image image image image image image

10 Tips Cara Merawat Taman dan Lingkungan Rumah

Jasa Tukang Taman Surabaya Cara merawat taman

Tukang taman surabaya - flamboyanasri. Mengulas tentang 10 tips cara merawat taman dan lingkungan rumah. Taman dan lingkungan adalah lahan penyejuk bagai sebuah rumah hunian, selain itu lingkungan area taman juga merupakan alat penyaring alami bagi udara yang masuk ke dalam lingkungan rumah anda.

Berkembangan pada era sekarang banyak sekali di galakkan adanya gaya hidup back to nature mulai dari desain bangunan rumah ataupun pagar kebanyakan sekarang memaki bahan batu alam untuk memperindah.

Tidak lain pula dengan hadirnya taman dalam sebuah rumah juga sangat diminati oleh penghuni rumah. Ekosistem taman yang berupa tanaman, serangga, kolam beserta hewan air dan warna-warni corak bunga sering menimbulkan beberapa masalah, apalagi suasana lingkungan rumah kurang mendukung.

Oleh sebab itu dibutuhkan suatu perawatan yang rutin dan continue untuk menjadi taman sekitar rumah tampak indah dan bagus. Sehingga pada kesempatan kali ini kami sebagai penyedia jasa pembuat taman sebagai Tukang Taman wilayah kota Surabaya sedikit memberikan tips

Bagaimana meminimalisir seputar permasalahan yang ditimbulkan adanya rumah taman dan lingkungan di area sekitar hunian rumah anda tidak hanya sekedar taman saja namun lebih umum lagi.


10 Tips Cara Merawat Taman dan Lingkungan Rumah Dari Tukang Taman Surabaya agar tetap asri dan indah:


1. Manfaat Membuat Taman

Anda hidup sangat berdekatan dengan alam sekitar. Jadi untuk memperoleh ruangan yang sehat dan indah, sehingga sekitar rumah perlu hadirnya sebuah taman yang dibuat sealami mungkin.

Maka perlu anda sediakan lahan yang ada di depan rumah atau samping rumah untuk dijadikan taman. Walaupun lahan tersebut tidak terlalu luas namun sudah cukup untuk menghadirkan taman di rumah anda.

Tukang Taman Surabaya tips membuat taman

Berikut ada beberapa manfaat membuat taman :
Walaupun hanya area kecil dan mungil, setidaknya ada tanaman penghasil oksigen walaupun tidak maksimal namun dapat meminimalisir dan penetrasi racun akhibat tingkat polusi yang semakin peninggi

Suhu dalam ruangan atau sekitar rumah anda agak lebih stabil Rumah anda tampak lebih asri dan indah


2. Tips Mendekorasi Taman Sendiri

Bagaimana kalau ingin menghadirkan taman dalam rumah anda, namun terkendala dana atau biaya. Solusinya anda bisa membuat atau mendekrasi taman rumah sendiri, walaupun tidak sebagus penyedia Jasa Tukang Taman. 

Namun setidaknya ada nuansa hijau dan segar di halaman rumah anda. Sebelum anda membuat taman ada yang harus diperhatikan dalam membuat taman adalah mengetahui jenis dan karakteristik tanaman yang akan ditanam selengkapnya 
Baca juga tentang 6 Langkah Pengenalan Membuat Taman
Jangan memilih hanya karena warna dan keindahan semata. Namun anda harus mengetahui cara merawat, seberapa kebutuhan air dan pupuknya. Karena beraneka ragam jenis tanamannya berikut juga anda harus mengetahui tata letaknya,

jenis tanaman yang bagus di luar ruangan atau di dalam ruangan. Jenis tanaman yang akan anda tanam dalam sebuah taman hendaknya sesuai dengan habitat lingkungan aslinya.

Jangan memilih tanaman yang hidup di dataran tinggi kemudian ditanam di taman yang berada di dataran rendah maka akan susah sekali hidup dan pertumbuhannya. Selain juga mengurangi kualitas tampilan dari tanaman hias tersebut.


3. Tips Menjaga Kebersihan Taman

Berikut beberapa cara yang harus anda lakukan untuk menjaga agar taman anda tetap terlihat bersih dan indah : 
  • Membersihkan tanah dari dedaunan yang sudah tua dan rontok
  • Menyemprotkan insektisida sesuai dengan takaran (aturan pakai) apabila ada tanaman yang terjangkit hama, atau boleh juga secara berkala agar tidak terkena hama atau kutu tanaman.
  • Membersihkan dinding yang terkena cipratan tanah taman ketika anda menyiram taman.
  • Hindarkan meletakkan batuan yang tidak terkena terik matahari sehingga tidak ditumbuhi lumut
  • Bersihkan taman anda secara rutin setiap hari atau 2 hari sekali agar senantiasa bersih dan bebas dari hama patogen.

4. Tips Membuat Taman Gantung di Rumah

Selain konsep desain taman minimalis dan taman kering (taman jepang), ada pula dengan konsep desain taman gantung. Jenis tanaman hias yang biasanya tumbuhnya menjulur dan panjang memang cocok untuk taman gantung 

misalnya : jenis tanaman lee kwan yue. Karena konsep taman gantung berbeda dengan taman vertikal (vertical garden) kalau konsep jenis tanamannya yang berdaun dan tak berbunga yang ditempatkan pada pot atau geotekstil (kain khusus tanaman).

Baca Juga Cara Sederhana Membuat Taman Vertikal Sendiri
Berikut tips langkah sederhana membuat taman gantung di rumah :
  • Membuat tanaman semacam jalur dalam penempatan tanaman di letakkan pada bagian atas dinding. Bentuknya sama dengan ambalan, tetapi salah satu sisinya dibuat menekuk untuk menahan pot agar tidak terjatuh
  • Tempatkan rak tanaman tersebut pada tepian dinding rendah void (balustrade). Dan tempatkan dalam posisi miring, kira-kira 10 derajat ke arah bawah
  • Biarkan tanaman tumbuh ke bawah, mengikuti gaya gravitasi. Hasilnya, ruang tamu atau teras akan terlihat asri dengan dihiasi juntaian dedaunan yang hijau
  • Pilihlah jenis tanaman yang menjulur seperti jenis lee kwan yeu

5. Tips Merawat Taman

Dalam merawat taman tidak sesulit yang anda kira karena merawat taman hanya aktifitas berupa penyiraman, pembersihan lahan, pemotongan/pemangkasan dan pemupukan.

Hanya saja harus mengetahui karakteristik setiap jenis tanaman hias. Jangan meletakkan tanaman di dalam rumah yang ruangannya tertutup karena pada malam hari tumbuhan menyerap oksigen,

Tukang taman surabaya desain minimalis

sehingga tidak baik jika ditempatkan di dalam rumah yang ruangannya tertutup karena sirkulasu udara tidak cukup baik.

Berikut beberapa tips dari Tukang Taman Surabaya untuk merawat tanaman agar tetap terlihat sehat dan indah, ada beberapa tehnik dari kami tukang taman yang perlu anda ketahui :

  • Ukuran pot harus sesuai dengan tanaman karena kalau terlalu sempit, maka tanaman akan merasa sesak. Oleh sebab itu, sesuaikan ukuran pot dengan pertumbuhan tanaman hias.
  • Siramilah tanaman hias anda secara contiue atau rutin setiap pagi dan sore dalam ukuran yang cukup. Perlu anda ketahui juga dengan jenis tanaman karena ada beberapa jenis tanaman hias yang tidak butuh asupan air yang terlalu banyak, sehingga malah menyebabkan layu bahkan mati.
  • Taruh tanaman dalam pot setiap pagi selama sekitar 2 jam. Waktu yang baik yaitu pada jam 07.00 sampai 09.00 pagi disaat matahari belum terik begitu panas
  • Berikan pupuk pada tanaman anda sesuai kebutuhan dan secukupnya, namun pupuk yang anda pakai pilihlah pupuk berjenis organik.
  • Potong atau bersihkan daun-daun yang sudah kering dengan alat potong, gunting ranting kecil. Jika memungkin letakkan daun yang kering pada tanah pot agar bisa membantu kesuburanya.
  • Jenis tanaman yang berdaun rimbun sebaiknya setiap malam keluarkan dari ruangan karena pada saat malam hari tanaman tersebut banyak menyerap oksigen lebih banyak untuk membantu proses fotosintesis.

6. Tips agar Tanaman rutin Berbunga

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar tanaman mudah untuk berbunga.
  • Siramilah tanaman anda semua bagian tanaman pada waktu sore hari. Sedangkan pada saat pagi hari anda hanya perlu menyirami bagian tanahnya saja dengan alasan biar daun tidak mudah membusuk.
  • Berikan tambah ruang tumbuh pada bunga dengan cara mengguting dau-daun yang mulai layu
  • Jangan lupa pula potong dahan-dahan dan cabang-cabang yang mulai tumbuh ke dalam agar tanaman bisa bernapas dan menyerap zat-zat yang berguna bagi pertumbuhan bunga.
  • Berikan pupuk organik secara berkala setiap 1 bulan sekali. Anda harus jeli dalam memberikan pupuk, jangan memakai pupuk yang berbahan kimia yang dapat menyuburkan daun karena dapat menghambat tumbuhnya bunga. Pelajari dengan baik-baik jenis dan ukuran pupuk yang anda pakai.

7. Tips Menghilangkan rumput liar

Rumput liar bisa tumbuh disegala tempat. Penyebarannya bisa melalui angin, hewan, air dan lain-lain. Jadi jangan heran jika taman yang dulunya tidak ada rumput liar atau gulmanya tiba-tiba muncul karena ada beberapa biji rumput liar yang kecil ukuran sehingga mudah terbawa dan berpindah tempat.

Tukang taman surabaya desain minimalis

Menurut kami sebagai tukang taman surabaya, memang dengan adanya rumput pengganggu bisa membuat tampilan sebuah taman menjadi kurang menarik dan kurang sedap dipandang mata. Untuk menghilangkan rumput liar (gulma) atau tanaman liar yang tumbuh di tempat yang tidak anda kehendaki ada beberapa cara.

Bisa dengan cara mencabutnya langsung ke akarnya, namun jika berada dalam sebuah pot dapat dengan cara sederhana yaitu menggunakan garam halus secukupnya kemudian taburkan ke tempat yang anda kehendaki.

Lakukan secara berulang-ulang sampai rumput liar mati, namun jangan sampai berlebihan takutnya terkena akar dari tanaman hias yang berada dalam pot.


8. Tips Memakai Koran Bekas Berantas Gulma

Apabila di rumah anda terdapat banyak sekali koran bekas dan menumpuk bisa anda manfaatkan untuk membersihkan gulma daripada dibuang atau dijual. 

Karena koran bekas ternyata dapat membantu untuk memperindah taman anda. Jika taman anda terganggu dengan adanya gulma atau rumput liar pakai saja koran bekas.

Baca juga tentang 8 Tips Mudah Merawat Taman Minimalis By Tukang Taman Jakarta
Cara seperti ini mirip dengan menggunakan emulsi saat menanam cabai. Letakkan lembaran-lembaran koran di antara bedeng tanaman, dibagian tanah yang ditumbuhi oleh gulma. Kemudian sirami atau semprot dengan air sampai koran menjadi basah.


9. Tips Agar Bunga Tidak Mudah Rontok

Pada beberapa permasalahan, jenis tanaman hias bunga yang rentan terhadap perubahan suhu atau cuaca lingkungan sehingga mengakhibatkan bunga tanaman mudah rontok.

Karena bunga yang mudah rontok maksudnya lebih cepat dari biasanya maka membuat tampilan tanaman hias bunga tersebut kurang indah. Ada cara sederhana yang dapat anda pratekkan agar bunga hias di dalam pot tidak cepat 

rontok yaitu dengan cara menambahkan dalam campuran air 1 liter dengan 1 -2 sendok gula pasir. Kemudian aduk sampai larut gula pasir tersebut menjadi larutan air gula.

Setelah larutan benar-benar tercampur dengan sempurna, semprotkan ke bagian bunga yang sedang mekar dengan larutan air gula pasir tadi.


10.Tips Agar Tanaman Rajin Berbuah

Mungkin ada beberapa dari anda yang memang suka menanam tanaman hias jenis bunga, namun tidak jarang pula yang menyukai tanaman yang memang bisa di ambil buahnya atau istilahnya tambulanpot (tanam buah dalam pot). 

Sekarang memang banyak variatas tanaman buah dengan ukuran pohon tidak terlalu tinggi namun sudah berbuah. Jadi selain untuk penghijaun juga dapat dinikmati buahnya.

Namun bagaimana jika waktu membeli tanaman buah sudah berbuah tetapi ketika anda rawat tidak berbuah lagi, mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan tanaman buah tidak mau berbuah lagi.

Jika anda menjumpai hal yang demikian coba anda pupuk tanaman buah tadi dengan pupuk alami. Terus bagaimana cara mendapatkan pupuk alami tersebut, mudah saja yaitu dengan memanfaatkan ampas kelapa yang tidak terpakai. 

Kemudian lakukanlah hal tersebut sebanyak 2 kali dalam seminggu, semoga tanaman buah anda yang tidak mau berbuah menjadi tanaman yang subur dan rutin berubah. 
Anda juga perlu membaca Tips Merawat Tanaman Hias Dalam Pot
Namun ini hanya usaha anda mencari solusi dan tips sederhana, namun kesemuanya tergantung Tuhan Yang Maha Berkehendak yang menjadikan tumbuh dan berbuahnya tanaman ya...!!

Terima kasih telah berkenan berkunjung dan membaca artikel kami tentang 10 Tips Cara Merawat Taman dan Lingkungan Rumah

0 Response to "10 Tips Cara Merawat Taman dan Lingkungan Rumah"

Posting Komentar