image image image image image image

Harga Jual Tanaman Sikas (Mawar Jambe) Terbaru

Tukang Taman Surabaya Jual Tanaman Sikas

Tukang Taman Surabaya - Flamboyanasri. Selain jasa taman kami juga menjual tanaman hias sikas atau mawar jambe dengan harga terbaru dan bervariasi sesuai ukuran tinggi dan lingkar batang. Tanaman sikas adalah salah satu tanaman hias dari keluarga suku Cycadinea. Kecuali diketahui dengan tanaman sikas, di Indonesia tanaman ini diketahui juga dengan nama Pakis Haji.

Konon tanaman Sikas ini telah ada sejak jutaan tahun yang lalu pada dikala Dinosaurus masih ada. Konon lagi tanaman sikas ini adalah makanan dinosaurus. Sebagai tanaman hias tanaman sikas ini mempunyai pesona yang indah. Perpaduan antara batang dan daunnya membikin sikas ini banyak diminati sebagai penghias taman rumah.

Baca juga Jual Pohon Bonsai Serut Harga Murah
Penyebaran tanaman pakis haji atau sikas ini juga sungguh-sungguh luas bagus di tempat tropis dan sub tropis. Yang membikin orang teratik dan terpesona oleh tanaman sikas atau pakis haji ini pada daun-daunnya yang anggun, hijau gelap namun mengkilap. Format daun seperti bulu dan tumbuh mengarah ke luar dari batang. Panjang daun dapat menempuh 75 cm, malah lebih.

Kecuali daunnya, tampilan batangnya yang berwarna coklat dan berjonjot-jonjot juga menambah kesan anggun. Pertumbuhan batang sungguh-sungguh lambat. Jadi kalau Anda menerima batang sikas setinggi 1 meter berarti tanaman sikas telah berumur sekitar 10 tahun.


Mengenal Jenis Tanaman Sikas Yang Cantik Oleh Tukang Taman Surabaya

Tanaman Sikas yaitu tanaman berumah 2, ada jantan dan betina, yang dapat dibedakan pada waktu keluar 'bunga' (cone). Yang jantan umumnya kurus dan panjang sedang yang betina pendek dan bulat seperti bola rugby. Di alam penyerbukan dibantu oleh serangga, tapi dengan banyaknya habitat yang rusak dan perbedaan waktu keluarnya bunga jantan dan betina penyerbukan kian susah terjadi. Bantuan manusia benar-benar diperlukan untuk menjaga kelestarian populasi di alam.


Cara Merawat Tanaman Sikas

Untuk menanam tanaman sikas di taman anda, perlu dikonsidikan taman cocok dengan habitat autentik tanaman sikas itu sendiri. Tanaman sikas akan tumbuh dengan subur sekiranya dia menerima cahaya sang surya secara tak segera.

Itulah sebabnya direkomendasikan menanam atau meletakkan sikas di daerah-daerah yang adem atau terlindung. Tapi sekiranya anda akan menempatkan tanaman sikas alam ruangan, tanaman sikas memerlukan sinar buatan berupa lampu berkekuatan 400 fc (foot candle).


Media Tanam Tanaman Sikas

Untuk penanaman tanaman sikas di dalam pot, media tanam pakis haji ini yakni campuran berupa tanah subur, pupuk kompos, dan pasir (1:1:1). Untuk meningkatkan kesuburan sikas, media tanam masih ditambah dengan bahan lain. Pedomannya untuk tiap 5 kg media tanam butuh 1,5 sendok teh super phospat (20%), 1 sendok teh pupuk NPK (5-10-5), dan 1 sendok makan kapur.

Media Tanam untuk tanaman sikas dapat juga memakai pasir malang, tanah lembang, pupuk sangkar (kotoran ayam yg sudah di fermentasi), kapur dolomit dan pupuk slow release dekastar dengan komposisi N yang tinggi. Campur media hal yang demikian sampai merata dan taburkan ke dalam pot atau permukaan tanah.

Tukang Taman Surabaya Jual Tanaman Sikas

Tukang Taman Surabaya Jual Tanaman Sikas


Pemupukan Tanaman Sikas

Padahal tanaman sikas dapat tumbuh bagus di tanah yang miskin hara, tetapi konsisten saja dia membutuhkan pemupukan. Sebab itu tanaman sikas membutuhkan pemupukan secara teratur. Tanaman sikas akan tumbuh jauh lebih optimal dengan pemberian pupuk yang teratur.


Cara Mudah Membuat Tanaman Sikas Bercabang

Dari pengalaman kami sebagai tukang taman surabaya, untuk membuat tanaman sikas bercabang ternyata cara cukup mudah yaitu dengan menusuk pohon sikas dengan bambu runcing. Bambu runcing itu diperkenankan menancap di ujung batang sikas-lokasi spot tumbuh-sampai luka mengering dan tak ada pertanda-petunjuk membusuk. Lazimnya luka mengering sesudah seminggu.

Tukang Taman Surabaya Jual Tanaman Sikas

Sesudah itu bambu dicabut. Sistem lain, bambu segera dicabut, namun luka yang masih berair diolesi fungisida untuk mencegah tumbuh cendawan. Teknik tikaman dipilih sebab luka yang terwujud minimal. Makanya tingkat keberhasilan 80%. Sementara teknik pemotongan untuk menstimulasi cabang seperti adenium tidak dikerjakan sebab berisiko tinggi. Luka lebar menyebabkan tanaman lebih rentan terkena infeksi cendawan dan kuman penyebab busuk.

Sikas yang terluka disimpan di daerah ternaungi supaya tak terguyur hujan. Hindari juga penyiraman pada komponen luka. Luka yang berair atau lembap menjadi rumah nyaman bagi cendawan dan kuman penyebab busuk. Sekiranya telanjur busuk tidak ada sistem lain, penggal batang untuk menghindari kematian, lalu olesi dengan fungisida.

Baca juga Tips Merawat Tanaman Hias Dalam Pot
Biasanya 2-3 bulan pasca penusukan timbul tunas-tunas baru dari permukaan batang. Rata-rata jumlahnya 3-4 tunas. Adakalanya tunas juga timbul dari pangkal batang. Sebab yang diinginkan sikas bercabang, tunas di komponen pangkal batang dipangkas atau dipisah sebagai anakan. Tunas di pangkal batang boleh diperbolehkan jika tumbuh merata di sekeliling batang, lambat laun indukan sikas akan di kelilingi anakan dari sikas.

Hobiis jarang yang memanipulasi sikas bercabang sebab pertumbuhannya lambat. Diperlukan waktu 5 tahun supaya tunas berukuran sama dengan induk berdiameter 10 cm, waktu yang cukup lama sehingga inilah yang menjadikan sikas harganya menjadi mahal.


Cara Membuat Bonsai Sikas

Cara paling efektif dalam pembuatan bonsai dari tanaman sikas adalah dengan mempersempit ruang pertumbuhan akar pada tanaman sikas, dengan begitu pertumbuhan sikas akan terhambat. Tetapi tetap memberikan nutrisi yang cukup buat sikas.

Mempersempet pertumbuhan akar dapat dilakukan dengan tidak menempatkan tanaman sikas pada pot yang berukuran besar. Jadi walaupun sikas tetap bisa hidup dengan normal namun akan terhanbat pertumbuhan tinggi dan besarnya.
Baca juga Cara Memilih Tanaman Untuk Dibuat Bonsai

Cara Memisahkan Anakan Sikas

Berikut tahapan dalam memindahkan anakan sikas dari indukan kedalam pot, dalam hal ini tentunya kita telah memiliki indukan sikas yang telah memiliki anakan yang melekat di indukan batang tanaman hias sikas. Untuk teknik pengambilan anakan sikas yang melekat di indukan sikas sangatlah gampang, caranya:
  • Potong anakan sikas yang telah memiliki daun yang melekat di indukan sikas menerapkan karter yang tajam hingga ke akarnya,
  • Persiapkan media tanam untuk tanaman hias sikas, tanaman hias sikas amat suka media tanam yang berpasir, Campuran pasir dan pupuk sangkar dan sekam padi sangatlah penting pada media tanam sebab akan bersifat porous, sehingga media tanam bersebut akan mempunyai pori-pori kecil yang banyak, ini berfungsi supaya udara konsisten masuk dalam media serta untuk drainase air dan untuk menjaga kelembabannya.
  • Masukkan kedalam pot yang besar, campuran pasir dan pupuk sangkar yang sudah di aduk.
  • kemudian buat lubang kaprah-kaprah hingga menutupi akar tanaman sikas catatan: untuk estetika dan seni dari tanaman hias sikas itu sendiri, di sarankan bongkol anakan tanaman hias sikas berada diatas permukaan tanah.
  • kemudian taruh pot hal yang demikian ditempat yang adem tak lantas terkena cahaya sang surya sebab akan mengakibatkan daun sikas akan menguning, siram tanaman hias sikas anda 3 hari sekali dan berikan pupuk NPK satu bulan sekali. Selesai.
Tukang Taman Surabaya Jual Tanaman Sikas



Harga Tanaman Sikas

Sikas pada dikala kini, jadi tanaman isu terhangat untuk taman rumah minimalis yang anggun. wujudnya yang unik mempunyai daun seperti bulu dan daunnya tumbuh mengarah menjauhi / keluar dari batang, warna daunnya hijau tua yang mengkilap.

Panjang daun amat bervariasi, tergantung dari variasi tanaman Sikas.Lazimnya untuk tanaman konsentrasi pada taman rumah, Sikas lazimnya ditaman dengan ketinggian pohon up 1 meter. Tidak sedikit dirumah-rumah mewah "kaum jet set", pasti mempunyai tanaman ini.

Baca Juga Jual Bonsai Pohon Pule/Pulai Di Surabaya
Keistimewaan tanaman yang termasuk langka ini, tidak rewel, tidak menuntut banyak perhatian, dan nakal. Oleh Maka, Sikas termasuk tanaman mahal, untuk ketinggian up 1 meter saja, kisaran harganya antara Rp. 1.000.000,- s/d Rp. 5.000.000,- . Maklum saja, harga sikas ini diberi pengaruh juga sebab pertumbuhan batangnya cukup lambat, dengan pertumbuhan ruas tiap baris batangnya membutuhkan waktu kaprah-kaprah 6 bulan lamanya.

Demikian postingan dari kami tukang taman surabaya tentang Harga Jual Tanaman Sikas (Mawar Jambe) Terbaru. 

Anda Butuh Tanaman Sikas Bisa Langsung Klik Kontak Di Bawah Ini :

0 Response to "Harga Jual Tanaman Sikas (Mawar Jambe) Terbaru"

Posting Komentar