Adsen Bawah Navi

5 Cara Merawat Janda Bolong Monstera Obliqua Agar Tumbuh Subur

    Tukang Taman Surabaya Tentang cara merawat janda bolong Mostera Obliqua agar tumbuh subur. Tanaman Monstera telah menjadi sangat populer karena daunnya yang berfenestrasi. Namun, hanya yang berasal dari Peru, Panama, Suriname, dan Bolivia yang memiliki fenestrasi ini.

    Ada banyak kesalahpahaman tentang tanaman ini. Jadi mari kita bersihkan beberapa!

    Deskripsi Tanaman, monstera obliqua adalah tanaman aneh dengan daun berlubang asli Amerika Tengah dan Selatan.

    Cara Merawat Janda Bolong Monstera Obliqua Agar Tumbuh Subur

    Tukang Taman Surabaya Mengenal Janda Bolong Monstera Obliqua

    Monstera obliqua seperti Monstera deliciosa adalah anggota keluarga Araceae dan dianggap sebagai tanaman tahunan.

    Jika nama botani (Monstera obliqua) terlalu sulit, Anda dapat merujuk ke tanaman dengan nama umum, yang meliputi:

    Ukuran & Pertumbuhan

    Obliqua membutuhkan antara delapan bulan hingga satu tahun untuk menumbuhkan 30-70 daun. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 20′ kaki atau lebih. Tetapi tanaman Obliqua adalah penanam yang lebih lambat.

    Baca juga 7 Jenis Tanaman Hias Janda Bolong (Monstera) Termahal 

    Menurut kami sebagai tukang taman surabaya. Batangnya cenderung memiliki ketebalan kurang lebih 2 mm. Bentuk juvenil dari jenis tumbuhan ini cenderung lebat dan kompak. 

    Di sisi lain, tanaman yang lebih tua memiliki tanaman merambat yang menjuntai, pemanjat lebat, atau semak yang dipangkas.

    Berbunga dan Wewangian

    Tanaman Monstera dapat berbunga setiap saat sepanjang tahun karena tidak memiliki musim berbunga tertentu. 

    Pembungaan biasanya hanya terjadi 1,5 tahun setelah perkecambahan. Bunganya berwarna krem ​​hingga putih dan berukuran 5-6 inci.

    Pembungaannya berupa perbungaan berurutan. Dari pengalaman kami sebagai tukang taman surabaya. Sebagian besar anggota keluarga Monstera hanya menghasilkan dua sekop per cluster. Namun, obliqua dapat menghasilkan hingga delapan.

    Baca juga 35 Jenis Aglaonema Beserta Gambar

    Monstera obliqua juga menghasilkan buah-buahan yang memiliki spathe hijau. Spadix berubah warna selama proses perkembangannya. 

    Pada akhir perkembangannya, spadix berubah menjadi buah berwarna oranye tua yang disebut globose berry.

    Buah dari tanaman ini unik karena spesies Monstera lainnya memiliki buah beri yang tersusun rapat. Di sisi lain, buah obliqua bebas dari satu sama lain.

    Tukang taman surabaya Cara Merawat Janda Bolong Monstera Obliqua

    Cara Merawat Janda Bolong Mostera Obliqua Agar Tumbuh Subur

    Hal ini membuat buah menjadi faktor pembeda yang baik antara obliqua yang berbeda dan Spesies Monstera lainnya.

    1. Cahaya & Suhu

    Monstera obliqua tumbuh subur di bawah sinar matahari tidak langsung – sebagian hingga teduh penuh. Untuk itu kami sebagai tukang taman surabaya, Tidak menyarankan untuk menumbuhkan obliqua Anda di bawah sinar matahari langsung. 

    Jika Anda mengekspos tanaman Anda secara berlebihan, itu mungkin akan cepat menguning.

    Tidak seperti tanaman lain, obliqua memiliki daun yang sensitif. Sayangnya, daun yang menguning tidak bisa dibalik. Akhirnya, daun akan mulai coklat dan rontok.

    Obliqua tidak dapat tumbuh pada suhu di bawah 25 °F -30 °F. Namun, tanaman dapat mentolerir kelembaban dan benar-benar tumbuh subur pada tingkat kelembaban di atas 90%.

    Zona tahan banting maksimum USDA yang disarankan untuk Monstera obliqua adalah Zona 11. Zona tahan banting minimum adalah Zona 9b.

    2. Penyiraman dan Pemberian Makan

    Menyiram Monstera Obliqua itu rumit karena penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan tanaman mati. Jadi, Anda harus mendapatkan waktu antara setiap penyiraman yang benar.

    Biasanya, waktu antara setiap penyiraman adalah beberapa hari, tergantung pada musim dan tingkat kelembaban. Oleh karena itu, ada trik yang bisa Anda gunakan.

    Baca juga Menyiram Tanaman Yang Baik Pada Waktu Tepat

    Jika Anda memasukkan jari Anda ke dalam tanah, dan lapisan bawahnya lembab tetapi masih lebih kering daripada lapisan atas, 

    Anda telah menambahkan jumlah air yang tepat. Jika lapisan bawah kering, maka tanaman membutuhkan penyiraman.

    Menggunakan kompos yang benar dapat membuat penyiraman tanaman Anda lebih mudah. Tips kami sebagai tukang taman surabaya. Cara terbaik untuk menumbuhkan Monstera obliqua yang sehat adalah dengan meniru habitat aslinya. 

    Oleh karena itu, mengingat tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, kompos terbaik yang digunakan adalah gambut dan lempung.

    3. Tanah & Transplantasi

    Tanah yang dikeringkan dengan baik adalah fondasi untuk tanaman Anda. Melakukannya dengan benar sangat penting. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, tanah Anda harus berbasis gambut dan lempung.

    Jenis tanah ini menahan air yang membantu tanaman menyerap air yang dibutuhkannya. Lempung menyediakan kantong udara yang memungkinkan akar udara berkembang dan mencapai nutrisi di dalam tanah. Tanah berpasir atau kering harus dihindari.

    Baca juga 3 Jenis Tanah Untuk Media Tanam

    Memiliki pH yang sedikit asam juga penting. Ini berarti pH Anda harus antara 5 dan 7.

    Dari pengalaman kami sebagai tukang taman surabaya. Meskipun merupakan tanaman yang tumbuh lambat, tanaman Anda akan tumbuh lebih besar dari pot Anda. Ketika itu terjadi, Anda harus merepotingnya.

    4. Tips untuk merepoting Monstera Obliqua Anda:

    Periksa akar tanaman (dengan lembut untuk menghindari kerusakan). Jika akar masih memiliki ruang untuk tumbuh, maka repotting tidak diperlukan.

    Jika tidak ada cukup ruang, pastikan Anda memiliki pot yang cukup dalam dengan lubang drainase yang memadai.

    Baca juga 13 Cara Menanam Bunga Di Pot Agar Subur

    Isi hanya sepertiga pot dengan tanah sebelum menambahkan tanaman. Kemudian tambahkan sisa tanah. Pastikan akarnya tertutup.

    Pastikan tanah di sekitar tiang cukup untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

    5. Perawatan dan Pemeliharaan

    Tips kami sebagai tukang taman surabaya, salah satu hal yang mungkin diperlukan adalah membuang daun mati (coklat). Selain itu, kelembaban, jadwal penyiraman, pH tanah, suhu, dan sinar matahari harus dijaga.

    Cara Perkembangbiakan Monstera Obliqua

    Dua metode digunakan untuk menyebarkan Monstera Obliqua. Itu bisa dilakukan dengan stolon atau stek. Mari cari tahu caranya.

    1. Perbanyakan Stolon

    Cara ini membutuhkan kesabaran dan kelembapan yang tinggi. Ini adalah metode yang sulit karena Monstera obliqua tidak sering membuat stolon.

    Setelah stolon muncul, potong bagian dengan stolon dan letakkan di beberapa tanah. Setelah stolon tumbuh akar, semprotkan stolon. 

    Menempatkan toples di atas stolon yang berkabut akan membantu meningkatkan kelembapan. Setelah sistem akar cukup berkembang, pindahkan tanaman ke dalam pot.

    2. Menyebarkan Menggunakan Stek

    Ambil potongan tanaman Anda, pastikan memiliki setidaknya satu daun dan simpul. Potong rambut akar sebelum menempatkan potongan di pot yang berisi gambut dan kompos lempung. 

    Siram lapisan atas dengan murah hati. Akar akan mulai berkembang dalam beberapa minggu.

    Hama atau Penyakit Monstera Obliqua

    Berikut info dari kami sebagai tukang taman surabaya, Tentang beberapa hama yang menyerang Monstera adalah:

    • kutu putih
    • Tungau laba-laba
    • kutu kebul
    • Skala Tanaman
    • Trips

    Tanaman monstera juga rentan terhadap penyakit berikut:

    • busuk akar
    • Bintik daun merah
    • Botrytis
    • Penyakit busuk selatan
    • Toksisitas

    Spesies monstera beracun bila dikonsumsi dan dapat menyebabkan iritasi, mual, atau sering muntah. Ini mungkin menjadi perhatian bagi tukang kebun dengan hewan peliharaan.

    Jika Anda memiliki hewan peliharaan, simpan tanaman Anda di area yang tidak dapat mereka jangkau.

    Nah, itu beberapa tips dari kami sebagai tukang taman surabaya tentang 5 Cara Merawat Janda Bolong Mostera Obliqua Agar Tumbuh Subur. Silahkan anda coba dan semoga bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "5 Cara Merawat Janda Bolong Monstera Obliqua Agar Tumbuh Subur"

    Posting Komentar

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel