai dengan anjuran yang terdapat pada label kemasakan.

7.Hama Semut
Hama jenis ini biasanya bersarang berada dibawah pot atau di dalam media tanam. Keberadaannya dapat merusak akar dan tunas dari tanaman Adenium. Semut juga dapat menjadi faktor bagi penyakit tanaman. Keberadaan semut dapat dikendalikan dengan cara merendam pot di dalam air atau penyiramannya dengan obat antisemut.

Demikian ulasan dari kami Tukang Taman Surabaya yang dapat kami uraian dengan harapan bermanfaat bagi anda yang mempunyai Tanaman Adenium sehingga dapat mengenal dan mencegah lebih awal Tentang 7 Jenis hama dan pengendalian Pada Tanaman Adenium anda.

0 Response to "7 Jenis Hama dan Pengendaliannya Pada Tanaman Adenium"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463