image image image image image

5 Panduan Membuat Teritisan dan Fungsi

Tukang Taman Surabaya Fungsi Teritisan

Tukang Taman Surabaya

Para pengunjung yang masih setia membaca coretan ringkas dari kami, selanjutnya selain beberapa dari artikel Taman Rumah disini kami juga akan memberikan beberapa uraian tentang panduan desain teras rumah minimalis dan fungsi teritisan pada rumah minimalis anda. 

Panduan Desain Teras Rumah Minimalis
Meskipun model masing-masing teras cenderung berbeda, namun untuk panduan cara desainnya relatif sama. Artinya untuk membangun teras baik itu untuk bagian depan, samping, atau belakang kurang lebih caranya sama, seperti tips berikut ini anda simak sebagai berikut:

1.Kombinasi Warna
Karena ini berkaitan dengan ‘wajah dan tampilan’ rumah, kombinasi warna pada teras rumah minimalis sangat penting untuk diperhatikan disamping juga keserasian dengan Taman Rumah Minimalis.
Disini kita tidak hanya membicarakan permainan warna yang cocok, tapi yang harus lebih diperhatikan adalah keselarasan warna dinding dengan furnitur yang ada di teras dengan warna disekelilingnya dalam hal ini juga Taman Rumah. Jadi harus ada titik temu mengenai kombinasi warna supaya elemen di teras mampu bersinergi dengan dinding terutama dalam hal warna. 
Untuk mempertegas unsur minimalis, mungkin kita bisa menggunakan warna putih kombinasi warna krem dengan sedikit sentuhan warna abu-abu untuk memperkuat aksen, yang pada intinya warna yang selaras warna kalem atau terang sekalipun harus sesuai.

Atau khusus untuk aksen anda bisa menggunakan warna abu-abu ini kita bisa mencoba inovasi baru menggunakan batu alam di dinding teras. Jadi kesan monoton tidak lagi terlihat seperti saat kita menggunakan warna cat dinding.

2. Memilih Tekstur Keramik Lantai
Untuk bagian lantai kita bisa memilih keramik yang memiliki tekstur agak kasar (bukan keramik untuk kamar mandi). Pilihan tekstur kasar ini untuk menghindari lantai yang terlalu licin apabila lantai terkena air hujan.

Warna keramik bisa senadan dengan warna dinding, namun sebaiknya tidak terlalu banyak motif, jadi dalam hal ini tidak bermain warna. jadi corak atau warna keramik hanya didominasi satu atau dua warna saja tidak full color.  

3.Membuat Ornamen Dekorasi
Untuk teras yang elegan dan modern, kita dapat mendekorasinya dengan berbagai ornamen serta pot-pot bunga dan tanaman hias yang berukuran sedang atau kecil. Tetapi juga manfaat yang penting bagi kita yaitu pot dengan tumbuhan hijau selain yang mampu menghasilkan oksigen juga dapat menambah suasana nampak asri dan sejuk sehingga tercipta nuansa ruangan yang nyaman. 
4.Memilih Gazebo atau Kanopi
Pilihan kanopi atau gazebo juga penting untuk diperhatikan sewaktu membuat Teras Taman Rumah Minimalis, terutama yang berhubungan dengan desain warna. Jika atap rumah terbuat dari material beton, kita bisa mengecatnya dengan warna putih, atau menurut tema yang diinginkan jadi warna tersebut tidak kontras.
Para pengunjung Tukang Taman Surabaya yang baik, mungkin kita tahu bahwa Indonesia terletak pada daerah hutan hujan tropis.

Kondisi landscape iklim ini berupa hutan hujan di  sekitar pantai  dan  di  dataran rendah khatulistiwa Salah satu cara dasar untuk mengatasi permasalahan iklim di Indonesia dalam pengaruhnya terhadap bangunan adalah dengan pemasangan teritisan atau overhang pada bangunan.

Teritisan ini dapat mengurangi radiasi sinar matahari yang masuk kedalam ruangan, menangkal air hujan dan membayangi ruangan dalam rumah.

Beberapa fungsi dari Rumah adalah sebagai berikut :
1. Rumah sebagai tempat berlindung manusia tidaklah dapat dirancang dan dibangun dengan sekenaknya. Namun harus dengan menggunakan konsep yang memang benar didesain sedemikian agar rumah yang dibangun memberikan kenyamanan bagi penghuninya. 

Disamping rumah yang mempunyai fungsi utama sebagai persinggahan, tempat berlindung bahkan sebagai pelindung dari panasnya sinar matahari, sengatan hawa dini diwaktu malam dan fungsi-fungsi yang lain

2. Rumah yang ideal disertai dengan faktor penunjang misalnya saja Taman Minimalis Rumah tentu saja ini akan memberikan rasa nyaman, betah untuk tinggal pada tempat tinggal tersebut. Rasa nyaman disini dapat berarti rumah terasa sejuk, memiliki aliran udara yang lancar, cukup terang tanpa bantuan cahaya di siang hari, dan tidak bising.

Kita tahu bahwa Indonesia termasuk pada daerah yang beriklim tropis basah. Curah hujan tinggi pada bulan-bulan tertentu dan juga mengakibatkan kondisi langit di Indonesia terasa menyilaukan sebagai konsekuwesi pembiasan sinar matahari oleh butir-butir air di angkasa yang berupa uap 
Sinar matahari yang melimpah sebenarnya dapat menjadi keuntungan tersendiri, namun intensitas matahari yang berlebihan dapat mengurangi kenyamanan penghuninya.

3. Hujan yang terus menerus juga mendorong tingkat pelapukan atau korosi yang tinggi, untuk itu diperlukan pemahaman yang tepat cara pemanfaatan dan penanggulangan dari efek negatif iklim di Indonesia agar dapat tercipta kondisi  rumah  yang  ideal, yaitu rumah yang sehat dan  nyaman dihuni tanpa  meninggalkan nilai estetiknya.

Untuk itu solusi dari Salah satu cara dasar untuk mengatasi permasalahan iklim di Indonesia dalam pengaruhnya terhadap bangunan adalah dengan pemasangan teritisan atau overhang pada bangunan.
Teritisan ini dapat mengurangi radiasi sinar matahari yang masuk kedalam ruangan, menangkal air hujan dan membayangi ruangan dalam rumah.
Pengunjung Tukang taman Surabaya yang setia, Secara   global   Indonesia   terletak   di daerah tropis basah (terletak diantara garis 15º LU dan 15º LS)
 

Daerah tropis basah memiliki kelembapan udara yang relative tinggi, curah hujan tinggi, serta temperature rata-rata tahunan diatas 18ºC. Itulah alasan mengapa kita memerlukan yang nama Taman Rumah. Karena hampir tidak dijumpai perbedaan yang mencolok antar musim.
 

Daerah  iklim  tropis  basah  dibedakan  menjadi dua daerah sekunder :
Daerah hutan hujan tropis
Daerah musim dan savana lembab tropika kering, dibedakan menjadi :
• Daerah savana kering
• Daerah Padang pasir dan setengah padang pasir
 

Indonesia  terletak  pada  daerah  hutan  hujan tropis. Kondisi lansekap iklim ini berupa hutan hujan di sekitar pantai dan di dataran rendah khatulistiwa. daerah ini memiliki vegetasi yang lebat dan bervariasi berupa lumut, ganggang, jamur, semak belukar yang tak dapat ditembus, pohon-pohon tinggi.
 

Kondisi tanah  sangat  lembab,  muka  air  tanah yang tinggi (kadang mencapai permukaan) dan permukaan tanah laterit merah dan coklat. perbedaan  musim  sangat  kecil  dimana  pada bulan terpanas udara panas dan lembab sampai basah, pada bulan terdingin cuaca panas sedang dan lembab sampai basah.
 

Maka dari itu teritisan memang sangat diperlukan, mengingat fungsi elemen in sangat signifikan dalam memberikan kenyamanan bagi penghuni. Namun seiring dengan perkembangan gaya arsitektur yang semakin beragam, hal ini menyebabkan desain teritisan diciptakan sesuai dengan gaya arsitektur yang dilekatinya.
 

Adapun fungsi teritisan secara singkat menurut kami Tukang Taman Surabaya adalah sebagai berikut :

1. Merespon Terhadap sinar matahari
Permasalahan utama yang terjadi adalah teritisan kurang mampu melindungi dari sinar matahari yang masuk kedalam ruangan, sehingga radiasi matahari terasa sampai kedalam ruangan, jadi dalam hal ini sangat dirasakan oleh penghuni didalam ruangan sehingga pada daerah kamar dipasang AC dan tirai jendela.


Untuk itu dengan adanya teritisan memang dibuat benar-benar dapat menyaring atau merespon sinar matahari agar tidak masuk ke ruangan secara langsung. Dan untuk menyiasatinya dengan cara penambahan dimensi lebar teritisan,untuk meminimalkan pancaran radiasi matahari secara langsung. Ataupun penggunaan kaca stopsol.

2. Penghalang Terpaan Terhadap hujan dan angin
Fungsi yang selanjutnya pengunjung Tukang Taman Surabaya adalah sebagai penghalang dari terpaan hujan dan wangi secara langsung. Dimensi teritisan yang pendek selain berpengaruh pada radiasi matahari juga berpengaruh pada air  hujan karena mengakibatkan tempias.


Air  hujan yang secara langsung  mengenai  pintu  dan  jendela  bagian bawah dapat mengakibatkan rusaknya bahan bangunan tersebut dan juga pudarnya cat. Solusinya  dengan penambahan talang air, ataupun pemakaian bahan bangunan yang lebih awet dan tidak mudah keropos. Seperti penggunaan cat yang tahan lama, cat ici, water shield.

Mungkin itu yang dapat kami uraikan tentang teritisan rumah, semoga bermanfaat dan sebagai tambahan wawasan tentang desain rumah anda, sehingga dalam membuat teritisan tidak hanya asal membuat dan terlihat bagus tapi benar-benar mempunyai fungsi yang semestinya.

Baca juga artikel Tentang 5 Manfaat Carport Batu Alam dan Manfaatnya

0 Response to "5 Panduan Membuat Teritisan dan Fungsi"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463