image image image image image image

Mengenal Apa Itu Bunga Rosella ?

Tukang taman surabaya bunga rosella

Tukang Taman Surabaya - Flamboyanasri. Ingin berbagi pengetahuan tentang apa itu tanaman bunga rosella. Mungkin bagi anda yang belum tahu tentang rosella, klasifikasi bunga rosella, apa khasiat atau manfaat rosella, cara merawat rosella, budidaya rosella, dan cara mengolah bunga rosella sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan.

Informasi pengetahuan tentang bunga rosella dapat anda peroleh dari berbagai media, misalnya media online saat ini, namun anda juga harus berhati-hati dalam pengaplikasikan takaran dosisnya untuk jenis bunga ini untuk kesehatan. Cek dan konsultasi dulu pada ahlinya, karena dengan resep-resep yang lain bisa dicoba karena apabila gagal tidak ada masalah. Tetapi kalau untuk kesehatan atau pengobatan anda harus berkonsultasi pada dokter atau pakar kesehatan herbal. mari disimak ulasan singkat sekedar info tentang rosella.

Apa Sih Pengertian Bunga Rosella Dari Tukang Taman Surabaya ?

Berikut ulasan yang kami kutip dari wikipedia.org. Rosela, bunga sepatu, asam paya, asam kumbang dan asam susur atau Hisbiscus sabdariffa, merupakan spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Awalnya bunga yang juga indah untuk dihasilkan penghias halaman rumah itu diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas. 

Di negeri asalnya, Afrika, rosela dihasilkan selai atau jeli. Itu didapat dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela, sementara di Jamaika, dijadikan salad buah yang dimakan mentah. Sekali-sekali juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kudapan manis setelah dimasak dengan gula. Di Mesir, rosela diminum dingin pada musim panas dan diminum panas ketika musim dingin. 
Anda perlu tahu juga tentang Mengenal Pohon Tabebuya Pink, Ungu, Kuning Dan Putih
Di Sudan, menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu. Minuman itu juga menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk. Tidak jarang, rosela juga dimanfaatkan untuk diet, penderita batuk, atau diabetes pakai gula rendah kalori seperti gula jagung. Kecuali itu, bubuk biji bunga rosela juga bisa dibuat campuran minuman kopi

Di Indonesia nama rosella telah diketahui semenjak tahun 1922, tanaman rosella tumbuh subur, lebih-lebih di musim hujan. Tanaman rosella umumnya diaplikasikan sebagai tanaman hias dan pagar. Sesudah bertahun-tahun diketahui sebagai tanaman hias dan pagar yang tak dihiraukan, kini tanaman ini diketahui dengan banyak khasiat yang berkhasiat bagi manusia (Daryanto-Agrina, 2006).

Tukang taman surabaya Apa Itu Rosella ?

Tukang taman surabaya teh bunga Rosella ?

A. Klasifikasi Bunga Rosella Dari Tukang Taman Surabaya

Tanaman Rosella Definisi Tanaman Rosella Tanaman rosella (Hibiscus sabdariffa) ialah sejenis semak (perdu) yang ada di semua kawasan tropis dunia. Asal rosella Florida Cranberry ialah dari Afrika Barat. Masyarakat pada biasanya sudah mengetahui kenaf atau rosella (Hibiscus cannabinus) sebagai tanaman penghasil serat karung dan kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis). Padahal bunga rosella merah (Hibiscus sabdariffa Lynn), belum semacam itu diketahui. Bunga rosella merah

(Hibiscus sabdariffa Lynn), diketahui di bermacam negara dengan nama yang berbeda-beda, diantaranya adalah, India Barat (Jamaican Sorrel ), Perancis (Oseille Rouge), Spanyol (Quimbombo Chino), Utara (Carcade), dan Senegal (Bisap), Afrika. 

Indonesia (Vinagreira, Zuring, Carcade, atau asam Citrun). Dalam bahasa Melayu, tanaman ini diketahui dengan nama asam paya, Asam kumbang atau asam susur (Mulyamin, 2009). Tanaman rosella mempunyai dua varietas dengan budidaya dan manfaat yang berbeda, adalah(Comojime, 2008).: a. Hibiscus sabdariffa var. Altisima, rosella berkelopak bunga kuning. 

Hibiscus sabdariffa var. Sabdariffa, rosella berkelopak bunga merah yang sekarang mulai diminati petani dan dimaksimalkan untuk diambil bunga dan bijinya sebagai tanaman herbal dan bahan baku minuman kesehatan


Tanaman rosella berkembang biak dengan biji, tanaman ini tumbuh di tempat yang beriklim tropis dan sub tropis. Tanaman ini bisa tumbuh di seluruh variasi tanah, melainkan paling pantas pada tanah yang subur dan gembur. Tumbuhan ini bisa tumbuh di tempat pantai hingga tempat dengan ketinggian 900 m di atas permukaan laut.

B. Manfaat Dan Khasiat Bunga Rosella Kering

Kandungan zat kimia pada bunga rosella. Bunga rosella memiliki kandungan zat kimia sebagai berikut : kalori, air, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, phosphor, besi, B-karotene, asam askorbat (Daryanto-Agrina, 2006). Manfaat Bunga rosella bisa menyelesaikan pelbagai ragam penyakit, diantaranya yaitu : 

  1. Menurunkan asam urat (gout), 
  2. Meredakan peradangan sendi (arthritis), 
  3. Bersifat stomakik (menstimulasi selera makan), 
  4. Meningkatkan metode saraf dan bisa meningkatkan daya ingat, 
  5. Bisa menolong menurunkan tekanan darah tinggi (hypertensi), 
  6. Melancarkan membuang air kecil (diuretic), 
  7. Sebagai anti inflammantory yang kuat, 
  8. Memiliki faktor antipyretic yang darah menurunkan beku di panas dalam otak, 
  9. Mempercepat pemecahan (triterpene kandungan asiaticoside glycoside) dalam menstimulasi penyusunan lipid dan protein yang sangat berkhasiat untuk kesehatan kulit. 
  10. Asiaticosides mengandung vitamin diklarifikasikan juga sebagai antibiotik, C, B, D, K sebagian mineral penting temasuk magnesium, kalsium dan sodium, 
  11. Bisa meredakan dan menghilangkan batuk kronis, menurunkan kolesterol, menghancurkan lemak, melangsingkan tubuh, 
  12. Mengurangi efek buruk miras, 
  13. Mengurangi kecanduan hypertensi mengisap rokok, 
  14. Mencegah membetulkan stroke dan mengurangi stress, 
  15. Melancarkan pencernaan, 
  16. Menghilangkan ambeien, 
  17. Menurunkan kadar gula, 
  18. Bersifat penetral racun, 
  19. Mencegah kanker, tumor, kista dan sejenis, 
  20. Maaq menahun,
  21. Migrain, 
  22. Menurunkan demam tinggi, 
  23. Pantas untuk ibu hamil guna menyusun kecerdasan otak si kecil di dalam kandungan, 
  24. Sanggup meningkatkan gairah sex dan bendung lama (dengan terapi rutin), dan lain-lain (Daryanto-Agrina, 2006).


C. Cara Mengolah Bunga Rosella Kering

1. Metode membikin teh rosella :
Petik bunga teh rosella yang sudang mekar dari pohon kemudian keringkan dengan cahaya sang surya hingga layu deng mengering. Sesudah kering simpan dalam wadah tertutup.

2. Metode Mengkonsumsi Teh Rosella :
Sistem Berair : petik bunga rosella yang masih segar kemudian cuci bersih, rebus dengan air. Angkat dan tuang kedalam gelas. Tambahkan madu atau gula jawa untuk mengurangi rasa masam.
Metode Kering : ambil 5-7 bungga rosella yang sudah dikeringkan, belah menjadi dua. Kemudian seduh dengan air panas, biarkan hingga air berubah warna. Saring, lalu tambahkan 3 sendok madi dan 1 sendok perasan jeruk nipis. Sajikan selagi hangat.


D. Efek Samping Mengkonsumsi Bunga Rosella

Bunga rosella yaitu bunga yang mempunyai kandungan vitamin C megadosis, merupakan vitamin C dengan kadar 20 kali lebih banyak diperbandingkan dengan buah lain seperti, jeruk, tomat, dan lainnya. Citarasa bunga rosella betul-betul asam malah asamnya melebihi buah-buahan asam lainnya. Banyak para wanita yang mengkonsumsi minuman teh rosella sebagai supleman diet. 

Beragam variasi produk herbal di Indonesia dikala ini memang cukup diminati, salah satunya bunga rosella. Sebagian manfaat bunga rosella merupakan meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan migrain, menurunkan kadar kolesterol tinggi, menurunkan kadar asam urat tinggi, dan lain-lain.

Kandungan asam yang betul-betul tinggi dari bunga rosella ini yang memunculkan sebagian efek samping bagi tubuh. Meski secara klinis teh atau sirop dari bunga rosella berguna sebab kandungan vitamin (A, B1, B2, B3, dan C), natrium, fosfor, kalium, asam amino, beta karoten, omega 3, dan zat lain. Akan namun, sebaiknya juga berhati-hati dengan sebagian efek samping yang berpotensi dimunculkan oleh bunga Rosella ini. Untuk itu, akan diterangkan sebagian efek samping yang muncul imbas mengkonsumsi teh atau sirop rosella seperti di bawah ini:

1. Memunculkan gangguan pencernaan sampai diare

Efek samping ini sebetulnya ialah efek pembersihan atau detoksifikasi dari senyawa teh rosella di dalam pencernaan itu sendiri. Berdasarkan sebagian spesialis, gejala seperti ini disebut dengan Direction of Cure (DOC) dimana efeknya akan berbeda-beda pada tiap orang. Kadang-kadang seseorang cuma mengalami gangguan pencernaan dan diare, akan melainkan ada juga beberapa orang yang disertai dengan peluh dingin, pusing sampai menjadi penyebab jantung berdegub-debar.

2. Memunculkan gangguan ginjal

Kadar vitamin C yang benar-benar tinggi pada bunga rosella rupanya bisa memunculkan sebagian gangguan pada ginjal sekiranya diminum dengan takaran yang tak pas atau berlebihan. Oleh sebab itu, Peter Harwick dalam sebuah food study menegaskan bahwa ada dua variasi bunga rosella yang benar-benar tak boleh dikonsumsi, yakni native rosella dan hibiscus heterophyllus. Di Indonesia, uji klinis kepada efek samping rosella pernah dikerjakan pada tikus winstar dan menggambarkan bahwa tikus yang diberikan bunga rosella terus-menerus mengalami perubahan hidrolik ginjal. Oleh sebab itu, konsumsi teh atau sirop bunga rosella oleh manusia dalam rentang panjang akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Vitamin C dalam dosis yang berlebihan ini memicu efek batu ginjal dan menstimulasi ginjal melaksanakan filterisasi air seni.

3. Mempunyai efek samping emmenagogue

Emmenagogue yakni pemicu menstruasi atau zat yang bisa menstimulasi aliran darah dikala menstruasi. Teh atau sirop bunga rosella tak bagus dikonsumsi oleh ibu hamil sebab mempunyai efek emmenagogue yang bisa mengakibatkan keguguran, selain dengan kadar yang sungguh-sungguh rendah masih dibiarkan.

4. Tak bagus dikonsumsi oleh penderita darah rendah

Salah satu fungsi dari teh rosella ialah menurunkan tekanan darah. Oleh sebab itu bagi mereka yang menderita tekanan darah rendah tak dibolehkan mengonsumsinya.

E. Teh Rosella

Anda mungkin sudah mengetahui satu variasi teh baru, adalah teh rosella. Teh ini diketahui juga sebagai hibiscus tea atau teh Mekkah. Apabila diseduh, warnanya menjadi merah segar. Yang menjadi pertanyaan, apakah teh bunga rosella ini punya efek samping sekiranya diminum dalam bentang panjang? Apakah teh ini sama dengan rhodiola rosea? 

Dari sumber yang kami tukang taman surabaya peroleh. Di Indonesia, rosella disebut juga asam paya dan diketahui dengan nama Latin hibiscus sabdariffa. Familiar berguna menolong membenarkan fungsi ginjal dan liver, mencegah hipertensi dan infeksi saluran kemih, serta mengeluarkan lendir (mucus) dan melancarkan hidung yang tersumbat. 
Tukang taman surabaya teh bunga Rosella ?

Berdasarkan Riani Susanto, ND, CT, naturapathy doctor dan certified reconnective healing practitioner, rosella juga punya efek mild laxative dan mengandung vitamin C serta anthocyanins sehingga dapat menolong pengobatan sakit jantung dan kanker. Untuk minuman teh, kita menerapkan komponen bunganya. Teh rosella diandalkan dapat menolong menurunkan kadar kolesterol. Disarankan untuk minum selama 10 hari, kemudian hentikan konsumsi sepanjang tujuh hari. Ketika terkena batuk-pilek, kita dapat minum teh rosella tiga kali sehari, dalam rentang waktu tiga hari. 

Menurut info yang kami tukang taman surabaya dapat, mengkonsumsi secara terus-menerus benar-benar tak disarankan. Padahal nama sebutannya mirip, rosella (atau tak jarang juga disebut roselle) tak sama dengan rhodiola rosea. Untuk rosella, yang diaplikasikan merupakan komponen bunga, meski pada rhodiola rosea, yang dimanfaatkan merupakan komponen akarnya. 
Baca juga Mengenal Tanaman Bunga Lotus
Rhodiola rosea atau golden root lazim diaplikasikan untuk menolong masalah mental, seperti stres, kelelahan tanpa karena yang terang, sampai depresi. Tanaman ini dapat memberikan stimulan kimiawi, seperti halnya nikotin, namun dengan efek yang berbeda. Golden root tak direkomendasikan untuk diminum pada malam hari. sumber : https://lifestyle.kompas.com

Dalam resep ini anda juga perlu berhati-hati karena minuman ini berasa masam, untuk anda yang mempunyai gejala sakit maag harus diperhatikan. Demikian ulasan singkat dari kami tukang taman surabaya tentang Anda Perlu Tahu, Apa Itu Rosella ?sehingga kita jadi lebih tahu manfaat tanaman yang ada disekitar kita. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Apa Itu Bunga Rosella ?"

Posting Komentar