image image image image image

6 Langkah Pengenalan Pembuatan Taman

Tukang taman Surabaya Langkah awal taman
Tukang Taman Surabaya - Buat para pengunjung Flamboyan Asri tukang taman surabaya yang baik hati.

Mungkin saat ini banyak orang yang mulai menanam tanam-tanaman hias, baik di halaman depan rumah, di dalam rumah maupun di belakang rumah baik itu dilakukan secara sendiri maupun memesan kepada orang yang ahli dibidang pertamanan, tukang taman misalnya. 

Tetapi kalau cara menanamnya secara asal-asalan maka akan terlihat dan terkesan acak-acakan, karena hanya mungkin tanaman hiasnya di tempatkan pada pot kemudian di taruh pada halaman rumah, itu yang kebanyakan orang awam lakukan. Padahal hal ini akan membuat rumah anda semakin kelihatan tidak rapi. Makanya anda perlu sedikit tahu tentang tata kelola taman, karena menanam tanaman hias bisa dibilang susah-susah gampang pengunjung flamboyanasri - Tukang Taman Surabaya, kenapa...?

Karena kalau hanya sekedar menanam mungkin gampang tetapi kalau menginginkan unsur keindahan sekaligus kesejukan, keasrian dan keartistikan itu butuh keahlian khusus. Karena untuk menciptakan taman yang indah dan asri kita harus belajar dari keadaan tata lokasi atau tempat itu sendiri. Dengan belajar dari alam kita bisa membuat taman yang mirip atau bersuasana lingkungan seperti alam aslinya.

Tukang Taman Surabaya tentang 6 langkah pengenalan pembuatan taman

Sebaiknya anda perlu mengenal dulu hal-hal yang berkaitan dengan dunia pertamanan, dalam hal ini teori sederhana mengenal unsur-unsur pembentuk taman, unsur-unsur yang dipergunakan dalam mendesain taman, prinsip mendesain taman, serta proses global dalam menangani taman, khususnya taman minimalis rumah.

Keberhasilan sebuah taman ditentukan oleh kualitasnya, sedangkan kualitas taman sangat ditentukan oleh desainnya. Dengan demikian untuk melangkah ketahap berikutnya, semestinya kita pahami bersama apa itu desain, mengapa desain taman dibutuhkan dan bagaimana mendesainya secara benar dan bagus sesuai tata letak dan keindahan taman itu sendiri.

Untuk itu kami mengerti akan hal itu, jadi apabila anda memerlukan jasa kami segera hubungi nomor di atas dan kami akan datang ke rumah anda tanpa biaya (gratis/Free) untuk mensurvei lokasi anda.

Kembali ketopik bahasan mengenal dunia taman,yaitu mengenal elemen-elemen Taman Minimalis Rumah atau biasa disebut juga dengan unsur taman rumah adalah apa saja yang berhubungan dengan taman. Elemen taman ini ada yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi penampilan dan kualitas taman rumah.

Guna memudahkan kami Tukang Taman Surabaya akan memberikan wawasan dalam mempermudah dan memahami elemen tanah ini, kita dapat membedakannya menjadi elemen taman material lunak (dot material) dan elemen taman material keras (hard material). Dalam hal ini elemen taman dibedakan berdasarkan karakter atau kesan kekerasannya.

Disamping itu elemen taman juga dapat dibedakan berdasarkan tingkat kemampuan manusia mengadakan perubahan terhadap elemen taman tersebut. Dalam penggolongan elemen ini, elemen taman dikelompokan menjadi elemen taman mayor dan elemen taman minor.

Tukang Taman Surabaya tentang 6 langkah pengenalan pembuatan taman

Elemen taman mayor adalah elemen taman yang terhadapnya kita tidak dapat mengadakan perubahan.
Sebaliknya elemen taman minor kita dapat melakukan perubahan dengan mudah.

Contoh : mengenal penggolongan elemen taman seperti di atas dapat diikuti pada uraian berikutnya.
Elemen  taman lunak diantaranya :
1.Tanaman dengan berbagai ragamnya, yaitu golongan rumput, lumut, herba, semak maupun pohon-pohonan, baik yang telah ada maupun yang akan baru ditanam.
2.Satwa yang ada di lahan maupun yang akan diadakan pada taman rumah.

Dengan demikian dalam merencanakan taman anda juga harus memperhatikan kebiasaan satwa yang berada dalam lahan tersebut. Misalkan semut, jangkrik, ulat dan lain sebagainya.

Dengan memahami mereka, kita dapat mengambil keputusan apakah mereka kita harapkan kehadiran yang akan kita buat, atau sebaliknya, mereka tidak boleh hadir dalam taman yang akan kita buat, dan mereka pun diharapkan bisa membuat suasana taman rumah kita lebih alami dan lebih hidup dengan satwa yang kita harapkan.

Kedua elemen taman lunak tadi, yaitu tanaman dan binatang ada hubungan yang erat. Misalnya ulat tentu menyukai dan menyenangi jenis tanaman tertentu.

Beberapa jenis burung juga bermanfaat menciptakan taman rumah kita menjadi hangat dan kegembiraan dengan kicauan tentu saja kita juga harus menanam jenis-jenis pohon yang cocok dan menghasilkan makanan biji-bijian atau  buah-buahan bagi mereka.

Dalam elemen taman lunak muncul kesan lembut, bersahabat dan alami. Oleh karena itu bagi anda pengunjung blog Flamboyan Asri Tukang Taman Surabaya Tdalam membuat taman tadi sebaiknya muncul bersama-sama.


Sekarang kami akan memaparkan sedikti tentang elemen taman mayor. Elemen ini mencakup elemen yang tidak mampu diubah atau kemungkinannya kecil sekali.

Di sini kita hanya menerima/beradaptasi terhadap apa yang ada secara alamiah. Contoh untuk elemen taman mayor adalah :
a.Bentuk-bentuk taman mayor : gunung, sungai, lembah, danau, laut dan
   komponen topografi mayor lainnya.
b.Taman Roman Mayor : curah hujan, kabut, muka air tanah, dan suhu musiman
c.Kekuatan-kekuatan alam : angin, pasang surut, erosi, proses pertumbuhan tanaman, radiasi matahari dan gravitasi

Untuk elemen taman minor adalah yang termasuk yang dapat diubah contoh : bukit, tanam-tanaman, rawa, sungai kecil dan elemen-elemen yang dibuat manusia.
Selain kedua elemen di atas dapat pula dibedakan elemen taman alami dan elemen taman buatan.


Elemen taman alami adalah semua elemen taman yang secara alamiah tersedia di alam, manusia hanya memanfaatkannya saja.
Sedangkan elemen taman buatan adalah meliputi elemen taman yang tadinya alami tetapi telah mengalami pengolahan lebih lanjut. Bangunan, bangku dan kolam adalah contoh elemen taman buatan.
 

Nah, pecinta Taman dan pengunjung Blog Flamboyan Asri Tukang Taman Surabaya mungkin sekarang sudah sedikit tahu tentang wawasan elemen taman mayor, apabila kita ingin membuat taman rumah sendiri tanpa menggunakan jasa kami Tukang Taman Surabaya  maka hal-hal yang berkaitan dengan elemen taman harus diperhatikan harus diperhatikan tentang beberapa hal antara lain :

1.Manfaat Taman
Sebuah taman
selain dapat kita nikmati keindahannya juga dapat menimbulkan udara lingkungan atau sekitar rumah menjadi sejuk dan segar. Disamping itu, tanam-tanaman juga dapat menahan polusi udara sehingga rumah tinggal kita tetap bersih dari debu-debu dan kotoran-kotoran udara lainnya.

2.Unsur Perencanaan Taman
Disini kami akan memberikan sedikit uraian, untuk membuat taman yang indah dan beraturan, kita harus membuat pola atau perencanaan yang matang terlebih dahulu tidak hanya asal tanam. 


Disamping perencanaan yang matang juga diperlukan juga membutuhkan pertimbangan beberapa komponen, misalnya tanam-tanaman, batu-batuan, kerikil, pasir, batu merah, air, semen dan peralatan-peralatan yang diperlukan. Sebagai hiasan, taman yang kita buat pula dilengkapi dengan patung, gazebo, lampu taman dan sebagainya.

Sebagaimana karya seni yang lain misal seni lukis ataupun seni desain interior, di dalam pertamanan pun kita mengenal adanya elemen perancangan atau perencanaan taman.


Elemen perancangan taman dapat kita amati dengan melalui perhatian kita terhadap elemen taman dengan bantuan alat indera kita yang meliputi titik, garis, bentuk, warna, tekstur, aroma, motif/gaya/ragam, suara, ruang, waktu dan lain sebagainya.

Unsur perancangan taman yang paling awal diperhatikan pengunjung Tukang Taman Surabaya adalah unsur titik adanya unsur titik yang berdiri sendiri dalam ruang akan menarik perhatian pengamat, tetapi apabila terjadi pengulangan titik tersebut itu akan berakhibat adanya pengurangan perhatian. 


Titik di dalam taman dapat dicerminkan oleh berdirinya tiang bendera di tengah hamaparan rumput. Hamparan rumput yang pendek dan berkesan luas itu akan memperkuat pandangan orang pada tiang bendera.

Perlu anda ketahui pengertian dari titik berlaku misalnya untuk rumput palem merah. Palem merah yang menjulang lebih tinggi dari tanaman yang lain memberikan arti pada taman itu, tetapi titik palem merah tersebut akan hilang dengan hadirnya pohon mangga atau Phong yang tinggi lainya yang berada di sebelahnya.

Pembuatan titik juga dapat merupakan pertemuan antara jalur setapak, terlebih di titik pertemuan itu diletakkan elemen taman yang vertikal. Titik dapat dimanfaatkan sebagai penarik perhatian (vocal point). Anda bisa memahaminya dengan gambar skema berikut ini :

3.Komposisi 

Elemen yang ketiga ini Tukang taman Surabaya katakan adalah Komposisi dan proporsi atas komponen-komponen taman rumah yang kita gunakan untuk pembuatan taman harus kita perhitungkan dengan baik.

komposisi tinggi rendahnya tanaman harus diatur sedemikian rupa agar tampak indah dan artistik. Misalnya penempatan tanaman di pojok halaman harus diusahakan dari jenis tanaman yang tinggi sebagai latar belakang dan semakin ke depan diberi jenis tanaman yang rendah. Pemangkasan tanaman harus dilakukan secara teratur agar komposisi tanam-tanaman yang tepat, indah dan bagus.
 

Komposisi warna tanaman dan warna bunga juga harus diatur dengan baik. Misalnya untuk menghindari warna tanaman atau warna bunga yang sama mengelompokkan menjadi satu, maka berilah jenis tanaman yang sedaun dan berbunga yang warnanya lain sebagai tanaman ground-cover.

Apabila kita ingin menambah lampu taman, maka penempatan dan tinggi rendahnya tiang lampu juga harus diatur dengan baik agar lebih menambah indahnya taman.

4.Taman Rumah Praktis 

Kalau secara umum pembuatan taman dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya :
a.Taman halaman antara pagar dan jalan
b.Taman halaman depan antara pagar dengan teras depan atau bangunan
c.Taman samping antara pembatas bangunan samping dan bangunan rumah
d.Taman halaman belakang rumah antara pembatas bangunan belakang 

  dengan bangunan rumah
e.Taman di dalam ruangan, yang biasanya berupa taman kering (Dry-garden).

 

Pada rumah tinggal yang tipe kecil, taman yang ada biasanya hanya antara jalan dengan pagar, dan halaman depan yang sempit. Jika halaman tidak mungkin dibuat taman, maka dapat digunakan tanaman pot.

Pot yang bermacam-macam bentuknya dapat kita atur menjadi taman yang tidak kalah indahnya dengan taman biasa dengan komposisi pengaturannya saja yang tepat namun mungkin kurangnya keteduhan dan keasriannya yang berbeda dengan taman aslinya.
 
5.Pemeliharaan Taman
Yang selanjutnya adalah Pemeliharaan taman meliputi penyiraman dan pembersihan, pemangkasan tanaman atau rerumputan, pemupukan dan pengendalian hama penyakit.


Keberadaan tempat sampah di dalam lingkungan taman bisa ikut menunjang keindahan taman, asalkan dibentuk dan diatur dengan baik. Insyaallah pada artikel-artikel berikutnya kami Tukang Taman Surabaya akan kami sajikan contoh-contoh desainnya.

semoga dapat dijadikan inspirasi oleh para pengunjung Blog Flamboyan Asri Tukang Taman Surabaya untuk memperindah rumah tinggal anda.

6.Proses Perwujudan Taman
Elemen yang keenam adalah proses perwujudan taman. Dalam mewujudkan taman rumah diperlukan pemahaman yang mendalam tentang rangkaian proses di dalamnya. Mewujudkan taman bukan sekedar titik ketercapaian, tetapi berupa rangkaian yang saling berhubungan, yang kita harus melangkah setahap demise tahap.


Memang memerlukan kesabaran dan ketelatenan agar hasil taman rumah kita memuaskan. Tentu saja taman rumah anda harus mempunyai tujuan yang sesuai dengan kebutuhan anda, misalkan taman rumah yang riang, taman rumah yang murah atau yang lainnya.

Bagaimana pengunjung blog Tukang Taman Surabaya...?

Sudah ada gambaran dalam benak anda. Disitu diawali dari tahap perencanaan, pelaksanaan/pembuatan, pemeliharaan dan selanjutnya adalah perwujudan dari taman anda.

Jadi tahan perencanaan yang sudah mantap barulah melangkah pada tahap pelaksanaan pembuatan taman. Tentu saja kita memahami pedoman berupa hasil perencanaan tadi. Urutan pekerjaan di lapangan juga harus diperhatikan agar tidak terjadi kesimpangsiuran yang bisa mengakhibatkan kerugian finansial.

Selesainya tahap pelaksanaan tidak berarti pekerjaan sudah beres semuanya, sangat mungkin taman yang diidamkan belum sempurna betul, karena pohon-pohanannya masih kecil, rumputnya belum tumbuh merata, dan sebagainya. 


Oleh karena itu perlu upaya lanjutan yaitu pemeliharaan. Kalau pemeliharaan dilakukan secara baik dan telaten maka akan tercapailah tujuan kita yaitu taman rumah yang indah, asri, dan artistik dan ini merupakan perwujudan dari taman yang anda buat. Tetapi anda juga masih harus mengevaluasi dari jerih payah anda dengan mencari kekurangan-kekurangan yang perlu dibenahi lagi.

Bagaimana pembaca blog Flamboyan Asri Tukang taman Surabaya yang budiman masih berminat untuk membuat rumah anda menjadi indah dan sejuk tentu saja itu adalah harapan semua orang, apalagi disaat seperti ini udara perkotaan yang semakin panas dan juga akibat pemanasan global.


Jangan lupa juga dan ragu lagi untuk menggunakan  jasa kami Tukang Taman Surabaya. Anda Minat, Calling dan Kami hadir di lokasi rumah anda survei tanpa biaya gratis/Free dan juga ada garansi dari kami apabila tanaman yang kami tanam mati dalam 1 minggu (GARANSI 1 MINGGU).

Terima kasih telah berkenan untuk berkunjung diblog yang sederhana ini, kita lanjutkan pada artikel kami berikutnya Tukang Taman Surabaya 6 Jenis Tanaman Hias Bermanfaat .Next Time

0 Response to "6 Langkah Pengenalan Pembuatan Taman"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463