image image image image image image

Mengenal Jenis Tanaman Bunga Lotus

tukang taman surabaya jenis tanaman bunga lotus

Tukang Taman Surabaya - Flamboyanasri. Apa itu bunga lotus ? Mari mengenal lebih dekat jenis bunga lotus. Salah satu ragam tanaman air ini awam dianggap orang sama dengan bunga teratai air. Tetapi Antara tanaman Lotus dan Teratai terbukti mempunyai perbedaan.

Seroja atau lotus (Nelumbo nucifera Gaertn.) merupakan spesies tumbuhan air tahunan dari genus Nelumbo yang berasal dari India. Di Indonesia tanaman ini kerap kali disebut teratai (Nymphaea) meskipun sebetulnya keduanya tak berkerabat. Seroja mempunyai tangkai bunga tegak dan bunganya tak mengapung di permukaan air, sebagaimana pada teratai. Seroja pernah diketahui dengan nama binomial Nelumbium speciosum (Willd.) atau Nymphaea nelumbo.
Anda perlu tahu juga tentang Mengenal Tanaman Hias Adenium (Mawar gurun)
Tangkai berbentuk tabung yang kosong di tengahnya untuk jalan via udara. Daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rimpang yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai, atau rawa. Tinggi tanaman sekitar satu meter sampai satu separuh meter.

Daun tumbuh ke atas, tinggi di atas permukaan air. Daun berbentuk bundaran penuh tanpa potongan, bergelombang di komponen tepi, dengan urat daun berkumpul ke tengah daun. Diameter daun bisa menempuh 60 cm. Permukaan daun mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun menyusun butiran air.

Bunga dengan diameter hingga 20 cm. berwarna putih bersih, kuning atau merah jambu, keluar dari tangkai yang kuat membumbung di atas permukaan air. Bunga mekar di bulan Juli sampai Agustus.

Ada sebagian kultivar seroja dengan wujud dan warna bunga yang berbagai. Lotus (genus Nelumbo) adalah lambang negara India. Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Seroja

15 Keistimewaan Tanaman Bunga Teratai Bagi Kesehatan

Sebab kandungan senyawanya yang betul-betul banyak dan bagus untuk tubuh, tak heran kalau Bunga Teratai ini kerap kali dihasilkan sebagai obat tradisional. Lalu, penyakit apa saja yang dapat disembuhkan dengan memakai ramuan Bunga Teratai? Dan bagaimana metode mengolahnya dengan bagus dan benar? Berikut penjelasannya :

1. Mengobati penyakit Jantung Koroner

Pertama, siapkan 30 gram rimpang Bunga Teratai yang telah di potong-potong, 50 gram Asparagus segar, 10 gram Jamur Putih kering, serta 10 butir Kacang Cuka. Masak seluruh bahan tadi cocok dengan selera anda, dan makanlah ramuan ini secara teratur.

2. Menuntaskan Darah Tinggi (Hipertensi)

Rebuslah 10-15 gram biji Bunga Teratai dengan air secukupnya. Sesudah mendidih, minulah air rebusan hal yang demikian.

3. Mengobati Mimisan

Ambil akar Bunga Teratai secukupnya, lalu cucilah hingga bersih. Sesudah itu, buatlah menjadi jus. Kemudian teteskan air jus hal yang demikian ke lubang hidung.

4. Menghentikan Pendarahan

Siapkan 200 gram rimpang Bunga Teratai yang masih segar, dan 100 gram Kucai yang masih segar juga. Blender kedua bahan hal yang demikian. Sesudah itu rebus hasil blenderan hal yang demikian, dan minumlah air rebusannya untuk menghentikan pendarahan.

5. Mengobati Sakit Kepala

Sediakan 15 gram daun Bunga Teratai yang telah kering, 6 gram Bunga Mawar yang telah kering juga, serta 10 gram Jahe. Rebus seluruh bahan hal yang demikian dengan air secukupnya. Kemudian minumlah air hasil rebusan hal yang demikian.

6. Menghaluskan Kulit

Masaklah 30 gram Bunga Teratai serta Ketan secukupnya. Tambahkan sedikit gula, dan tunggulah hingga menjadi bubur. Seandainya telah matang, makanlah bubur ini secara teratur.

7. Mengobati Batuk Berdarah dan Muntah Darah

Siapkan rimpang Bunga Teratai secukupnya, lalu cuci hingga bersih. Sesudah itu, buatlah jus sebanyak 200 cc dengan memakai rimpang Bunga Teratai tadi. Lalu minumlah air jus hal yang demikian.

8. Mengobati Disenteri

Buatlah jus yang terdiri dari campuran 50 gram rimpang Bunga Teratai dan 10 gram Jahe, yang semuanya telah di cuci secara khusus dulu hingga bersih. Tambahkan 100 cc air ke dalam jus hal yang demikian, lalu panaskan hingga mendidih. Sesudah dingin, tambahkan 1 sendok makan Madu. Aduk secara merata, lalu minum.

9. Menyelesaikan Pengerasan Pembuluh Darah

Siapkan 30 gram rimpang Bunga Teratai yang telah di potong-potong, 20 gram Jali, 20 gram Rumput Laut, 100 gram Kacang Hijau, 30 gram Kacang Cuka, dan gula pasir secukupnya. Rendamlah Jali, Rumput Laut, dan Kacang Hijau secara terpisah. Kemudian masak seluruh bahan sampai menjadi bubur, lalu makanlah ramuan ini.

10. Mengobati Sakit Lambung dan Usus pada umur lanjut

Siapkan 20 butir biji Bunga Teratai yang telah direndam, rimpang Bunga Teratai secukupnya, serta 30 gram Kacang Tanah. Masak segala bahan hal yang demikian menjadi sop. Sesudah matang, makanlah ramuan ini.

11. Mencegah dan Mengobati Hepatitis

Rebuslah 10 butir biji Bunga Teratai yang masih segar di dalam periuk tanah dengan air secukupnya sampai lembut. Kemudian masukkan 1 buah Kesemek kering yang telah diiris. Rebus lagi ramuan ini, dan tunggu hingga airnya tersisa 400 cc. Minumlah ramuan ini 2x sehari.

12. Memecahkan Insomnia

Rendamlah 5-12 garm biji Bunga Teratai. Sesudah itu, rendam ke dalam air secukupnya. Minumlah air rebusan hal yang demikian.

13. Mengobati Step Kronis pada buah hati-si kecil

Rebuslah 5 kuntum Bunga Teratai dengan air secukupnya. Sesudah dingin, minumkan ramuan ini ke si kecil anda untuk menurunkan panasnya.

14. Menghilangkan gangguan Liver, dan gangguan Empedu

Masaklah 30 gram rimpang Bunga Teratai dan 500 gram Kacang Hijau. Sesudah matang, makanlah ramuan ini.

15. Meningkatkan stamina tubuh

Rebuslah 30 gram biji Bunga Teratai dan 15 gram Biji Kucai ke dalam 500 cc air. Masak sampai airnya tersisa 200 cc, lalu tambahkan Madu secukupnya. Kemudian minumlah ramuan ini.

Untuk dapat menerima kesembuhan atau hasil yang optimal, karenanya rutinlah mengonsumsi resep obat tradisional di atas pantas dengan pedoman spesialis herbal. Sekian tulisan mengenai Khasiat dan Manfaat Bunga Teratai, semoga berkhasiat dan bisa menjadi acuan bagi anda.
Sumber : https://www.goaceh.co

tukang taman surabaya jenis tanaman bunga lotus

Perbedaan Bunga Lotus Dan Teratai

Seandainya anda amati kedua tanaman hias air hal yang demikian akan terang bedanya. Tangkai pada tanaman bunga lotus menjuntai dengan ukuran tinggi lebih dari pada bunga teratai. Kecuali itu tangkau dari Bunga Lotus lebih kuat dibandingi tangkai bunga teratai. 

Kalau dilihat pada komponen daun , pada daun bunga teratai tergolong anti air atau waterproof, padahal lotus daunnya tak tergolong waterproof. Nah padahal keduanya sama-sama mempunyai estetika yang eksotik, konsisten saja berbeda.

Tanaman Lotus atau yang lazim diketahui dengan Bunga Seroja ini kecuali mempunyai estetika pada komponen daun ataupun bunganya terbukti mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat bunga lotus atau seroja ini diyakini mempunyai manfaat sebagai bahan antioksidan, 

sebagai cabang Hepatoprotection, Obat anti diabetes, sebagai agen Immunomodulation sampai menolong mencegah obesitas. Nah kecuali menanam Bunga Lotus sebagai hiasan kita juga dapat memanfaatkannya untuk mengobati penyakit-penyakit hal yang demikian.
Baca juga Mengenal Bromelia, Sang Bintang Tanaman Hias Taman Minimalis
Dari segi tipe bunga Lotus atau bunga seroja ini terdapat sebagian macam Akan namun yang paling sering kali kita lihat dan paling biasa yang ditanam ialah bunga lotus pink dan bunga lotus putih. 

Komponen dari bunga lotus pada biasanya terdiri dari selapis kelopak bunga, tapi ada juga ragam lotus dengan kelopak bunga seperti tanaman bunga lainnya, bunga lotus juga mempunyai putik bunga serta benang sari untuk penyerbukan untuk menjadikan buah lotus, malah bagus biji dan batang lotus bisa konsumsi.

5 Filosofi Pada Bunga Lotus Yang Terindah

Dari beberapa sumber yang kami sebagai tukang taman surabaya peroleh, Lotus seringkali ditemukan dalam lima warna yang berbeda, putih, merah, biru, ungu, dan merah muda.

1. Lotus putih

Lotus putih diistilahkan kemurnian pikiran dan ketenangan dari sifat manusia, serta kesempurnaan spiritual.

2. Lotus merah

Lotus merah melambangkan beri tanpa pamrih, gairah, beri sayang, dan kebaikan. Bunga lotus yang sepenuhnya mekar melambangkan kebesaran dan kemurahan hati. Hal ini juga berkaitan dengan Avalokitesvara, yang yakni Bodhisattva dalam ajaran Buddha, meski dalam ajaran Hindu kuno di India disebut dengan Avatara Kalki. Dalam cerita Sun Go Kong kita juga pernah mengenalnya, Dewi Kwan Im Po Sat.

3. Lotus merah muda

Lotus merah muda diistilahkan sebagai daerah tertinggi dan suci, dan betul-betul dihormati. Ini juga yaitu alasan, bahwa segala dewa berdasarkan kepercayaan Hindu dan juga Buddha sendiri duduk di atas lotus merah muda. Lotus merah muda melambangkan kondisi pikiran seseorang, yang yaitu tahap di mana dia sudah pencerahan tertinggi.

4. Lotus biru

Lotus biru diistilahkan pengetahuan. Dalam tradisi kepercayaan Mesir melambangkan kendali seseorang atas pikiran dan motivasi dan melepaskan aspirasi materialistis dalam hidup serta menempuh kesempurnaan jiwa. Bunga lotus biru tak sepenuhnya benar-benar terbuka. Situasi ini diistilahkan bahwa seseorang tak boleh stop untuk belajar dalam menempuh kebijaksanaan dalam hidup.

5. Lotus ungu

Lotus ungu membuktikan mistis dan adalah komponen esoterik ajaran Buddha berkaitan 8 jalan dalam Buddhis.

Bunga lotus juga melahirkan simbolisme dalam adat istiadat Cina. Estetika bunga lotus menginspirasi pada karya seni, puisi, arsitektur, dan desain dalam adat istiadat Cina. Lotus tumbuh keluar dari air berlumpur, tak tergoda dan tidak tersentuh oleh kotoran, sehingga dianggap yang tertinggi di antara seluruh bunga. 

Di zaman modern, lotus yaitu salah satu bunga yang paling populer, yang kerap diaplikasikan untuk tato sebab makna yang menempel padanya. Tato bunga lotus melambangkan motivasi untuk memecahkan kesengsaraan hidup dan kesempurnaan.

Akhir kata, bunga lotus ialah salah satu dari sebagian bunga yang sudah memikat umat manusia dari zaman dulu, dengan keindahannya yang eksotis dan misterius. Bunga lotus mengilhami pikiran manusia untuk menempuh kesempurnaan dalam kesengsaraan hidup.

tukang taman surabaya jenis tanaman bunga lotus

Cara Menanam Bunga Lotus Dari Tukang Taman Surabaya

Tanaman Bunga Lotus ialah tanaman air yang menyenangi media berlumpur yang tergenang oleh air. Kecuali itu karakter lain dari tanaman bunga lotus ini ialah menyenangi cahaya sang surya lantas sepanjang hari. Sebab itu dalam menanam dan merawat tanaman bunga lotus, hal penting yang semestinya dipandang ialah persoalan penempatannya. 

Sediakan pula pot atau media yang berlumpur. Untuk media tanam yang diaplikasikan yakni campuran dari pasir, tanah dan pupuk kompos yang telah jadi dengan perbandingan komposisinya ialah 1:1:1. Penanaman Bunga Lotus dapat ditanam dari biji atau mengampil rimpang dari Tanaman Lotus.
Baca juga Cara Tanaman Hidroponik Di Rumah
Sesudah penanaman benih bunga lotus dikerjakan, langkah berikutnya yaitu perawatan bunga lotus. Perawatan dilaksanakan dengan pemupukan secara terprogram . Pemupukan bisa dikerjakan via daun dengan disemprotkan atau melewati penambahan pupuk cair pada media tanam bunga lotus.

Perawatan lain dari Bunga Lotus ini ialah pengerjaan pemangkasan batang dan daun. Caranya ialah dengan menyingkirkan daun-daunnya yang telah mulai layu dan mati. Dengan pemangkasan daun Lotus ini akan membikin lotus konsisten tampak menawan pun sekiranya dia belum berbunga.

Untuk lebih mengembangkan pertumbuhan dari tanaman bunga lotus ini, senantiasa diamati situasi akar pada media tanam. Bila telah cukup penuh karenanya perlu dilaksanakan repotting atau penggantian media dan pot. Akar-akar yang telah tua dan mati dibuang dan sisakan yang masih baik. Dengan cara kerja repotting ini anda dapat menerima rimpang yang dapat ditanam sebagai benih untuk ditanam di pot lain atau daerah lain.

Sebab tanaman Lotus ini ditanamn di media yang mengandung air, supaya media tak diaplikasikan sebagai sarang jentik nyamuk, taruh ikan-ikan kecil di media hal yang demikian. Ikan yang dapat dipelihara bersama bunga Lotus yakni Cupang, ikan Molly atau dapat juga ikan pedang. Metode lain dapat memberikan larutan abate secara periodik pada media tanaman lotus.

Cara Pupuk Untuk Bunga Lotus

Menurut kami sebagai tukang taman surabaya, Pemberian pupuk pada bunga lotus tidak perlu terlalu sering di lakukan, karena untuk bunga lotus yang dibutuhkan hanyalah genangan air (lumpur) dan cahaya matahari yang cukup. Sedangkan untuk pemupukan anda hanya memberikan jenis NPK Bunga kemudian bungkus NPK bunga dengan tissue lalu masukkan kedalam bak berisi lumpur, maka NPK bunga akan luntur dan larut dengan sendirinya.

Demikian sedikit info dari kami tukang taman surabaya tentang Mengenal Jenis Tanaman Bunga Lotus. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda sebagai pecinta tanaman bunga hias. Salam Go Green.

0 Response to "Mengenal Jenis Tanaman Bunga Lotus"

Posting Komentar