10 Langkah - Langkah Membuat Taman Rumah Sederhana

Jasa Tukang Taman Surabaya. Berbagi tips tentang langkah-langkah dalam membuat taman rumah dengan cara sederhana. Baik untuk membuat taman minimalis di lahan sempit, cara membuat taman dinding, cara membuat taman dari barang bekas, alat dan bahan untuk membuat taman, cara menata bunga di depan rumah, cara menata halaman rumah agar terlihat indah, cara membuat taman kering sendiri

Jasa Tukang Taman Surabaya

Namun kami tidak menjelaskan secara detail, kalau ditulis semuanya bisa sampai beberapa page. Yang terpenting jangan ragu-ragu jika anda ingin bereksperimen bisa praktek langsung untuk mencobanya.


Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang Langkah - Langkah Membuat Taman Rumah Sederhana

Tak jarang sekarang banyak orang yang mengharapkan lahan hijau di rumahnya. Memang, mempunyai taman di rumah mempunyai banyak manfaat. Ya, dikala Anda penat dengan kesibukan, yang dibutuhkan yakni ketenangan dan ketenteraman.

Dari penelitian, dengan mengamati tanaman dan bunga, baik untuk kesehatan psikologi sehingga tubuh akan lebih rileks. Kecuali itu, Anda malahan mempunyai aktivitas baru di rumah.
Baca juga 6 Cara Mudah Menata Taman Minimalis
Padahal terkesan adanya penambahan kegiatan baru di rumah, melainkan berinteraksi di komponen luar rumah, yakni merawat taman atau berkebun, akan membikin perasaan lebih bersuka ria.

Tetapi, kendala yang dihadapi jikalau berharap membikin taman merupakan tarif. Memang, bisa dikatakan kadang kala tarif pembuatan taman tak murah. 

Dan kalau Anda konsisten berkeinginan memiliki taman minimalis yang rendah tarif, simak 10 langkah dari kami jasa tukang taman surabaya membikin taman rumah ini.


1. Menentukan Luas Lahan Untuk Taman

Perancangan taman di lahan sempit menjadi salah satu kendala dalam desain arsitektural. Sedangkan, di lingkungan padat khususnya perkotaan, taman menjadi keperluan utama untuk menuntaskan kepenatan dan polusi. untuk menyiasati desain taman rumah minimalis di lahan sempit dengan estetika optimal.

Harus anda tentukan dahulu lahan mana yang akan anda gunakan untuk taman, bisa di depan rumah, samping rumah, atau belakangan bahkan juga di dalam rumah.


2. Mendesain Taman

Sebelum anda membuat taman anda sudah pasti punya gambaran ide sebuah taman. Untuk konsep desain sesuaikan dengan luas lahan. Namun unsur utama sebuah taman hanyalah media tanam berupa tanah dan rumput (grass).

Adapun tanaman hias penutup tanah (groundcover), tanaman hias semak, pohon peneduh dan jenis bonasi hanya ikon pelengkap dan mempertajam keindahan sebuah taman.
Baca juga Tips Desain Dan Pembuatan Taman Minimalis
Sedangkan untuk konsep desain taman anda bisa terapkan desain taman minimalis, taman kering, taman tropis, taman mediterania, taman bergaya eropa, bahkan taman vertikal (vertical garden) kesemuanya tergantung anda.

Langkah membuat taman Rumah


3. Membuat Batasan/Tepi Taman

Setelah anda mendapat desain taman, lengkap dengan jenis tanaman dan tata letak penanaman. Selanjutnya anda mulai dengan membuat tepi taman (pembatas) yang dimaksud bukan cuma membikin pagar, tetapi juga penerapan warna, material, dan tanaman.

Kedua "pembatas" ini penting. Pasalnya, membikin pagar pembatas di sekeliling taman minimalis akan menjaga citra minimalisnya. Pakai dinding, pagar kayu, perpaduan seng dan kayu, atau tanaman seperti teh-tehan.


4. Pembersihan Lahan

Dari pengalaman kami sebagai jasa tukang taman surabaya. Sebelum melanjutkan eksekusi pekerjaan yang lain anda harus membersihkan dahulu lahan yang akan dibuat taman. Dari hasil sisa-sisa material bangunan, sampah plastik atau pecahan-pecahan kaca.

Hal ini dilakukan agar benda-benda sampah dan kotoran tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. 

Jika memang diperlukan lahan tersebut terdapat banyak rumput liar anda bisa melapisi di atasnya dengan plastik. Supaya dapat meminimalisir rumput liar yang lama untuk tidak tumbuh lagi.

Langkah membuat taman Rumah


5. Pembentukan Konstur Tanah

Langkah selanjutnya adalah menguruk atau mendatangkan media tanam yaitu tanah yang subur biasanya memakai tanah humus. Anda bisa ikuti artikel kami
Baca juga Ciri - Ciri Tanah Yang Cocok Untuk Taman
Setelah mulai menguruk dan meratakan tanah taman, anda bisa berkreasi dengan membuat gundukan-gundukan tanah yang menyerupai pegunungan (landscape). Apabila anda punyai desain dengan format 3 dimensi anda bisa terapkan model gundukan yang ada pada gambar.

Perhatikan juga dalam membentuk konstur tanah yaitu drainase (pembuangan air) atur tinggi rendah tanah. Sehingga ketika ada penyiraman berlebih atau pada waktu hujan air dapat mengalir lancar dan tidak menggenang dalam area tertentu.

Langkah membuat taman Rumah


6. Memilih Tanaman Hias Dan Bonsai Sebagai Ikon Taman

Menurut kami jasa tukang taman surabaya. Untuk jenis tanaman anda harus sesuaikan dengan luas area taman, jika taman anda luas bisa memilih dengan pohon bonsai dengan ketinggian dan lingkar besar begitu sebaliknya.

Jika menginginkan suasana lebih sejuk dan rindang anda dapat menanam pohon peneduh (pelindung) sehingga suasana sekitar rumah menjadi lebih asri dan sejuk, misalnya menanam pohon pule, ketapang kencana dan pohon tabebuya
Baca juga Tips Memilih Tanaman Hias Untuk taman
Jenis tanaman hias yang harus anda ketahui tanaman hias semak jadi ketinggiannya 30 - 50 cm, misalkan puring jet, bromelia, walisongo, sambang dara dan lain-lain.

Sedangkan tanaman hias penutup tanah (grouncover) ketinggian hanya mencapai 10 cm, misalnya taiwan, lili paris, cenderawasih. 

Langkah membuat taman Rumah

7. Mulai Menanam Dengan Mengatur Jarak Tanam

Mulailah menanam dengan jenis tanaman yang ukurannya besar dahulu sebagai ikon taman, atur posisi yang sesuai. Perlu di perhatikan untuk pohon tinggi dengan pertumbuhan cabang dan rantingnya, jangan sampai mengganggu pemandangan bangunan rumah disekitarnya agar desain rumah anda tetap tereksplor.
Baca juga 10 Jenis Tanaman Hias Penutup Tanah (Groundcover)
Selanjutnya menanam tanaman semak dan penutup tanah, kumpulkan satu jenis tanaman pada bagian tertentu. Sehingga nanti akan memberikan degradasi warna yang seirama dengan pola yang teratur.


8. Pasang Jalan Setapak (Step stone)

Memasang jalan setapak/step stone ini berfungsi supaya ada akses masuk ke taman untuk tidak merusak tanaman dan rumput taman. Setidaknya saat anda ingin merawat dan menyiram taman anda tidak perlu lagi menginjak tanaman hias yang ada di taman.

Langkah membuat taman Rumah


9. Menanam Rumput

Jenis rumput taman adalah salah satu unsur softscape utama, karena rumput taman memberikan kesan hijau pada lahan tertentu. Tanpa ada tanaman pendukung lain rumput bisa tetap memberikan keasrian pada are taman.
Baca juga 7 Jenis Rumput Bagus Untuk Taman Landscape
Anda bisa lihat pada halaman atau lapangan golf, sepak bola dan lainnya tanpa ada aksesoris apapun arae landscape tetap bisa dinikmati keindahan hamparan kesan hijau.

Langkah membuat taman Rumah


10. Memberikan Aksesoris Taman

Untuk aksesoris taman ini tidak harus namun akan menambah esetika keindahan taman anda, misalkan memberikan lampu sorot pada tanaman bonsai. Maka akan kelihatan lebih indah diwaktu malam hari.

Aksesoris lainnya misalnya dengan menambah pot tanaman, patung dan air mancur buatan, jika lahan anda memungkinkan. Karena aksesoris seperti patung membutuhkan space yang agak luas.


Alat Dan Bahan Untuk Membuat Taman

Alat atau perkakas (bahasa Inggris: tools) merupakan benda yang diterapkan untuk memudahkan profesi kita sehari-hari. Sebagian figur alat merupakan palu, tang, gergaji, dan pacul. Sebagian benda sehari-hari seperti garpu, sendok dan pensil juga termasuk alat.

Pisau adalah salah satu alat yang dihasilkan manusia. Alat-alat yang secara khusus dipakai untuk kebutuhan rumah tingga kerap disebut sebagai perkakas.

Beberapa besar spesialis antropologi percaya bahwa kecakapan menerapkan alat yang dimiliki oleh manusia yakni salah satu tahap penting dalam evolusi manusia

Material atau bahan yaitu zat atau benda yang dari mana sesuatu bisa diciptakan darinya, atau barang yang diperlukan untuk membikin sesuatu.

Material yaitu sebuah usul dalam produksi. Material seringkali ialah bahan mentah - yang belum diproses, melainkan kadang kala sudah diproses sebelum dipakai untuk pengerjaan produksi lebih lanjut. Biasanya, dalam masyarakat teknologi maju, material yaitu bahan konsumen yang belum selesai.

Berikut beberapa alat dan bahan yang biasa kami jasa tukang taman surabaya pakai dalam membuat taman :
  • Skop. Skop akan amat bermanfaat untuk mengambil media tanam yang nantinya akan dipakai sebagai unsur taman
  • Pacul. Rupanya pacul bukan cuma dipakai dipersawahan saja. Karena pada ketika pembuatan taman pacul juga akan benar-benar berkhasiat untuk pembuatan lubang-lubang yang nantinya akan ditanami pohon atau tanaman
  • Sabit/Arit. Arit ialah sebuah alat yang diperkampungan acap kali dipakai untuk mengambil rumput pakan sapi atau kambing. Arit akan difungsikan untuk buang rumput gulma pada dikala pembuatan taman, yang mana dengan menerapkan alat hal yang demikian pembuatan taman akan lebih gampang dan pesat
  • Seblang. Seblang yakni alat khusus yang difungsikan pada pembuatan taman yang gunanya untuk menggali. Formatnya mirip seperti linggis tetapi pada komponen bawahnya lebih tajam dengan ukuran lebih lebar


Cara Membuat Taman Kering Sendiri

Untuk membuat taman kering tidak perlu lahan yang luas, karena taman kering diperuntukkan area sempit baik di luar ataupun dalam ruangan. Konsep desain ini perpaduan antaran elemen softscape dalam bentuk tanaman hias dan bunga.
Baca juga 10 Cara Membuat Taman Kering Sederhana
Sedangkan untuk elemen hardscapenya berupa bebatuan (koral sikat) dan beberapa aksesoris pembatas antara elemen softscape dan hardscape agar tidak campur. Misalnya berbentuk kayu atau bebatuan buatan yang bahannya dari acian semen. Biasanya banyak yang menyebutnya dengan batu artifisial (batu buatan dari semen)


Membuat Taman Minimalis Di lahan Sempit Dan Cara Menata Bunga Di Depan Rumah

Menghadirkan sebuah taman minimalis pada halaman rumah anda akan menambah kesan estetika dan memberikan suasana asri. Namun penataan bunga yang kurang tepat juga membuat taman anda terlihat berantakkan sehingga kurang elok jika dilihat.

Tetapi tahukah Anda, merapikan bunga terbukti tak segampang yang disangka. Butuh trik-trik tersendiri supaya konsep desain yang direncanakan sukses terbentuk dengan total. Alih-alih menonjol menarik, kekeliruan yang dikerjakan dikala menata bunga
Baca juga Tips Cara Mudah Mengenal Tanaman Hias
justru akan membikin taman kelihatan ramai, penuh, dan sesak. Berikut cara menata bunga yang ada didepan rumah menjadi lebib rapi dan indah :

1. Hindari Pemilihan Banyak Jenis Bunga
Semua sesuatu yang berlebiihan itu tak bagus! Itu pula ketika kita sedang memberesi bunga. Boleh-boleh saja Anda suka beraneka variasi bunga, tapi jangan dipilih semuanya juga dong.

Tentukan satu saja bunga yang berharap Anda posisikan sebagai focal point taman, kemudian tambahkan satu sampai tiga tanaman lain untuk melengkapinya.

2. Memilih Warna Bunga
Jangan pernah menggolongankan tumbuh-tumbuhan yang mempunyai bunga berwarna sama atau senada sebab akan memunculkan kesan monoton.
Baca juga 10 Jenis Tanaman Hias Daun Paling Poluler
Hindari juga meletakkan berjenis-jenis tipe tanaman dengan bunga yang berwarna-warni karena dijamin tampilannya akan terlalu ramai. Sama seperti dikala memilih warna cat tembok, sebaiknya Anda memainkan dua hingga tiga warna bunga saja untuk mempermanis suasana di depan rumah.

3. Mengatur Jarak Tanam/Peletakkan
Ingat tujuan utama Anda meletakkan tanaman hias di depan hunian ialah untuk memperindah rumah, bukan membuka kios bunga. Jadi sebisa mungkin hindarilah memenuhi zona hal yang demikian dengan pohon-pohon.

Demikian artikel kami jasa tukang taman surabaya tentang 10 Langkah - Langkah Membuat Taman Rumah Sederhana. Selamat mencoba dan berkreasi, kita tidak akan maju apabila takut untuk mencoba seseuatu hal yang baru. Terima kasih, jangan lupa bookmark untuk update artikel kami selanjutnya.