10 Jenis Tanaman Untuk Taman Kering

Tukang Taman Surabaya - Flamboyanasri. Kesempatan kali ini berbagi ide tentang memilih jenis tanaman hias yang bagus untuk taman kering (dry garden). Sebenarnya Apa itu Taman kering dalam definisi arti kata taman merupakan lahan yang di tanami tanaman hias yang dikontrol sedemikian rupa sehingga mewujudkan sebuah estetika


Jasa Tukang Taman Kering Surabaya

Seperti itu juga dengan taman kering, taman kering yang di maksud disini bukan berarti taman gersang dan jarang di tanami tanaman.taman kering disini mengandung arti, taman yang dihasilkan menurut seni taman yang memanfaatkan lahan mini untuk di jadikan taman dengan prinsip pemakaian tanaman yang sanggup bertahan di keadaan lembab atau jarang terkena cahaya sang surya.
Anda juga perlu tahu tentang 6 Langkah Pengenalan Dalam Pembuatan Taman
Dengan istilah lain, taman kering mengurangi elemen benda hidup dengan memperbanyak benda mati dalam faktor-elemennya. Dengan aksesoris batu buatan (batu artifisial), replika pohon kayu yang menyatu dengan pot kecil. 

Sehingga taman kering cenderung lebih simpel dan perawatannya malahan gampang. Taman kering juga tak memerlukan lahan yang terlalu luas, walaupun ada juga taman kering yang seluas taman lazim. Taman kering dapat ditempatkan di dalam rumah ataupun di luar rumah.


10 Jenis Tanaman Untuk Taman Kering Dari Tukang Taman Surabaya

Tidak semua jenis tanaman hias dapat diaplikasi dalam sebuah taman kering, karena  untuk membuat taman kering harus memilih jenis tanaman yang tahan terhadap asupan air yang tidak terlalu banyak, karena area taman kering sebagian besar mengaplikasikan taburan batu sikat atau pasir. Berikut jenis tanaman yang cocok untuk taman kering ala taman jepang :


1. Tanaman Sikas

Tanaman ini tergolong sejenis pakis, namun ada juga yang menganggap sejenis palem-paleman. Sikas ialah tanaman tak berbunga yang secara lahiriah bagus batang ataupun daun menyerupai palem, meskipun secara hubungan sikas lebih berkerabat dekat dengan conifers yang ber-reproduksi melewati penyusunan cones and biji (benih). 

Salah satu ragam sikas yang paling lazim dan banyak diketahui merupakan Sikas Revoluta / lazimnya disebut Sago Palm. Sama seperti palem, batang daun tumbuh /timbul dari permukaan atas batang tanaman dan menyusun struktur daun dengan berbagai wujud ataupun warna yang unik sehingga mewujudkan sikas sebagai salah satu tanaman hias yang amat ornamental.

Habitat Asal Sikas
Sikas cuma tumbuh didaerah beriklim tropis seperti di Asia, Australia, Amerika Tengah dan Selatan sampai Afrika. Sebagian Zamia juga tumbuh di kawasan Amerika Serikat yang beriklim tropis. Sebagian macam sikas dikenal sudah punah di alam habitatnya, 

sedang beberapa lainnya terancam punah yang disebabkan sebab kesibukan illegal para kolektor tanaman hias yang secara membabi buta mengambil sikas dari alam bebas seirring dengan tingginya permintaan dan skor komersial yang bisa didapatkan dari usaha jaul beli tanaman hias. Kisaran harga sikas 1 juta sampai dengan 1,5 juta dengan ketinggian 1 meter.


Jenis tanaman sikas mawar jambe bira untuk taman kering


2. Tanaman Alocasia (Bira)

Menurut sumber yang kami tukang taman surabaya baca, Alocasia ialah genus dari tanaman keras rhizomatous atau tuberous berdaun lebar dari keluarga Araceae. Ada 79 spesies autentik Asia tropis dan subtropis ke Australia Timur, dan banyak dibudidayakan di daerah lain

Alocasia, suatu tanaman yang mempunyai banyak penggemar. Alocasia termasuk tanaman keras (rhizomatous) dan berdaun lebar (tuberous) dari keluarga Araceae. Tercatat dikala ini yang telah dikenal terdapat lebih dari 80 species yang berasal dari tempat tropis dan subtropis Amerika Selatan, Asia sampai ke Australia Timur.

Alocasia sebagai tanaman hias sangatlah populer, mengimbangi tanaman populer lainnya seperti anggrek, anthurium, aglaonema, cactus dan lain-lain. Penampilannya yang eksotis yang mendongkrak kepopulerannya dalam dunia tanaman hias. Salah satu yang mendapat Royal Horticultura Society Award of Garden Merit merupakan hibrida Alocasia amazonica.

Jenis tanaman alocasia bira untuk taman kering


3. Tanaman Anthurium

Anthurium termasuk tanaman dari keluarga Araceae. Tanaman berdaun menawan ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer semacam aglaonema, philodendron,keladi hias, dan alokasia. Dalam keluarga araceae, anthurium yakni genus dengan jumlah variasi terbanyak. Diperkirakan ada sekitar 1000 ragam member marga anthurium.

Tanaman ini termasuk ragam tanaman evergreen atau tak mengetahui masa dormansi. Dialam, lazimnya tanaman ini hidup secara epifit dengan merekat di batang pohon. Bisa juga hidup secara terestrial di dasar hutan.
Baca juga tentang 10 Jenis Tanaman Hias Cocok Cuaca Panas By Tukang Taman Gresik
Daya tarik utama dari anthurium merupakan wujud daunnya yang cantik, unik, dan bervariasi. Daun lazimnya berwarna hijau tua dengan urat dan tulang daun besar dan tampak. Sehingga membikin sosok tanaman ini kelihatan kekar melainkan konsisten memancarkan keanggunan tatkala dewasa. 

Tak heran sekiranya tanaman ini mempunyai kesan mewah dan eksklusif. Dimasa lalu, anthurium banyak menjadi hiasan taman dan istana kerajaan-kerajaan di Jawa. Konon, dipuja sebagai tanaman para raja.


Jenis tanaman anthurium untuk taman kering


4. Tanaman Kaktus

Kaktus ialah nama yang dikasih untuk member tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus bisa tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus awam ditemukan di tempat-tempat yang kering. Kata jamak untuk kaktus yakni kakti


Tukang taman surabaya tanaman kaktus


5. Tanaman Sukulen

Dalam botani, tanaman sukulen, juga diketahui sebagai succulents, yakni tanaman yang mempunyai sebagian komponen yang lebih dari lazimnya menebal dan berdaging, umumnya untuk membendung air di iklim kering atau keadaan tanah. Kata "succulent" berasal dari kata Latin sucus, yang berarti jus, atau getah


10 Jenis Tanaman Untuk Taman Kering


6. Tanaman Bromelia

Bromelia yaitu klasifikasi tanaman yang bernaung di bawah keluarga Bromeliaceae yang terdiri atas sekitar 3000 spesies dan ratusan sampai ribuan hibrida. Asal muasal tanaman yang salah satunya yakni nanas yang berasal dari Amerika. Tercatat cuma satu yang habitat nya di Afrika, ialah Pitcairnia Feliciana


Jenis Tanaman bromelia tri color Untuk Taman Kering


7. Tanaman Philodendron

Philodendron ialah sejenis tumbuhan dari suku Araceae, yang memiliki banyak spesies. Namanya berasal dari bahasa Yunani, ialah dari kata philo dan dendron. Sebab estetika wujud dan warna-warni daunnya, Philodendron banyak disukai sebagai tanaman penghias ruangan atau taman.


Jenis Tanaman philodendron Untuk Taman Kering


8. Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

Sansevieria atau lidah mertua merupakan marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias komponen dalam rumah sebab tanaman ini bisa tumbuh dalam situasi yang sedikit air dan sinar sang surya. Sansevieria mempunyai daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing


Jenis tanaman Lidah Mertua (Sansevieria) untuk taman kering


9. Tanaman Agave

Agave adalah sebuah tanaman yang biasanya berbentuk duri. Format daun dan corak istimewa menjadi tenaga tarik bagi para kolektor agave. Karena, sosok agave lazimnya hampir seragam: daun tertata roset, wujud oval dengan ujung melancip, dan warna hijau


Jenis tanaman agave untuk taman kering


10. Tanaman Siklok

Dari sumber yang kami tukang taman surabaya peroleh untuk tanaman hias siklok berasal dari negara Meksiko dengan nama ilmiah Agave Attenuata. Susunan daunnya berbentuk roset dan bila telah dewasa tanaman ini dapat mempunyai bantang yang tinggi sampai 1 meter lebih. Mempunyai daun kaku yang berbentuk pedang dengan komponen tengah yang lebih lebar dan dibagian ujunga daunnya terdapat satu buah duri.

Baca juga 5 Jenis Tanaman Hias Bagus Untuk Taman Minimalis
Permukaan daun tanaman siklok cenderung halus, berwarna hijau-keabuan. Bila telah dewasa kadang terdapat bunga berwarna kuning kehijauan yang panjang menyusun lengkungan yang menawan dan cantik. Kala dia mewujudkan Umbi Semu.

Dalam pembuatan taman, tanaman ini pantas ditanam diantara bebatuan dan diiringi dengan tanaman Bromelia dan beralaskan pohon kucai mini. Teladan gambar dibawah ini yakni projek Tamanpedia di tempat Cibubur dengan menerapkan tanaman Siklok.


Jenis tanaman siklok untuk taman kering


Taman Kering Untuk Indoor Atau Outdoor

Popularitas membenahi taman di dalam rumah dapat dihasilkan solusi pas untuk rumah berhalaman benar-benar terbatas atau tanpa halaman. Dengan demikian itu, rumah akan senantiasa terpancar dan membangkitkan suasana hening yang demikian itu menyejukkan hati.

Indoor garden memang benar-benar berbeda dengan taman berair atau outdoor. Taman di dalam rumah dapat Anda buat menerapkan konsep taman kering. Taman kering ialah pilihan taman dalam rumah sebagai substitusi taman berair. Maksudnya, taman yang lantas terkait dengan tanah dan tanaman yang memerlukan cahaya sang surya yang cukup.

Baca juga 3 Konsep Sederhana Taman Kering
Berdasarkan desain interior Susan Octari Yauhan, ada sebagian profit yang didapat dengan menjadikan taman di dalam rumah, di antaranya meningkatkan estetika natural yang ada di rumah. Metode ini akan membikin rumah seolah-olah menyatu dengan alam. Kecuali itu, lebih mempermudah pengawasan bagi yang mempunyai binatang peliharaan dan menolong peredaran udara di zona rumah.


Taman Kering Minimalis Di Lahan Sempit

Menurut kami tukang taman surabaya, Prinsip sebuah taman kering pada umumnya lebih didominasi faktor bebatuan, pasir, dan pengerasan pada komponen tertentu. 

Tampilan taman kering lebih sederhana dan tak terlalu banyak menerapkan pohon. “Membangun taman dalam rumah bukanlah satu profesi yang cukup gampang, sebab taman dalam rumah tak cuma diistilahkan membawa masuk tanaman ke rumah,” ujar Susan.

Taman kering juga banyak memberikan manfaat, salah satunya menambah estetika dan kenyamanan dalam rumah dan menghadirkan kesan alamiah di rumah sehingga rumah Anda berkesan lebih natural. 

Merawat taman kering jauh lebih gampang dibandingi taman berair sebab taman kering tak membutuhkan penyiraman yang mesti dilaksanakan secara rutin.

Baca juga 10 Tips Cara Merawat Taman Dan Lingkungan Rumah
Seandainya senantiasa berkaitan dengan udara luar, berarti taman kering juga berguna meningkatkan aliran angin dalam rumah. Taman kering juga menjadi salah satu opsi untuk membikin rumah lebih segar. 

Secara awam, taman kering sama saja dengan taman lazim, yang membedakannya cuma faktor air yang kurang, tipe tanaman, dan elemen kecukupan sinar.

Arsitek lanskap Herlin Wibowo mengatakan, pemilik indoor garden sepatutnya punya perhatian lebih pada tanaman di dalam rumah, dari segi nutrisinya atau pupuk, cahaya sang surya, sampai penyiraman. 
Baca juga 6 Tips Cara Prinsip Mendesai Taman Minimalis
Keperluan tanaman akan cahaya sang surya mungkin dapat dicari solusinya dengan menerapkan atap rumah yang transparan, menyimpan tanaman dekat jendela, atau menerapkan pupuk khusus yang mempunyai cahaya sejenis dengan cahaya sang surya.

Untuk ragam tanaman, sebaiknya pilih tanaman yang punya energi bendung cukup kuat. Pasalnya, tanaman kering kebanyakan berada di dalam rumah sehingga betul-betul minim sinar. Tanaman hias patah tulang atau pandan bali dapat dipilih sebagai tanaman utamanya. Sementara untuk tanaman kecilnya dapat dipilih macam Sansiviera atau Bromelia. Kutipan dari : koran-sindo.com


Desain Taman Kering Ala Taman Jepang Yang Praktis

Rumah yaitu sesuatu hal yang utama yang sangat diperlukan untuk seluruh orang. Bila dahulu daerah tinggal diterapkan sebagai daerah perlindungan dari iklimburuk serta untuk menghindari diri dari hempasan binatang buas karenanya fungsi rumah pada zaman kini ini untuk daerah rehat sesudah selesai melaksanakan beragam aktivitas di luar serta juga diwujudkan sebagai wadah buat mempererat kedekatan keluarga. Sebab itu tiap orang pastinya memiliki rumah idaman yang lain dari yang lainnya.

Baca juga tentang 10 Cara Membuat Taman Kering Sederhana
Desain desain taman kering yang praktis sesungguhnya ada banyak sekali dengan rancangan hunian yang satu ini tak akan menghasilkan hunian yang ribet. Lazimnya contoh daerah tinggal ini tertata atas semua aspek semisal teladan tidur, figur tetamu, kamar keluarga dan teladan mandi . 

Buat posisi tiap-tiap komponen ruangan dapat di cocokan dengan situasi ruangan yang ada. Untuk ruang tetamu pasti saja akan diletakkan pada ruang paling depan dari sebuah rumah yang dikombinasikan dengan taman kering di bawah tangga atau di samping rumah.


Jenis Tanaman Untuk Taman Depan Rumah

Tahap berikutnya yang perlu di observasi yakni memilih macam tanaman apa saja yang akan kau pakai sebagai penanaman pohon di rumah kau sendiri. Memilih variasi tanaman tentu benar-benar berhubungan dengan luas halaman yang kita miliki. Nah, sebab disini kita membikin sebuah taman minimalis, jadi yang kita butuhkan tanaman yaitu dengan ukuran batang kecil dan tak memakan banyak daerah.

Apa saja ragam tanaman-tanaman kecil yang dapat kita jadikan sebagai penghias rumah? Supaya rapi kita pakai pohon-pohon berikut :
Tanaman Hias Batang, Butuh bagi kita menghidupkan sebuah pohon yang mempunyai manfaat kecuali menghiasi taman mini kita, melainkan juga menolong untuk merindangkan sebuah halaman, aku sediakan tanaman yang dapat kita pilih : Pohon kamboja fosil, tabebuya, pohon pule, pohon ketapang kencana, pohon walisongo, pohon glodokan tiang, pagoda dan sebagainya.

Demikian artikel dari kami tukang taman surabaya tentang 10 Jenis Tanaman Untuk Taman Kering. Semoga bermanfaat sebagai bahan referensi anda yang ingin menghadirkan taman kering di rumah anda.


Butuh Jasa Kami Bisa Langsung Klik Kontak Di Bawah Ini :