Adsen Bawah Navi

Apakah Akar Tabebuya Merusak Pondasi? Berikut 2 Cara Mencegahnya

Konten [Tampil]

Tukang Taman Surabaya tentang menjawab pertanyaan apakah akar tabebuya merusak pondasi bangunan rumah?

Untuk jenis akar tunggang namun masih aman untuk pada bangunan jadi tidak merusak pondasi bangunan rumah.

Pohon tabebuya akan menjadi pohon yang bagus untuk penanaman di sepanjang jalan raya atau jalan perumahan atau tepi jalan raya seperti pada sepanjang jalan di kota Surabaya.

Ada banyak ruang tanah untuk pengembangan akar jadi tidak perlu khawatir jika akar pohon tabebuya merusak pondasi bangunan anda.

Saran kami tukang taman Surabaya secara rutin pangkas bagian ranting atau cabang utama ketika sudah besar sehingga mereka tetap sekitar setengah dari diameter bagasi sehingga mereka tetap aman untuk bagasi. 

Apakah Akar Tabebuya Merusak Pondasi?

Tabebuya adalah jenis pohon yang ingin anda pertahankan untuk warna bunganya sebagai keindahan, daun tabebuya yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan.

Kayu Tabebuya yang juga dapat digunakan sebagai bahan kayu, secara sekilas tanaman sejenis tabebuya adalah bunga sakura.

Namu ketika diteliti tetap ada perbedaan pada ukuran bunga dan bentuk dari bungan, mungkin hanya segi warnanya saja yang serupa.

Ada banyak species pohon tabebuya bahkan ada 100 lebih klasifikasi tabebuya, namun di Indonesia yang palin poluler hanya ada 5 jenis warna saja.

Apa sajakah 5 warna bunga pohon tabebuya? Anda bisa membaca pada postingan kami tukang taman Surabya tentanng 5 Macam Warna Bunga Tabebuya

Dari setipa jenis warna bunga tabebuya memiliki ciri-ciri pohon tabebuya mulai dari bentuk daun, permukaan kulit kayu, bunga, dan usia/umur berbunga. 

Namun yang paling cepat berbunga adalah jenis pohon tabebuya bunga kuning dan ungu.

Bentuk daun tabebuya ada dua macam yaitu daun sempit dan lebar silahkan scroll baca sampai bawah akan kami tukang taman Surabaya jelaskan.

Sebenarnya banyak tanaman sejenis tabebuya yang mempunyai bunga yang sangat indah di Indonesia, seperti pohon flmaboyan, dadap merah dan bunga bungur.

Untuk klasifikasi tabebuya tergolong kingdom plantae yang mempunyai banyak sekali species. Sehingga untuk ciri-ciri pohon tabebuya mempunyai karakter yang berbeda mulai dari warna bunga dan bentuk daun.

Untuk tabebuya bunga kuning mempunyai bentuk daun agak kecil dengan kulit kayu waktu masih kecil bertekstur halus, namun ketika sudah besar agak kasar. 

Silahkan kontak kami tukang taman Surabaya jika anda berminat mencari bibit pohon tabebuya dengan beragam ukuran dan warna

Apakah Akar Tabebuya Merusak Pondasi?

Tukang Taman Surabaya : Apakah Akar Tabebuya Merusak Pondasi?

Memang ada beberapa jenis pohon yang akar pohon tadi tumbuh di bawah rumah Anda dapat menyebabkan kerusakan pada fondasi, merusak saluran air, atau merusak trotoar dan jalan masuk. 

Namun dalam kasus apakah akar tabebuya merusak pondasi? jawabannya : tidak merusak pondasi, yang terpenting untuk mengetahui kapan anda dapat memotong akar pohon dengan aman, kapan anda perlu mencabut pohon,

dan kapan Anda dapat menggunakan herbisida kimia atau penghalang akar untuk menghentikan pertumbuhan akar dan melindungi rumah Anda.

Baca juga Harga Pohon Tabebuya Tinggi 2 Meter

Dengan menggunakan metode yang kami tukang taman Surabaya sarankan ini, Anda dapat menghentikan kerusakan akar pohon, mulai memperbaikinya, dan mencegah kerusakan dari akar invasif di masa depan.

Apakah Akar Tabebuya Merusak Pondasi?

Cara Agar Akar Pohon Tabebuya Tidak Merusak Pondasi

Sebenarnya langkah berikut adalah saran dari tukang taman Surabaya untuk pencegahan saja option pertimbangan sebelum anda menanam pohon tabebuya:

1. Memilih lokasi tanam yang tepat

Pemilihan lokasi tempat menanam pohon harus tepat, mulai dari memilih jenis pohon yang sesuai dengan keadaan tanah.

Kemudian saran kami tukang taman Surabaya, usahakan tempat tanam mempunyai jarak yang cukup agar akar tumbuh dengan normal, karena memang ada jenis pohon yang tumbuh akarnya menyamping ada pula yang tumbuh kebawah.

Namun anda tidak perlu khawatir bahwa pohon tabebuya termasuk karakter akar yang tumbuhnya ke bawah jadi masih aman untuk pondasi bangunan rumah.

2. Menerapkan praktik landscape pencegahan 

Langkah ini dilakukan dalam maksud yaitu ketika anda sudah terlanjur menanam pohon yang mempunyai karakter akar yang tumbuh ke samping 

yang anda harus lakukan adalah memangkas akar tersebut. Praktek yang kedua selain memangkas akar adalah memasang penghalang akar

Bagaimana Bentuk Akar Pohon Tabebuya?

Percabangan akar kurang dipahami karena akar tumbuh tidak terlihat dan pada dasarnya sulit untuk dipelajari sehingga apakah akar tabebuya merusak pondasi. 

Menurut kami tukang taman Surabaya. Meskipun beberapa tipe umum sistem perakaran telah diidentifikasi, pertumbuhan akar sangat plastis karena sangat ditentukan oleh homogenitas tanah, komposisi, kelembaban, dan kesuburan. 

Mereka sepertinya tidak pernah mendekati pola geometris yang dapat ditunjukkan oleh sistem batang. Akar tidak memiliki tunas ketiak, bunga/buah, daun, dan dominasi apikal yang nyata. 

Di bawah pengaruh faktor gravitropik, akar primer dari sebuah bibit biasanya menembus ke bawah melalui tanah, menimbulkan akar sekunder lateral (seringkali secara kasar dalam barisan, biasanya empat). 

Akar sekunder (lateral) muncul dari perisikel akar primer. (Akar lateral ini mungkin muncul sebagai akar mani dari primordia dalam embrio sebelum perkecambahan.) 

Akar lateral secara anatomis identik dengan akar primer dan menghasilkan akar tersier. Susunannya kurang tertata dengan baik dibandingkan dengan lateral. 

Tersier itu sendiri mungkin bercabang, dan proses percabangan dapat berlanjut. Akar tidak tentu dan terus tumbuh di tambalan, mencari daerah tanah yang kaya nutrisi atau air.

Apakah Akar Tabebuya Merusak Pondasi?

Berapa Tinggi Pohon Tabebuya

Tabebuia heterophylla dikenal oleh beberapa orang sebagai pohon tabebuya pink/merah muda. 

Dari sumber yang tukang taman Surabaya baca bahwa pohon ini tumbuh pada tingkat sedang dan akan mencapai ketinggian 20 hingga 30 kaki (6-7 meter) dengan penyebaran 12 hingga 25 kaki. 

T. heterophylla sebagian gugur dan menghasilkan bunga merah muda hingga putih yang mencolok di musim semi dan musim panas. Itu dapat tumbuh di Florida Tengah dan Selatan.

Tabebuia pallida lebih dikenal sebagai pohon tabebuya ungu kuba atau pohon tabebuya putih. Pohon ini memiliki bunga yang halus, berwarna ungu pucat hingga putih. 

T. pallida menjadi cukup tinggi mencapai 30 hingga 40 kaki (8-9 meter) dan dapat tumbuh di Florida Tengah dan Selatan.

Dari info yang tukang taman Surabaya peroleh bahwa Tabebuia aurea warna bunga kuning (sebelumnya T. caraiba) adalah pohon yang berasal dari 

Florida Selatan yang menghasilkan bunga kuning ceria di musim dingin dan musim semi setelah daun pohon jatuh. 

Dengan tingkat pertumbuhan sedang, pohon ini mencapai tinggi 15 hingga 25 kaki dan menyebar selebar 15 hingga 30 kaki atau 4,5 - 8 meter

Cara Menanam Tabebuya.

Untuk cara menanam tabebuya sama dengan menanam pohon jenis lainnya, karena secara umum kategori pohon tabebuya ini dapat tumbuh dengan kondisi tanah kering sekalipun.

karena pohon tabebuya cocok dengan iklim tropis di Indonesia, justru pohon tabebuya akan mulai berbunga saat musim kemarau tiba di bulan september - nopember.

Berikut tips kami tukang taman Surabaya tentang bagaimana cara menanam tabebuya :

  • Tentukan lokasi tanam usahakan area kosong yang jaraknya tidak terlalu dekat dengan pondasi bangunan
  • Membuat lubang dengan ukuran lebih lebah atau sesuai dengan diameter batang pankal pada pohon tabebuya
  • Jika masih terbungkus plastik maka buang pembungkus, namun jika akar pangkar dibungkus dengan karung goni (gedongan) maka biarkan saja.
  • Berikana beberapa pupuk kompos secukupnya apabila diperlukan
  • Pastikan poboh tabebuya berdiri dengan tegak bila perlu buatkan penyangga untuk menjaga pohon agar tidak doyong atau roboh.
  • Isikan lubang dengan tanah galian dengan perlahan dan padatkan untuk memastikan akar benar-benar menyatu dengan tanah
  • Siram secukupnya dengan kondisi tanah terlihat lembab
  • Berikan perawatan lanjutan kepada pohon tabebuya dengan menyiram setiap pagi dan sore hari dengan intensitas penyiraman secukupnya.

Berapa Umur Tabebuya Mulai Berbunga

Untuk usia/umur tabebuya mulai berbunga tergantung juga jenis species dari pohon tabebuya namun rata-rata umur tabebuya mulai berbunga adalah kurang lebih 4 tahun.

Namun anda tidak peru khawatir jika anda harus menunggu lama, hitungan tersebut adalah sejak mulai penyemaian/tanam dari biji.

Baca juga Umur Usia Pohon Tabebuya Mulai Berbunga

Namun sekarang sudah tersedia bibit dengan berbagai macam ukuran atan usia tanam, sehingga anda tidak perlu menunggu lama untuk pohon tabebuya cepat berbunga.

Kami tukang taman Surabaya menjual pohon tabebuya dengan bervariasi ukuran dan warna, ukuran 1 meter, 2 meter, 3 meter, 4 meter dan 5 meter. Warna bunga pink, kuning, ungu dan putih.

Apakah Tabebuya Bisa Hidup Di Indonesia

Pohon tabebuya sangat toleran terhadap cuaca panas, sehingga pohon tabebuya bisa hidup di Indonesia buktinya sudah beberapa kota besar di Indonesia.

Dengan menanam pohon tabebuya di pinggir jalan sebagai pohon peneduh dan penduh disamping itu juga memberikan keindahan bungan yang berwarna-warni.

Bentuk Daun Tabebuya

Secara umum di Indonesia berdasarkan pengalaman kami tukang taman Surabaya terdapat beberapa jenis bentuk daun tabebuya yaitu daun kecil halus, daun kecil kasar dan berdaun lebar.

Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca postingan kami pada artikel 4 Bentuk Daun Pohon Tabebuya Bunga Warna Kuning, Pink, Ungu dan Putih.

Klasifikasi Tabebuya

Kingdom Plantae  – plantes, Planta, Vegetal, plants  

Subkingdom Viridiplantae  – green plants  

Infrakingdom Streptophyta  – land plants  

Superdivision Embryophyta  

Division Tracheophyta  – vascular plants, tracheophytes  

Subdivision Spermatophytina  – spermatophytes, seed plants, phanérogames

Class Magnoliopsida 

Superorder Asteranae 

Order Lamiales 

Family Bignoniaceae  – bignonias

Genus Tabebuia Gomes ex DC. – trumpet-tree  

  Direct Children:  

Species Tabebuia aurea (Silva Manso) Benth. & Hook. f. ex S. Moore – Caribbean trumpet-tree  

Species Tabebuia haemantha (Bertol. ex Spreng.) DC. – roble cimarron  

 Species Tabebuia heterophylla (DC.) Britton – white cedar  

Species Tabebuia karsoana Trejo  

Species Tabebuia rigida Urb. – roble de sierra  

Species Tabebuia rosea (Bertol.) DC. – pink poui, pink trumpet-tree  

Species Tabebuia rufescens J.R. Johnst. – black poui, cogwood, greenheart  

Species Tabebuia schumanniana Urb. – roble colorado

Lebih detailnya anda bisa membaca pada Tabebuia Wikipedia

Ciri-Ciri Pohon Tabebuya

Tabebuia palmeri adalah pohon berukuran sedang gugur dengan bunga berbentuk terompet merah muda yang menakjubkan di akhir Musim Dingin dan Musim Semi.

Ini akan tumbuh 7-10 meter dalam situasi perumahan dan memiliki penyebaran sekitar 6m menjadikannya pohon peneduh musim panas yang bagus.

Tabebuia adalah pilihan tepat untuk wilayah Asia Tenggara karena mereka menikmati iklim hangat dan kemarau.

Baca juga Jual Tabebuya Daun Lebar Pink Rosea

Menurut kami tukang taman Surabaya tabebuya toleran kekeringan setelah didirikan dan relatif tahan hama dan penyakit.

Mereka akan mentolerir sebagian besar jenis tanah tetapi lebih menyukai situasi yang subur dan berdrainase baik.

Itulah jawaban kami tukang taman Surabaya tentang pertanyaan Apakah Akar Tabebuya Merusak Pondasi? Semoga bermanfaat dengan memberikan beberapa penjelasan kami.

Belum ada Komentar untuk "Apakah Akar Tabebuya Merusak Pondasi? Berikut 2 Cara Mencegahnya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel