image image image image image image

10 Cara Membuat Taman Kering Sederhana

Tukang Membuat Taman Kering Surabaya

Tukang Taman Surabaya - Flamboyanasri. Sedikit berbagi pengalaman bagaimana cara membuat taman kering sederhana. Kehidupan di kota dengan tingkat urban yang tinggi juga berpengaruh pada suhu yang semakin meningkat.

Solusi bagi anda agar ruangan terus terasa teduh, tidak jarang orang yang menerapkan pendingin berupa AC atau kipas angin. Namun ada solusi lain yang dapat menurunkan suhu ruangan rumah, terbukti, membikin taman kering di dalam rumah malahan dapat jadi solusi akurat.

Di Zaman ini teknologi dan kreatifitas manusia kian meningkat, Ternyata timbul beragam variasi kreasi desain taman yang luar awam cantik. Kali ini aku akan membahas perihal Desain Taman Kering Simpel yang populer di dunia, desain taman kering simpel ini banyak di jadikan icon pameran kreasi desain daman.

Banyak sekali orang yang memperhatikan desain taman ini dan terpesona akan estetika seni Desain taman tering simpel ini. ada yang merespons selfi di desain Taman Kering Simpel ada juga yang berharap mengorder supaya di sekitar rumah atau daerah-daerah yang lainnya di desain taman tering simpel yang lagi di minati beberapa besar kalangan elit.
Baca juga 3 Konsep Sederhana Taman Kering
Berikut ini yakni sample desain taman kering simpel yang membikin anda tercengang dan heran. Memang banyak pilihan banyak macam untuk taman kering, misalkan taman kering untuk indoor berarti taman kering yang dibuat dalam ruangan. Biasanya ukurannya sangat terbatas dan minim tanaman hias.

Namun untuk taman kering outdoor biasanya dikombinasikan dengan taman minimalis, dengan lahan yang lumayan luas. Dan mendapat pencahayaan matahari yang lumayan, dibanding dengan taman kering indoor. Dan letaknya bisa di depan rumah, samping rumah atau belakang rumah, tergantung area kosong yang akan dibuat taman kering.

Kita sepatutnya berani bereksperimen dan tabah menghadapi kegagalan, jangan ragu ragu dalam mencoba panduan membikin Desain Taman Kering Simpel serta semestinya teliti dalam melakukan langka langkah yang sepatutnya kita lewati.

Berfikirlah apabila mereka dapat mengapa anda tak dan jangan pernah berfikiran bahwa orang luar negeri lebih piawai dari kita sebab akan membunuh jiwa dan kreatifitas anda dalam menghasilkan karya yang terkini. Selamat mencoba dan sukses menghasilkan Desain Taman Kering Simpel versi anda sendiri.

Bagaimana Cara Membuat Taman Kering Simpel Yang Cantik Dari Tukang Taman Surabaya

1. Mendesain Area Taman

Langkah awal yang anda lakukan adalah mendesain dengan cara sketsa awal, dalam hal ini anda harus mengukur dahulu luas area yang anda buat taman. Baru setelah diperoleh ukuran anda bisa memulai untuk mendesain taman dengan perbandingan skala.

Dalam mendesain taman secara praktis dan simpel merupakan hasil kreasi anda dalam menentukan ide untuk membuat taman kering, misalnya tentang jenis tanaman, aksesoris pendukung pot, aksen pembatas, atau batu koral sikat sebagai hiasan dalam taman kering.
Berikut beberapa Contoh Desain Konsep Taman Kering
Cara mendesain bisa dengan cara manual menggambar, atau anda bisa menggunakan aplikasi komputer dengan hasil yang lebih bagus format 3 dimensi. Kunjungi penyedia aplikasi plan garden http://www.bhg.com/app/plan-a-garden/

2. Mempelajari Tata Letak Tanaman

Dalam hal ini anda harus dapat memisahkan zona menurut temperatur yang dialami zona hal yang demikian. Tiap-tiap tanaman yang anda teliti akan mengindikasikan area ketahanan tanaman daerah tanaman hal yang demikian dapat ditanam.

3. Riset Informasi Taman Kering

Anda bisa mencari informasi tentang cara membuat taman kering dengan search internet, majalah atau membaca buku untuk mencari referensi contoh desain maupun, cara merawat dan lainnya.

4. Menyiapkan Lahan Untuk Taman Kering 

Untuk lahan taman itu sendiri dapat menyesuaikan saja tergantung dari luas bangunan, rumah yang berukuran lebih kecil secara umum akan terlihat lebih baik dengan beberapa lahan tanaman yang lebih kecil. Rumah besar akan lebih cocok dengah lahan tanaman yang lebih besar di sekelilingnya.

5. Membuat Aksen (Pembatas Taman)

Untuk membuat pembatas taman (aksen) anda dapat membuatnya dengan pasir semen yang di bentuk dengan motif kayu, batu atau bambu. Namun itu butuh keahlian khusus dibidang seni dalam membuatnya sehingga batas taman mempunyai karakteristik dan tidak monoton.
Anda bisa baca Tips Cara Mudah Membuat Batu Artifisial (Batu hias)
Pembatas ini juga perlu dibuat untuk memisahkan beberapa area dalam taman kering, misalnya area untuk tanaman hias dengan media sedikit tanah, sekam padi atau cocopeat. Dan bagian area taman untuk jalan setapak (step stone) dan bagian untuk ditaburi dengan batu koral sikat sehingga tidak bercampur dengan area taman untuk ditanami tanaman hias.

Jika dirasa sulit untuk membuat aksen dengan variasi motif, paling sederhana anda dapat membuatnya dengan batu bata, pasir dan semen kemudian dicat dengan warna hitam atau cokelat.

Atau jika taman kering berada di outdoor pembatas taman dengan hanya menata bebatuan yang ada di taman sehingga terlihat lebih rapi.

Pemabatas taman motif Kayu

Pemabatas taman motif Kayu

6. Memilih Jenis Tanaman Hias

Tanaman yang anda pilih juga syarat dengan dapat hidup walaupun sedikit asupan air, karena memang taman ini difokuskan pada aplikasi minim penggunaan penyiraman.

Jenis tanaman yang cocok untuk taman kering anda bisa memilih tanaman sekulen, siklok, agave, bromelia, dolar karmen, nanas-nanasan, kucai mini dan sejenisnya, kebanyakan tanaman hias jenis daun saja. Karena jika memilih tanaman yang berbunga maka akan mudah kotor dengan bunga yang sudah layu dan agak sulit dalam membersihkannya dikerenakan menggunakan batu koral sikat dalam area taman kering.

7. Menanam Tanaman Hias

Sebagian area yang difungsikan untuk tanaman dalam taman kering perlu tehnik dalam menanamnya. Sebaiknya anda letakkan tanaman-tanaman yang lebih tinggi di belakang. Anda tak dapat memperkenankan mereka membayangi tanaman-tanaman yang lebih kecil.

Berikan tanaman yang lebih lebar ruangan lebih. Lahan mungkin nampak kosong ketika tanaman belum tumbuh penuh, namun mereka akan terus tumbuh mengisi ruang peruntukannya setiap musim. Selang-seling tanaman yang berbeda-beda warna.

Anda dapat coba membikin rancangan dengan setiap tanaman lain yang berbeda warna, atau baris tanaman diagonal yang warnanya sama. Tanam tanaman kekal berdekatan seperti yang diindikasikan perintah penanaman. Tanam tanaman yang betul-betul kecil sepanjang perbatasan. Sebagian tanaman kekal kecil juga akan sesuai di jalan kecil

Namun alternatif lain jika anda tidak mengguanakn area untuk di tanami tanami tanaman hias, anda bisa menggukan tanaman hias yang berada dalam pot. Jadi anda tinggal bisa menempatkan sesuai dengan anda inginkan dan mudah untuk dipindahkan.

8. Membuat Jalan Setapak (Step Stone)

Untuk pembuatan step stone kebutuhan relatif saja, karena untuk taman kering yang tidak begitu luas tidak perlu dibuatkan jalan setapak. Sedangkan untuk area taman kering yang luas step stone sangat diperlukan untuk sarana berjalan dalam taburan batu koral sikat.

Untuk step stone itu sendiri anda bisa membuatnya dengan pasir semen dengan motif kayu atau batu seperti halnya dalam pembuatan pembatas. Atau anda juga memakai dengan batu alam andesit, namun ada juga dengan membeli dari batu sikat yang sudah jadi, anda tinggal menata sesuai dengan jarak yang anda inginkan dan mudah pula untuk dipindahkan.

9. Menaburkan Batu Koral Sikat 

Setelah anda menanam tanaman hias sesuai dengan jenis yang anda sukai, maka selanjutnya adalah menaburkan batu koral sikat pada area yang diaplikasikan untuk taburan batu. Sesuai dengan dengan desain yang anda buat, yang sudah dipisahkan dengan pembatas area taman.

Untuk ukuran batu koral sikat anda bisa memilihnya sesuai keinginan anda, namun untuk lebih bagusnya jika lahan taman kering tidak begitu luas sebaiknya menggunakan batu koral sikat dengan ukuran kecil saja misal : 1-3 mm dan 3-5 mm. Namun jika area taman kering relatif luas bisa menggunakan dengan ukuran sedang atau besar misalnya : ukuran batu 5-7 mm dan 7-9 mm
Untuk info harga bisa dilihat dalam Harga Batu Alam Ampyangan / Koral Sikat dan Jasa Pemasangannya

10. Selesai (Finishing)

Untuk proses terakhir adalah pembersihan lahan dari sisa-sisa pekerjaan, karena menaburkan batu koral sikat pada taman kering biasanya langkah terakhir dilakukan setelah semaunya selesai.

Demikian uraian singkat dari kami tukang taman surabaya tentang 10 Cara Membuat Taman Kering. Mungkin masih jauh dari penjelasan secara detail, tetapi mungkin dapat membantu anda sebagai referensi.

0 Response to "10 Cara Membuat Taman Kering Sederhana"

Posting Komentar