Adsen Bawah Navi

√ 12 Cara Memperbanyak Bunga Pentas Dengan Stek

Konten [Tampil]
Tukang Taman Surabaya. Tentang bagaimana cara memperbanyak bunga pentas dengan stek sekaligus cara tanam pokok bunga pentas setelah pasca pemotongan sehingga bunga pentas dapat hidup dengan normal.

Sebenarnya cara memperbanyak bunga pentas bisa juga dengan cara menanam dari biji bunga pentas, namun cara ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh menjadi besar.

Jenis bunga pentas sangat digemari oleh penghobi gardener dengan alasan karena bunga pentas tahan panas sesuai dengan iklim tropis yang ada di Indonesia.

Dan juga bunga pentas juga mudah dalam merawat bunga pentas, selain itu daya tarik warna bunga yang beraneka ragam, 

seperti bunga pentas ungu, merah, putih dan kuning, namun pada sisi lain memiliki harga bunga pentas yang relatif murah.

tentunya hal yang utama manfaat bunga pentas adalah sebagai tanaman hias untuk taman halaman rumah atau dalam pot.

Cara Memperbanyak Bunga Pentas Dengan Stek

Tukang Taman Surabaya Tentang Cara Memperbanyak Bunga Pentas Dengan Stek

Setek pentas sanggup ditanam jadi bunga baru yang cantik dan subur. Seperti halnya terhadap tanaman lain, 

Anda mesti pilih daerah yang terang dan tanah yang lembap untuk menanam setek pentas. Mengambil setek berasal dari batang kuat dan sehat yang berada di atas sepasang daun bakal menghasilkan tanaman yang tumbuh dengan baik.
Selain itu kami tukang taman surabaya sarankan, untuk mencelupkan stek ke hormon akar akan menunjang akarnya tumbuh lebih cepat. 

Dengan menjaga agar setek pentas tetap terhidrasi bersama dengan baik, tanaman pun akan mempunyai akar yang kuat di dalam waktu singkat.


Berikut adalah 12 Cara Memperbanyak Bunga Pentas Dengan Stek Dengan Mudah dan Benar :

Pilih batang pentas yang kuat dan sehat. 

Saat hendak menyetek pentas, pilihlah batang yang panjang, kuat, dan sehat, artinya tidak ada bagian batang yang layu atau berwarna kecokelatan. 

Untuk kayu lunak layaknya pentas, kemudian kami tukang taman surabaya sarankan sebaiknya potonglah batangnya terhadap akhir musim semi 

atau awal musim panas agar dapat berakar lebih cepat. Pilih batang yang tetap muda dan lentur

Potonglah batang di atas sepasang daun pertama bersama dengan kemiringan 45°. 

Setelah Anda memilih batang pentas yang sehat, potonglah sepanjang 15 – 20 cm. Gunakan gunting setek atau pisau yang tajam untuk memotong batang pentas pas di atas sepasang daun pertama bersama dengan kemiringan 45°.

Potonglah batang pentas pada pagi hari agar tanaman terhidrasi.

Tips tahap selanjutnya dari kami tukang taman surabaya adalah membersihkan peralatan dengan baik memanfaatkan spiritus sebelum akan digunakan. Celupkan batang pentas yang udah dipotong langsung ke dalam air. 

Setek pentas kudu selalu terhidrasi supaya tidak jadi kering sebelum saat ditanam. Setelah dipotong, segera celupkan batang pentas ke di dalam segelas air bersuhu ruangan 

hingga Anda siap untuk menanamnya. Idealnya, Anda harus sudah siap untuk menanam pentas di tanah langsung sesudah batang dipotong

Buang semua daun terkecuali yang berada di atas. 

Karena batang setek diambil alih tepat di atas sepasang daun, daun-daun teratasnya yang kudu tetap dipertahankan. Sisa daun lainnya mesti dibuang bersama gunting setek atau gunting biasa yang tajam

Celupkan ujung setek pentas ke dalam hormon akar. 

Walaupun langkah ini opsional tetap kami tukang taman surabaya sarankan, sebagian besar orang yang menanam pentas dengan langkah setek pakai sejenis bubuk hormon akar untuk menolong mempercepat pertumbuhan akarnya. 
Basahi pangkal batang terutama dahulu sebelum akan dicelupkan ke didalam bubuk hormon. Tepuk-tepuk batang pentas bersama dengan lembut untuk melenyapkan sisa hormon.

Cuci peralatan sekali kembali memanfaatkan spiritus sehabis selesai digunakan

Pilih tempat yang terang untuk menanam stek pentas. 

Menentukan area yang dapat digunakan untuk menanam pentas adalah cara yang penting, terlebih jikalau Anda hendak menanamnya di luar ruangan. 

Pilih lokasi yang terang, namun tidak terkena cahaya matahari segera dikarenakan sanggup menyebabkan pentas mengering. 

Anda juga sanggup menanam setek pentas di dalam pot atau wadah, namun pastikan wadahnya cukup dalam dan lebar untuk area tumbuh pentas.
Tempat yang terang di dekat pipa pembuangan atau sumber air lain adalah pilihan yang bagus untuk menegaskan tanahnya selamanya lembap. Wadah yang Anda pakai harus sedalam minimal 15 cm.

Siapkan bedeng tanah atau wadah untuk menanam setek pentas. 

Untuk setek pentas, tanah harus dibikin berasal dari campuran pasir dan kerikil hortikultura (atau perlit). 

Dari pengalaman kami tukang taman surabaya. Campuran tanah harus dapat mengering dengan cepat dan aduk-aduklah sedalam 10 – 15 cm sebelum saat anda tanami.

Anda perlu peralatan berkebun untuk mengaduk tanah, seperti garpu atau sekop kecil, untuk mencangkul tanah sehingga gembur.

Anda sanggup membeli pasir dan kerikil hortikultura dari toko material setempat atau di internet. Harga sekantong kerikil hortikultura dan pasir kebanyakan cukup terjangkau

Tanam stek pentas

Beberapa orang lebih senang menanamnya pada bulan-bulan yang dingin, waktu yang lain menunggu hingga awal musim panas. 

Setek pentas bisa tumbuh terhadap musim apa saja. Namun, ingatlah bahwa pentas harus disiram terus-menerus, 

jadi jikalau Anda menanamnya pada musim panas atau Anda tinggal pada tempat beriklim panas, maka sebaiknya tanaman akan mengering dengan cepat. 

Karena itulah, saran kami tukang taman surabaya sebaiknya menanam pentas pada musim hujan adalah pilihan terbaik.

Buat lubang bersama sumpit atau pensil. 

Gunakan sumpit atau pensil untuk menyebabkan lubang di dalam tanah sedalam 8 – 10 cm bagi tiap-tiap setek pentas. 

Pastikan lubangnya lumayan lebar sehingga bubuk hormon akar tidak ikut tersapu kala setek pentas dimasukkan ke didalam lubang

Jagalah agar setek pentas senantiasa lembap. 

Pengalaman kami tukang taman surabaya, faktor terutama agar sttek bunga pentas tumbuh dengan baik adalah kelembaban tanaman kudu tetap anda jaga. 

Jadi siramlah secara tertata lebih dari satu kali di dalam sehari kalau suhu sedang panas, untuk mendukung akar agar tumbuh pesat.

Menjaga Kelembapan Tanah

Untuk meyakinkan sehingga kelembaban tanah terjaga, anda bisa meletakkan kantong plastik di sekeliling setek pentas setelah menyiramnya. Plastik akan menciptakan efek rumah kaca mini bagi pentas.

Awasi konsisten setek pentas 

untuk meyakinkan tanaman terhidrasi bersama dengan baik dan mampu berakar. Awasi terus setek pentas untuk menegaskan tanaman tidak hingga kekeringan,

dan juga untuk menegaskan apakah tanaman menjadi berakar. Anda sanggup mengetes apakah tanaman telah berakar bersama dengan langkah menggoyangkan batang pentas bersama dengan lembut. 

Jika pentas jadi sedikit kukuh kala digoyangkan pada 1 atau 2 minggu sesudah ditanam, itu berarti akarnya sudah tumbuh bersama baik

Itulah sedikit pengalaman kami tukang taman surabaya tentang 12 Cara Memperbanyak Bunga Pentas Dengan Stek. Bisa anda coba dengan perlahan-lahan dan semoga berhasil.

Belum ada Komentar untuk "√ 12 Cara Memperbanyak Bunga Pentas Dengan Stek"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel