Adsen Bawah Navi

10 Jenis Tanaman Hias Dan Cara Perawatannya

Tukang Taman Surabaya. Tentang 10 Jenis Tanaman Hias Dan Perawatannya. Sebagai seorang pemula anda perlu tips dalam merawat tanaman hias. Untuk itu anda perlu memilih jenis tanaman hias berdaun saja apa berbunga. Misalkan tanaman hias aglonema yang bisa dinikmati keindahan yang berdaun lebat tetapi tidak berbunga.

Atau jenis tanaman hias yang mudah ditanam dan cepat tumbuh, dengan minim perawatan tanaman hias masih dapat hidup dengan normal. Misalkan saja jenis tanaman hias yang hanya sedikit membutuhkan air, hal ini dapat meringankan anda ketika merawatnya.

Jenis lain yaitu tanaman hias yang mudah dirawat dan menguntungkan ini dikhususkan bagi penghobi sekaligus pembudidaya tanaman hias. Memang tujuannya adalah diperjual belikan, tidak hanya dinikmati keindahannya saja.

Anda harus benar-benar mengerti jenis tanaman hias outdoor yang mudah dirawat, atau jenis tanaman yang khusus untuk tanaman dalam ruangan. Karena dilihat dari suhu dan media tanamnya berbeda.
Baca Juga 20 Bunga Yang Gampang Hidup 
Untuk tanaman hias outdoor media tanamnya langsung pada halaman taman rumah dan kebun, sedangkan kalau didalam ruangan biasanya menggunakan media pot.

Dalam postingan artikel kami terdahulu pernah membahas tentang nama tanaman hias daun dan gambarnya dan 10 jenis tanaman hias outdoor untuk tanaman hias daun dan bunga yang lagi tren di tahun 2020 sampai terbaru.

Tukang taman Surabaya 10 Jenis Tanaman Hias Pot Dan Cara Perawatannya

Tukang Taman Surabaya Tentang Jenis Tanaman Hias Dan Cara Perawatannya

Tanaman hias termasuk semua tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang sengaja ditanam orang sebagai komponen taman, 

kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga. 

Bunga potong pun bisa dimasukkan sebagai tanaman hias. Dalam konteks umum, tanaman hias adalah tidak benar satu berasal dari pengelompokan berdasarkan fungsi berasal dari tanaman hortikultura.
Baca Juga 25 Jenis Tanaman Tropis Untuk Taman
Bagian yang dimanfaatkan tidak semata bunga, tetapi kesan keindahan yang dimunculkan oleh tanaman ini. Selain bunga (warna dan aroma), daun, buah, batang, bahkan pepagan bisa menjadi komponen yang dimanfaatkan. 

Sebagai contoh, beberapa ranting tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar bisa diletakkan di ruangan untuk mengharumkan ruangan bisa menjadikannya sebagai tanaman hias.

Dalam arsitektur lansekap, bentuk dan penempatan tanaman hias menjadi pertimbangan yang penting. Isu lainnya yang penting dalam tanaman hias adalah habitat alami yang disukai tumbuhan tersebut dan juga bentuk tajuk yang dimilikinya. 

Dalam pengertian ini, tanaman hias bisa termasuk pula tanaman tepi jalan dan juga tanaman penaung (di ruang terbuka).
Baca Juga 15 Jenis Tanaman Hias Outdoor Teras Yang Mudah Dirawat
Karena tanaman hias dikelompokkan berdasarkan fungsinya, tidak menutup mungkin bahwa suatu tanaman sayuran, tanaman obat, atau tanaman buah menjadi tanaman hias, atau sebaliknya.

Berikut beberapa jenis tanaman hias yang catik dan cara perawatannya sehingga dapat tumbuh maksimal yaitu :

1. Tanaman Hias Bunga Adenium (Kamboja Jepang)

Bunga adenium atau kemboja Jepang adalah tidak benar satu tanaman hias yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Cari tahu cara memelihara bunga ini dengan baik supaya bisa tumbuh subur dan cepat berbunga di sini!

Dari info yang kami Tukang Taman Surabaya peroleh bunga adenium adalah spesies tanaman hias yang punya batang besar dengan bagian bawah yang menyerupai umbi dan punya bunga dengan warna yang beragam.
Baca Juga 6 Artistik Tanaman Hias Bonsai Adenium
Adenium atau kemboja Jepang cocok disimpan di pekarangan rumahmu gara-gara perawatannya memadai mudah.

Bunga adenium berasal berasal dari kota Aden atau ibukota Yaman yang tenar sebagai lokasi kering supaya tanaman ini suka tumbuh di tempat tanam yang kering.

10 Jenis Tanaman Hias Dan Cara Perawatannya


Cara Merawat Adenium :

1. Penyiraman Yang Tepat
Siram tanaman cuma ketika tempat tanam atau tanah udah terasa kering. Ketika musim kemarau tiba, anda mampu menyiram bunga ini 2 kali sehari, tiap tiap pagi dan sore hari.

Jangan lupa untuk meletakkan tanaman di daerah yang teduh, sehingga tempat tanam tidak sering terkena air.

2. Melakukan Pemupukan
Cara kami Tukang Taman Surabaya dalam perawatan bunga adenium seterusnya adalah mengimbuhkan pupuk cair terhadap tanaman ini tiap tiap minggu selama musim hujan.

Berikan campuran kalsium, fosfor, dan nitrogen bersama dengan perbandingan 20:20:20. Kandungan selanjutnya mampu menunjang mempercepat perkembangan bunga, daun, dan akar.

3. Mengganti Media Tanam
Jangan lupa untuk lakukan penggantian tempat tanam. Hal ini kudu dikerjakan seiring perkembangan tanaman adenium jadi besar dan berbunga lebat.

Tanaman jadi lebih subur jikalau anda lakukan perubahan tempat tanam kala adenium udah tumbuh besar.
Baca Juga Tips Cara Mudah Memelihara Tanaman Hias Adenium
4. Mengganti Pot 
Penggunaan wadah atau pot mampu pengaruhi perkembangan tanaman adenium. Jika anda memanfaatkan wadah yang dangkal, maka anda akan meraih bentuk bonggol yang gemuk dan unik.

Pasalnya, akar bunga kemboja jepang tidak mendapatkan banyak makanan di bagian bawah wadah atau pot, sehingga mereka melacak makanan di bagian atas wadah.

5. Tempat Yang Teduh
Jika suhu tanaman terasa dingin maka anda lumayan pindahkan tanaman ke daerah yang lebih hangat dan terkena sinar matahari. 

2. Tanaman Hias Aglaonema

Meskipun juga tanaman yang kuat, aglonema tidak bisa ceroboh dirawat. Tanaman aglonema selamanya perlu cara melindungi yang pas agar tumbuh subur.

Harganya yang tergolong tinggi tentu amat disayangkan kalau berujung mati sebab tidak cukup perawatan. Maka sebelum akan menentukan tanaman aglonema sebagai penghias di rumah,
Baca Juga 35 Jenis Aglaonema Beserta Gambar
Anda wajib menyadari cara melindungi aglonema bersama pas agar daunnya bagus. Sebab, daun aglonema yang menarik adalah aset tanaman ini.

Cara Merawat Aglonema :

1. Lindungi berasal dari sinar matahari berlebih
Meskipun tanaman aglonema tergolong ringan dirawat, tetapi paparan sinar matahari berlebih bisa mengganggu perkembangan aglonema. 

Cara melindungi aglonema yang benar menurut kami Tukang Taman Surabaya adalah menempatkan tanaman hias aglonema pada tempat bersama sinar matahari cukup.

Mendapatkan sinar matahari terlalu berlebih membawa dampak daun aglonema berubah menjadi kuning dan layu. 

Namun membiarkannya di didalam ruangan tanpa sinar matahari pun bisa membawa dampak aglonema sukar berfotosintesis.
Baca Juga 10 Macam Jenis Bunga Aglaonema Terbaru Dan Populer
2. Jangan sering-sering disiram
Tanaman aglonema sesungguhnya puas bersama tempat yang sejuk dan lembap, tetapi bukan berarti disiram tiap-tiap hari, ya. 

Karena menyiram tanaman aglonema tiap-tiap hari dapat membawa dampak akar dan batang aglonema busuk, yang membawa dampak daunnya ikut menguning dan layu.

Cara melindungi tanaman aglonema yang ideal adalah menyiramnya dua atau tiga kali didalam sepekan sepanjang musim kemarau. Sedangkan selagi musim penghujan sebaiknya hanya siram satu atau dua kali saja didalam sepekan.

3. Memangkas daun kalau sudah layu
Keindahan tanaman aglonema terletak terhadap daunnya. Jadi amat tidak sedap dipandang kalau tanaman aglonema kita dipenuhi dedaunan yang sudah kering atau menguning. 

Maka, cara melindungi aglonema yang benar bersama lakukan pemangkasan atau pengguntingan yang rutin.

4. Gunakan tanah organik
Media tanam aglonema yang direkomendasi adalah tanah organik. Tanah ini berasal berasal dari sisa tumbuhan, hewan, maupun manusia yang sudah mengalami dekomposisi lanjut maupun sedang. Tanah organik punya kandungan nutrisi yang baik, agar membawa dampak tanaman cepat tumbuh.

Selain itu kita juga wajib sering-sering mengecek situasi tanah terhadap pot tanaman aglonema. Tanah yang amat keras dan pot yang amat rimbun dapat membawa dampak anakan aglonema sukar tumbuh.

5. Melakukan Pemupukan
Perawatan tanaman aglonema satu ini seringkali dilupakan sebab menganggap tanaman ini juga type yang kuat. Padahal, asumsi ini keliru besar, ya. Pupuk merupakan asupan gizi bagi tanaman aglonema.

Karena menurut kami Tukang Taman Surabaya. Meski kuat, tanaman aglonema selamanya perlu unsur hara dan gizi berasal dari pupuk agar bisa tumbuh subur.
Baca Juga 13 Cara Menanam Bunga Di Pot Agar Subur
Nah, cara ideal untuk melindungi aglonema bersama lakukan pemupukan teratur tiap-tiap 2-3 bulan sekali bersama pupuk alami.

6. Mengelap daun aglonema
Cara melindungi aglonema yang terakhir seringkali diabaikan sebab dianggap berlebihan. Padahal tanaman aglonema disebut sebagai ratu daun sebab keindahan daunnya, lho. Daun aglonema dianggap sebagai aset bagi tanaman ini.

Maka kita wajib bersihkan daun aglonema bersama cara mengelapnya memakai spons halus atau tisu, agar warna dan coraknya selamanya mengkilap. 

3. Jenis Tanaman Hias Anthurium (Gelombang Cinta)

Athurium adalah salah satu tanaman hias bersama dengan model dari bunga-bungaan yang terlampau indah dan miliki warna mencolok.

Sehingga banyak wanita yang memperebutkan model tanaman ini agar dapat dipajang di lingkungan rumah bersama dengan manfaatkan pot. 

Namun menurut kami Tukang Taman Surabaya, sebagian besar masyarakat menyebutkan kalau cara merawat tanaman Anthurium sangatlah sulit, karena mudah terkena hama.
Baca Juga 10 Cara Menghilangkan Hama Penyakit Tanaman Buah
Alasan mahalnya bunga Anthurium, atau para wanita awam menyebutnya bersama dengan bunga gelombang cinta, karena model bunga Athurium rupanya miliki keunikan tidak serupa dari bunga-bunga lainnya.

Bunga gelombang cinta atau yang miliki nama ilmiah Anthurium Plowmanii adalah tanaman hias yang terlampau tenar dan merupakan model tanaman hias yang juga kelas bernama Liliopsida.

Yang paling khas dari bunga ini adalah wujud daunnya yang hijau panjang bergelombang di tepinya bersama dengan panjang 10-30 cm.

Jenis Tanaman Hias Dan Cara Perawatannya


Setelah menanam bunga Anthurium tidak berarti semua hal beres, semua itu karena tetap diperlukan perawatan agar tanaman tidak bakal tumbuh tidak sempurna. 

Berikut ini, cara paling baik di dalam merawat tanaman hias Anthurium, yaitu dapat dijalankan bersama dengan cara sebagai tersebut :

Cara Merawat Bunga Anthurium :

1. Memperhatikan Media Tanam yang Baik
Tahap awal yang pertama sekali harus diperhatikan pas lakukan cara merawat tanaman Anthurium adalah bersama dengan menyimak sarana apakah yang baik dan pas bagi perkembangan tanaman hias Anthurium. 

Agar tidak terganggu pas bunga ini mengalami proses perkembangan. Intinya, sarana yang digunakan dapat menyaring air muncul agar bunga tidak bakal cepat busuk.

Karena menurut kami Tukang Taman Surabaya. Media tanam yang diperlukan tidak cuma tanah hama, pupuk kompos, dan sekam padi, tapi ada juga campuran bagus lainnya berulah sekali kelapa, kulit kayu yang udah kering, 

dan cacahan sayur pakis. Ini bagus di dalam meningkatkan khasiat hara agar akar pada tumbuhan selamanya terjaga, dan bunga dapat bertahan di dalam pas lama.
Baca Juga 20 Bunga Yang Gampang Hidup
2. Senantiasa Melakukan Senetralisasi
Senetralisasi di dalam perawatan tanaman hias Anthurium bermanfaat di dalam merawat akar pada tanaman ini agar selamanya bersih dan tidak terkena penyakit tanaman lainnya yang terlampau beresiko seperti hama, yang dapat merusak daun, batang dan akar.

Cara  senetralisasi adalah menjemur tempat yang digunakan agar tidak basah atau bersama dengan menyangrainya dan mengimbuhkan furadan.

3. Mengatur Pencahayaan di dalam Meletakkan Tanaman
Selanjutnya yang harus diperhatikan merawat tanaman hias model Anthurium agar tumbuh mekar disetiap hari. 

Pencahayaan yang dimaksud bersama dengan membuat situasi yang kering, sesuai pada situasi tropis tapi tidak terlampau lembab.

Dimana lokasi yang pas pas berada di perkarangan rumah adalah di sudut rumah yang teduh tapi tetap terkena sinar matahari.

4. Melakukan Penyiraman yang Tepat
Penyiraman pada tanaman hias Anthurium tidak harus kapasitas air yang banyak atau penuh, karena bunga model ini tidak harus bersama dengan air yang terlampau banyak

agar tanah sebagai medianya tersebut tidak tergenang air dan tidak merusak akarnya. Penyiraman yang baik adalah kala musim kemarau, sebaliknya, kala musim hujan tidak harus disiram. 

4. Tanaman Hias fishbone cactus (Wijayakusuma)

Belakangan ini lagi trend tanaman hias yang tengah ramai diperbincangkan dan diprediksi menjadi trend baru ialah fishbone cactus.

Seperti namanya, fishbone cactus ini punya bentuk batang dan daun yang terkecuali dilihat serupa dengan susunan duri dalam tubuh ikan.

Dari informasi yang kami Tukang Taman Surabaya dapat kaktus ini berasal dari hutan hujan Meksiko dan tenar dengan batangnya yang panjang dan pipih seperti tulang ikan. 

Perawatan tanaman hias ini terbilang gampang dan tak sangat mengambil alih banyak perhatian.

Jenis Tanaman Hias Dan Cara Perawatannya

Cara Merawat Tanaman Hias fishbone cactus (Wijayakusuma)

1. Atur pencahayaan dan suhu lingkungan tanaman
Dari informasi yang kFishbone cactus tumbuh dengan baik di lingkungan bersuhu hangat dan teduh. Di beberapa besar wilayah, 

fishbone cactus tumbuh paling baik di tempat tinggal kaca yang dipanaskan atau di dalam ruangan.Tempatkan wadah atau pot di daerah yang terkena cahaya matahari cerah dan kelembaban tinggi.

2. Penyiraman dan pemupukan
Tidak seperti banyak tanaman dalam keluarga kaktus yang tahan dengan kondisi kering, kaktus Fishbone memerlukan tanah yang lembab selama musim kemarau.

Sirami tanaman secara tertib selama musim kemarau sehingga fasilitas tanam selamanya lembab. Anda bisa letakkan pot di atas nampan berisi kerikil setinggi beberapa inci dengan air yang dituang di dalamnya.

3. Tanah dan Transplantasi
Karena tanaman hias fishbone cactus menyukai tanah yang semi lembab, tambahkan 1 anggota lumut gambut dan 1 anggota perlit ke tanah kaktus standar untuk menaikkan retensi air.
Baca Juga Racikan Media Tanam Bunga Aglaonema Merah
Tanaman yang sudah tumbuh besar mesti dipindahkan ke pot lebih besar sesudah satu sampai dua th. untuk memasok lagi nutrisi. Pasalnya terkecuali dibiarkan di pot yang kecil, perkembangan tanaman hias ini menjadi tidak stabil.

4. Rapikan tanaman
Karena tanaman ini seperti menjuntai, pangkas batang panjang untuk mengelola pertumbuhan. Nantinya tunas baru akan terlihat di belakang potongan.

Setelah memangkas tanaman, menjauhkan penyiraman berlebihan, gara-gara akan memerlukan lebih sedikit air. 

5. Tanaman Hias Krisan Aster

Dari sumber yang kami Tukang Taman Surabaya baca Bunga krisan atau dikenal bersama nama bunga seruni sebenarnya kerap dipakai sebagai bunga potong.

Jenis bunga yang berasal dari daratan Eropa Timur Laut dan Asia ini ini bisa bertahan dua minggu sesudah dipetik dan di letakkan didalam vas.

Bagi kamu yang menanam bunga krisan di daerah bersuhu udara condong hangat, tentu mesti menyimak perawatannya secara detail.

Jenis Tanaman Hias Dan Cara Perawatannya

Cara Merawat Bunga Krisan :

Agar senantiasa tumbuh subur, selanjutnya Popmama.com memberikan 5 langkah tepat memelihara bunga krisan :

1. Siapkan area yang teduh untuk memindahkan tanaman bunga krisan
Sebenarnya terhadap dataran rendah yang sangat panas, perkembangan tanaman bunga krisan mampu tidak tumbuh bersama baik.

Oleh dikarenakan itu perlu menyesuaikan kondisi lingkungan dengan tanaman. Dalam satu hari, jenis bunga ini butuh cahaya matahari sepanjang kurang lebih 6-8 jam.

Namin jikalau sangat panas, tanaman bunga krisan yang ada di dalam pot sebaiknya dipindahkan ke area yang lebih teduh.

Jadi, senantiasa siapkan ruangan atau naungan khusus untuk tanaman bunga krisan yang ditanam di dalam pot.

2. Selalu Memperhatikan Jarak Peletakan Pot tanaman bunga krisan
Tanaman bunga krisan memang memiliki banyak warna yang menarik,  ada warna kuning klasik, ungu, merah, putih sampai jingga.

Agar tumbuh subur, anda harus mengikuti sirkulasi udara pada tiap-tiap tanaman bunga krisan. Sebaiknya selamanya perhatikan jarak tanaman bunga krisan yang ada di pekarangan rumah.

Hal ini agar tidak berlangsung persaingan pada akar tanaman di dalam menyerap air dan unsur hara lainnya. 

3. Pemilihan fasilitas tanam yang lebih menahan air
Umumnya, bunga krisan merupakan tanaman hibrida yang didatangkan dari Jepang, Belanda dan Amerika Serikat yang telah beradaptasi dengan iklim di Indonesia.

Nah, saat belanja tanaman krisan biasanya penjaja cuma menggunakan sekam bakar sebagai media tanamnya.

Sedangkan supaya tanaman bunga krisan selamanya subir, sebaiknya pindahkan tanaman bunga krisan ke pot besar dan tambahkan fasilitas lain yang lebih sanggup menghambat air.

Sebab suhu hawa yang panas bisa mempercepat penguapan air, supaya kudu sarana tanam yang lebih besar untuk menahan air.

4. Melakukan penyiraman tanaman bunga krisan di pagi hari
Tips dari kami Tukang Taman Surabaya. Agar tanaman bunga krisan tumbuh subur, penyiraman sebaiknya dilakukan 1 kali sehari di pagi hari. 

Cara penyiraman yang baik adalah secukupnya dan jangan hingga air tergenang, dikarenakan dapat membawa dampak akar tanaman menjadi membusuk.

Kamu hanya kudu menyiramnya di anggota akar dan batangnya saja mengfungsikan bottle spray.

Hindari menyiram tanaman di siang, sore dan malam hari. Penyiraman di siang hari dapat mengganggu sistem foto sintesis tanaman.
Baca Juga Menyiram Tanaman Yang Baik Pada Waktu Tepat
Sedangkan menyiram di sore atau malam hari mampu membawa dampak tanaman bunga krisan diserang penyakit.

5. Pemupukkan bersama bahan-bahan organik
Agar tanaman bunga krisan dapat tumbuh dengan baik, tanaman kudu dirawat. Selain dilaksanakan penyiraman, anda juga mesti melakukan pemupukan.

Dua bulan sesudah penanaman, pupuk bisa ditambahkan dengan interval pas satu bulan sekali. Sebaiknya mengfungsikan pupuk yang terbuat berasal dari bahan-bahan organik. Hal ini mempunyai tujuan sehingga sarana tanam tidak tercemari bahan kimia.

6. Tanaman Hias Violces (African violet)

memandang bunga Violces (African violet) dipajang di atas meja tamu? Ya, area tamu menjadi lebih "hidup," asri, dan anggun. 

Apalagi terkecuali pilihan potnya tepat, keindahannya pun bakal makin lama menonjol. Selain di meja tamu, violces biasanya juga indah dipajang di atas meja makan, meja kantor, atau di teras.

Daun-daun violces tumbuh di dalam wujud roset. Jika diraba, terasa tidak tipis dan berbulu menyerupai beludru (ada rambut-rambut halus di permukaan daun). 

Warna daun hijau keunguan, tangkainya banyak mengandung air, dan berwarna kemerahan. Tapi hati-hati, soalnya tangkai daun violces enteng patah.

Bunga yang dijuluki Saint Paulia ini terhitung tanaman hias ruangan yang rajin berbunga. Biasanya, bunganya berwarna ungu tua dengan bintik kuning di tengahnya. 

Namun dari info yang kami Tukang Taman Surabaya dapat, tersedia terhitung yang berwarna bunga putih, pink, violet, atau biru.

Jenis Tanaman Hias Dan Cara Perawatannya

Cara Merawat Tanaman Hias Violces (African violet)

1. Menjaga Kelembaban dan temperatur udara
Perlu diketahui bahwa bunga violces tidak dapat mekar terkecuali kelembabanya rendah. Dibutuhkan 50% kelembapan supaya bunganya dapat terpancing mekar. 

Sementara itu, temperatur atau suhu yang disukai violces adalah 55-65 derajat. Untuk tingkatkan kelembapan tanaman, sebaiknya manfaatkan pot yang terbuat berasal dari tanah liat. 

Tanah lihat lebih mudah menyerap persentase air sesudah itu mengeluarkannya melalui kelembaban tanah melalui proses evaporasi. 

Selain itu, tingkatkan kelembapan udara terhitung dapat dikerjakan bersama memakai kerikil. Caranya, pot didudukkan terhadap lapisan cawan atau baki yang memuat kerikil

Jadi kala bunganya disiram dari atas, airnya dapat jatuh ke kerikil-kerikil tersebut, dan menghasilkan udara yang lembab dari proses penguapan yang terjadi.

2. Melakukan Penyiraman dan pemupukan
Agar violces sanggup berbunga, diperlukan cara atau tehnik penyiraman yang benar. Penyiraman sanggup ditunaikan bersama dua cara, penyiraman dari atas dan berasal dari bawah. 

Penyiraman dari bawah terbilang gampang sebab hanya menyiapkan wadah susunan seperti, piringan atau baki yang berisi air seukuran 1 inci. 

Pot didudukkan terhadap wadah selanjutnya dan dibiarkan menyerap air sepanjang 30 menit. Hal ini memadai untuk membuat tanah menjadi senantiasa lembab.
Baca Juga 7 Manfaat Arang Sekam Untuk Tanaman
Pemupukan dilakukan mestinya pakai pupuk kompos atau NPK seminggu sekali. Biasa ditabur di tanah atau dilarutkan didalam air.

3. Cuci daun seminggu sekali
Hal yang perlu diperhatikan menurut kami Tukang Taman Surabaya. Agar daun terhindar dari debu dan serangan hama, seperti kutu daun dan laba-laba merah, maka daun perlu dimandikan bersama dengan pakai air hangat. 

Setelah itu, tanaman akan terkena sinar matahari sampai daun-daunnya ulang kering(kembali ke keadaan normal). 

Perlu diketahui bahwa bercak daun akan timbul jika temperatur air lebih dingin daripada temperatur udara, menjadi untuk menghindarkannya berasal dari keadaan itu, 

menempatkan tanaman di bawah lampu berkelap-kelip lebih-lebih saat daunnya sudah kering sekalipun. Daun yang sehat dapat mengeluarkan gas yang merangsang perkembangan bunga.

4. Membasmi Hama
Seiring pertumbuhannya, maka pencuri nutrisi seperti tanaman pengganggu bakal tumbuh di lebih kurang tanaman violces. Jika dibiarkan, maka pertumbuhan violces dapat terganggu. 

Dan membuahkan tanaman violces yang tidak bakal berbunga. Salah satu cara menghilangkan tanaman berikut adalah bersama dengan memecah tanaman jadi tanaman baru lagi.

7. Tanaman Hias Tapak Dara

Tapak dara atau yang juga terkenal bersama dengan sebutan Vinca adalah tanaman perdu perennial yang aslinya berasal berasal dari Madagaskar. 

Jadi menurut kami Tukang Taman Surabaya. Meskipun berasal dari luar negeri namun kini tapak dara telah banyak ditanam sebagai tanaman hias bunga khususnya di tempat tropis termasuk Indonesia.

Bunganya terlihat berasal dari ketiak daun yang kebanyakan terdiri dari lima daun mahkota. Yang ini merupakan tanaman tapak dara berbunga pink dan import tegak.

Tukang taman Surabaya 10 Jenis Tanaman Hias Pot Dan Cara Perawatannya

Cara Merawat Tanaman Hias Tapak Dara

Berikut ini adalah tips dan cara merawat tanaman hias tapak dara yaitu.
1. Cahaya
Tanaman hias tapak dara bakal tumbuh subur di bawah cahaya matahari penuh. Jika tidak beroleh cukup cahaya, maka ia akan tumbuh bersama dengan kaki yang panjang dan tidak terlampau mekar.

Tanaman tapak dara butuh banyak cahaya agar bisa mekar. Biarkan tapak dara di tempat yang mendapat cahaya matahari sepanjang lebih dari satu jam setiap harinya. Jangan khawatir, Tapak dara adalah tanaman hias yang tahan dengan panas.

2. Air
Meski tanaman hias tapak dara terlalu menyukai sinar matahari yang terang, jangan lupa untuk tetap menyirami tapak dara ya. Sirami secara menyeluruh sehingga tanah tapak dara selamanya lembap.

Kalau anda menanamnya bersama dengan wadah layaknya pot, manfaatkan pot bersama lubang drainase. Ini bakal menghambat tanahnya basah.

3. Suhu dan kelembapan
Tanaman hias tapak dara adalah tanaman asli tropis yang menyukai udara lembap. Jika kelembapan relatif turun di bawah 50 persen, maka letakkan pot di atas nampan dengan kerikil basah.

Dari pengalaman kami sebagai Hal yang perlu diperhatikan menurut kami Tukang Taman Surabaya. Selain itu, tapak dara bisa tumbuh bersama suhu kurang lebih 18 sampai 29 derajat Celsius,

Kalau cuaca sedang hujan atau dingin di bawah 16 derajat Celsius, anda sanggup masukkan tapak dara ke didalam ruangan.

4. Tanah
Karena merupakan tidak benar satu jenis tanaman hias semak, tapak dara mampu di tanam langsung di tanah atau di dalam pot. Kalau anda menginginkan memakai pot, pastikan memakai campuran tanah yang mampu mendrainase bersama baik.
Baca Juga 3 Jenis Tanah Untuk Media Tanam
anda bisa campurkan campuran serbaguna dan tambahkan sedikit dengan perlit. Ini bakal mengakibatkan tapak berasal dari menjadi lebih subur.

5. Pupuk
Sama layaknya tanaman hias lainnya, tanaman tapak dara juga butuh makanan. Paling tidak beri tapak dara pupuk setiap dua minggu dengan pupuk larut air yang sepadan yang diencerkan setengahnya pas tanaman tapak dara tumbuh dan berbunga.

Untuk memperbanyak tapak dara, anda bisa menabur benih di didalam ruangan sepanjang musim hujan dan pertahankan suhunya senantiasa terhadap 21 derajat Celsius, ya. Benih butuh selagi lebih kurang 2 hingga 3 minggu untuk menjadi kecambah.

8. Tanaman Hias Calandiva

Calandiva adalah keliru satu tanaman hias bunga yang populer, dikenal bersama bunganya yang bermahkota ganda/double. 

Warna bunga yang dihasilkannya pun terlampau menarik kalau dibandingkan dengan tanaman dalam genus Kalanchoe. 

Calandiva pertama kali ditemukan oleh seorang petani Swedia terhadap tahun 1998, mutan dari kalanchoe ungu yang punyai 32 daun mahkota (tepal) bukannya empat. 

Dari info yang kami Tukang Taman Surabaya baca tanaman ini lantas dikembangbiakkan secara intensif dan baru diperkenalkan terhadap tahun 2002.

Tukang taman Surabaya 10 Jenis Tanaman Hias Pot Dan Cara Perawatannya

Cara Merawat Tanaman Hias Calandiva

Proses perawatan untuk tanaman clandiva sangatlah tidak merepotkan, berbeda bersama dengan Cara Mengatasi Penyakit Hawar Daun pada Padi. Dibawah ini bakal dijelaskan caranya :

1. Cara Penyiraman
Perhatikan berkenaan penyiraman, karena calandiva tergolong anaman sekulen yang artinya tidak butuh banyak penyiraman. Kelebihan air termasuk jadi pemicu tanaman ini gagal tumbuh.

Jadi cukup menambahkan 1 (satu) atau 2 (dua) kali penyiraman didalam seminggu. Hindari penyiraman yang berlebih, lebih-lebih di dalam kondisi cuaca lembab dan musim hujan.

Air yang berlebih merupakan pemicu akar dan batang tanaman satu ini ringan membusuk, yang terhadap ahkirnya mengakibatkan tanaman layu dan lalma kelamaan mati.

2. Cara Pemupukan
Jika calandiva merasa tumbuh bunga berikan pupuk, terhadap kebanyakan calandiva mulai tumbuh bunga tidak cukup lebih 2 (dua) bulan berasal dari penanaman.
Baca Juga 5 Jenis Pupuk Untuk Tanaman Hias Dan Buah
Berikan pupuk lengkap seperti hypones, sebaiknya memakai pupuk organik dalam lebih dari satu hari.
Jika keluar daun rusak atau yang merasa kering jangan lupa dibersihkan berasal dari batang.

Jadi menurut kami Tukang Taman Surabaya. Kendati tanpa bunga, tanaman calandiva sudah nampak eksotis bersama dengan hanya pesonan daunya yang sedap dipandang namun hadirnya bunga bermekaran diatas daun calandiva memicu tanaman satu ini makin terpancar kecantikannya.

Untuk menjadikan bungan calandiva Anda tambah tumbuh lebat dan juga menarik perhatian tiap-tiap mata yang memandang, 

tempatkan tanaman ini pada wilayah teduh dan ajak jalan-jalan muncul untuk beroleh cahaya matahari. Cahaya matahari pagi merupakan cahaya terbaik untuk tanaman calandiva Anda.

9. Tanaman Hias Bunga Pentas

Tanaman Egyptian Star Cluster (Pentas lanceolata) berwarna pink. Di Indonesia disebut sebagai bunga pentas, menjadi keliru satu pilihan bagi pecinta tanaman hias bunga gara-gara ringan perawatannya dan juga bunga rimbun (jumlah bunga banyak).

Jika dipandang sekilas, maka bunga pentas keluar sama bersama soka (Ixora sp). Bunga mungil bergerombol bersama warna terang, gerombolannya membentuk bulatan setengah lingkaran, 

mencolok di antara daun-daunnya yang hijau, terlampau sama soka maupun bunga hoya. Namun jikalau dilihat secara seksama perbedaan ke-2 tanaman beda genus ini drastis pada daunnya.

Daun pentas keluar seperti kemangi, tidak serupa bersama daunsoka yang lebar membulat dan penampang daun halus. Egyptian Star Cluster flower atau pentas flower berasal asli dari Afrika Timur hingga Arab Selatan.

Tukang taman Surabaya 10 Jenis Tanaman Hias Pot Dan Cara Perawatannya

Cara Merawat Bunga Pentas (Lanceolata)

Setelah mengetahui langkah menanam pentas lanceolata yang udah dijelaskan di atas, selanjutnya melaksanakan perawatan yang teratur dan maksimal. 

Hal ini punya tujuan supaya pentas lanceolata bisa tumbuh subur dan terhindar berasal dari hama pengganggu. Berikut sebagian tips merawat pentas lanceolata yang tepat agar berbunga indah.

1. Penyiraman
Tips dari kami Tukang Taman Surabaya. Lakukan penyiraman secara teratur, khususnya selama periode pertumbuhan yang kuat dan di musim panas. Anda sanggup mengfungsikan air pada suhu kamar dan tanpa klorin. 

Siram pentas lanceolata satu kali sehari pada sore hari. Jangan sangat banyak menyiram bersama dengan air gara-gara dapat memicu akar bunga menjadi busuk.

2. Pemupukan
Anda sanggup beri tambahan pupuk NPK bersama komposisi 20 : 20 : 20 saat tanaman berumur 3 minggu. 

Pemberian pupuk dapat memperkaya tanah bersama fosfor dan akan memicu pembentukan tunas baru. Saat musim dingin sebaiknya Anda tidak wajib beri tambahan pupuk terhadap tanaman pentas lanceolata.

3. Pemangkasan
Pemangkasan mesti dikerjakan secara tertata supaya bentuk bunga tumbuh bagus dan senantiasa rata. Pemangkasan pada batang juga harus dilakukan. 

Jaga tinggi batang hingga 50 cm dan bagian atas mencubit untuk merawat kemegahan tanaman. Namun, proses pemangkasan cuma kudu dilaksanakan saat periode istirahat atau ketika tanaman tidak berbunga.

4. Transplantasi
Transplantasi perlu dilaksanakan secara rutin setahun sekali dikarenakan tanaman ini tumbuh dengan cepat. Prosedur ini ditunaikan untuk memperpanjang umur tanaman.

Itulah sebagian Info mengenaibunga pentas Jika Anda menghendaki menanam pentas lanceolata, Anda bisa menerapkan cara-cara di atas sehingga tanaman bunga yang Anda tanam sanggup tumbuh dengan cantik dan indah.

10. Tanaman Hias Bunga Aster

Aster atau bunga aster merupakan salah satu bunga hias yang bisa dikoleksi seseorang di rumahnya, baik di tanam di dalam pot, maupun perkarangan rumah.

Bunga aster sendiri merupakan tanaman bunga hias yang berasal dari Tiongkok dengan tinggi rata-rata 30-70 cm. Sekilas, tampilan bunga aster seperti bunga kertas (hampir mirip dengan bunga matahari).

Ciri dari bunga aster sendiri berdaun susun dan memiliki banyak warna mulai dari putih, biru, ungu, juga warna lain di mana tengah-tengah bunganya biasanya berwarna kuning.

Itulah 10 Jenis Tanaman Hias Pot Dan Cara Perawatannya dari kami Tukang Taman Surabaya yang dapat anda tanam pada media pot untuk hiasan pada lingkungan sekitar anda.

Belum ada Komentar untuk "10 Jenis Tanaman Hias Dan Cara Perawatannya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel