Adsen Bawah Navi

21 TANAMAN HIAS DALAM POT YANG DAPAT MEMBERSIHKAN POLUSI UDARA

Konten [Tampil]

Tanaman hias dalam pot- Sering kita lihat di sebuah taman atau halaman rumah yang memiliki warna yang beragam. Akan tetapi ada juga tanaman hias yang dapat ditanam di dalam ruangan rumah atau perkantoran. Selain menjadi hiasan, ternyata ada juga yang bisa menyerap polutan atau polusi.

Jadi sangat disarankan bagi Anda yang gemar dengan tanaman hias, apalagi untuk di dalam ruangan. Dan beberapa tanaman di bawah ini bisa hidup dengan sistem hidroponik.
Di bawah ini adalah ulasan 21 tanaman hias dalam pot yang dapat diletakkan di dalam ruangan Anda;

1. Dracaena Deremensis

Hasil gambar untuk dracaena deremensis dalam pot
Dracaena Deremensis adalah tanaman yang memiliki pertumbuhan lambat, dapat tumbuh mencapai ukuran 4 kaki. Keseluruhan daunnya memiliki warna hijau dengan garis-garis vertical pada Variates Janet Craig. Adapun untuk jenis Baunsei terdapat dua garis putih lebar di bagian tengah, mempunyai garis-garis putih dibagian tepi berwarna hijau, kuning, dan putih. Dibagian tepi daun dikelilingi pita putih. Variates Compacta memiliki bentuk padat sehingga cocok untuk hiasan di ruangan yang berukuran cukup kecil.

2. Anggrek ( Dendrobium )

Hasil gambar untuk dendrobium / anggrek dalam pot
Dendrobium adalah salah satu genus anggrek terbesar di dunia. Anggrek ini merupakan tanaman jenis epifit yang bisa di gunakan sebagai hiasan taman maupun di dalam ruangan. Jangan khawatir soal perawatan, karena tanaman ini terbilang mudah soal perawatannya.

3. Rhododendron

Hasil gambar untuk tanaman hias rodhodendron dalam pot
Jika anda tahu bahwa tanaman Rhododendron ini merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini adalah tanaman semak yang mampu menyerap polutan formaldehida dari sumber seperti plywood atau insulasi busa.

4. Kaktus Bunga

Hasil gambar untuk tanaman hias kaktus bunga dalam pot
Kalian pastinya kenal dengan tanaman yang memiliki duri disetiap batangnya yang tidak memiliki daun. Tanaman yang dikmaksud adalah kaktus. Walaupun tanaman kaktus  hanya berbentuk seperti itu, akan tetapi memiliki daya tarik tersendiri. Banyak yang meminati tanaman ini karena perawatannya cukup mudah. Dan jangan heran jika tanaman kaktus ini juga berbunga. Ukuran yang kecil bagus untuk hiasan indoor maupun outdoor.

5. Golden Pothos ( Scindapsus Aures )

Gambar terkait
Golden photos atau sirih belanda memiliki kemampuan hidup yang sangat fantastis walaupun tanaman ini bukan penyaring zat formalin yang baik. Tanaman ini sangat bagus untuk ditempatkan ruangan seperti garasi mobil dan motor.

6. Pakis Boston

Hasil gambar untuk tanaman hias Pakis Boston dalam pot
Tanaman yang sangat umum ini banyak dijumpai di Negara kita Indonesia. Pakis Boston atau lebih lengkapnya pakis pedang boston merupakan tanaman hias pakis-pakisan yang bisa ditanam dengan digantung seperti di dalam rumah. Daun yang rimbun atau lebat adalah ciri khasnya, namun tanaman hias ini tidak berbunga. Tanaman ini juga efektif menghilangkan bahan kimia dan pelembab. Biasanya tanaman ini tumbuh baik di keranjang yang digantung.
 

7. Beringin Korea

Hasil gambar untuk tanaman hias beringin korea dalam pot
Beringin pada umumnya adalah pohon besar yang sering dianggap angker oleh sebagian orang. Akan tetapi beringin yang satu ini berbeda jenis atau berbeda spesies dengan beringin yang umumnya. Beringin Korea biasa dijadikan sebagai tanaman hias dalam pot oleh banyak penggemar tanaman hias. Selain itu tanaman ini juga sering dijadikan sebagai objek bonsai.

8. English Ivy ( Hedera Helix )

Hasil gambar untuk tanaman hias  English Ivy ( Hedera Helix ) dalam pot
Merambat, agresif, vigor, tumbuh dengan cepat, bisa tumbuh dimana saja merupakan ciri pada tanaman English Ivy. Tanaman ini cocok di dalam rumah dekat jendela sebagai hiasan. Selain itu tanaman ini juga bisa menyerap udara kotor.
 

9. Lavender

Hasil gambar untuk tanaman hias  . Lavender) dalam pot
Lavender adalah tanaman yang berasal dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Tanaman ini merupakan tanaman hias pewangi ruangan yang dapat mengusir nyamuk secara alami. Daerah yang kering dan panas merupakan daerah yang disukai oleh tanaman ini. Selain itu tanaman ini juga bagus untuk hiasan di dalam rumah dan sekaligus sebagai pengusir nyamuk di dalam rumah anda.

10. Lidah Mertua / Snake Plan

Hasil gambar untuk tanaman hias  Snake Plan  dalam pot
Di Indonesia tanaman hias ini dinamakan dengan lidah mertua yang bentuk tanamannya seperti lidah dan ujungnya runcing. Sementara di luar negeri tanaman ini dinamai atau dijuluki dengan snake palnt karena bentuk tanamannya menurut mereka seperti ular. Tanaman ini termasuk tanaman yang bisa membuat udara terasa lebih sejuk karena tanaman hias ini memiliki kemampuan untuk bisa menyerap berbagai jenis polutan.

11. Lidah Buaya / Aleo Vera

Gambar terkait
Lidah buaya termasuk tanaman yang sangat dikenal dikalangan masyarakat, apalagi bagi pecinta tanaman hias. Tanaman ini memiliki banyak sekali khasiat atau manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman ini. Karena tanaman ini bisa digunakan sebagai bahan kosmetik atau bahkan bisa jadi makanan. Selain itu, tanaman hias ini sangat bagus juga untuk hiasan di dalam rumah. Tentu bukan tanaman yang sudah besar yang bisa untuk hiasan di dalam rumah. Akan tetapi yang masih kecil atau sedang seukuran pot kecil.

12. Dracaena Marginata / Dragon Tree

Gambar terkait
Tanaman hias yang biasa disebut rainbow ini merupakan tanaman hias yang tidak terlalu suka dengan sinar matahri langsung. Tanaman hias ini juga tidak terlalu menyukai banyak air di potnya. Jadi diusahakan tidak ada genangan air di pot tanaman hias ini. Selain itu ketika tanaman ini memunculkan sebuah titik-titik coklat pada daunnya, berarti tanaman hias ini menandakan bahwa tanaman ini terlalu banyak terkena sinar matahari. Tanaman hias ini perawatannya terbilang mudah.

13. Bambu Sri Rejeki Belang

Hasil gambar untuk tanaman hias   Bambu Sri Rejeki Belang  dalam pot
Walaupun namanya terdapat bambu, akan tetapi tanaman hias ini tidak tampak seperti bambu pada umumnya. Tanaman hias ini berwarna hijau dan dihiasi degan list warna putih pada tanamannya. Tanaman hias ini termasuk tanaman yang sangat cocok untuk dijadikan hiasan dalam ruangan, bahkan bisa juga untuk menambah kesegaran udara di dalam ruangan. Batang daun tanaman ini sebenarnya ada, akan tetapi tidak terlihat dan ukurannya pun pendek.

14. Spider Plant

Hasil gambar untuk tanaman hias Spider Plant dalam pot
Tanaman yang tumbuh dengan bentuk unik dan memiliki tinggi hingga 60 cm ini merupakan tanaman yang sangat cocok dan bagus untuk anda yang suka dengan tanaman hias. Selain itu tanaman hias ini juga bisa menyerap udara kotor atau pembersih udara di dalam ruangan.

15. Palem

Hasil gambar untuk tanaman hias  Palem  dalam pot
Ketika mendengar tanaman palem, tentu yang terbayang sebuah pohon palem besar yang banyak hidup di daerah-daerah. Akan tetapi palem yang menjadi tanaman hias berbeda jenisnya. Walaupun bentuk dari tanaman hias palem memang mirip dengan palem pohon besar. Tanaman hias palem ini bukan hanya satu jenis saja, melainkan terdapat berbagai jenis tenaman hias ini. Terdapat 7 jenis palem hias yang bisa menjadi tanaman hias dalam ruangan.

16. Aglaonema

Hasil gambar untuk tanaman hias  Aglaonema  dalam pot
Sri rejeki atau memiliki nama lain aglaonema adalah tanaman hias yang memiliki beragam warna pada daunnya. Karena warna daun tanaman ini yang terlihat memukau, tanaman ini cocok dijadikan tanaman hias untuk rumah anda. Bahkan sangat cocok juga untuk di dalam rumah dengan ukuran tanaman standar. Tanaman ini merupakan tanaman yang bisa menyesuiakan lingkungan baru dengan baik. Oleh karena itu perawatan untuk tananaman ini cenderung lebih mudah. Walaupun di dalam rumah atau di dalam ruangan dengan sedikit pencahayaan, tanaman ini masih tetap bisa bertahan hidup.

17. Anthurium

Gambar terkait
Anthurium adalah tanaman yang termasuk dari keluarga Araceae. Tanaman hias anthurium ini masih memiliki kerabat dengan tanaman hias yang cukup terkenal seperti philodendron, aglaonema, alokasia, dan keladi hias. Anthurium adalah tanaman yang memiliki jenis terbanyak yang diperkirakan terdapat hampir 1000 jenis anggota marga anthurium. Untuk anda yang ingin menanamnya di dalam rumah pilihlah tanaman yang sesuai ukuran ruangan yang ketika dilihat terlihat nyaman.

18. Gerber Daisy / Herbras

Gambar terkait
Gerber Daisy atau Herbras merupakan tanaman hias yang bisa hidup bertahun-tahun yang memiliki daun berbentuk memanjang dan memiliki warna hijau pada pada daun dengan pinggiran daun bergerigi besar. Tanaman ini termasuk dalam keluarga Asteraceae. Tanaman yang tersebar mulai dari Afrika, Amerika Selatan, Madagaskar sampai daerah tropis di Asia memiliki 40 jenis spesies Herbras yang terdapat di alam bebas.

19. Peace Lily / Spathiphyllum

 Hasil gambar untuk tanaman  Peace Lily / Spathiphyllum 
Berbunga warna putih, memiliki bau yang harum dan memiliki tangkai bunga yang unik dengan warna putih kekuningan di tengahnya adalah ciri-ciri tanaman hias Peace Lily atau bisa dijuluki lili perdamaian. Tanaman hias ini tidak terlalu banyak membutuhkan sinar matahari yang berlebih karena tanaman ini termasuk tanaman yang bisa untuk membersihkan udara di dalam ruangan.  Jadi sangat cocok untuk ditanam di ruangan sekaligus sebagai hiasan.

20. Krisan

Hasil gambar untuk tanaman hias Krisan dalam pot
Jika melihat tanaman hias ini pasti anda pernah melihatnya. Ya, tanaman ini merupakan tanaman yang biasa sebagai bahan yang sering digunakan untuk dijadikan bunga papan pada saat ucapan atau peresmian sebuah gedung perkantoran, restaurant atau hotel. Selain itu tanaman ini juga bisa untuk sebagai hiasan dalam ruangan. Bunga krisan ini sering sekali orang yang membutuhkannya untuk keperluan seperti di atas. Maka dari itu budidayakan tanaman ini sebaik mungkin.

21. Heart-Leaf Philodendron

Hasil gambar untuk tanaman hias Heart-Leaf Philodendron dalam pot
Salah satu jenis tanaman Philodendron adalah tanaman hias Heart leaf. Tanaman ini memiliki banyak jenis yang terdapat dalam satu spesies. Philodendron adalah nama yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu philo yang artinya “cinta”dan Dendron “pohon”. Karena warna daun dan keindahan bentuk tanaman ini banyak orang yang menyukainya. Bahkan dijadikan tanaman hias dalam ruangan, walaupun pada habitat aslinya tanaman ini hidup di daerah lembap, rawa-rawa, tepian sungai dan sebagainya. Tanaman ini banyak juga ditemukan di daerah hutan tropis di Indonesia.

Itulah 21 tanaman hias dalam pot yang dapat hidup di dalam rumah atau dalam ruangan. Karena tanaman-tanaman tersebut telah teruji kelangsungan hidup di dalam ruang. Jadi tidak salah kalau banyak orang yang menjadikan tanaman tersebut menjadi tanamn hias dalam pot. Dan yang tidak kalah penting adalah sebagian besar dari tanaman tersebut dapat menyerap polutan-polutan yang berbahaya sehingga sangat berguna untuk kesehatan kita.

Belum ada Komentar untuk "21 TANAMAN HIAS DALAM POT YANG DAPAT MEMBERSIHKAN POLUSI UDARA"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel