13 Cara Menanam Bunga Di Pot Agar Subur

Jasa Tukang Taman Surabaya. Tentang bagaimana cara menanam dan merawat tanaman bunga di media pot agar tumbuh subur. Selain pemberian pupuk faktor media tanah dan pemilihan pot juga berpengaruh agar tanaman selalu hijau dan subur. Karena semua tips sama bisa diterapkan pada semua jenis tanaman hias misalkan bunga aglaonema, bunga mawar bahkan pada tanaman sayuran.

Memperindah hunian anda mungkin menjadi salah satu aktivitas yang patut dikerjakan oleh tiap-tiap orang supaya lingkunha rumah mempunyai rasa nyaman untuk tinggalatau menetap di rumah.

Hal ini penting dijalankan sebab rumah ialah lingkungan kita untuk beristirahat dari kesibukan kerja harian. Salah satu metode yang paling banyak dikerjakan untuk mempercantik rumah yaitu dengan menanam tanaman di taman atau di pot di rumah supaya rumah nampak lebih hijau sehingga akan mendatangkan suasana yang adem dan hening.



Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang 20 Cara Menanam Bunga Di Pot Agar Subur

Menanam tanaman hias bunga atau sayur ditaman rumah dan di pot mungkin menjadi opsi utama, dikarenakan seperti yang telah banyak kita kenal bersama bahwa tanaman hias ialah sumber oksigen bagi kita.

Menanam yakni bukti langsung kecintaan kita pada alam, sehingga secara tak lantas yang memiliki hobi dalam bidang tanam-menanam ikut serta serta dalam kesibukan pelestarian lingkungan hidup. Istilahnya “Go Green, Save Earth” artinya adanya ruang terbuka hijau akan menolong penyelamatan bumi yang kita tinggali.
Baca juga 10 Pohon Penyerap Polusi Terbaik
Tapi, bagaimana seandainya taman atau kebun kita cuma ialah halaman yang sempit atau terbatas? kita pastinya tak dapat menanam tanaman yang mungkin ukurannya cukup besar. 

Untuk menyelesaikan hal hal yang demikian, ada sebagian opsi mulai dari memakai media polybag, pot, atau malahan dikala ini telah dapat memakai media tanam yang terbuat dari air.

Menanam tanaman hias di Pot dapat jadi sebuah sistem yang pas supaya dapat konsisten mempunyai tanaman hias yang banyak di lahan yang sempit. Pot sendiri mempunyai berbagai-jenis ukuran yang dapat disesuaikan dengan ukuran tanaman hias.

Untuk jenis tanaman anda bisa sesuaikan misalkan apakah anda berminta ditaruh di depan rumah terletak di bawah, dilekatkan di dinding maupun dengan pot gantung. Berikut cara menanam bunga di pot agar subur dan terlihat hijau :


1. Mempersiapkna Alat Dan Bahan

Cara awak yang biasa kami jasa tukang taman surabaya lakukan adalah Persiapan mungkin perlu dilaksanakan sebelum menjalankan cara kerja menanam. Bagaimana berharap menanam apabila kelengkapan yang diperlukan tak ada?

Pertama persiapkan pot (sesuaikan besar pot dengan ukuran dari tanaman), media tanam sebagai bagian utama (tanah, bahan organik, arang, tanah kompos, pupuk sangkar, sabut kelapa, sekam padi, humus, bahan anorganik, dan lain sebagaimana bisa disesuaikan dengan macam tanaman), tanaman / bunga yang akan ditanam, sekop kecil, dan air.
Baca juga 11 Jenis Alat Dan Bahan Untuk Membuat Taman
Perlengkapan wajib benar-benar disiapkan dengan benar, sebab jika kurang salah satu bahan anda akan mengalami kerepotan nantinya. Untuk memudahkan sistem menyiapkan, lebih bagus anda membikin daftar bahan yang seharusnya disiapkan, sekiranya telah ada bahannya lalu di coret supaya tak linglung.


2. Pemilihan Media Tanam/Pot

Sebelum anda mulai menanam ada hal hal yang semestinya dipersiapkan seperti pot dan media tanam. Pot dapat disesuaikan dengan macam dan ukuran tanaman. Apakah pot gantung atau tempel atau pot di tanah.
Baca juga 3 Jenis Tanah Untuk Media Tanam
Seandainya tanaman hias kecil pilih pot dengan ukuran kecil, apabila besar sebaliknya. Jikalau berkeinginan tampil lebih elegan, dapat menerapkan pot yang berbahan keramik atau batu alam. Media Tanam Yang Diaplikasikan Sesudah anda menyiapkan pot, kini anda semestinya mempersiapkan media tanamnya.


3. Membersihkan Pot

Selanjutnya tips dari kami jasa tukang taman surabaya. Bersihkan lebih-lebih dulu pot yang akan diaplikasikan, yakinkan jika pada komponen bawah pot terdapat lubang sebagai daerah untuk keluarnya air.


4. Pastikan Membuat Lubang Pot

Lubang-lubang di komponen dasar pot ini nantinya akan berfungsi untuk buang air jika kapasitas air yang didapat terlalu banyak sehingga tanaman tak terendam oleh air yang bisa memberi pengaruh pertumbuhan tanaman itu sendiri.


5. Memilih Bahan Media Tanam/Tanah

Letakan pecahan batu merah pada komponen dasar pot. Berikutnya dibagian atasnya isi dengan campuran tanah humus yang bersih dari sampah. Saran kami, pakai tanah yang sudah dicampur dengan pasir, tanah dan pupuk sangkar.


6. Komposisi Tanah Dan Pupuk

Berikut perbandingan campuran tanah, pasir dan pupuk kandang. Campuran biasa: tanah 1/3 komponen, pasir1/3 komponen dan 1/3 komponen pupuk sangkar Campuran untuk tanaman macam menyenangi kering ialah cuma pasir dan pupuk sangkar saja tanpa memakai tanah, perbandingannya: pasir ½ komponen dan 1/2 komponen pupuk kandang
Baca juga 5 Jenis Pupuk Bagus Untuk Tanaman Hias Dan Buah
Campuran untuk tanaman macam menyenangi lembab, tanpa mengaplikasikan pasir, cuma tanah dan pupuk sangkar saja, perbandingannya: tanah ½ komponen dan 1/2 komponen pupuk sangkar Pengepotan metode menanam tanaman hias di pot yang bagus dan komplit

Kalau media tanam telah tersedia berikutnya ialah penanaman atau pengepotan. Isi pot dengan 1/3 media tanam yakni campuran tanah, pasir dan pupuk sangkar. Anda bisa terapkan tips berikut ini
Baca juga Racikan Media Tanam Untuk Bunga Aglaonema
Berikutnya saran dari kami jasa tukang taman surabaya, paling bagus jikalau tanah yang masih melekat pada tanaman hias tak dibuang, biarkan melekat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat stress tanaman pada lingkungan yang baru. Sesudah tanaman masuk dipot, tambahkan kembali media tanam untuk menutupnya dengan tangan.


7. Tekan Media Tanam/Pot Dalam Pot

Tekan tekan pelan dan jangan terlalu keras, usahakan supaya tanaman dapat berdiri kokoh dan tak goyang goyang. Usahakan supaya media tanam tak menutup segala pot, sisakan 2 centimeter dari bibir pot supaya saat melaksanakan penyiraman menjadi lebih gampang.


8. Membersihkan Sisa Tanah Pada Pot

Sesudah semuanya selesai bersihkan sisa tanah di komponen leher pot dan komponen luar yang kumal sebab tanah yang berserakan dan merekat pada dikala memasukkan media tanam ke dalam pot.
Lakukan cara kerja penyiraman secara teratur.


9. Siram Air Secukupnya

Sesudah selasai, siram tanaman hias dan medianya dengan air secukupnya. Tempatkan tanaman pada daerah yang tak terlalu banyak cahaya sang surya. 

Sistem Pengairan Pot yang Ideal Pengairan pot menjadi hal yang penting untuk menjaga tanaman supaya konsisten bagus dan dapat bertahan hidup lebih lama. Pengairan tanaman di dalam pot dapat dilaksanakan via alas pot maupun lantas dikasih ke media tanam.


10. Penempatan Pot

Tempatkan pot anda pada daerah yang mempunyai pasokan cahaya sang surya yang cukup guna menyokong pertumbuhan tanaman.

Dari pengalaman kami jasa tukang taman surabaya. Usahakan meletakkan tanaman tak terlalu berdempetan dengan pot lain supaya tanaman memiliki ruang gerak yang cukup untuk pelaksanaan pertumbuhan dan perkembangannya.

Apabila situasi daerah tak memungkinkan tak apa-apa, namun anda mesti sedikit capek sebab semestinya memindahkan tanaman anda tiap pagi ke lokasi yang terdapat cukup pasokan cahaya sang surya.


11. Penyiraman Bunga Teratur

Sebagian pot tanaman hias, terdapat alas pada komponen bawahnya, terpenting pada pot gantung. Anda dapat memberikan air pada alas hal yang demikian sebagai penyediaan air untuk pot.

Untuk areanya anda dapat segera menyiramkan air pada media tanam. Jam berapa waktu penyiraman terbaik? Waktu penyiraman tanaman terbaik yakni jam 7 sampai jam 10 pagi, kemudian di petang hari.


12. Pemangkasan Rutin

Potong cabang dan ranting daun tanaman anda yang telah mulai mengering, supaya tak menimbun dan menumpuk di dasar pot, sebab hal ini dapat mengganggu pertumbuhan tanaman sebab ruang gerak tanaman menjadi lebih sempit

13. Pemberian Pupuk Dengan Tepat

Seiring berjalannya waktu karena proses penyiraman tanaman dengan terus menerus, tanpa disadari air akan membawa sedikit demi sedikit media tanam yang ada di dalam pot lewat lubang peredaran yang ada pada komponen dasar/komponen paling bawah pot.
Baca juga Cara Pemberian Pupuk Yang Tepat Pada Tanaman Hias
Nah, hal hal yang demikian perlu menjadi perhatian khusus bagi anda. Anda seharusnya menambahkan media tanam dan sedikit pupuk kembali ke pot, supaya tanaman konsisten dapat tumbuh dengan bagus

Demikian tadi ulasan singkat 13 Cara Menanam Bunga Di Pot Agar Subur. Kami rasa cukup gampang dan murah namun perlu penanganan khusus supaya tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan bagus. Jadi anda perlu mencobanya beberapa tips dari kami jasa tukang taman surabaya, sehingga pengalamannya anda akan lebih bertambah.