image image image image image

Tips Cara Mudah Memelihara Tanaman Hias Adenium

Jasa Tukang Taman Surabaya - Flamboyanasri.

Tukang Taman Surabaya Bunga Adenium

Kini hadir untuk wilayah Jawa Timur sebelah barat meliputi Tukang Taman Lamongan, Tukang Taman Tuban dan Tukang Taman Gresik.
Terima kasih masih berkesempatan mampir di blog kami yang sederhana ini, kali ini kami sedikit berikan beberapa tips yang harus diperhatikan ketika anda berminat memelihara tanaman hias adenium. Apa saja tips-tips tersebut ? Mari anda simak..!!

Apa saja yang harus anda perhatikan ketika ingin membeli tanaman hias adenium ?

Banyak kasus kegagalan yang dialami para hobiis ketika membeli adenium. Awalnya, tanaman tersebut berbunga lebat di nursery. Namun setelah dibawa ke rumah, banyak bunganya yang berguguran. Untuk itu, perlu diperhatikan beberapa tips ketika anda membeli adenium adalah sebagai berikut :
  • Saat anda memilih tanaman hias adenium, pastikan tanaman tersebut memiliki batang utama yang kokoh, lurus dan tegak dengan cabang-cabang yang tersebar merata.
  • Pilihlah tanaman hias adenium yang berbunga mekar sedikit, tetapi tunas bunganya banyak. Dengan demikian, saat dibawa pulang, anda dapat menikmati kemunculan bunga lebih lama.

Bagaimana Tips Memilih Bibit Adenium Yang Benar ?

Sebelum anda membeli tanaman hias adenium alangkah baiknya anda mengikuti saran kami Tukang Taman Surabaya, sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu asal bibit adenium, apakah berasal perbanyakan generatif atau vegetatif. Bibit yang berasal dari perbanyakn vegetatif dapat dipastikan ukuran bonggolnya tidak sebesar bibit yang berasal dari biji.

Tukang Taman Surabaya Cara mudah memelihara Bunga Adenium

Karena itu, lebih baik membeli adenium yang berasal dari perbanyakan generatif. Selain itu, bibit adenium yang dipilih kondisinya juga harus segar, batangya kokoh, daunnya berwarna hijau segar, serta bonggolnya mulus dan tidak cacat atau terluka.

Apa Benar Sampah Dapur Dapat Digunakan Untuk Menyuburkan Tanaman Hias Adenium ?

Menurut info dari kami Tukang Taman Surabaya, yang kami peroleh sampah dapur seperti ampas teh, kulit telur dan air cucian beras sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Pasalnya, sampah dapur tersebut bermanfaat untuk menyuburkan tanaman, termasuk adenium.

Caranya taburkan ampas teh, kulit telur yang telah dihaluskan, dan sedikit vetsin pada media tanam. Lalu siramkan air cucian beras secukupnya. Air cucian beras dapat sebagai penyubur sekaligus perangsang hormon auksin dan giberelin. Cara ini cukup dilakukan sebulan sekali.

Apa Benar Adenium Yang Sulit Berbunga Harus Dipuasakan ?
Teknik ini sebenarnya bertujuan untuk merontokkan daun dan merangsang tumbuhnya tunas yang abru. Dengan cara ini, bunga akan keluar secara serempak dan tanaman menjadi rajin berbunga.

Tukang Taman Surabaya Cara mudah memelihara Bunga Adenium

Menurut kami Tukang Taman Surabaya, Cara yang dilakukan cukup sederhana, yakni tanaman hias adenium tidak disiram air selama seminggu. Setelah itu, siram dengan larutan pupuk NPK berkalium tinggi dengan perbandingan NPK 10 : 10 : 55 atau 6 : 30 : 30. Jika kuncup bunga belum keluar, perlakuan puasa siram diulangi terus sampai kuncup bunga keluar. Biasanyam setelah dua kali perlakuan puasa-siram, kuncup bunga akan keluar.

Apa Saja Yang Harus Dilakukan Untuk Merawat Adenium Agar Tahan Lama ?

Pada dasarnya, kunci mempertahankan pertumbuhan terletak pada pola penyiraman dan pemupukkan yang dilakukan secara rutin. Dengan begitu, kebutuhan hara tanaman akan terpenuhi dan tanaman pun bisa memperoleh energi secara maksimal, terutama untuk kebutuhan pembungaan.

Menurut kami Tukang Taman Surabaya, Idealnya, penyiraman dilakukan 2 kali sehari, sedangkan pemupukkan dilakukan seminggu sekali dengan menggunakan NPK yang komposisinya berbeda (di-rolling). Misalnya, jika minggu pertama diberikan pupuk tinggi N, minggu berikutnya dipupuk dengan kandungan N yang rendah.

Alhasil, adenium bakal berbunga lebat dengan daun yang sehat dan segar. Jadi Intinya, memperhatikan terletak pada pemberian hara dan penyiraman yang dilakukan secara tepat dan rutin.

Mengapa Tanaman Hias Adenium Harus "Dibilas" Setelah Terkena Air Hujan ?

Dahulu, air hujan dianggap sebagai anugerah karena membawa kesuburan bagi tanaman. Namun kini, ketika tingkat polusi sangat tinggi, air hujan justru dapat membawa penyakit yang merugikan tanaman. Maka tidak sesuatu yang aneh jika saat ini tanaman apapun pasti bereaksi negatif terhadap air hujan.

Apalagi ketika intensitas hujan mulai berlangsung beberapa menit saja. Pasalnya, hujan yang turun tidak lebih dari 15 menit, kadar polusi disetiap titik air akan lebih besar. Jika hal ini dibiarkan menumpuk maka akan berdampak buruk pada tanaman, lama-kelamaan akan membawa penyakit untuk tanaman anda.

Untuk itu menurut kami Tukang Taman Surabaya, penyiraman atau pembilasan seluruh tanaman anda setelah terkena air hujan yang cuma sebentar. Perlakuan ini dilakukan sampai air siraman yang keluar dari bagian bawah pot berwarna bening. Cara ini sangat terbukti untuk meminimalisasi reaksi negatif yang terbawa oleh air hujan.

Apa Benar Obat Kumur Dapat Digunakan Untuk Suplemen Tanaman Hias Adenium ?

Bagi tanaman berbunga seperti adenium, ada cara mudah untuk memberikan suplemen tambahan, yakni dengan mencapurkan 1 sdm obat kumur ke dalam 1 ember air. Cara ini dipercaya dapat menambah glukosa bagi tanaman, menjaga keasaman kadar air tanah, dan menghindari bau tengik. Dengan demikian. adenium bakan tampil lebih menarik.

Tukang Taman Surabaya mengatasi fungus Genut Bunga Adenium

Bagaimana Mengatasi Seranagan Fungus Genut Pada Tanaman Hias Adenium?
Fungus genut biasa menyerang kuncup bunga adenium sehingga bunga gagal tumbuh normal, membengkok, kemudian bunga gagal mekar. Fungsu genut atau lalat diptera kecil memiliki ukuran tubuh yang mirip dengan lalat buah, yakni panjang hanya 2 - 3 mm.

Penyerangan umumnya dilakukan jika kelembapan lingkungan cukup tinggi dan menyebabkan terbentuknya ganggang hijau, yakni lumut hijau yang tumbuh disekitar tanaman. Ganggang hijau tersebut sering dijadikan tempat fungus genut meletakkan telurnya dan berkembang biak.

Saran dari kami Tukang Taman Surabaya, Untuk mengatasinya taburkan kapur tani di atas tempat yang lembab. Dengan demikian, kelembapan akan turun dan ganggang hijau tidak akan tumbuh lagi. Otomatis, serangan fungus genut juga akan berkurang dan lama-kelamaan akan hilang.

Bagaimana Memaksimalkan Bonggol Adenium Yang Berasal Dari Stek ?

Tanaman hias adenium yang berasal dari setek, biasanya memiliki batang yang kecil, lurus dan tidak memiliki bonggol. Kalaupun ada hanya terlihat seperti umbi ketela. Itupun memerlukan waktu lebih dari 2 tahun.

Namun sebenarnya tips dari kami Tukang Taman Surabaya, ada tehnik penyetekkan tanaman hias adenium agar dalam waktu yang relatif singkat dapat berbentuk layaknya tanaman adenium yang berkembangbiakkannya dengan biji dengan batang bawah berbonggol. Berikut cara melakukannya:
  1. Pilih batang dari batang utama tanaman, yakni beberapa centimeter (cm) dari bonggol adenium.
  2. Diankab batang setekkan selama beberapa jam, kemudian sungkup (tutup ) bagian bawahnya dengan plastik
  3. Letakkan batang setekan ditempat yang teduh dengan kelembapan rendah selama 2 minggu
  4. Setelah itu, tanam setekan di dalam media tanam
  5. Jika berhasil dalam jangka waktu 6 bulan kemudian tanaman hias adenium sudah siap tumbuh dengan bagian bawah membesar.
Terima kasih telah berkenan mampir dan membaca postingan kami Tukang taman Suarabaya tentang Tips Cara Mudah Memelihara Tanaman Hias Adenium

0 Response to "Tips Cara Mudah Memelihara Tanaman Hias Adenium"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463