10 Jenis Tanaman Hias Untuk Taman Jepang

Tukang Taman Surabaya. Tentang 10 jenis tanaman hias untuk taman jepang/taman kering (dry garden). Dalam membuat taman kering berbeda konsep dengan taman yang lain, karena 80% lebih space dipakai untuk bebatuan aksesoris hardscape. Untuk jenis tanamannya pun berbeda dengan jenis tanaman tropis untuk taman.

Namun jika area taman sempit dan kecil maka yang harus diperhatikan adalah jenis tanaman untuk taman kecil perlu disesuaikan. Taman kering identik dengan taman tema jepang (landscape taman jepang). Dengan menonjolkan konsep taman jepang pemilihan jenis tanaman yang hanya membutuhkan sedikit air untuk dapat bertahan hidup.

Adapun jenis tumbuhan di jepang yang biasa dipakai adalah sejenis bambu-bambuan dan bebatuan karena unsur utama dalam konsep taman batu jepang adalah aksesoris pendukungnya.

Tukang Taman Surabaya Tanaman Taman Kering/Jepang

Tukang Taman Surabaya Tentang 10 Jenis Tanaman Hias Untuk Taman Jepang

Konsep taman Jepang dijadikan seperti pulau-pulau dalam kolam sepatutnya mencerminkan untaian kabut. Tiap-tiap pulau ditampilkan asimetris dan dikelilingi garis-garis yang menandakan ombak. Perbatasan antara daratan dan air dijadikan dari batu-batu kecil yang mencerminkan pantai berpasir.

Unsur batu dalam taman jepang digolongkan pada dua variasi yakni Kazarishi yang dihargai keindahannya Sute-ishi yang mempunyai sedikit keindahan. Dua variasi batu ini sepatutnya diterapkan supaya penampilan taman lebih menawan, berimbang serta natural.
Baca juga 22 Inspirasi Taman Kering Outdoor Dan Indoor
Untuk menerangi jalan setapak pada malam hari, dipasang batu lentera batu (toro) . Perancang Jepang cendrung mengarahakan batu-batu secara horizontal.

Taman memiliki kekerabatan dengan ruang dalam (interior), sehingga keduanya yakni satu kesatuan yang tidak terpisahkan

Tanaman hias tak cuma berkhasiat untuk mempercantik rumah. Variasi tanaman tertentu, bagus itu tanaman hias outdoor ataupun tanaman hias indoor dapat melindungi Anda dan keluarga dari bahaya polutan rumah bagi kesehatan.
Baca juga 30 Desain Konsep Taman Gaya Jepang
Pencemaran udara tak cuma mengancam kesehatan ketika kita di luar, namun juga di dalam rumah. Ada sebagian tipe gas udara membahayakan (polutan) yang betah bersarang di dalam ruangan dan berpotensi memunculkan gangguan kesehatan.

Berikut jenis tanaman hias yang bagus untuk desain konsep taman kering (Dry Garden) atau taman jepang antara lain :
  • Jenis Tanaman Siklok
Tanaman yang pertaman menurut kami Tukang Taman Surabaya adalah Siklok atau yang memiliki nama latin Agave attenuata merupakan tanaman bersama dengan daun yang berbentuk runcing dan punya pangkal batang yang kuat. 

Tanaman siklok ini miliki warna hijau keputihan dengan duri di tepian daun. Selain tahan pada panas, tanaman ini terhitung mampu hidup di tanah yang gembur atau berpasir

Tukang Taman Surabaya Tanaman Taman Kering/Jepang

  • Jenis Tanaman Agave
Tanaman Agave (Agave sp.) adalah tanaman monokotil berasal dari keluarga Asparagaceae yang tinggal di lokasi panas dan gersang Meksiko serta bagian Selatan Amerika Serikat. 

Tanaman Agave berjenis sukulen dengan roset besar berasal dari daun yang tebal berdaging. Ujung tiap-tiap daun meruncing. 

Batangnya gemuk pendek sehingga daun terlihat seperti nampak segera berasal dari akar. Sistem perakaran yang terdiri dari rimpang dangkal menunjang efisiensi penyerapan kelembaban dari hujan, kondensasi dan embun

Tukang Taman Surabaya Tanaman Taman Kering/Jepang

  • Jenis Tanaman Sekulen/Kaktus
Kaktus dan Sukulen tergolong tanaman yang amat mudah tumbuh, tahan banting, dan perawatannya mudah. Kaktus dan Sukulen cuma wajib disiram seminggu sekali dengan keperluan cahaya matahari pagi dan sore. 

Tips dari kami Tukang Taman Surabaya. Penyiraman dengan metode semprot spray kecil atau bersama dengan dipercikkan bersama dengan sedikit air saja. Kaktus dan Sukulen adalah bunga, padahal pohon, mereka unik, warna-warni, tidak wajib lahan luas. 
Baca juga 10 Macam Bunga Bagus Untuk Taman Minimalis
Memiliki kebolehan bertahan hdup lumayan tinggi terhadap suasana krisis air maupun krisis unsur hara. Tanaman apa pun kecuali kaktus / sukulen bakal nampak cantik ketika mereka berbunga, 

selanjutnya ketika kaktus / sukulen berbunga, harusnya tanaman lain malu pada dirinya sendiri. Kaktus / sukulen bersama dengan ikhlas terima apa yang dia miliki, bukan menyerah namun berserah sembari berjuang.

Tukang Taman Surabaya 10 Jenis Tanaman Hias Untuk Taman Jepang

  • Jenis Tanaman Palem Kuning
Palem kuning merupakan tidak benar satu tanaman hias yang dapat ditanam terhadap daerah taman/ditanam terhadap tanah langsung maupun ditanam terhadap pot. 

Pohon Palem Kuning tumbuh secara grouping dan punya banyak tunas terhadap sisi-sisi tanaman induk nya, tidak sama bersama dengan tipe Pohon Palem lain nya yang biasa tumbuh secara individual dan berbatang besar. 
Baca juga 25 Jenis Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air
Ciri-ciri Pohon Palem Kuning, punyai daun hijau dengan bentuk daun layaknya sisir memanjang (sama bersama dengan tipe palem lainya), memiliki batang pelepah berwarna agak kekuningan, Berbatang tidak besar dan berwarna kuning, tumbuh secara grouping (banyak tunas yang tumbuh disisi pohon induk). 

Cara penanaman Pohon Bambu Kuning, pohon ini sanggup ditanam secara langsung ditanah dan disempurnakan pupuk kompos atau pupuk kandang jikalau menghendaki ditanam pada area taman. 

Selain itu tanaman ini bisa ditanam di pot bersama media Tanah, Sekam dan Pupuk (Penambahan Sekam tidak cuman sebagai fasilitas tanam sehingga pot dapat dipindah/digeser dengan ringan).

Tukang Taman Surabaya 10 Jenis Tanaman Hias Untuk Taman Jepang

  • Jenis Tanaman Pandan Bali
Menurut kami Tukang Taman Surabaya. Tanaman hias pandan bali bukan keluarga pandan, pandan sendiri terdapat banyak jenisnya, tetapi jangan disangka pandan bali ini adalah tanaman keluarga berasal dari pandanus sp. 

atau spesies pandan tanaman hias pandan bali untuk disewakan Pandan Bali Tanaman yang banyak tumbuh disekitar pulau bali, tumbuh liar di area hutan disekitaran pulau ini, tanaman ini sanggup dijadikan sebagai material taman

Tukang Taman Surabaya 10 Jenis Tanaman Hias Untuk Taman Jepang

  • Jenis Tanaman Sikas/Mawar Jambe
Tanaman Sikas adalah tanaman yang terhitung ke didalam type tumbuhan tingkat rendah, masuk ke di dalam kelas Cycadaceae. 

Secara sekilas, struktur sikas sesungguhnya serupa palem, tetapi secara morfologi lebih serupa paku-pakuan. Sikas, mempunyai daun yang tajam dan berwarna hijau tua, tampilan luarnya eksotik, punya tekstur batang yang kasar dan berlapis. 
Baca juga 20 Jenis Tanaman Hias Batang Lengkap Dengan Gambar
Secara alami sikas berkembang biak secara generatif, bersama dengan kawin dan biji. Bisa juga secara vegetatif, bersama pemisahan lewat mekanisme anakan.

Sikas diperkirakan telah berusia ratusan juta tahun. Usianya yang tergolong purba dan langka, menimbulkan banyak orang untuk dijadikan koleksi tanaman.

Habitat tanaman sikas tersebar di beraneka negara. Sebagian besar tersedia di benua Asia, Indonesia merupakan tidak benar satu habitat sikas. Sumatera adalah habitat terbesarnya.

Tukang Taman Surabaya 10 Jenis Tanaman Hias Untuk Taman Jepang

    • Jenis Tanaman Bromelia
    Jenis Tanaman Bromelia memiliki corak warna warni yang terdapat di daunnya membuat bromelia sangat mempesona. Bromelia termasuk dalam tanaman hias, yang berasal dari Argentina dan Brasil. 

    Tanaman bromelia tergolong keluarga nanas, dengan nama latin Ananas cosmusus. Bedanya dengan tanaman nanas adalah bromelia tidak menghasilkan buah yang dapat dimakan. 

    Dari info yang kami Tukang Taman Surabaya peroleh Bromelia merupakan tanaman hias yang sudah lama masuk ke Indonesia. Daunnya yang memanjang seperti pohon nanas, dengan wariasi warna hijau, merah, kuning atau putih membuat tanaman ini semakin indah. 

    Tanaman bromelia ini tidak ada matinya, corak yang terdapat di helai daun terus berubah-ubah. Bromelia termasuk tanaman tropis yang dapat hidup di mana saja, 
    Baca juga 35 Jenis Bunga Aglaonema Beserta Gambar
    hanya saja sebaiknya tanaman ini tidak ditanam di tanah langsung, karena bromelia termasuk tanaman epifit atau tanaman yang hidupnya menumpang. 

    Ketika tumbuh bromelia akan menumpang di batang tanaman lain sehingga akar tanaman ini tidak sekuat tanaman lainnya. Jika dipaksa ditanam di tanah, 

    akar bromelia akan terserang jamur, lalu mati. Solusi yang biasa digunakan adalah menanam bromelia dalam pot sesuai ukuran tanamannya dengan menggunakan media campuran cacahan akar pakis, sabut kelapa, pasir, dan pupuk kandang.

    Tukang Taman Surabaya 10 Jenis Tanaman Hias Untuk Taman Jepang

    • Jenis Tanaman Sanseviera
    Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang lumayan tenar sebagai penghias bagian dalam rumah dikarenakan tanaman ini dapat tumbuh didalam suasana yang sedikit air dan sinar matahari. 

    Sansevieria miliki daun keras, sukulen, tegak, bersama dengan ujung meruncing. Sansevieria dibagi jadi dua jenis, 
    Baca juga 10 Jenis Tanaman Penyerap Polusi Terbaik
    yakni tipe yang tumbuh memanjang ke atas bersama dengan ukuran 50-75 cm dan type berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset bersama dengan panjang 8 cm dan lebar 3-6 cm. 

    Kelompok panjang memiliki daun meruncing seperti mata pedang, dan gara-gara ini tersedia yang menyebut Sansevieria sebagai tanaman pedang-pedangan. 

    Tumbuhan ini berdaun tidak tipis dan miliki kadar air sukulen, supaya tahan kekeringan. Namun di dalam suasana lembap atau basah, sansiviera bisa tumbuh subur.

    Tukang Taman Surabaya 10 Jenis Tanaman Hias Untuk Taman Jepang

      • Jenis Tanaman Cemara Udang
      Jenis tanaman yang terakhir dari kami Tukang Taman Surabaya adalah Pohon cemara udang, adalah tumbuhan berbunga dan berkayu dari famili Casuarinaceae. Berbeda bersama dengan model cemara lain yang hidup di dataran tinggi yang dingin, 

      cemara udang justru hidup di tempat pesisir bersama dengan pantai berpasir yang suhu udaranya lebih tinggi. Spesies ini juga toleran pada garam, 

      Tukang Taman Surabaya 10 Jenis Tanaman Hias Untuk Taman Jepang

      sehingga angin pesisir yang banyak mengandung garam tidak bakal mengganggu kehidupan spesies ini. Pohon ini lebih-lebih dapat tumbuh di substrat yang lebih keras daripada pasir, 

      layaknya bebatuan karang dan sanggup mentoleransi pH antara 5.0 - 7.7. Pohon yang dapat tumbuh hingga 45 meter ini terhitung toleran terhadap tanah yang tercemar limbah.

      Desain Taman Rumah Ala Jepang

      Dalam mendesain taman mirip dengan taman orang jepang ada prinsip-prinsip perlu yang mesti diperhatikan, layaknya simbol-simbol tertentu didalam taman, 

      misalnya terdapatnya miniatur gunung, bebatuan yang leingkar dan hal-hal lain yang berwujud alami. Desain taman jepang tidak berwujud lurus atau simetris melain berupa asimetris, 

      di dalam membawa dampak tamap orang jepang tidak menitik beratkan kepada suatu objek namun seluruh itu didesain mirip supaya tidak nampak yang dominan, inilah yang mengakibatkan taman ala Jepang ini keluar lebih natural. 

      Desain Taman Rumah Ala Jepang

      Prinsip desain taman ala Jepang Mendesain taman sebetulnya bisa cocok selera atau dengan aneka ragam, tetaapi ciri khas senantiasa tersedia terhadap taman jepang. 

      Dalam memicu taman mereka selalu ada miniatur natural didalamnya seperti membawa dampak gazebo ditengah-tengah kolam, tumbuhan bonsai, bebatuan mengitari kolam dan lain-lain. Semua ini di Jepang melambangkan usia panjang.

      Tanaman Hias untuk Taman Tropis 

      Tentunya ada banyak pilihan tanaman yang sanggup ditumbuhkan di area taman. Jenis tanaman berikut mampu menjadi alternatif untuk taman dengan konsep tropis di pekarangan yang tidak terlalu luas. 

      1. Kamboja Jepang 
      kamboja jepang jenis tanaman untuk taman tropis - diminimalis.com kamboja jepang jenis tanaman untuk taman tropis – diminimalis.com Kamboja jepang sudah banyak digunakan untuk taman-taman bertema tropis. 

      Tanaman bersama daun yang sedikit selanjutnya memang memadai kuat untuk hidup di iklim tropis yang relatif panas. 

      Kamboja jepang mampu hidup bersama subur pada suhu 15 hingga 45 derajat celcius. Jenis tanaman hias untuk taman minimalis ini banyak diminati dikarenakan penampilan bunganya yang cantik. 

      Umumnya mempunyai 5 helai bunga bersama warna putih di sedang dan kuning atau merah muda di anggota tepi kelopak bunganya. Selain cantik, kamboja jepang terhitung enteng untuk masalah perawatan. 

      Tanpa disiram pun kamboja jepang senantiasa bisa tumbuh, jika pas musim kemarau dan jarang turun hujan. Mungkin akan memerlukan sedikit penyiraman sehingga daun dan bunganya tidak terlampau banyak berguguran. 

      2. Bunga kertas atau bougenville 
      Bunga kertas lumayan kerap ditemukan terhadap taman-taman tropis di tanah air. Tanaman hias yang satu ini sebetulnya mudah untuk ditanam pada situasi lingkungan yang panas layaknya Indonesia. 

      Untuk Anda yang bakal menyebabkan taman tropis, sanggup memasukan tanaman yang satu ini. 

      bougenvile type tanaman untuk taman minimalis - diminimalis bougenvile style tanaman untuk taman minimalis – diminimalis Bunga kertas atau yang biasa disebut tanaman bougenville sanggup jadi pilihan untuk Anda yang punya taman di tempat tinggal minimalis. 

      Jenis tanaman untuk taman tropis ini tidak memiliki batang besar sehingga sanggup muncul lebih tertata untuk taman yang tidak amat luas. 

      Selain itu daunnya pun tidak begitu lebat. Justru bunga berasal dari tanaman ini bisa lebih lebat dari daunnya. Jadi sanggup mempercantik taman tropis minimalis Anda. 

      Beberapa type bunga kertas yang populer antara lain adalah cherry blossom, Alexandra, gold rush, after glow, dan masih banyak lagi. 

      3. Cemara Norfolk 
      Tanaman beringin mampu jadi peneduh, tapi tidak sesuai untuk taman tropis di lahan yang sempit. Jika Anda memilki taman mungil, Anda bisa menaman cemara Norfolk. 

      Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang berasal berasal dari daerah Norfolk di Selandia Baru. 

      cemara norfolk jenis tanaman untuk taman minimalis - diminimalis.com cemara norfolk tipe tanaman untuk taman minimalis – diminimalis.com Banyak juga orang yang menyebutnya sebagai cemara pinus batang. 

      Tanaman yang satu ini bisa menjadi peneduh di taman yang tidak begitu luas. Selain itu, cemara Norfolk terhitung tanaman taman tahan panas. Jadi dapat dipilih untuk menghias taman tropis Anda. 

      Cemara Norfolk tumbuh dengan amat baik di lingkungan bersama kondisi panas atau tetap memperoleh sinar matahari penuh. 

      Seperti kondisi lingkungan di tanah air yang tiap tiap tahun menerima cahaya matahari. Umumnya cemara yang satu ini tidak butuh penyiraman yang rutin seperti tanaman yang lain. 

      Cukup beri pupuk secukupnya sehingga tanahnya lebih subur dan cemara selanjutnya mampu tumbuh bersama baik. 

      4. Tanaman daun pucuk merah 
      Contoh tumbuhan yang tersedia di sekolah yang sanggup menjadi referensi untuk taman tropis Anda adalah daun pucuk merah. 

      Tanaman yang miliki daun kecil dan lebat ini sebetulnya menarik untuk dijadikan penghias taman tropis. Daun pucuk merah pun mampu hidup di lingkungan panas atau yang punya tingkat polusi tinggi. 

      Daun pucuk merah mempunyai daun yang memadai mengkilap dan berukuran kecil. Saat tetap muda daunnya berwarna merah kegelapan. 

      Maka berasal dari itu tanaman ini disebut pucuk merah dikarenakan sebetulnya daun berwarna merah hanya selagi tetap baru atau berada di anggota pucuk tanaman. 

      Tanaman yang satu ini terhitung tidak memerlukan perawatan khusus. Hanya menyiram secara teratur dan berikan sedikit pupuk untuk mampu tumbuh subur. Tanaman pucuk merah dapat ditanam langsung di tanah atau pakai fasilitas pot. 

      5. Bunga sepatu 
      Nama tanaman hias yang satu ini telah lumayan populer di Indonesia. Bunga sepatu, tanaman hias yang mempunyai bunga bersama warna terang dan cantik. 

      Bunga sepatu punya kekuatan untuk tumbuh di tempat dengan suasana panas. Jenis tanaman untuk taman tropis ini pun banyak menghiasi pekarangan rumah. 

      Penyuka bunga sepatu terbilang lumayan banyak. Bunga cantik dan perawatan yang gampang menjadi kekuatan tarik dari bunga sepatu

      Silahkan anda berkreasi membuat taman jepang dengan hunting beberapa jenis tanaman hias di atas semoga artikel dari kami Tukang Taman Surabaya tentang 10 Jenis Tanaman Hias Untuk Taman Jepang. Memberikan manfaat bagi anda. Terima kasih.