image image image image image image

7 Jenis Rumput Bagus Untuk Taman Lanskap (Landscape)

Sedikit ulasan dari kami Jasa Tukang Taman Surabaya Flamboyanasri tentang beberapa jenis rumput yang sering dipakai untuk membuat sebuah taman atau lanskap.

Tukang taman Surabaya Jual Rumput Swiss

Rumput-rumputan adalah suku dari Graminae yang termasuk tanaman berkarakteristik gulma yang bisa tumbuh pada waktu, tempat dan kondisi yang tidak diinginkan oleh manusia. Tanaman rumput ini dapat dikategorikan sebagai tanaman yang merugikan pada umumnya beda dengan sudut pandang kami sebagai pelaku seni tata kelola taman.

Apabila dikaji secara subyektif tanaman rumput dapat memberikan beberapa keuntungan bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah sebagai tanaman hias. Rumput sebagai tanaman hias ini dikenal sebagai rumput lansekap/landscape.


Tukang taman Surabaya Jual Rumput Gajah Mini

Karena hampir setiap desain perencanaan konsep taman lansekap/landscape menggunakan rumput lansekap sebagai elemen pembentuk suasana taman. Sehingga menurut kami Jasa Taman Surabaya Flamboyanasri rumput lansekap/landscape yang diatat secara tepat dan dipelihara dengan baik akan menghasilkan hamparan rumput yang sehat dan indah sehingga secara keseluruhan bentuk taman akan terlihat indah dan bagus dipandang.

Rumput lansekap (landscape) yang digunakan sebagai elemen taman umumnya adalah jenis rumput dataran rendah. Dalam artikel ini akan sedikti dibahas tujuh jenis rumput lansekap yang sering dipakai sebagai elemen taman untuk menutup permukaan tanah seperti taman rumah, lapangan olahraga. Karena mempunyai segi keindahan (estetika). Namun memiliki fungsi lain sebagai penahan erosi tanah (tanaman konservasi) pada tanah yang miring.

Dalam pemilihan jenis rumput dalam suatu perencanaam sebuha desain lansekap (landscape) adalah salah satu faktor penting karena berhubungan dengan kesesuaian dan tujuan perencanaan sebuah konsep taman.

Peruntukan rumput taman lansekap (landscape) sangat bervariasi tergantung pada jenis kegiatan yang akan dilakukan di area yang direncanakan. Terdapat enam jenis rumput lansekap yang lazim dan sering dipakai pada suatau perencanaan taman.

Ada 4 jenis rumput biasanya digunakan untuk taman atau lapangan olahraga, yaitu rumput golf/grinting, rumput gajah mini, rumput manila (jepang) dan rumput agrotis. Namun selain jenis rumput hias penutup tanah juga ada jenis rumput untuk penguat teras dan mencegah erosi yaitu rumput belulang/jukut jampang dan rumput gajah biasa.

Pengadaan rumput dapat anda dapatkan dengan cara memebelinya berupa benih, bibit per akar. Suwiran atau lempengan. Untuk penanaman pada lahan yang sempit disarankan bagi anda membeli rumput dengan bentuk suwiran atau lempengan.
Adapun penanaman pada lahan yang luas dapat ditempuh dengan cara membeli benih atau rumput lempengan. Namun maaf kami Jasa Tukang Taman Surabaya Flamboyanasri TIDAK MENJUAL BENIH RUMPUT.

Untuk pembelian rumput dalam bentuk suwiran atau lempengan banyak dijual pada suplayer atau penjual tanaman hias seperti kami ini. Untuk harga rumput taman per meter perseginya (M2).

Anda bisa mengikuti pada artikel Jual Rumput Gajah Mini Harga Murah Surabaya

Mari disimak 7 Jenis Rumput Apa sajakah yang bagus untuk taman lanskap (Landscape)

1.Rumput Golf Grinting

Jenis rumput golf atau grinting dengan istilah latinnya Cynodom Dactylon mempunyai rimpang dan stolon yang tumbuh ke segala arah. Batangnya kaku seperti kawat dan ramping. Buku-bukunya (nodus) kadang-kadang berwarna hijau keunguan. Ujung daunnya sering menggulung ke arah dalam. Bunganya terdapat 3-9 bulir yang berpusat pada ujung batangnya.

Tukang taman Surabaya Jual Rumput Golf Peking

Golf atau grinting ini dapat tumbuh sampai ketinggian 2.100 meter dari permukaan air laut (dpl), pada kondisi tanah kurus, liat atau bertanah-tanah padat. Jenis rumput golf ini mempunyai pengikat yang kuat dan tahan terhadap injakkan.

Untuk budidayanya banyak dengan cara pembibitan namun juga ada melalui suwiran kecil anakan tunggal dari induk rumputnya. Untuk budidaya dengan pembibitannya pada ½ kilogram bibit dapat menghasilkan luas rumput sekitar 50 meter persegi/M2.

Dengan ciri-ciri tanaman dan kondisi siatas makan tanaman jenis rumput golf atau grinting ini sangat cocok untuk ditanam pada area lapangan olahraga seperti lahan luas untuk area hijau (green area) landscape pada pabrik/perusahaan lapangan golf, sepak bola serta sebagai penutup tanah di halaman rumah.

2.Rumput Agrotis

Rumput Agrotis ini dikenal dengan istilah latinnya Agrotis Palustris yang juga termasuk Creeping bentgrass. Rumput ini mempunyai ciri akar yang dangkal, kerapatannya tinggi, dan bertekstur halus. Daunnya berwarna hijau muda dengan helaian yang kecil. Rumput yang tahan injakan ini akan tumbuh dengan baik apabila ditanam di dataran tinggi

Tukang taman Surabaya Jual Rumput Golf Peking

Budidaya dan perbanyakan rumput ini sering memakai cara di suwir atau lempengan, untuk menempatan tanamnya pada daerah green pada lapangan golf maupun taman pada villa yang terletak di dataran tinggi.

3.Rumput Gajah Mini (Variegata)

Jenis rumput ini memang sangat familiar dan sering di pakai sebagai penutup tanah pada taman atau landscape. Untuk jenis rumput gajah mini ini ada 2 macam : gajah mini biasa daunnya berwarna hijau saja dan rumput gakah mini variegata dengan daunnya ada corak putih pada tengahnya. Secara umum akar dan rumpunya tidak jauh beda hanya warna daun saja yang membedakannya.

Tukang taman Surabaya Jual Rumput Gajah Mini Variegata

Jenis rumput gajah mini ini kurang tahan terhadap injakkan dan untuk memeliharanya tidak terlalu butuh pemangkasan. Namun apabila daun rumput gajah mini ini sudah tua maka akan mengeras dan kering jadi butuh perawatan yang stabil dari penyiraman dan pemupukkan.

Tukang taman Surabaya Jual Rumput Gajah Mini Variegata

Rumput gajah mini ini sangat menyukai atau mudah tumbuh pada jenis tempat tanah yang gembur yang berkompos dan dapat tumbuh dengan baik ditempat yang ternaungi. Budidaya dan perbanyakannya dengan biji atau suwiran/lempengan.
Anda bisa menyimak jenis tanah 3 Jenis Tanah Untuk Media Tanam

4.Rumput Manila/Jepang (Zoysia)

Rumput manila atau rimpang king dikenal dengan istilah latin Zoysia Matrella merupakan rumput penutup tanah yang baik. Namun ada juga yang menyebutnya dengan rumput jepang, rumput ini mempunyai rimpang yang kuat dan bercabang ke segala arah.
Biasanya ujung daunnya selalau menggulung ke dalam. Setipa helian daun halus dan berwarna hijau tua atau hijau kebiruan sekaligus bunganya tersusun dalam bulir.

Tukang taman Surabaya Jual Rumput Gajah Mini Variegata

Rumput manila/jepang (Zoysia) tumbuh baik pada tanah berpasir, tanah liat berpasir, atau tanah yang banyak mengandung garam. Pertumbuhan rumput ini tidak dipengaruhi oleh lingkungan karna tahan terhadap cuaca panas. Namun daun rumput manila/jepang ini kan terlihat lebih segar dan halus jika bertempat pada yang ternaungi dibandingkan dengan rumput manila yang berada pada tempat yang terbuka.

Tukang taman Surabaya Jual Rumput Jepang Zoysia

Untuk rumput manila ini banyak dijual dengan bentuk lempengan-lempengan baik dengan ukuran acak maupun dengan ukuran 10 x 10 cm untuk lebih mudah perhitungan luasnya. Rumput manila/jepang (Zoysia) banyak digunakan sebagai penutup lapangan olahraga, penutup taman bermain, taman rumah, taman area hijau pabrik maupun sebagai hiasan pada taman parkir mobil.

5.Rumput Belulang

Rumput belulang atau jukut jampang dikenal istilah latinnya Eleusine Indica mudah sekali ditemukan di tempat-tempat yang terbuka. Sangat banyak dijumpai pada tepi jalan dan di tanah yang tidak terurus. Rumput ini sukar sekali dicabut karena mempunyai perakaran yang cukup kuat dan banyak. Untuk perbanyakannya rumput belulang ini dengan cara bijinya. Jenis tanah tidak berpengaruh pada perkembangan jenis rumput belulang walaupun pada tanah yang bertekstur padat tetap dapat tumbuh dengan baik.

Tukang taman Surabaya Jual Rumput Jepang Zoysia

Rumput belulang dapat diperbanyak dengan cara pemecahan rumpun (suwiran) atau melaui bijinya. Kelebihan dari rumput belulang dapat tumbuh di segala tempat dan keakarannya kuat menyebabkan rumput ini banyak ditanam atau dipergunakan untuk menahan erosi di tebing, tepi sungai maupun lahan lereng di sepanjang jalan dan bahu jalan tol.

6.Rumput Swiss

Jenis rumput ini mempunyai kemiripan dengan rumput manila dalam segi ujung daun dan akarnya, namun untuk rumput swiss memiliki tekstur daun lebih halus dengan warna kehijau-hijauan.

Tukang taman Surabaya Jual Rumput swiss

Dari segi ketahanan hidup rumput manila/jepang lebih kuat untuk bertahan hidup, namun kedua-duanya membutuhkan pemeliharaan dan perawatan yang kontinue/berkelanjutan dari pemangkasan dan pemupukan.

7.Rumput Lamuran

Jenis rumput lamuran ini tergolong tahan terhadap cuaca ekstrim pada waktu kemarau datang seperti di Indonesia ini. Dengan tinggi rumput mencapai 20 cm ini sangat cocok untuk ditanam pada bahu jalan tol yang memang tidak ada area trotoar untuk pajalan kaki.



Tukang taman Surabaya Jual Rumput Lamuran tol

Dikarena rumput jenis ini agak sedikit rimbun dan acak-acak untuk jalar batangnya, jadi tidak cocok apabila ditanam pada area taman rumah atau halaman rumah, taman bermain atau taman kantor.

Demikian sedikit ulasan dari kami Jasa Tukang Taman Surabaya Flamboyanasri tentang 7 Jenis Rumput Bagus Untuk Taman Lanskap/Landscape.

0 Response to "7 Jenis Rumput Bagus Untuk Taman Lanskap (Landscape)"

Post a Comment