image image image image image

6 Artistik Tanaman Hias Bonsai Adenium

Tukang Taman Surabaya Tanaman hias adenium
Image from flowerian.com

Tukang Taman Surabaya – Flamboyanasri

Kami hadir juga sebagai Tukang Taman Jombang, tukang taman Sidoarjo dan kota besar di wilayah Jawa Timur.
 
Masih dalam tahap pengenalan tentang tanaman hias jenis Adenium si mawar Gurun yang cantik atau nama lainnya Kamboja Jepang. Setelah menyimak artikel kami sebelumnya tentang Mengenal Tanaman Hias Adenium (Mawar Gurun ).

Penampilan dari adenium ini tergolong unik karena tiap bagian-bagiannya baik akar (benggol), batang, daun, bunga, buah dan biji mempunyai nilai artistik tersendiri. Itulah alasannya mengapa banyak menghobi tanaman hias jenis ini cocok untuk dibuat bonsai.
   
Tanaman Adenium ini juga tergolong tanaman yang tahan lama dalam kehidupannya karena jenis batang dari adenium ini adalah batang kayu dan ada akar bonggol, bagian-bagian inilah yang berfungsi untuk menyimpan air lebih lama walaupun tanaman adenium ini jarang disiram. Tetapi bukan berarti harus lepas dari pantauan anda tentang kondisinya hanya saja tanaman ini memang membutuhkan air lebih sedikit dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya.

Anda juga dapat menyimak artikel kami tentang Tips merawat Tanaman hias dalam Pot.
 
Nah....disini kami Tukang Taman Surabaya akan sedikit mengulas bagian-bagian artistik yang ada pada Tanaman Adenium ini. 
Yuk mulai disimak....!!!. Bagian-bagian yang Unik dan artistik antara lain pada bagian :

1.Akar ( Bonggol )
Selain dari fungsi utama akar yaitu mengambil unsur hara yang ada pada tanah, akar pada adenium ini juga berfungsi sebagai penyimpan bahan cadangan makanan. Maka dari itu jenis tanaman ini tahan lama walaupun jarang disiram. Bagian akar pada Adenium ini bisa membesar ukurannya dan membentuk bonggol sejalan dengan bertambah umur dari tanaman ini.

Tukang Taman Surabaya Artistik unik Tanaman hias Adenium

Menurut kami Tukang Taman Surabaya Flamboyanasri. Biasanya perbesaran dari akar Adenium ini saat mencapai umur 7 – 9 bulan dari mulainya persemaian biji adenium.

Nah....bagian perbesaran akar alias bonggol inilah yang menjadi salah satu daya tarik yang unik dari tanaman adenium ini. Apalagi pemakain pot yang ceper untuk tempat adenium ini maka keunikan akar (bonggol) akan lebih terlihat dan terekspos tentang keberadaan akar bonggol adenium sehingga akan lebih mempercantik tampilan dari adenium. Anda bisa perhatikan gambar ini.

2. Batang
Seperti yang pernah kami katakan di atas bahwa batang dari adenium ini berjenis batang kayu sehingga dapat menyimpan cadangan air. Oleh karena itu jenis adenium ini dapat bertahan hidup lama ditempat yang gersang dan panas.

Tinggi dari batang adenium ini bisa mencapai 5 meter, namun apabila di tanam dalam sebuah pot maka pertumbuhannya akan dibatasi karena kebanyakan dijadikan tanaman bonsai. Bagian batang adenium juga mempunyai jumlah percabangan yang banyak, jenis percabangannya ada yang lentur ada pula yang kekar. Dan adenium yang berjenis dari Arabium yang biasanya memiliki percabangan yang banyak.

3.Daun

Bagian yang unik selanjutnya adalah bagian dari daun, meskipun daun tidak menjadi daya tarik utama pada tanaman adenium namun bagian daun adenium tetap tidak bisa dipisahkan dari sosok adenium secara utuh. Bentuk dari daun adenium sangat bervariasi, ada yang langset dengan ujung daun yang bulat dan runcing, ada juga yang berbentuk panjang dan runcing.

Tukang Taman Surabaya Artistik unik Tanaman hias Adenium

Sementara itu permukaan daunnya ada yang berbulu halus dan ada juga yang mengkilap licin tanpa adanya bulu di batang. Kadang-kadang juga ditemukan daun yang belang hijau kuning (variegata) dan ada pula Aung yang bentuknya berombak atau keriting.  Daun yang bentuknya seperti itulah yang menjadi incaran dari para hobiis atau kolektor karena jenis ini jarang ditemukan atau langka.

Dan anda tahu sendiri kan kalau barang yang langka dari segi harga, anda bisa menebaknya sendiri. Semakin langka suatu jenis tanaman semakin mahal harganya.

4.Bunga
Bagian dari adenium yang unik lainnya adalah bunga, adenium mempunyai bentuk bunga seperti terompet. Ukurannya bervariasi dari 2 – 8 cm. Bunga adenium terdiri dari lima helai mahkota bunga. Mahkota bunganya ada yang berbentuk mirip bintang, bergerigi, ujung terpotong, atau ujung petalnya membulat.

Tukang Taman Surabaya Artistik unik Tanaman hias Adenium

Bahkan info yang kami Tukang Taman Surabaya tahu bahwa sudah ditemukan jenis varies adenium yang bentuk bunganya tumpuk atau dobel (doxon). Awalnya dulu tanaman adenium lokal hanya memiliki warna merah muda.

Namun saat ini jenis adenium semakin bervariasi hasil dari persilangan sehingga memiliki aneka warna bunga, mulai dari putih polos, putih kekuningan, loreng, merah tua, sampai merah muda semburat warna warni yang cerah.

6.Buah
Buah dari adenium berbentuk pipih panjang, terletak pada ujung tunas dan tumbuhnya selalu berpasangan (dua buah). Ketika muda biasanya berwarna hijau, dan setelah dewasa akan berubah warna menjadi cokelat. Biasanya satu buah adenium berisi 20 – 40 biji.

Tukang Taman Surabaya Artistik unik Tanaman hias Adenium

7.Biji
Bagian yang terakhir yang kami Tukang Taman Surabaya ulas adalah bagian dari biji, biji adenium berbulu, berkulit tipis, dan berbentuk rongga, sehingga hal ini yang menyebabkan biji adenium mudah terbawa angin. Pada saat biji sudah masak, buah adenium akan pecah dan mengeluarkan biji-biji yang berada didalamnya.

Tukang Taman Surabaya Artistik unik Tanaman hias Adenium

Sepasang buah adenium dapat menghasilkan biji sejumlah 100 – 150 biji buah dalam kurun waktu sekitar 80 hari. Setelah keluar, biji adenium akan berada pada fase dorman sampai menemukan tempat yang cocok untuk melakukan pertumbuhan. Dan air biasanya menjadi pemicu berakhirnya masa dorman biji adenium.

Rasanya sampai di sini dulu hal yang kami ketahui dari beberapa info dan referensi yang kami peroleh. Mungkin sedikit ulasan dari kami Tukang Taman Surabaya tetap memberikan manfaat bagi anda. Akhir kata mohon maaf apabila ada kekurangan.

0 Response to "6 Artistik Tanaman Hias Bonsai Adenium"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463