Adsen Bawah Navi

4 Jenis Pohon Tabebuya Di Indonesia Terbaik

Konten [Tampil]

Tukang Taman Surabaya tentang beberapa jenis pohon tabebuya di Indonesia jenis pohon ini sekarang sudah populer di Indonesia disamping sebagai pohon peneduh juga mempunyai warna bunga yang indah.

Bunga tabebuya sangat mempesona dan indah, nama umum tumbuhan atau pohon ini seringkali dikenal dengan pohon terompet atau Tabebuya. 

Apa itu pohon Tabebuya? 

Ini adalah pohon berbunga yang berkembang menjadi ukuran sedang hingga kecil yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah serta Hindia Barat.

Tetapi jenis pohon tabebuya di Indonesia sudah dapat tumbuh dan beradaptasi pada iklim yang ada di Indonesia.

Hal yang menarik dari marga Tabebuia (Handroanthus) adalah terdapat 100 jenis pohon di bawahnya. Sebagian besar berukuran lebih kecil yang tumbuh hingga 25 kaki (7,5 m.) atau bahkan kurang sementara beberapa tumbuh sedikit lebih tinggi hingga 16 kaki (49 m.). 

Saat kita mengatakan, "pohon terompet", itu mengacu pada mekarnya pohon yang berbentuk tabung dan berjumbai di atasnya dengan beberapa benang sari.

Baca juga Umur Usia Pohon Tabebuya Mulai Berbunga

Jenis pohon tabebuya di Indonesia memiliki ciri-ciri pohon tabebuya dari spesimen, atau pohon rumput yang ideal, pohon terompet emas sering dilihat sebagai pohon kecil sesuai dengan klasifikasi tabebuya.

Kadang-kadang selalu hijau tetapi paling sering gugur, pohon terompet emas memiliki daun keperakan sepanjang empat inci dengan bagian bawah berwarna cokelat dan berbulu halus. 

Daun-daun ini jatuh untuk waktu yang singkat pada bulan April hingga Mei, dan pada saat inilah pohon-pohon menampilkan tampilan berbunga terberatnya, 

jenis pohon tabebuya di Indonesia memiliki bunga-bunga kuning,putih, pink cerah berbentuk terompet muncul dalam kelompok terminal sepanjang 2,5 hingga 8 inci yang lebat. 

Beberapa pohon menghasilkan sejumlah kecil bunga secara sporadis sepanjang musim hangat. Kapsul biji sepanjang delapan inci yang mengikuti berwarna coklat, berbulu, dan bertahan di pohon selama musim dingin.

Baca juga 4 Bentuk Daun Pohon Tabebuya Warna Kuning Pink, Putih dan Ungu

Karakter secara umum untuk pohon tabebuya dengan warna bunga kuning mempunyai ukuran daun tabebuya kuning lebih kecil dengan pemrukaan daun lebih kasar.

Sedangkan untuk pohon tabebuya ungu dan pohon tabebuya pink permukaan daun lebih halus dengan mempunyai ukuran lebih lebar.

Sedangkan untuk jenis akar pohon tabebuya sistem pertumbuhannya menjalar ke bawah sehingga lebih aman untuk ditanam disekitar rumah dan tepi jalan.

Jika anda berminat untuk mencari bibit jenis pohon tabebuya di Indonesia kami tukang taman surabaya menjual pohon tabebuya dengan beragam ukuran dan warna bunga.

jenis pohon tabebuya di Indonesia

Tukang Taman Surabaya - Jenis Pohon Tabebuya Di Indonesia

Berikut beberapa jenis pohon tabebuya yang sangat populer dan juga dapat ditanam sesuai dengan kondisi iklim di wilayah Indonesia

1. Pohon Tabebuya Bunga Kuning (tabebuia chrysotricha)

Tabebuia chrysotricha adalah salah satu pohon jalanan berbunga paling populer di Florida Selatan. Berbunga deras sekitar bulan Maret agar semua orang tahu bahwa musim semi telah tiba.

Bahkan tanpa bunga, Tabebuya ini adalah pohon yang luar biasa dengan batang bengkok, kulit kayu gabus, dan daun berwarna perak. 

Jenis pohon tabebuya di Indonesia ini sangat mudah tumbuh dan berbunga. Satu-satunya kekurangannya adalah kayunya yang lunak, membuatnya sangat rentan terhadap kerusakan saat angin kencang.

Baca juga Harga Pohon Tabebuya Tinggi 2 Meter

Tabebuia chrysotricha juga dapat ditanam dalam wadah, terutama yang berukuran kecil, yang pada akhirnya dapat mengubah pohon tersebut menjadi spesimen bonsai yang besar.

Mekar bercahaya cerah memenuhi langit di musim semi dengan warna kuning cerah selama berminggu-minggu. 

jenis pohon tabebuya di Indonesia

Semua dedaunan jatuh dari pohon tepat sebelum berbunga sebagai persiapan untuk hiruk pikuk bunga di musim semi. 

Bunga-bunga kuning cerah berbentuk terompet muncul dalam kelompok terminal padat sepanjang 2 hingga 8 inci seperti karangan bunga kecil. 

Polong biji fuzzy sepanjang 8 inci yang menjuntai mengikuti bunga dan tetap berada di cabang selama berbulan-bulan. 

Dedaunan bersih yang bagus, pohon terompet emas memiliki daun keperakan sepanjang empat inci dengan bagian bawah berwarna cokelat dan berbulu halus. Sempurna untuk spesimen dek atau teras.

2. Pohon Tabebuya Bunga Pink/Rosea

Pohon terompet merah muda tumbuh dengan kecepatan sedang dari piramida ramping saat muda hingga siluet lebar, setinggi 20 hingga 30 kaki. 

Mekar terbuka dalam rona ungu-merah muda. Untuk pertumbuhan terbaik, pastikan mendapat paparan sinar matahari penuh.

Baca juga Jual Tabebuya Daun Lebar Pink Rosea

Jenis pohon tabebuya di Indonesia mempunyai senyawa palmately, daun hijau selalu hijau di sebagian besar jangkauannya tetapi mungkin akan gugur sebentar saat daun baru muncul. 

Tampilan mencolok dari mekar merah muda atau putih berbentuk lonceng muncul sepanjang musim semi dan musim panas dan diikuti oleh produksi polong biji yang panjang dan ramping.

jenis pohon tabebuya di Indonesia

3. Pohon Tabebuya Bunga Putih (Tabebuia roseoalba)

Tabebuia roseoalba (White Ipe) adalah salah satu tabebuia hias yang kurang dikenal di Amerika Serikat. Ini adalah pohon berukuran sedang dengan ketinggian dewasa 30 kaki atau lebih. 

Ini adalah pohon tegak dengan mahkota terbuka yang agak tidak beraturan dan kulit kayu kasar berwarna abu-abu. 

Daunnya berwarna hijau, majemuk dengan 3 anak daun, panjangnya mencapai 5 inci, sedikit berbulu di kedua permukaannya. 

Bunga-bunga ditanggung dalam kelompok terminal mekar putih ke merah muda pucat, panjang 2-3 inci, yang menarik burung kolibri, lebah, dan serangga sebagai penyerbuk. 

jenis pohon tabebuya di Indonesia

Berbunga terjadi ketika pohon tidak berdaun, menciptakan pemandangan yang sangat indah. Di Brazil dan Argentina, ipe putih dikenal sebagai pohon madu.

Selain itu, buahnya adalah polong coklat keras yang panjang dan sempit. Panjang polong hingga 7 inci, mengandung banyak biji bersayap. 

Biji dan stek berfungsi untuk perbanyakan. Ipe putih adalah pohon kayu di daerah asalnya, dengan kayu padat keras yang digunakan dalam konstruksi. 

Jenis pohon tabebuya di Indonesia ini adalah pohon yang baik untuk reboisasi menjadi spesies pionir; itu kuat dan mudah tumbuh di tanah yang dikeringkan dengan baik dan tidak memiliki masalah hama atau penyakit yang serius. 

Tabebuia roseoalba (White Ipe) adalah tanaman teras yang sangat baik, pohon jalanan, di pulau tempat parkir dan umumnya di kebun dan taman.

4. Pohon Tabebuya Bunga Ungu (Tabebuia Impetiginosa)

Sulit untuk dieja tetapi mudah untuk dicintai, Tabebuia Impetiginosa atau Pohon Terompet Ungu yang sangat berhias memesona dengan bunga merah jambu/ungu yang menandai datangnya Musim Semi. 

Terompet Ungu lebih kecil dari Tabebuias lainnya, mencapai tinggi sekitar 18 kaki dan lebar 15 kaki, jadi ini adalah pilihan yang bagus untuk pekarangan yang lebih kecil. 

Ini menawarkan keteduhan musim panas yang luar biasa – Anda mungkin ingin meletakkan bangku taman di bawahnya.

Terompet Ungu lebih menyukai sinar matahari penuh daripada teduh parsial, dan akan tumbuh subur dengan penyiraman teratur. Saat matang, Anda akan disuguhi lebih banyak kelompok bunga.

jenis pohon tabebuya di Indonesia

5. Pohon Tabebuya Bunga Merah (tabebuia haemantha)

Pohon Terompet Merah Darah adalah semak atau pohon kecil dengan tinggi hingga 8 m dan diameter basal 15 cm. 

Mudah dikenali dari bunga berbentuk tabung berwarna merah darah dengan panjang 3-5 cm dengan lima kelopak tidak beraturan. 

Bunga ditanggung dalam malai dari beberapa hingga banyak bunga di cabang pendek. Tinggi tanaman umumnya 3-5 m dan diameter 4-8 cm. 

Tanaman muda biasanya memiliki batang tunggal, sampai rusak secara mekanis atau terbakar. Tumbuhan yang lebih tua sering mengembangkan banyak batang dengan tumbuh secara spontan tepat di atas permukaan tanah. 

Jenis pohon tabebuya di Indonesia kulitnya berwarna abu-abu, halus kecuali sedikit retakan. Jumlah cabang relatif sedikit. Ranting berwarna abu-abu muda dan agak pipih di bawah simpul. 

Tanaman ini memiliki daun majemuk digital yang selalu hijau. Ada tiga atau lima selebaran yang kaku dan kasar pada tangkai daun yang kokoh berukuran 2,5-5,0 cm. 

Helai daun sepanjang 3-15 cm berbentuk elips atau bulat telur dengan tepi utuh dan membulat hingga ujungnya runcing. 

Kapsul berukuran panjang 6-11 cm dan mengandung banyak biji selaput dua sayap sepanjang 1,9 cm. Pohon Terompet Merah Darah endemik di pulau Puerto Rico, dekat wilayah Karibia.

Ciri-Ciri Pohon Tabebuya


Ciri-Ciri Pohon Tabebuya

Tabebuia, lebih dikenal sebagai "Pohon Terompet," adalah pohon hias flamboyan yang berasal dari Brasil dan Amerika Selatan. 

Nama Trumpet Tree berasal dari mekarnya, yang menggantung berkelompok, berbentuk tabung, dan terbuka dengan banyak benang sari. 

Setiap musim semi, Pohon Terompet meletus dengan bunga, yang berlangsung selama beberapa hari sekaligus. Mekar ini bisa berwarna merah muda, ungu, atau kuning tergantung varietasnya. 

Di musim dingin, polong biji, panjangnya sekitar 5 sampai 10 inci, menjuntai dari cabang memberikan bunga musim dingin.

Jenis pohon tabebuya di Indonesia ini lebih menyukai sinar matahari penuh, tetapi dapat tumbuh subur di tempat teduh sebagian. 

Ciri-Ciri Pohon Tabebuya

Mereka dapat ditanam dengan sukses di sebagian besar jenis tanah, asalkan tanahnya dikeringkan dengan baik. 

Mereka memiliki toleransi yang signifikan terhadap kekeringan setelah mereka terbentuk. Sebagian besar spesimen dapat mentolerir embun beku ringan, tetapi Pohon Terompet adalah tanaman tropis yang dapat rusak oleh pembekuan yang keras.

Tabebuia dapat menciptakan dampak yang mencolok hanya dengan satu pohon. Mereka juga dapat ditanam untuk membentuk gapura dekoratif atau digunakan sebagai pohon aksen. 

Cabang-cabangnya yang meliuk-liuk dan daun-daunnya yang keperakan menciptakan pohon rindang yang menarik, ditambah manfaat tambahan dari ledakan warna tahunan.

Klasifikasi Bunga Tabebuya

Genus tanaman berbunga ini termasuk pohon dan semak besar. Ini terkait dengan keluarga Bignoniaceae bersama dengan Jacaranda mimosifolia dan Campsis radicans. 

Jenis pohon tabebuya di Indonesia ini menghasilkan bunga berbentuk tabung yang menjuntai secara berkelompok, karena bentuk dan warna bunganya maka disebut Pohon Terompet.

Jual Pohon Tabebuya Ungu

Kami tukang taman surabaya menjual jenis pohon tabebuya yang bisa ditanam pada kondisi cuaca di Indonesia.

Untuk jenis warna bunga yang tersedia bunga kuning, bunga pink dan putih karakter pohon hampir sama keduanya mempunyai ukuran daun lebar sehingga sulit membedakan.

Dan bunga ungu dengan karakter daun ukuran lebih kecil dengan permukaan yang mengkilat berbentuk bulat tidak terlalu lebar.

Pohon Tabebuya Pink

Jenis pohon tabebuya pink/merah mudah mempunyai ciri-ciri kulit kayu agak lebih halus apabila dibandingkan dengan jenis pohon tabebuya kuning.

Ukuran daun lebih lebar dengan permukaan sedikit kasar dan tidak mudah rontok ketika musim semi tiba (pergantian musim kemarau ke musin hujan)

Bunga menyerupai terompet sama dengan pohon tabebuya kuning hanya saja pigmen merah pucak menyerupai warna pink/merah muda agak pudar.

Ketika mekar maka akan menampilkan warna bunga yang sangat indah sehingga kebanyakan orang menyebutkan dengan bunga sakura lokal.

Jenis Akar Pohon Tabebuya Dan Daun Tabebuya

Jenis pohon tabebuya di Indonesia sering ditanam pada tebi jalan atau depan halaman rumah sebagai pohon peneduh.

Dari beberapa pengalaman kami tukang taman Surabaya akar dari pohon tabebuya sangat aman untuk bangunan pondasi ketika masih berukuran standar.

karena karakter pertumbuhan akarnya ke arah bawah bukan menyamping sehingga tidak merusak bangunan yang berada disekitarnya.

Untuk karakter daun jenis pohon tabebuya di Indonesia ada tiga ukuran yaitu kecil kasar yang dimiliki tabebuya kuning, lebar agak kasar untuk tabebuya pink dan putih 

sedangkan ukuran daun kecil agak mengkilat dimiliki jenis tabebuya ungu. Jadi silahkan anda tentukan sendiri jenis pohon tabebuya di Indonesia yang sesuai dengan keinginan anda.

Jika anda berminat silahkan hubungi kami tukang taman Surabaya untuk menyakan stok dan harga dari jenis pohon tabebuya di Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "4 Jenis Pohon Tabebuya Di Indonesia Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel