image image image image image image

4 Tips Cara Mudah dan Tepat Merawat Bromelia

Salam hangat dari kami Tukang Taman buat para penggemar tanaman hias jenis yang satu ini, yang sangat populer yaitu Tanaman hias bromelia sangat di kenal semua kalangan pecinta tanaman hias.

Orang banyak sekali yang menyukainya karena tanaman hias ini sangat indah dan menarik dalam corak ragamnya, begitu pula sangat mudah untuk dibudidayakan. Keindahannya terletak pada keaneka ragaman bentuk, warna daun serta penampilan bunga yang sangat artistik. Mungkin anda perlu menbaca tentang 10 Tips Cara Mudah Mengenal Tanaman Hias

Walaupun tanaman bromelia sangat beragam macamnya namun tanaman ini mudah dikenali, karena secara umum beberapa species memliki ciri khas dan sangat mirip yaitu sejenis tanaman nanas-nanasan (Ananas comosus L).

Tukang taman Surabaya cara merawat bromelia

Bentuk dari daun bromelia memiliki seludung daun yang berbentuk mirip dengan mahkota nanas buah. Sama halnya dengan tanaman nanas, bbromelia mempunyai genius yang sama jadi sebagian pecinta tanaman hias sering menyebut bromelia sebagai nanas hias.

Berikut tips cara tepat merawat bromelia dari kami Tukang taman dari kota Surabaya, mulai dari menanam, merawat sampai repotting (mengganti pot) media tanam :


1.Tips Cara Menanam Bromelia Yang Tepat

Jenis tanaman hias yang satu ini memang sangan populer dan sangat digemari oleh lanscaper atau gardener selain daunnya yang indah juga sebagai simbol maskot dalam sebuah taman (landcsape).

Walaupun di kenal sebagai tanaman landscape banyak dijumpai dalam sebuah taman, namun dalam cara menananmnya tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Ini  disebabkan karena bromeli yang sering anda jumpai adalah hasil dari budidaya para petani tanaman hias.

Tukang taman Surabaya cara menanam bromelia

Karena bromeli sebenarnya berhabitat alaminya hidup di dasar hutan dan merupakan tanaman epifit (hidup dalam tanaman lain) yang tidak tumbuh secara langsung di tanah.

Untuk bromelia yang ditanam dalam sebuah pot, anda harus memberikan media tanam berupa campuran antara cococheap, sekam mentah, dan sedikit sekam bakar kasar. Selanjutnya, tanaman bromelia ditata dengan komposisi dari arah tumbuh yang bagus biar tanaman dapat berkembang dengan sempurna.


2.Tips Cara Agara Bromelia Rajin Beranak

Bromelia yang dibiarkan begitu saja hanya akan hidup normal tanpa bisa membuat anakan baru, hanya bisa memunculkan bunga saja tidak mau membentuk anakan.

Oleh sebab itu, butuh perlu adanya perlakuan khusus biar anakan bromelia muncul sebelum sebelum bunga tumbuh. Ada beberapa cara yang harus anda lakukan agar tanaman bromelia dapat membuat anakan baru.

Tukang taman Surabaya cara  bromelia cepat beranak

Salah satu cara yaitu dengan melukai titik tumbuh pada bromelia dengan bisa menggunakan bambu runcing atau pensil.
Caranya, tusukkan pensil atau bambu runcing di atas titik tumbuh tanaman, putarkan, lalu cabut pucuknya.

Baca juga Mengenal Bromelia Sang Bintang Tanaman Hias Taman Minimalis

Tiga minggu setelah perlakuan tersebut biasanya bromelia tidak akan bisa berbunga lagi, tetapi akan membuat anakan yang banyak. Namun bagi para pecinta tanaman hias, cara ini tidak dilakukan karena sama saja dengan melukai tanaman dan memaksa tanaman bromelia untuk membuat anakan. 

Karena para penghobi bromelia sejati akan menunggu sampai tanaman bromelia mengeluarkan anakan secara alami. Namun, bagi para penjual tanaman atau petani yang ingin secara cepat memperbanyak anakan, cara seperti ini akan lebih efektif dan biasa dilakukannya.


3.Tips Cara Cepat Merangsang Berbunga Bromelia 

Mungkin ada beberapa dari anda yang ingin menginginkan tanaman bromelia anda cepat berbunga?

Anda bisa mencoba tips dari kami Tukang Taman Surabaya dengan memberikan campuran 1 genggam karbit dengan 6 liter air lalu aduk sampai rata, setelah anda mengaduknya secara rata lalu diamkan campuran tadi selama 12 menit, kemudian siramkan 75 Ml larutan pada titik tumbuhnya.

Tukang taman Surabaya cara  bromelia cepat berbunga

Niscaya tanaman bromelia anda perkiraan akan bisa berbunga dalam kurun waktu 1,5 bulan. Lakukan penyiraman dengan larutan tadi setia 1 kali dalam seminggu selama 1 bulan.

Untuk penggunaan pupuk, sebaiknya jangan menggunakan pupuk kandang terlalu banyak pada tanaman bromelia, dikarenakan aplikasi pupuk kandang dapat menyebabkan daun hanya tumbuh melebar dan memanjang, sehingga tanaman tidak terlihat rapi.

Jadi jika anda menginginkan tanaman bromelia terlihat kompak dan penuh warna, berikan pupuk slow release dengan kandungan N tinggi.


4. Tips Waktu Tepat Melakuakn Repotting Pada Bromelia

Untuk kegiatan Repotting pada tanaman bromelia anda, sebaiknya lakukan secara rutin minimum 1 tahun sekali atau ketika pot yang digunakan dirasa sudah terlalu sempit.

Perlu anda ketahui, media tanam juga mempunyai masa kadaluarsa. Jadi ketika media tanam sudah mulai rusak, walaupun tanaman selalu diberi pupuk an disiram secara rutin maka tidak akan berpengaruh pada kesuburannya tidak normal lagi.


Hal ini dikarenakan semakin tanaman tumbuh besar dan dewasa, perakarannya yang tumbuh juga semakin banyak yang menyebabkan ruang dari akar semakin sempit dan terbatas. Sehingga berakhibat menguningnya daun dan pertumbuhannya pun tidak maksimal.

Maka saat itulah dilakukan Repotting dan pergantian media tanam diperlukan sehingga akan berdampak pada kesuburan dan pertumbuhan bromelia.
Itu beberapa tips mudah merawat tanaman hias bromelia semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Tips Cara Mudah dan Tepat Merawat Bromelia"

Posting Komentar