30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat

Jasa Tukang Taman Surabaya. Memposting beberapa jenis tanaman dan tumbuhan merambat sebagai tanaman merambat untuk peneduh baik yang merambat di dinding, pagar maupun ditanah. Memang ada beberapa jenis tanaman merambat yang cepat pertumbuhannya.

Macam tanaman hias rambat yang dapat berbunga terus, maka suasana rumah anda akan terasa sejuk dan indah yang bisa merambat pada dinding, untuk kanopi, dan tanaman rambat akar gantung. Mari disimak jenis tanaman hias untuk memperindah rumah anda.


Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang 30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat

Berkeinginan pagar dan dinding Anda terkesan hidup? Solusinya adalah dengan menanam flora rambat. Tanaman hias merambat merupakan flora hias yang memiliki sifat percabangan yang memungkinkan flora menjalar ke benda yang ada di dekatnya. 

Menurut metode tumbuhnya flora ini dibedakan menjadi tiga adalah: flora rambat melilit, flora merambat akar merekat dan flora separo merambat.


1. Tanaman Hias Bunga Petrea volubilis

Salah satu flora rambat yang disarankan yaitu Petrea volubilis. Tanaman ini ialah flora yang berasal dari Amerika Tengah yang mampu tumbuh subur di wilayah tropis ibarat Indonesia. Nama lain dari flora ini yaitu Blue Bird Vine, Purple Wreath, Purple Vine dan Queen's Wreath.

Tanaman ini memiliki warna ungu cemerlang dan mampu mekar di sepanjang batangnya. Yang lebih Uniknya lagi, sebelum bunganya gugur, karenanya terjadi perubahan warna pada kelopak bunganya.
Baca juga 15 Jenis Tanaman Hias Berbunga Kuning
Kelopak bunga yang tadinya berwarna ungu cemerlang pelan-lahan akan memucat, setelah itu berubah warna menjadi hijau, gres balasannya gugur.

Kecuali itu, perawatannya yang mudah dan seringnya flora ini berbunga yaitu alasan direkomendasikannya flora ini untuk menghiasi pagar dan dinding kau. 

Untuk perawatannya, kamu cukup menjalankan penyiraman satu kali sehari. Letakkan flora ini di daerah yang memperoleh cahaya sang surya penuh.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat


2. Tanaman Hias Bunga Dipladenia

Dipladenia yaitu salah satu flora rambat yang masih berada dalam satu famili dengan flora Mandevilla. Tanaman ini diketahui juga dengan nama lain yakni Mandevilla Red Riding Hood. Perbedaannya dengan Mandevilla terdapat pada ukuran daunnya yang lebih kecil.
Baca juga 10 Pohon Penyerap Polusi Terbaik
Dipladenia memiliki bunga yang amat cantik, sekilas ibarat bunga adenium. Warnanya mahkota bunganya merah menyala. Penempatan flora ini ditempat yang cukup terkena cahaya sang surya. Tanaman ini kapabel diperbanyak dengan cara stek.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat


3. Tanaman Hias Bungan Mandevilla

Tanaman Mandevilla memiliki nama latin Mandevilla sanderi. Tanaman ini yaitu flora rambat asal Florida, Amerika Serikat. Mandevilla memiliki bunga ibarat terompet berwarna putih, pink, atau merah, menumpuk ibarat mawar. Kecuali warna bunganya tenaga tarik Madevilla lainnya adalah batangnya yang menjuntai lemas.
Baca juga 10 Macam Bunga Untuk Taman Minimalis
Mandevilla sungguh-sungguh menyenangi panas yang menghasilkan bunganya mudah bermunculan. Supaya merambat lebih baik, media tanam semestinya diganti secara terencana dan pakai pot ukuran agak besar.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat


4. Tanaman Hias Morning Glory

Morning glory memiliki ciri tak berbatang enteng, keras, terkesan ringan dan sederhana. Keunggulannya bunga ini akan berbeda warna kelopaknya tergantung pada peletakkannya. 

Jikalau terkena banyak cahaya matahati, kelopak bunganya akan berwarna ungu. Sebaliknya, sekiranya kurang terkena cahaya sang surya atau bersuhu dingin, kelopak bunganya akan berwarna biru.
Baca juga 10 Jenis Bunga Yang Harum Wangi Di Indonesia
Untuk merawat flora ini tak diinginkan perlakuan yang khusus. Cukup menjalankan pemupukan dan penyiraman saja. Untuk pemupukan, mampu dilaksanakan tiap 2-2,5 bulan sekali. Untuk penyiraman, Anda kapabel melakukan minimal 5-7 hari sekali.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat


5. Air Mata Pengantin

Bunga air mata pengantin (Antigonon) menjadi salah satu flora bunga merambat yang sungguh-sungguh disarankan alasannya keindahannya. 

Keunggulannya, Antigonon menjadi salah flora hias luar ruangan yang mudah ditanam, jahil dan mudah perawatannya. Oleh alasannya itu, Antigonon mudah ditemukan di Indonesia.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat


6. Tumbuhan Mandevilla

Mandevilla meruapakan salah satu tanaman rambat bendung panas yang berbunga kuning, putih, merah muda, dan merah. Batangnya tak senantiasa meniru sulur jadi kadang-kadang perlu ditali dengan rafia, sekiranya mau tumbuhnya meniru alur pagar rumah.
Baca juga 10 Jenis Bunga Hias Yang Bagus Untuk Taman
Para pemilik rumah semakin banyak menerapkan tanaman rambat ini sebab kuat membendung serangan hama serangga dan juga gampang tumbuh di iklim tropis.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat

7. Tumbuhan Wisteria

Westeria. Berkeinginan tanaman merambat pagar yang eksklusif? Wisteria dapat menjadi opsi yang menarik. Tapi, tanaman ini termasuk tumbuhan subtropis, jadi akan cukup susah menanamnya di Indonesia.
Baca juga 25 Jenis Tanaman Tropis Untuk Taman
Oleh sebab itu, diperlukan ketelatenan dalam perawatannya, terlebih dikala progres pembenihan dan pemindahan ke tanah. Tanaman rambat pagar berkayu ini dapat tumbuh sampai sepanjang 20 meter hingga umur ratusan tahun. Sayangnya wisteria cukup mahal sebab susah dibiakkan.



8. Tumbuhan Petrea Volubilis

Petrea yakni tanaman hias merambat untuk pagar dengan warna dominan ungu kebiruan (Petrea Volubilis). Ada juga yang berwarna putih (Petrea Arbiflora). 

Tanaman ini amat indah dan bunganya betul-betul lebar diseluruh batang. Petrea yakni tanaman rambat yang berbunga terus yang sesuai untuk zona pagar rumah Anda.
Baca juga 25 Jenis Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air
Petrea Volubilis. Sebetulnya tanaman berbunga kecil ini yaitu salah satu gulma. Tapi, sebab dari segi estetika dan kemudahan dalam perawatannya, tanaman hias rambat ini dapat menjadi penghias zona pagar rumah Anda. Air mata pengantin memiliki karakteristik pertumbuhannya yang betul-betul kencang.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat


9. Tumbuhan Bunga Clementis

Bunga Clementis. Untuk Anda yang berkeinginan memberikan logat warna pada pagar, bunga clementis dapat menjadi alternatif ideal untuk menghadirkan suasana menawan dengan kelopak bunganya yang berawarna keunguan.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat


10 . Tumbuhan Soapwort

Soapwort Sifatnya bendung panas dan lembat sekalian membuatnya menjadi tumbuhan merambat yang disukai banyak orang. Tanaman ini memerlukan paparan cahaya sang surya segera untuk konsisten hidup.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat


11. Tumbuhan Golden Moneyworth

Golden Moneyworth. Anda dapat mengaplikasikan variasi tanaman ini untuk permukaan pagar. Sifatnya yang pesat merambat dan tak membutuhkan intensitas perawatan yang tinggi, membikin pemilik rumah menyenangi menghiasi rumah dengan tanaman ini.



12. Tumbuhan Melati Irian

Sekiranya anda memerlukan tanaman rambat untuk komponen kanopi ataupun selasar rumah karenanya bisa memilih Melati Irian atau tenar dengan sebutan Flame of Irian. 

Memang ini tergolong tipe tanaman rambat berbunga yang berasal dari Papua. Ciri ciri tanaman ini yaitu bunga berwarna merah menyala sehingga benar-benar indah dilihat mata. 
Baca juga 43 Macam Tanaman Hias Outdoor Dan Indoor
Dengan warna yang cemerlang karenanya akan menghidupkan suasana hunian anda. Keunggulan Melati Irian yaitu kapabel mengerjakan penyesuaian diri dengan iklim tropis.



13. Tumbuhan Bunga Bougenville/Bunga Kertas

Menawan sekali untuk hiasan pagar rumah dengan ciri tanaman yang kecil dan bergerombol. Bunga ini mempunyai bermacam warna yang unik dan lebat seperti oranye, merah, pink dan juga ungu. 

Sekiranya tua, batang tanaman bugenvil akan mengeras. Untuk itu, trim-lah supaya formatnya konsisten menawan.
Baca juga 5 Jenis Tanaman Hias Untuk Tertutup
Variasi tanaman berbunga merambat yang betul-betul menawan untuk dibuat hiasan pagar. Bunga ini akan mekar pada pagi hari dan mengeluarkan wewangian kesejukan sekitar pagar rumah.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat


14. Tumbuhan Daun Dolar

Jenis tanaman berbunga merambat yang sangat indah untuk dijadikan hiasan pagar. Bunga ini akan mekar pada pagi hari dan mengeluarkan aroma kesegaran sekitar pagar rumah.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat


15. Tumbuhan Sirih Merah

Sirih merah termasuk jenis tananan rambat. Cukup indah ditempelkan ke dinding pagar atau batang pohon lain

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat


17. Tumbuhan Zebrina Pendula

Tanaman ini memiliki motif garis belang-belang pada daunnya. Biasanya ditempatkan dalam pot. Selain bisa mempercantik rumah, tanaman ini juga dikenal untuk mengobati banyak penyakit.


18. Tumbuhan Pothos Scandens

Tanaman ini juga bisa menghias dinding dirumah seperti tanaman dollar. Tanaman merambat ini bisa tumbuh hingga ketinggian 6 meter dan bisa tumbuh pada permukaan yang kasar.

Photos scandens memiliki karakteristik yang mirip dengan tanaman dollar, sehingga perawatannya juga cukup mudah.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat


19. Tumbuhan White Clematis

Tanaman merambat yang cantik ini memiliki bunga yang rimbun dan harum yang sangat segar dan khas. Panjangnya bisa mencapai sampai 20 meter.

Biasanya, white clematis tumbuh di dataran tinggi. Aromanya yang harum dapat memberikan rasa sejuk pada rumah kamu.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat

20. Tumbuhan Ivy

Bunga yang memiliki batang menjalar ini daunnya berbentuk segitiga yang memberikan nuansa tropis. Bunga ini biasa ditanam pada dinding atau pagar.

Hanya saja, Toppers harus berhati-hati karena jika terkena getah tanaman ini dapat menimbulkan alergi kulit.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat

21. Tanaman Hias Lipstick Plant (Aeschynantus Radicans)

Lipstick plant atau bunga lipstik, seringkali diwujudkan tanaman gantung. Tanaman ini dapat tumbuh bagus diluar ataupun didalam ruangan. Karakteristik tanaman ini yang tak butuh tanah yang dalam, membuatnya pantas dan akan hidup sekiranya ditanam di vertical garden.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat

22. Tanaman Hias Hosta

Di luar negeri hosta atau funkia (giboshi) juga laris dihasilkan tanaman kebun vertikal. Daunnya yang variegata dan cantik benar-benar layak, lebih-lebih bagi vertical garden yang tak terlalu banyak menerima cahaya sang surya. Hosta yakni tanaman yang evergreen alias perennial.



23. Tumbuhan Dipladenia

Dipladenia memiliki warna cerah yang cantik dan dapat berbunga terus sehingga tampilan rumah akan jauh lebih berwarna. Dengan warna merah cerah akan cocok apabila ditanam pada media dinding maupun tiang. Merawat bunga ini perlu asupan sinar matahari yang cukup agar dapat berbunga sepanjang waktu.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Hias Merambat

25. Tumbuhan Arumdalu (Cestrum nocturnum) 

Bunga lama ini dahulu banyak ditanam di rumah-rumah tradisional Jawa, terutamanya di pintu masuk pelataran. Bunganya betul-betul harum di malam hari dan mekar di malam hari.

Ketika mekar sehari, lalu kencang digantikan dengan bunga lain. Tanaman ini berbunga sepanjang tahun, dan bisa dibiakkan dengan pencangkokan. 

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat

26. Tumbuhan Thunbergia (Thunbergia grandiflora) 

Tanaman ini banyak dipakai sebagai pergola ataupun arches atau tirai. Tanaman ini tumbuh merambat dengan batang lunak, daun berbentuk seperti jantung.

Uniknya, tangkai bunganya menjuntai ke bawah dan masing-masing bunga melekat di batangnya yang menjuntai. Thunbergia dapat ditanam di dataran rendah ataupun tinggi. Warna bunganya putih, ada juga yang ungu.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat

27. Tumbuhan Ceguk

Tanaman yang satu ini sungguh-sungguh sesuai diaplikasikan sebagai peneduh pergola sebab pertumbuhannya yang betul-betul cepat. Saat musim berbunga tiba, tanaman ini akan semarak dengan bunga berwarna merah jambu.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Hias Merambat
wikimedia.org


28. Tumbuhan Nona Makan Sirih

Tanaman ini sanggup tumbuh dengan bagus sampai ketinggian 4 meter. Oleh sebab itu tanaman ini lebih sering kali dirambatkan pada pergola.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Hias Merambat
https://c1.staticflickr.com/


29. Tanaman Hias Melati Kumisnungkinuari

Keunikan dari tanaman ynag satu ini ialah mempunyai helaian yang cukup panjang pada komponen ujung mahkota bunganya. Oleh sebab itu, tanaman ini malah disebut sebagai melati kumis.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Hias Merambat
nungkinuaridewi96.wordpress.com


30. Tumbuhan Mawar Rambat

Memang ada sebagian variasi mawar yang tumbuh merambat. Pada lazimnya ragam tanaman mawar yang satu ini mempunyai kuntum bunga ynag besar. Warna bunganya malah sungguh-sungguh bermacam, mulai dari kuning, merah, putih, sampai perpaduan warna merah dan kuning muda.

30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Hias Merambat
tokopedia.net

Demikian beberapa ulasan dari kami jasa tukang taman surabaya tentang 30 Jenis Tumbuhan Dan Tanaman Merambat. Anda berminat untuk menanamnya di pekarangan atau taman rumah, bisa juga ditanam pada pot. Untuk dirambatkan pada pagar rumah atau kanopi anda, sehingga suasana rumah anda menjadi sejuk dan lebih indah.