4 Cara Perbanyak Pohon Tabebuya Dengan Stek

Jasa Tukang Taman Surabaya. Tentang bagaimana cara memperbanyak pohon tabebuya dengan cara distek dan cangkok. Dan mungkin apakah bisa pohon tabebuya ini diperbanyak atau dibudidayakan dengan cara stek maupun cangkok. Mungkin pertanyaan itu yang muncul dalam benak anda, sebenarnya jawabannya adalah bisa. Seperti artikel yang kami kutip dari dosenbiologi.com

Banyak ide dalam memperbanyak tanaman salah satunya yakni dengan metode menyetek tanaman. Setek tanaman ialah metode budidaya tanaman dengan sistem memotong komponen komponen tumbuhan tertentu kemudian ditanam di tanah sesudah rentang waktu yang sudah ditetapkan.

Adapun tujuan dari penyetekan tanaman yakni mengembangkan penyusunan cara akar yang baru hasil stek sehingga dapat ditanam ulang dan diperbanyak menjadi tanaman baru.

Cara Perbanyak Pohon Tabebuya Dengan Stek
www.maximumyield.com


Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang 4 Cara Perbanyak Pohon Tabebuya Dengan Stek

Hal perlu diingat disini yaitu bahwa tak segala tanaman bisa dijalankan setek batang, hal ini dikarenakan untuk mengurangi kerugian maupun kegagalan dalam pengerjaan stek hal yang demikian. Lalu bagaimana metode stek tanaman pada komponen batangnya ?
Baca juga Mengenal Pohon Tabebuya Jenis Warna Kuning, Pink, Ungu Dan Putih
Cara Perbanyak Pohon Tabebuya Dengan Stek

Seperti namanya, stek ini nantinya akan menyambungkan komponen batang maupun cabang dari pohon tabebuya induk. Sebelum melaksanakan pelaksanaan stek batang, betapa lebih bagus untuk menyiapkan alat alat yang dibutuhkan seperti:
  • Gunting stek yang tajam 
  • Polybag Kecuali itu, 
Prasyarat tanaman supaya bisa distek yaitu pohon tabebuya induknya mesti dalam kondisi sehat, tak terserang penyakit atau hama dan sedang tak bertunas.
Baca juga Umur Usia Pohon Tabebbuya Mulai Berbunga
Sebelum kami jasa tukang taman surabaya jelaskan tentang langkah-langkah stek, secara global cara stek batang pohon Tabebuya dibedakan menjadi 3 ragam, yakni:
  1. Stek Lunak – Yaitu stek yang diciptakan dari cabangnya yang masih muda dalam masa dan dalam masa pertumbuhannya.
  2. Stek Separo Lunak – Adalah stek yang diciptakan dari cabang pohon Tabebuya yang tak mengalami pertumbuhan lagi dan sedang dalam pengerjaan menuju batang tua. Lazimnya usianya tak lebih dari 1 tahun. 
  3. Stek Keras – Ialah stek komponen batang yang telah benar-benar keras dan umurnya lebih dari setahun. 


Langkah-Langkah Cara Stek Pohon Tabebuya

Ada beberapa metode dalam cara budidaya pohon tabebuya salah satu yang sudah tidak asing lagi dengar di telinga kita adalah dengan cara stek batang. Berikut langkah-langkah yang bisa anda praktekan sendiri yaitu :

1. Menyiapkan Bahan 

 Langkah permulaan pada stek batang yakni dengan menyiapkan media yang nantinya diaplikasikan untuk menanam stek hal yang demikian.

Umumnya media hal yang demikian berisi campuran pasir dengan pupuk kompos atau tanah dengan pupuk kompos atau bisa pula memakai serbuk gergaji kayu tergantung variasi pohon Tabebuya  yang akan di stek. Adapun perbandingan antara pasir dengan pupuk kompos yakni 1:1, atau 2:1. 

Masukkan media hal yang demikian ke polybag atau daerah lain dengan ketetapan untuk kedalamannya minimal 10 cm. 
Baca juga Ciri-Ciri Tanah Yang Subur Dan Cocok Untuk Tanaman
Dalam pengisian polybag tak boleh hingga penuh, sisakan 3cm dibawah bibir polybag. Kasihlah air pada media hal yang demikian sampai air sampai air keluar lagi, hal ini supaya seluruh media bisa terkena air.

2. Pemotongan Batang 

Tahap kedua ialah pemotongan pada batang hal yang demikian. Akan melainkan pada tahap ini terdapat sebagian ketetapan lain seperti: Stek Lunak & Semi Lunak 

Tips dari kami  jasa tukang taman surabaya. Untuk kedua stek ini sebaiknya potonglah batang atau ranting pohon Tabebuya dengan panjang sekitar 10-12,5 cm dengan diameter 0,5 cm. Kemudian buanglah komponen bawah daun dan menyisakan sebagian helai saja. 

Stek Keras Padahal untuk stek keras, potonglah dengan panjang 15-20 cm dan yang perlu diingat bahwa pemotongan pada stek keras seharusnya dibawah komponen yang lunak. Kemudian sisakan 3 helai daun saja pada komponen atas hasil stek, meski daun yang supaya lebar dipotong separo.

Cara Perbanyak Pohon Tabebuya Dengan Stek

3. Menanam Batang Dengan Zat Perangsang Akar

Metode kami  jasa tukang taman surabaya dari tahap ketiga ini, kita bisa menambahkan zat yang bisa menstimulus pertumbuhan dari tanaman yang akan distek hal yang demikian. Caranya merupakan dengan memasukkan komponen pangkal hasil stek ke zat hal yang demikian. 

Kemudian sambungkan pangkal stek hal yang demikian ke batang yang dibelah sebelumnya. Sesudah keduanya menonjol tersambung, kemudian bungkuslah dengan plastik yang transparan sehingga sinar sang surya bisa masuk. 

Langkah berikutnya yaitu tempatkan di daerah yang adem supaya bisa tumbuh dengan bagus. Dan tunggulah dalam rentang waktu kurang lebih 1 pekan untuk mengunggu sampai berhasil.

4. Perawatan

Sekiranya telah 1 pekan, lihatlah stek batang hal yang demikian. Umumnya telah timbul daun baru yang masih segar dan komponen pangkalnya dari sambungan telah mulai berakar. 

Sesudah 1 bulan, umumnya tanaman hal yang demikian telah bisa dipindah ke wadah yang lebih besar. Akan melainkan rentang waktu ini tergantung dari tanaman yang distek. 
Baca juga Waktu Yang Tepa Untuk Menyiram Tanaman 
Sesudah dipindahkan ke daerah yang lebih besar, rawatlah sampai tumbuh dan berkembang dengan bagus sehingga bisa dipindahkan lagi ke lahan pertanian. 

Demikian perlu diamati disini yakni jangan hingga hasil stek ini mengalami kekeringan, hal ini dikarenakan bisa membikin tanaman hal yang demikian menjadi layu pun mati. Akan tapi tak boleh kelebihan air sebab akan mengganggu cara perakarannya. 

Mempercepat Pertumbuhan Akar Pada Stek Batang Pohon Tabebuya

Pada stek batang ini, pertumbuhan akar akan tumbuh secara berjenjang tergantung gizi yang diperoleh dari lahan media hal yang demikian. Untuk mempercepat pertumbuhannya, kita bisa memakai metode sebagai berikut: 

a. Pengeratan Batang 
Metode pertama yaitu dengan pengeratan pada komponen batangnya. Tersebut dimaksud disini yakni penimbunan karbohidrat di pohon Tabebuya induk yang nantinya akan diambil batangnya dengan sistem membikin keratan pada cabang batang hal yang demikian. 
Dengan ketetapan lebar komponen batang yang dikupas yaitu 2 cm dan jarak antar ujung batang dengan keratan yakni 30-40 cm. 

Tunggulah keratan hal yang demikian dalam rentang waktu 2-4 pekan, dimana nantinya akan menonjol benjolan disekitar keratan hal yang demikian. 

Adanya benjolan hal yang demikian dikarenakan karbohidrat yang sudah berkumpul yang diciptakan sebagai daya dalam penyusunan akar serta hormon auksin pada daun. 

Kemudian, sekiranya benjolan telah menonjol barulah kita bisa memotong komponen batang hal yang demikian untuk dibuat stek.

b. Memberi Hormon Auksin
Fungsi hormon auksin pada tumbuhan tak lain yaitu untuk menumbuhkan akar pada tumbuhan. Perlu dikenal bahwa tanaman terbukti mempunyai hormon auksin endogen, 

akan melainkan tak bisa berfungsi optimal dalam pertumbuhan akar. Metode dari kami  jasa tukang taman surabaya ini perlu penambahan zat yang bisa menstimulus pertumbuhan akar pada tanaman. 
Baca juga 5 Fungsi Dan Cara Kerja Hormon Giberelin Pada Tumbuhan
Caranya merupakan dengan menggabungkan hormon auksin dengan alkohol 50% yang dicampur dengan fokus air sekitar 500-10000 ppm tergantung dari tipe hormon yang diaplikasikan. Adapun model hormon auksin hal yang demikian yakni IAA dan IBA dalam wujud serbuk. 

Akan melainkan juga bisa menerapkan serbuk hormon yang siap gunakan seperti Liquinox atau Atonik dengan takaran 100-200 cc per liternya. Setelahnya, tinggal mencelupkan batang hal yang demikian ke air selama 5 detik. 

c. Penambahan Tepung 
Sistem ketiga merupakan dengan menambahkan tepung ke batang yang akan distek hal yang demikian. 

Caranya ialah dengan mencampurkan auksin dan alkohol 95% kemudian tambahkan tepung dengan fokus sekitar 1000-5000 ppm tergantung dari tipe hormon dan tanamannya. 

Sesudah seluruh tercampur rata, pangkal stek yang akan ditambahkan tepung khususnya dulu diberikan air supaya campuran tepung bisa merekat. dirasa telah cukup pemberian tepungnya, angkat dan tanamlah ke media yang sudah disediakan. 
Anda juga bisa menerapkan hormon auksin yang siap gunakan, akan namun kualitasnya tak sebaik dengan metode manual. Adapun hal hal yang perlu dilihat dikala memakai metode ini yaitu bahwa pembuatan tepung dengan konsentrai 1000 ppm cuma perlu melarutkan 1 gr hormon tumbuhan dengan kadar alkohol 500-1000 cc, meski tepung yang diaplikasikan sebanyak 1 kg. 

Dimana perhitungannya per fokus 1000 ppm = 1000 mg hormon + 1000000 mg pelarut atau 1 gr hormon ke 1 kg pelarut.

Itulah 4 Cara Perbanyak Pohon Tabebuya Dengan Stek yang bagus dan benar dari kami jasa tukang taman surabaya. Beserta bagaimana sistem mempercepat pertumbuhan akar dari batang yang akan distek hal yang demikian. Selamat mencoba dan semoga menanambah wawasan anda !