Adsen Bawah Navi

Rincian Biaya Pembuatan Taman

Konten [Tampil]
Tukang Taman Surabaya. Jasa Pembuatan Taman Surabaya berkesempatan akan kami posting berkaitan dengan rincian anggaran biaya dalam pembuatan sebuah taman dengan contoh RAB pembuatan taman. Karena kami ada kalanya menggunakan sistem harga borongan taman pada tahun 2020 untuk spesifikasi lahan yang sempit minimalis. Akan berbeda lagi harga untuk tahun berikutnya, namun ada option dengan sistem harga taman per meter 2021 tergantung ruang lingkup dan skala project.

Jadi biaya pembuatan taman tidak bisa ditentukan secara mutlak, misalnya harga taman per meter pada tahun 2020 karena ada beberapa pertimbangan untuk menentukan biaya pembuatan taman dan kolam minimalis ataupun pembuatan taman tebing.

Tukang Taman Surabaya Rincian Biaya Pembuatan Taman

Lebih detailnya lagi jika anda mempersiapkan bahannya pada elemen taman baik yang hardscape dan landscape mungkin menjadi alternatif, anda tinggal membayar upah pekerja taman, namun mungkin anda akan kesulitan dalam mencari tukangnya saja.

Secara umum menentukan harga dan penawaran pembuatan taman tidak bisa secara mutlak ditentukan karena ada beberapa hal pertimbangan sehingga perlu adanya negosiasi harga. 

Karena harga jasa pembuatan taman di joga jelas berbeda dengan jasa pembuatan taman di jakarta dikarena kondisi standar harga tanaman hias lebih mahal di kota besar.



Tukang Taman Surabaya Tentang Rincian Biaya Pembuatan Taman

Kini taman landscape bukan hanya populer dikalangan penghobi saja, melainkan kini taman telah banyak disukai oleh semua kalangan. Sebab dengan adanya taman rumah yang telah dibangun dapat diframe yang tentu dapat meningkatkan kualitas dan estetika bangunan. 

Dari meningkatnya ekspektasi tersebut tentu saja banyak orang yang mulai ingin mengimprovisasi taman, bahkan kini taman mulai dibuat sedemikan rupa, agar tampilan taman dapat selaras dengan rumah
Baca Juga 20 Desain Taman Gaya Modern
Tapi, ada beberapa pertanyaan yang hadir dalam benak praktisi ataupun penghobi taman bahkan oleh jasa taman ? nah, berikut ini admin akan menuliskan terlebih dahulu mengenai beberapa pertanyaan yang mungkin ada dalam benak anda

Contoh RAB Pembuatan Taman

Sebelum kita menentukan RAB (Rencana Anggaran Belanja) kita harus menentukan luas area yang akan dibuat taman. Selanjutnya menentukan desain konsep taman yang akan dibuat, nah disinilah letak rencana biaya yang menentukan taman anda membutuhkan biaya yang relatif murah, sedang atau mahal.
Baca Juga 8 Prinsip Perancangan Taman
Karena setiap konsep taman akan berbeda biaya yang akan dikeluarkan dan yang mempengaruhinya adalah jenis tanaman hias dan bonsai yang dipilih. Disamping iru juga adalah luas lahan taman tentunya. Silahkan anda simak penjelasan berikut ini.

Dasar Perhitungan Elemen Pembuatan Taman

Modal dasar perhitungan dalam pembuatan taman ini disandarkan kepada elemen dan komponen yang akan digunakan ketika anda akan menghitung biaya pembuatan taman, maka langkah pertama yang perlu anda ketahui adalah elemen dan komponen dasar dari taman. Pertanyaannya kompoen dan elemen apa saja yang ada pada taman ?

Top Foil (Tanah Taman)
Elemen Softscape : Rumput, Tanaman hias semak, perdu dan bonsai
Elemen Hardscape : Batu Hias Taman, lampu taman dan lainnya
Elemen Artscape : Kastin/Bareman Batas taman)Relief taman, Kolam dan lainnya

Estimasi Harga Tanaman Hias 

Agar lebih mudah difahami maka Tukang Taman Surabaya akan menjelaskan dengan menggunakan metode contoh-contoh harga tanaman yang sering digunakan dalam melakukan pembuatan taman

Jenis Tanaman Hias Semak (Groundcover)

Jenis tanaman hias ini untuk penutup tanah (groundcover) perhitungan dengan diameter per akar tanaman ketika di tanam perkiraan 13 cm2 untuk panjang 1 m = 100 cm

Jadi 100 cm : 13 = 7,69 X 7,69 = 59,1 : tanaman = 59,1 tanaman dibulatkan menjadi 60 polybag tanaman hias

Dikarena tanaman hias groundcover ini berukuran diameter kecil, Maka untuk area dengan luas 1m2 meter persegi untuk tanaman hias semak membutuhkan kurang lebih 60 tanaman hias

Contoh tanaman : Lily paris, Taiwan, krokot, rumput kucai mini dan lain-lain
Baca Juga 25 Jenis-Jenis Tanaman Hias Daun Untuk Taman
Harga tanaman hias kecil atau yang sering diterminologikan sebagai groundcover sangat bervariatif. harganya mulai dari 5.000 s/d 50.000, namun admin menemukan beberapa komponen komersil yang dibandrol dengan rata-rata Rp. 10.000

Jenis Tanaman Hias Perdu (Sedang)

Untuk jenis tanaman hias ini perdu perhitungan dengan diameter per akar tanaman ketika di tanam perkiraan 25 cm2 untuk panjang 1 m = 100 cm

Jadi 100 cm : 25 = 4 X 4 = 16 polybag tanaman hias. Sehingga dengan luas area 1 m2 membutuhkan 16 polibag tanaman hias.
Harga komponen tanaman ukuran sedang juga bervariasi namun ada harga rata-rata yakni Rp. 50.000. Yang perlu difahami komponen tanaman hias perdu bukan hanya menggunakan 1 jenis tanaman hias saja melainkan 3 sampai dengan 4 jenis.

Contoh tanaman : Puring, lantana, airis, dan lainnya

Jenis Tanaman Hias Ukuran Besar

Menurut kami Tukang Taman Surabaya. Untuk jenis tanaman hias ini perdu perhitungan dengan diameter per akar tanaman ketika di tanam perkiraan 1 m2 untuk panjang 1 m = 100 cm

Jadi 100 cm : 100 = 1 X 1 = 1 tanaman hias. Sehingga dengan luas area 1 m2 hanya bisa ditempatkan untuk 1 buah tanaman hias ukuran besar.

Untuk estimasi harga per polibag jenis tanaman besar seharga Rp. 60.000 sampai dengan Rp. 250.000 tergantung kualitas dan ukuran tanaman.

Contoh tanaman : Bromelia giant, siklok, agave, pandan bali dan lain-lain
Baca Juga 10 Tanaman Hias Untuk Halaman Rumah Minimalis
Ingat ini adalah informasi patokan harga pembelian, jangan sampai anda berfikir bahwa komponen yang dibeli sudah termasuk jasa pemasangan, ongkos kirim dan pupuk. 

Jadi informasi harga tanaman diatas merupakan harga pembelian yang belum termasuk dengan jasa pemasangan dan pengiriman termasuk dengan pengiriman

Rincian Biaya Pembuatan Taman

Setelah desain konsep taman terbuat dengan bermacam jenis tanaman hias maka mulai perhitungan dengan sistem perbandingan prosentase pada elemen softscape yaitu dengan pembagian :
Rumput Taman : 70%
Tanaman Hias : 30%

Sebagai kami ambil contoh rincian biaya pembuatan taman dengan panjang 10 m x lebar 10m = 100m2 adalah rinciannya sebagai berikut :
  • Top Foil Tanah Taman 1 Dump Truck Volume 6m3 = Rp. 1.500.000 (incluide konstur tanah)
  • Rumput Taman luas 70m2 x 35.000 : Rp. 2.450.000
  • Tanaman hias semak (groundcover) luas 10m2 x 60 Tanaman x 10.000 = Rp. 6.000.000
  • Tanaman hias sedang luas 10m2 x 16 Tanaman x 40.000 = Rp 6.400.000
  • Tanaman hias besar 5m2 x 1 Tanaman x 200.000 = Rp. 1.000.000
  • Batu hias taman luas 5 m2 x 200.000 = Rp. 1.000.000
  • Upah Tukang Taman 5 Orang x 5 Hari x 200.000 = Rp. 5.000.000
  • Estimasi Jumlah Total Biaya = Rp. 23.350.000
Harga diatas merupakan estimasi saja, untuk harga sesungguhnya dilapangan bisa lebih rendah atau lebih tinggi karena ada beberapa faktor pertimbangan.

Komponen Biaya Pekerjaan Tambahan

Pengertian dari adanya komponen dan pekerjaan tambah adalah beberapa pekerjaan dan penggunaan komponen yang wajib dilaksanakan yang tidak melibatkan jasa penanaman ataupun bisa di includekan bersamaan dengan jasa penanaman. 

Tergantung dari rencana dan kesepakatan awal
Pembuangan sampah Rp. 1,000,000
Pembelian pupuk organik Rp.1,500,000
Transportasi pengangkutan komponen Rp.1,000,000
Dan Garansi/Retensi sesuai dengan kesepakatan.

Harga Pembuatan Taman Per Meter Persegi M2 Tahun 2021

Tukang Taman Surabaya. Untuk luas area taman yang minimalis membutuhkan perkiraan harga dengan sistem borongan tanpa perhitungan yang detail karena memang skala taman yang sempit.

Untuk rincian harga biasanya duperuntukan untuk penawaran pada pekerjaan landscape dengan skala besar, misalkan pada kantor instansi pemerintah, kawasan industri pabrik (green area) atau perorangan yang memang butuh detail rincian penawaran.
Jadi untuk harga borongan pembuatan taman terima beres harga total diatas dibagi dengan luas 100m2. Rp. 23.350.000 : 100 = Rp. 235.000 per m2. 

Pembulatan estimasi untuk taman minimalis antara Rp. 250.000 sampai Rp. 350.000 per meter perseginya. Sesuai kondisi dilapangan

Biaya Pembuatan Taman Dinsing dan Kolam minimalis Sebagai Komponen Unsur Taman Hardscape

Unsur hardscape pada taman yang paling utama adalah media tanam yaitu tanah taman. Media tanam yang bagus harus memiliki unsur hara yang cukup sehingga tanaman hias akan tumbuh dengan baik.
 
Hadirnya sebuah taman biasanya dipadukan dengan sebuah kolam minimalis sebagai unsur pelengkap artscape sehingga pemandangan sekitar jadi lebih indah dan asri.
Baca Juga 40 Contoh Desain Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah
Tentunya hal ini akan berpengaruh juga pada biaya dalam pembuatannya, estimasi untuk ukuran luas 1 m X 1 m dengan tinggi dinding waterwall 1 M pembuatan kolam batu alam minimalis kisaran Rp. 10.000.000 sampai 15.000.000 

Upah Pekerja Taman

Untuk upah tenaga ahli pekerja taman dihitung harian sebesar Rp. 200.000 sampai dengan Rp. 250.000 sesuai dengan domisili kota dan jarak tempuh lokasi pekerjaan.

Demikian ulasan kami Tukang Taman Surabaya tentang Rincian Biaya Pembuatan Taman walaupun tidak begitu detail tetapi setidaknya akan memberikan gambaran informasi bagi anda yang ingin membuat taman. 

Dengan harapan semoga dapat dipahami, jika belum sebaiknya baca berulang-ulang dan silahkan konsultasi langsung dengan kami.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel