Adsen Bawah Navi

7 Jenis Hama dan Pengendaliannya Pada Tanaman Adenium

    Tukang Taman Surabaya. Ulasan tentang 7 Jenis Hama dan Pengendaliannya Pada Tanaman Adenium. Setelah posting beberapa artikel seputar taman, pada kesempatan kali ini mengulas seputar bunga adenium (Kamboja Jepang). 

    Selain bunga adenium ini memberikan manfaat bagi anda, namu juga harus tahu beberapa faktor dari hama yang menyerang bunga adenium misalkan bercak kuning pada adenium , daun adenium menguning dan penyebab bunga adenium menjadi layu. 

    Sehingga anda dapat secara tepat dalam pemberian fungisida untuk adenium baik jenis fungisida alam maupun merk fungisida buatan dari pabrik.  

    Diharapkan pada artikel kami ini, anda dapat memperoleh informasi tentang hama atau penyakit yang sering menyerang tanaman tanaman hias adenium ini.
    Baca juga Tips Cara Mudah Memelihara Tanaman Hias Adenium
    Baik gejala ringan yang terjadi pada tanaman adenium sehingga Anda dapat meminimalkan atau mencegah hama atau penyakit yang menyerang tanaman hias adenium (kamboja jepang) bunga kesayangan Anda.

    Tukang taman surabaya 7 Jenis Hama dan Pengendaliannya adenium

    Tukang Taman Surabaya 7 Jenis Hama dan Pengendaliannya Pada Tanaman Adenium

    Menurut kami sebagai tukang Taman Surabaya, beberapa jenis hama ini yang sering menyerang pada bunga adenium. Berikut adalah 7 Jenis Hama dan Pengendaliannya Pada Tanaman Adenium :

    1. EMA Aphid (Kutu Kuning)

    Nama aphid adalah jenis berbahaya dalam bentuk kecil tipis yang berwarna kuning, jenis parasit aphid ini umumnya hidup dalam berkelompok dalam jumlah besar. Hama ini menyerang tanaman adenium dengan memakan dan mengambil cairan muda dari selembar daun.

    Tanda-tanda daun yang diserang oleh tubuh berbahaya ini adalah daun menjadi kusam dan layu, warnanya berputar hitam dan kering. Kutu sering bersembunyi di atas tanaman adenium, di bawah daun dan pada batang bunga.

    Pengendalian :
    Dalam pandangan kami, tukang Taman Surabaya, untuk mengendalikan parasit kutu dapat dilakukan dengan menyemprot pestisida penyemprotan.

    Penyemprotan pestisida dilakukan pada bagian yang terkena dan dilakukan dalam satu minggu selama 3 minggu.

    Insektisida demiter memiliki kombinasi pembunuhan terhadap kontak langsung ke sifat saraf saraf, sehingga hama kutu daun yang dipengaruhi oleh insektisida ini akan segera mati atau kapasitas reproduksi hilang.

    Tukang taman Surabaya 7 jenis hama dan pengendalian Pada tanaman Adenium

    2. Spider Red (Tunggau Merah)

    Jenis laba-laba merah, termasuk hama yang paling umum, serang tanaman adenium. Parasit ini umumnya bersembunyi di permukaan bawah daun muda untuk menyedot cairan lembaran. 

    Daun yang diserang oleh laba-laba merah akan tuli dan menyusut, hama ini menyerang banyak serangan selama musim kemarau.
    Baca juga Mengenal Tanaman Hias Adenium (Si Mawar Gurun)
    Pengendalian : 
    Cara mengontrol laba-laba merah ini juga dapat dibuat dengan menyemprot fungsi tipe campuran antara Curraon, Kelte atau Omite. Dosis pestisida yang digunakan dapat diberikan tergantung pada paket.

    Pencegahan serangan berbahaya ini dapat dibuat dengan memperbaiki sirkulasi udara di sekitar tanaman atau menyemprotkan pestisida yang berbeda secara bergantian sebulan sekali.

    3. EMA thrips.

    Jenis wabah hama adalah tipe kutu hitam yang bergerak sangat cepat. Ini organisme berbahaya menyerang bunga yang belum berbunga (tunas) sehingga bunga-bunga tidak mekar dan kering. 

    Pengendalian :
    Thrips serangan oleh parasit dapat diatasi oleh semprotan Agrimex, Pegasus dan insektisida yang percaya diri diserang.

    4. Fungus Gnat.

    Jenis wabah Mushroom Gnat ini juga dikenal sebagai lalat hitam, ukuran hama ini sangat kecil. Serangan Fungus Gnat pada bagian bunga adenium yang belum mekar dengan sempurna. 

    Serangan itu menyebabkan bintik-bintik hitam pada serangan itu. Hama ini dapat menyebabkan tombol flow bunga. Larva jamur jamur juga merusak batang akar dan adenium.

    Pengendalian: 
    Cara Mengontrol Jamur Gnat yang dapat Anda lakukan dengan menyemprotkan pestisida Benlate atau Doane. Dengan dosis yang digunakan sesuai dengan paket.

    5. Kutu Batang (Kutu putih)

    Jenis parasit ini dalam bentuk kepinga putih kecil. Kutu ini masih memiliki tepung dan lapisan lilin seperti kapas di tubuhnya. Jenis parasit ini suka lahan basah dan sering berada di ketiak daun adenium, pada daun muda dan pada tanaman.

    Kutu putih memiliki lapisan tepung seperti kapas di permukaan tubuhnya. Ketika sudah menyebar pada tanaman adenium hama ini mirip tepung putih, 

    Mealy Bug ini menyerang dengan cara menghisap cairan tanaman pada daun batang, bahkan akar tanaman juga bisa menjadi sasaran serangan hama ini. 

    Tanaman yang sering terserang hama ini pertumbuhannya menjadi tidak normal, serangan yang ringan dapat ditanggulangi dengan cara memotong dan membakar bagian yang terserang.
    Baca juga 8 Langkah Tepat Pemindahan Repotting Adenium (Disertai Gambar)
    Pengendalian :
    Serang yang hebat dari jenis hama Mealy Bug dapat dikendalikan dengan menyemprotkan pestisida jenis Dimacide, Pegasus, Diazionin atau Dursban. Cara penggunaan Pestisida dapat disirankan pada media tanam, untuk mengendalikan hama yang bersembunyi di media tanam.




    6. Hama Cacing

    Jenis hama cacing ini sering merusak pada bagian akar tanaman Adenium pada saat cacing membuat sarang. Tanaman yang terserang akarnya akan rusak sehingga menjadi sulit untuk menyerap unsur hara. 

    Cacing biasanya terdapat di media tanam yang sering dipupuk dengan menggunakan pupuk kandang.
    Karena itu pengunjung blog Tukang Taman Surabaya, sebaiknya anda menggunakan pupuk kandang yang sudah disterilkan .

    Pengendalian : 
    Jenis hama cacing ini dapat dikendalikan dengan menggunakan Furadan atau Nematisida Dazomet 98 persen. Dosis yang diberikan sesuai dengan anjuran yang terdapat pada label kemasakan.

    7. Hama Semut

    Hama jenis ini biasanya bersarang berada dibawah pot atau di dalam media tanam. Keberadaannya dapat merusak akar dan tunas dari tanaman Adenium. 

    Semut juga dapat menjadi faktor bagi penyakit tanaman. Keberadaan semut dapat dikendalikan dengan cara merendam pot di dalam air atau penyiramannya dengan obat antisemut.

    Demikian ulasan dari kami Tukang Taman Surabaya  Tentang 7 Jenis hama dan pengendalian Pada Tanaman Adenium anda. yang dapat kami uraian dengan harapan bermanfaat bagi anda yang mempunyai Tanaman Adenium sehingga dapat mengenal dan mencegah lebih awal.

    1 Komentar untuk "7 Jenis Hama dan Pengendaliannya Pada Tanaman Adenium"

    1. ka, izin ambil buat data skripsi ya.. makasih banyak ka, sangat membantu🙏🏻

      BalasHapus

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel