image image image image image

10 Aspek Pembuatan Taman Rumah Indah

Tukang Taman Surabaya Aspek taman

Tukang Taman Surabaya

Assalamu’alaikum para pengunjung blog  Flamboyan Asri yang setia, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit memberikan wawasan tentang aspek tanaman. Mungkin anda belum begitu mengenal aspek apa saja yang diperlukan untuk membentuk taman rumah yang indah dan mempesona. 

Disini kami Tukang Taman Surabaya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang aspek tersebut, aspek-aspeknya antara lain : pemilihan tanaman, suhu, air tanah, angin, pemeliharaan, tekur, aroma dan bayangan. Baiklah Selanjutkan untuk lebih jelasnya kami akan uraiakan satu demi satu aspek-aspek yang disebutkan di atas.

A. Aspek Memilih Jenis Tanaman
Tanaman di dalam sebuah taman rumah anda berfungsi sebagai unsur pelunak. Bahkan kedudukannya sebagai penciri taman, terutama taman di daerah tropis. Tanaman sebagai unsur pelunak dimaksudkan untuk memberikan kesan “lunak” pada total taman.

Kesan ini akan tampak apabila penataannya berdekatan dengan unsur-unsur taman yang sifatnya keras, yaitu bangunan-bangunan taman, seperti : bangku taman, bak tanaman/bunga, pergok/saung, gazebo, kolam ikan dan lain-lain.
Kesan lunak inilah yang mendukung dipentingkannya kehadiran tanam-tanaman di dalam taman rumah anda.

Kami Tukang Taman bukan hanya sekedar menanam tanaman tanpa memperhatikan kesan-kesan yang ditampilkan oleh hasil akhir sebuah taman, namun semua itu relatif setiap orang berbeda-beda cara menilai hasil sebuah taman yang kami buat. Tetapi kami akan memberikan yang karya yang terbaik buat anda yang meminta jasa kami Tukang Taman Surabaya.

Karena pada dasarnya fungsi taman secara ekologis banyak ditentukan oleh unsur tanaman ini. Karena tanaman dapat menciptakan kondisi lingkungan rumah yang lebih sejuk dan segar, mengingat tanaman dapat menyediakan gas oksigen (O2) yang sangat penting bagi kelangsungan hidup kita, apalagi di daerah perkotaan yang sudah kerap kali dengan polusi.

Di samping itu tanaman berupa pohon yang dapat memberikan keteduhan pada tempat yang berada di bawahnya. Dalam hal ini adalah sinar matahari disaring terlebih dahulu baru diteruskan ke halaman rumah, sehingga cahaya yang diteruskan hanya sebagian saja. Sinar matahari tersebut diperlukan oleh pohon untuk asimilasi, dan hasil oksigen yang dihasilkannya sangat bermanfaat bagi anda.

Bagaimana masih berminat untuk membuat taman rumah kami Tukang Taman Surabaya siap melayani anda apabila anda tidak ingin bersusah payah atau tidak ada waktu untuk membuatnya.

Kesan lunak yang ditampilkan yaitu adanya warna daun, batang dan buah ataupun bentuk teksturnya yang sangat menarik. Bahkan bagi anda yang menyukai aroma harum-haruman tentu saja itu menjadi daya tarik tersendiri akan manfaat taman rumah anda dan menjadikan teman akrab menemani saat anda bersanta di halaman rumah.

Begitu bermanfaatnya taman untuk rumah anda, namun demikian kita tidak boleh gegabah dalam memilih jenis tanaman yang akan tanam. Kitapun disuruh cermat dalam memilih tanaman yang benar-benar tepat artinya tanaman tersebut disamping cocok untuk tumbuh di daerah yang akan anda tanami tentunya juga dengan rencana dengan desain taman yang telah disiapkan menyesuaikan daerah lingkungan di sekitarnya bentuk rumah, luas halaman ataupun yang lainnya.

Perlu diingat lagi bahwa setiap tanaman mempunyai sifat-sifat kehidupan, dalam artian bahwa tanaman mempunyai pola pertumbuhan di dalam kehidupannya.

Pola ini berbeda untuk setiap jenis tanaman. Tanaman mempunyai kemampuan untuk tumbuh (secara optimal) pada daerah-daerah tertentu, dengan kondisi tertentu saja, dengan kondisi tertentu pula sehingga harus diperhitungkan bahwa ukuran maupun bentuknya akan selalu berubah.

Oleh karenanya sangatlah tidak bijaksana apabila kita mengabaikan segi pertumbuhan tanaman, sehingga kita mendapatkannya pun hanya secara asal senang, misalnya anda menanam pohon palem merah (yang masih kecil) di bawah overstek (tritisan) rumah anda, karena dalam masa pertumbuhannya nanti tinggi palem merah bisa melebihi tinnginya tritisan.

Akhibatnya ada dua kemungkinan yang pertama mungkin tritisan akan rusak terdorong oleh pohon palem tersebut, kedua pertumbuhan pohon palem tidak akan normal lagi.

Untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi, rasanya perlu sekali mengenali sifat tanaman, agar kita lebih cermat dan tepat dalam memilih jenis tanaman yang akan anda tanam di taman rumah anda, untuk mewujudkan taman yang asri, indah dan sejuk sesuai yang anda idam-idamkan. 

Dalam memilih jenis tanaman ada dua persyaratan dasar yang harus dipenuhi selanjutnya yaitu persyaratan hortikultura dan persyaratan fisik. Persyaratan hortikultura berkaitan dengan kesudian tanaman untuk tumbuh secara baik pada lingkungan yang sesuai/cocok, atau dengan kata lain sesuai dengan persyaratan pertumbuhan. Sedangkan persyaratan fisik diperlukan dalam kaitannya dengan desain atau rencana taman yang anda inginkan. 

Untuk menggolongkan tanaman berdasarkan persyaratan hortikultura, maka dapat dipakai urutan sebagai berikut :
1.  Kesesuaian dan ketahanan suhu 
2.  Kesesuaian dan ketahanan air/kelembagaan 
3.  Kesesuaian dan ketahanan cahaya 
4.  Kesesuaian dan ketahanan tanah
5.  Kesesuaian dan ketahanan angin
6.  Kesesuaian dan ketahanan hama dan penyakit 
7.  Kesesuaian dan ketahanan pemangkasan
8.  Kesesuaian dan ketahanan gas beracun
9.  Sifat penyebaran, pembungaan dan pembuahan
10.Sifat adaptasi, perbanyakan, pemindahan dan gugur daun

Untuk menggolongkan tanaman berdasarkan persyaratan secara fisik, maka Tukang Taman Surabaya dapat dipakai urutan sebagai berikut : 
1. Ukuran tanaman dewasa (kaitannya dengan kecepatan pertumbuhan) 
2. Bentuk alami 
3. Tekstur 
4. Bayangan 
5. Warna
6. Aroma
7. Syarat-syarat budidaya 
8. Kegunaan tanaman dalam tata taman 

B. Aspek Suhu 
Berikutnya aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat taman rumah adalah suhu tidak jarang kita jumpai kejadian menjengkelkan manakala anda ingin menambah koleksi tanaman anda. Misalnya saja pada saat rekreasi keluarga kebetulan anda ingin membeli tanaman berbunga di puncak (Bogor) dan menanamnya di Surabaya.

Tetapi apa yang terjadi, ternyata setelah ditunggu sekian lama tanaman tersebut tidak pernah berbunga lagi, bahkan mungkin akan layu dan kemudian mati.

Apabila anda renungkan kembali, maka sebetulnya hal yang terjadi karena kesalahan anda sendiri dalam memilih tanaman. Anda tidak mempertimbangkan perbedaan keadaan antara suhu di puncak dengan suhu di Surabaya, yang dalam hal ini berarti telah memindahkan tanaman dari tempat satu ke tempat lainnya yang berbeda suhunya.

Sehingga sewaktu di puncak berbunga indah karena cocok dengan suhunya dan tidak tumbuh normal ketika sudah berada di Surabaya. Namun ada juga yang memang tetap hidup namun tidak dapat menghasilkan bunga yang seindah berada pada daerah asalnya. 

Pengunjung blog Tukang Taman Surabaya, mungkin anda tahu kalau negeri kita ini termasuk daerah tropik, yang suhu dipengaruhi oleh tinggi rendahnya tempat tersebut.

Semakin tinggi satu tempat maka suhunya semakin rendah kalau di Jawa timur biasa dikenal di daerah malang, begitu sebaliknya semakin rendah tempat tersebut semakin tinggi pula suhunya. Berkaitan dengan tinggi rendahnya suhu dapat digolongkan menurut perbedaan tempatnya, sebagai berikut :

1. Tanaman dataran rendah, contohnya : 
    Kenanga (Cananga Odarata) 
    Cempaka (Michelia Champaka) 
2. Tanaman di kaki/lereng gunung, contohnya :
     Bogenvil (Bougenvillea Spectabilis) 
     Honje (Nicolaia Speciosa) 
3. Tanaman dataran tinggi, contohnya :
    Gladiol (Gladiolus Hybridus)
    Anyelir (Dianthus sap.)
4. Tanaman yang tahan di dataran rendah sampai tinggi, contohnya : 
    Golongan cemara (Casuarina sp.) 
    Monstera (Monstera deliciosa) 

C. Aspek Air 
Tanaman yang mempunyai respons tertentu terhadap kondisi air di sekitarnya, sehingga ditemui adanya tanaman yang dapat hidup dengan baik di tempat yang banyak airnya atau bahkan di dalam air, tetapi ada juga yang sebaliknya, senang tumbuh pada tempat yang kering.

Berkaitan dengan keadaan air atau kelembapannya, kita Tukang Taman Surabaya dapat membedakannya tanaman sebagai berikut :

Tanaman yang tahan di tempat yang kering, contohnya :
- Berbagai macam kaktus
- Euphorbia sender

Tanaman yang toleran untuk tempat cukup lembab, contohnya :
- Akalipa (Acalypa welcasiana) 
- Puring (Codiaeum varigatum)

Tanaman yang toleran untuk tempat yang sangat lembab, contohnya :
- Suplir (Adiantum sp) 
- Kuping Gajah (Begonia sp) 
- Pacar air (Impatiens sp)
Tanaman yang toleran dan cocok hidup di air, contohnya :
- Teratai (Nymphaea sp) 

D. Aspek Cahaya
Aspek selanjutnya adalah cahaya yang juga sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, sehingga ada tanaman yang harus ditanam ditempat yang teduh dan ada pula ditempat yang terbuka.

Cahaya sangat diperlukan oleh tanaman dalam fotosintesis. Hal ini terutama harus anda perhatikan apabila ingin menempatkan tanaman di dalam ruangan. Hal yang biasa dilakukan adalah dengan menambahkan sumber cahaya buatan berupa lampu.

Ditinjau dari segi kebutuhannya akan cahaya, maka menurut Tukang Taman Surabaya tanaman dibedakan menjadi dua yaitu :

Tanaman yang toleran terhadap keadaan terbuka, contohnya :
- Berbagai jenis pohon peneduh dan penahan air
- Bugenfil (Bougenvillea spectabilis) 
- Lidah buaya (Aloe barbadensis) 
- Berbagai tanaman pagar, penutup tanah

Tanaman yang toleran terhadap keadaan ternaungi, contoh :
- Maranta (Marantha sp) 
- Suplir (Adiantum sp.) 
- Fitonia (Fittonia verschaffeltii) 

E. Aspek Tanah 
Tanah sebagai media tumbuh bagi tanaman sangat berpengaruh terhadap perkembangan tanaman. Pengaruh tersebut meliputi banyak hal, bukan hanya sekedar kesuburannya saja, tetapi ,menyangkut juga dengan derajat keasaman (pH), struktur, tekstur, air tanah, udara, maupun mikroba yang ada dalam tanah.

Diantara beberapa hal di atas, akan kami uraianya secara lengkap, Insyaallah dilain kesempatan di artikel 3 Jenis Tanah Untuk Media Tanam

Dalam kaitanya dengan keasaman (pH) tanah, kita mengenal tanaman yang bisa hidup dengan baik pada tanah dengan pH rendah atau disebut tanah masam. Tetapi ada juga yang biasa hidup pada tanah-tanah netral atau basa. Sebagai contoh tanaman yang senang pada tanah yang bersifat masam adalah tanaman Azela, yang sekaligus di dataran tinggi.

Sedangkan tanaman yang biasanya hidup di tanah yang bersifat netral adalah Bogenvil dan Zinnia yang lebih banyak hidup pada tanah yang pH nya tinggi, ada dan yang lebih tinggi lagi adalah gerbera. Apabila anda perhatikan dari segi teksturnya, maka dapatlah anda kenali adanya tanaman yang lebih banyak tumbuh pada media berupa tanah biasa, sebagaimana kebanyakan tanaman hias.

Ada yang lebih baik ditanam tanah yang berpasir atau pecahan batu bata seperti kebanyakan tanaman kaktus tetapi ada pula yang lebih senang tumbuh pada bahan organik (pakis, serbuk gergaji, Moses, serutan kayu, atau arang) seperti dijumpai pada kebanyakan jenis anggrek.

F. Aspek Angin 
Tanaman yang toleran terhadap hembusan angin dipentingkan terutama untuk daerah yang berangin kencang,. Disamping menahan angin, tanaman tersebut juga berfungsi menangkan polusi bau tidak sedap yang tertiup, bahkan dapat juga ditata sedemikian rupa hingga kesan suara oleh hembusan angin dapat dinikmati sebagai salah satu elemen taman alami.

Tanaman tahan terhadap angin tentunya baik sekali untuk melengkapi taman pinggir jalan (Green belt) karena tidak mudah patah, sehingga tidak membahayakan pemakai jalan. Pada umumnya tanaman tersebut dari golongan tanaman tahunan (pohon) seperti pinus (Pinus sp), cemara (Casuarina sp.), radu putih.

G. Aspek Pemeliharaan 
Persyaratan lain seperti ketahuan terhadap hama/penyakit, pemangkasan, gas beracun,sifat penyebaran, pembungaan, pembuahan, perbanyakan dan seterusnya lebih berkaitan dengan segi-segi pemeliharaan. Untuk pemeliharaan sangat tergantung pada tanaman itu sendiri berikut lingkungan yang melingkupinya.

Ada tanaman yang tidak merepotkan anda, artinya tanaman tersebut hanya memerlukan pemeliharaan yang relatif ringan, artinya tanaman tersebut mudah tumbuh dan berkembang diberbagai lingkungan.

Tanaman seperti kembang sepatu (Hibiscus prosa sinensis), widelia (Widelia trilobata) adalah sejenis tanaman yang mudah pemeliharaannya. Lain lagi dengan tanaman supir (Adiantum sp), kaktus (Opuntia sp), atau bermacam anggrek memerlukan pemeliharaan yang intensif agar dapat hasil yang baik. 

Sifat-sifat tanaman yang demikian sangat mempengaruhi pekerjaan taman rumah anda karena berkaitan dengan waktu serta tenaga yang diperlukan.

Bagaimana...? masih berminat memakai jasa kami Tukang Taman Surabaya yang memberikan garansi 1 minggu apabila tanaman yang kami tanam mati dalam jangka waktu tersebut.

Dengan demikian haruslah dibedakan tanaman yang secara rutin sepanjang tahun memerlukan pemeliharaan atau yang hanya pada waktu-waktu tertentu saja atau bahkan golongan tanaman yang tanpa pemeliharaan intensif (keadaan liar/bebas). Persyaratan tanaman secara ekologi/hortikultura di atas menjadi perhatian awal bagi anda untuk merancang sebuah Taman Rumah yang baik dan indah di rumah anda. 

H. Aspek Tekstur
Tekstur menunjukkan pengaturan bagian sesuatu-sesuatu benda atau material, dapat bersifat kasar, medium atau lembut. Pada material tanaman, tekstur dapat berkesan kasar atau halus, berat atau ringan, kaku atau lemah, pudar atau berkilau, rapat atau transparan, tegas atau tidak tegas dan sebagainya.

Tekstur tanaman dapat ditunjukkan melalui daun, batang atau akarnya. Akan tetapi yang paling sering dan mudah untuk diperhatikan adalah tekstur daun. Tekstur daun ini meliputi ukuran dan sifat kedudukan daun, jarak antara kedudukan daun, pengelompokkan, serta susunan keseluruhan daun.

Daun yang lebar-lebar (besar) dan berjarak lebar juga menunjukkan tekstur kasar, sedangkan yang berdaun kecil dan berlekuk dan letaknya rapat menunjukkan tekstur yang halus.

I. Aspek Bayangan
Bayangan erat kaitannya dengan bentuk dan tekstur pada tanaman. Bayangan ini berpengaruh terhadap warna yang ada disekitarnya, membantu menciptakan suasana yang lebih dinamis pada Taman Rumah anda, dan memberikan pemandangan khusus bagi anda.


Bayangan muncul/terbentuk oleh adanya susunan daun, dahan dan percabangan yang mendapatkan sinar matahari atau cahaya buatan (lampu taman) pada saat malam hari. Adanya sinar tersebut menghasilkan proyeksi pada bidang  tanah atau dinding yang kemudian memberikan kesan keteduhan.

Berkaitan dengan bayangan, maka dalam tata Taman hendaknya selalu dipertimbangkan tercapainya keseimbangan antara daerah yang  teduh (oleh adanya bayangan) dengan daerah terbuka. Disamping berpengaruh pada kenyamanan dan keindahan, bayangan juga berpengaruh terhadap pola pertumbuhan tanaman lain dalam satu taman tersebut.
 

Pohon yang berdaun lebat membentuk bayangan yang rapat, tetapi menghasilkan sedikit bayangan di antara daun-daunnya sendiri. Pada tanaman lainnya, yang berdaun tidak terlalu lebat, tampak terang dan lemah, halus karena mempunyai banyak bayangan Siantar daun-daun itu sendiri.

Bayangan berkaitannya dengan bentuk dan tekstur, perlakuan pemangkasan dapat berakibat merusak bayangan tersebut, sehingga permukaan yang semula berkesan lunak (soft) dapat berubah menjadi kaku, karena daun-daun terletak dalam satu bidang yang datar (meskipun tekstur daun-daun itu sendiri terkesan halus)
 

Dengan mengerti pengertian di atas, maka anda dapat membedakan tanaman menurut tingkat kerapatan daunnya yaitu ada tingkat kerapatannya tergolong rapat, kurang rapat dan ada juga yang tidak rapat.

Tanaman yang bisa menunjukkan bahwa cahaya yang menimpa sama sekali tidak dapat lagi dipantulkannya, bahkan tidak dapat lagiditeruskan hingga mencapai daerah didaerah tajuknya.

J. Aspek Warna
Warna tanaman dapat ditunjukan melalui warna daun, batang, bunga maupun buah. Warna ini sangat dipengaruhi faktor lingkungan. Banyak tanaman di dataran tinggi dapat memunculkan warna cerah melalui bunganya, akan tetapi apabila kemudian ditanam di dataran rendah warna bunga yang indah tersebut tidak muncul lagi.


Oleh karena itu untuk memperoleh komposisi warna dari berbagai jenis tanaman, perlu diperhatikan kesesuaian jenis tanaman terhadap lingkungan Taman Rumah tersebut. Bukan secara ekologisnya saja diperhatikan tetapi juga komposisi warna tersebut terhadap bangunan di dekatnya.

Dan akan membuat komposisi warna yang menyatu oleh karena itu anda upayakan terciptanya kesesuaian Siantar tanaman yang ada pada Taman Rumah tersebut.

Demikianlah pengunjung blog Tukang Taman Surabaya - Flamboyan Asri delapan aspek dalam pembuatan taman semoga bermanfaat bagi anda, kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya. apabila bermanfaat mohon kiranya untuk di fans like atau dibagikan. anda juga dapat membaca artikel tentang 4 Elemen Pembuatan konsep Taman Jepang
 

0 Response to "10 Aspek Pembuatan Taman Rumah Indah"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463