25 Jenis-Jenis Pohon Palem Hias Dan Nama Latin

Jasa Tukang Taman Surabaya. Mengulas beberapa jenis pohon palem yang biasa ditanam sebagai tanaman pelindung ataupun peneduh. Untuk kisaran harga dari pohon palem tergantung ukuran dan jenisnya. Untuk jenis tanaman palem termahal adalah palem yang sudah langka dan jarang dijumpai, misalkan palem jenggot.

Sedangkan untuk jenis palem kipas harga masih standar, memang ada beberapa jenis palem termahal
dan jenis pohon palem ini akan mempengaruhi harganya. 

Misalkan jenis pohon palem hijau akan lebih murah apabila dibanding dengan palem bismarkia, dan biasanya juga terpengaruh oleh trend pada waktu itu. Sehingga mungkin stok budidaya berkurang permintaan tinggi.


Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang 25 Jenis-Jenis Pohon Palem Hias Serta Gambar

Secara umum ciri-ciri pohon palem adalah mempunyai daun pelepah, menjadi dan pohon batang tidak keras. Berikut ini kami sertakan jenis pohon palem dan nama latinnya, antara lain :


1. Jenis Palem Putri

Palem Putri yakni palem kecil yang menyerupai versi kecil dari Roystonea regia atau palem raja. Palem ini mempunyai batang tunggal berwarna abu-abu dengan wujud ramping melainkan sedikit sembab dibagian dasar batang. Palem putri mempunyai daun yang rapih yang jumlahnya menempuh belasan. 
Baca juga 10 Jenis Pohon Peneduh Cepat Tumbuh
Di Indonesia pohon palem puteri ini mempunyai lebar tajuk menempuh 2m bahakan lebih dengan lebar tiap daun menempuh 1 meter. 

Bentuk luarnya daun palem putri mirip dengan palem raja cuma saja daunnya mempunyai warna yang lebih hijau. Tanaman ini jikalau tumbuh di habitat yang pantas, tingginya dapat menempuh sekitar 5 m


Jenis pohon Palem Putri


2. Jenis Palem Sadeng

Palem sadeng / palem serdang nama latinnya (Saribus rotundifolius) di luar negeri disebut Footstool Palm, Roundleaf Fan Palm, Fountain Palm, Roundleaf Fountain Palm, atau Anahaw. 

Ciri khas palem sadeng merupakan daun nampak berbentuk bulat saat masih muda atau pertama kali keluar (sehingga dinamakan roundleaf), seperti kipas, dan warnanya hijau mengkilat. 

Dari pengamatan kami jasa tukang taman surabaya. Seiring bertambahnya umur palem sadeng, karenanya daun akan mulai membelah dan tak seperti itu menawan seperti permulaan tumbuh daun yang membulat. 

Banyak yang menghasilkan tanaman ini sebagai tanaman indoor sebab keperluan sinarnya adem hingga full sun.
Baca juga 10 Jenis Pohon Perindang Untuk Depan Rumah
Palem sadeng yaitu tanaman hias dengan nama latin Saribus rotundifolius. Formatnya mirip seperti pohon kurma atau pohon palem pada lazimnya. Palem sadeng mempunyai karakteristik antara lain, 

batang bertekstur keras dan berwarna kuning, daunnya bulat melebar (roundleaf) seperti kipas dan mempunyai mahkota daun yang berdiameter antara 2 – 4 meter. Pohon palem sadeng bisa tumbuh sampai ketinggian 9 meter


Jenis pohon Palem sadeng (Saribus rotundifolius)


3. Jenis Palem Kipas Perak (Silver) Bismarkia

Palem bismarck / bismarkia silver istilah latinnya (Bismarckia nobilis) ialah kultivar pohon palem dengan warna daun perak atau silver, menonjol unik dan menawan.  

kategori palem pada biasanya, palem bismarkia bendung kekeringan dan juga jahil alias tak butuh perhatian khusus ataupun perawatan ekstra. 
Baca juga Mengenal Dan Merawat Palem Kipas Dan Manfaatnya
Sisa disiram saat media tanamnya kering, atau setidaknya 1-2 kali dalam seminggu, perawatan betul-betul gampang, sedangkan daunnya yang lebar dan berwarna keperakan memberikan sensasi estetika yang tak gampang didapat

Jenis Palem Kipas Perak (Silver) Bismarkia Bismarckia nobilis


4. Jenis Palem Botol

Palem botol istilah latinnya (Hyophorbe lagenicaulis), nama lainnya Bottle Palm atau Palmiste Gargoulette, ialah species tanaman dalam famili Arecaceae. 

Berasal orisinil dari Round Island, Mauritus, palem botol mempunyai ciri khas yang betul-betul unik sebab batang menggembung seperti botol. 

Dari yang kami jasa tukang taman surabaya dengar info bahwa banyak yang mengatakan bahwa batangnya yang menggelembung seperti botol bertujuan untuk menaruh air, namun itu tidak sesuai faktanya. Tinggi tanaman bisa menempuh 4-6 meter, dengan diameter batang bisa menempuh 50-60 cm. Pertumbuhan tanaman tergolong lambat.

Jenis pohon Palem botol Hyophorbe lagenicaulis


5. Jenis Palem Bambu

semacam ini sawit nama latinnya (Chamaedorea erumpems) pertama kali ditemukan di Amerika Selatan. Ciri-ciri daun seperti telapak tangan yang tumbuh menyerupai semak-semak yang setiap lembar. Pohon palem ini dapat menghasilkan bunga yang indah merah dan putih

.Jenis pohon Palem bambu Chamaedorea erumpems


6. Jenis Palem Bali (Pandan Bali)

Tanaman pandan Bali (Cordyline australis) diketahui juga dengan nama cabbage tree, cabbage-palm atau ti kouka. Spesies tanaman dari famili Asparagaceae ini berasal dari Selandia Baru. 

Tanaman ini ialah tanaman hias daun yang eksotik sebab daunnya yang berwarna hijau panjang dan runcing (seperti pedang) keluar dari ujung batang tunggal yang tinggi. 

Tanaman pandan Bali yakni penyaring polusi dan debu yang bagus. Tanaman ini bisa ditanam di dalam ruangan ataupun di luar ruangan 

Jenis pohon Palem  Pandan bali Cordyline australis


7. Jenis Palem Butia/Capitata

Wujud tajuknya menarik. Daun menyerupai kipas besar terlihat berwarna hijau pucat dilapisi semacam lilin tipis. Tangkai daun tanaman asal Amerika Selatan berduri. 

Bunga berukuran mini tumbuh serempak dan berwarna merah menyala. Dari pengamatan kami jasa tukang taman surabaya buah menyerupai bulatan oval dan berwarna merah kehijauan. Buah ini akan timbul dalam sebagian tandan pada ketiak daun.


Jenis Palem Butia/Capitata


8. Jenis Palem Ekor Ikan

Tanaman ini mempunyai nama ilmiah Caryota mitis. Palem tipe ini banyak tumbuh di wilayah Asia, seperti di Malaysia, Burma, dan Indonesia. 

Ketiga negara hal yang demikian menjaga eksistensi palem ekor ikan ini dengan benar-benar bagus. Palem ini diwujudkan alternatif untuk ditanam sebab wujud daunnya yang unik, mirip sirip ikan. 

Pokok pohon palem ekor ikan ini umumnya akan kelihatan besar sebab tumbuh berjeda-seling dengan dahan tangkainya.

Wujudnya mirip ekor ikan. Tepi daun beringgit, seperti ekor ikan. Kulit daun mengilap dengan tulang-tulang daun yang menyirip. 

Warna daun hijau cemerlang dengan panjang 20 cm dan lebar 15 cm. Tingginya dapat menempuh 3-6 m. Buah berbentuk bulat dan berwarna hijau kehitaman dengan sedikit kemerah-merahan.

Jenis Palem Ekor Ikan Caryota mitis


9. Jenis Palem Ekor Tupai

Wodyetia bifurcata adalah jenis palem nama latinnya (Arecaceae) langka asal Semenanjung York, Queensland, yang sekarang sangat populer sebagai tanaman hias taman. 

Di Indonesia ia dikenal juga sebagai palem ekor tupai, sedangkan nama umum dalam bahasa Inggris adalah foxtail palm atau "palem ekor rubah".

Dari penampilan fisik, palem ini sama anggunnya dengan palem raja, sehingga sering ditanam sebagai pembatas jalan. 

Daunnya dapat mencapai 3 m (termasuk pelepah), dengan anak daun sempit dan tumbuh mengitari ibu tangkai daun, sehingga seperti "ekor tupai". 

Tinggi tanaman dapat mencapai 10 m, dengan batang kelabu, beruas-ruas. Tanaman ini menghasilkan bunga jantan dan betina pada tangkai yang terpisah. 
Buahnya relatif besar, diameter sampai 4 cm, berwarna hijau ketika mengkal dan berubah menjadi jingga kemerahan ketika ranum


Jenis Palem Ekor Tupai


10. Jenis Palem Kuning

Palem kuning pertama kali ditemukan di wilayah Madagaskar, Amerika Serikat. Palem ini dapat mengembang menyusun sebagian cabang. 

Daunnya panjang dan melengkung. Palem variasi ini umumnya menjadi salah satu alternatif yang pas untuk ditanam di pelataran rumah.

Palem variasi ini gampang kita jumpai dimana-mana: di halaman rumah, di pinggir jalan, di taman, bagus yang di tanam segera di tanah maupun di tanam dalam pot. Pun kerap kita jumpai ada di dalam ruangan gedung perkantoran.
Baca Juga Pohon Beringin Kecil Sebagai Tanaman Indoor
Mengapa dinamai palem kuning? Telah pasti sebab warnanya kuning. Ada variasi palem lain yang warnanya merah, sehingga dinamai palem merah.

Palem kuning disebut juga palem gading, sebab warnanya yang kuning jelas dan menyerupai gading. 

Menurut kami jasa tukang taman surabaya. Pohon palem kuning ialah variasi pohon palem yang tumbuh secara merumpun, berukuran relatif  kecil dan ramping dibandingi palem variasi lainnya.

Pelepah daunnya menutupi batang yang beruas-ruas, sehingga batang pohon tak menonjol dan seperti cuma daun-daun saja dari atas tanah. Layak untuk diletakkan di pot yang besar.


Jasa Tukang taman Surabaya Jenis Palem Kuning


11. Jenis Palem Kipas

Salah satu dari macam tanaman palem ini ialah macam PALEM KIPAS. Palem kipas, atau dalam bahasa latin disebut juga Livistona chinesis mempunyai ciri yang unik yang membedakannya dari macam palem yang lain, 

adalah format daunnya yang menyusun separo lingkaran dan menyerupai kipas. Diameter daunnya dapat menempuh 30-50 cm dan tingginya bisa menempuh 10 meter pada habitat aslinya.



Jenis Palem Kipas Livistona chinesis


12. Jenis Palem Segitiga Hijau

Jenis palem yang memang bentuk susunan daunnya menyerupai bidang segitiga, bentuk daun yang bagian atas kemudian kebawah berubah seperti membentu suduk.

Palem ini mempunyai istilah latin Neodypsis decaryi tanaman ini berasal dari kawasan Madagaskar sehingga sangat cocok untuk ditanam di daerah tropis seperti Indonesia.


Jenis Palem Segitiga Hijau Neodypsis decaryi


13. Jenis Palem Kenari


Palem kenari mempunyai tampilan jasmani yang mirip dengan pohon kurma. Perbedaannya berlokasi pada komponen dahannya, 

dikala telah terlepas bisa menonjol bahwa terdapat sisik yang ukurannya lebih kecil ketimbang yang terdapat pada pohon kurma. 

Daun palem kenari mempunyai tekstur yang lebih halus diperbandingkan dengan daun pada pohon kurma.

Jenis Palem Kenari


14. Jenis Palem Kurma

Palem kurma atau yang lebih diketahui dengan kurma adalah buah yang cukup tenar di Indonesia, terlebih dikala memasuki Ramadhon dan hari raya.

Tanaman palma dengan nama ilmiah Phoenix dactylifera ini sampai dikala ini belum dikenal dari mana asalnya. 

Ketinggian pohon dapat menempuh 15 – 25 meter, mempunyai daun yang memanjang antara 3 – 5 meter, dan pada tiap-tiap tangkai daunnya terdapat duri.

Karena menurut kami jasa tukang taman surabaya. Buah kurma sungguh-sungguh berkhasiat bagi kesehatan tubuh, antara lain memperkuat tulang sebab kaya akan kandungan kalsium, melancarkan pencernaan, 
Baca juga 12 Pohon Buah Tidak Tinggi Namun Cepat Berbuah
memenuhi keperluan serat sehari-hari, mengobati penyakit anemia dan kandungan belerang di dalamnya berkhasiat untuk meringankan gejala alergi. 

Bagi yang merasa terlalu kurus, mengkonsumsi buah kurma dapat menjadi solusinya sebab kalori di dalamnya terbilang tinggi. 

Dengan mengkonsumsi kurma secara rutin, energi bendung dan stamina tubuh akan terjaga dan konsisten stabil.

Jenis Palem Kurma Phoenix dactylifera

15. Jenis Palem Kelapa

Suku pinang-pinangan atau Arecaceae yakni sekelompok tumbuhan berbunga yang banyak anggotanya mempunyai skor penting dalam kehidupan manusia. 

Kelapa diketahui segala penduduk kepulauan tropika sebagai tumbuhan serba guna. Demikian pula enau dan pinang. Pemanfaatannya meliputi hampir segala komponen tumbuhan, secara khusus komponen buahnya.

Masyarakat Indonesia, secara khusus di Maluku, memanfaatkan tanaman ini sebagai makanan pokok ialah sagu yang diambil dari batangnya variasi Metroxylon sago

hal ini yakni keunikan tersendiri dalam hal makanan pokok masyarakat di dunia. Suku ini dahulu diketahui sebagai palmae dan meliputi segala tumbuhan yang lazim disebut palma atau palem.

Jenis Palem Kelapa Arecaceae Metroxylon sago


16. Jenis Palem Merah

Palem merah diketahui juga sebagai pinang merah. Palem merah (Cyrtostachys lakka Becc.) ialah tanaman hias populer yang umum ditemui di pelataran rumah. 

Nama merah diambil dari warna pelepah daunnya yang merah pekat menyala. Palem merah kini menjadi salah satu tumbuhan langka sebab eksploitasi besar-besaran di hutan Sumatra dan Malaya, daerah asalnya.

Terdapat varian yang kini dianggap sebagai varietas, yang diketahui sebagai palem jingga (C. renda Blume). Palem merah ialah flora maskot Provinsi Jambi

Jasa Tukang taman Surabaya Jenis Palem Merah

17. Jenis Palem Nolina

Tanaman nolina / molina / kuncir kuda berbatang satu (tunggal/single). Nolina (Beaucarnea recurvata) ialah tanaman hias daun yang sungguh-sungguh unik, ada dua (2) keunikan dasar yang dimiliki oleh nolina, 

ialah format daun yang menyerupai kuncir kuda (sehingga di luar negeri disebut ponytail palm), dan bonggol batangnya yang besar (sehingga disebut juga elephant’s foot atau kaki gajah), juga disebut bottle palm.

Nolina menawan juga dipakai sebagai tanaman indoor. Nolina pertama kali ditemukan di Mexico, oleh seorang berkebangsaan Prancis, pada tahun 1870. 
Baca juga 15 Gambar Desain Taman Kering Indoor Dan Outdoor Praktis
Sesudah itu mulai menyebar ke Eropa sebagai tanaman hias, dan hingga dikala ini telah dikenal menyeluruh di dunia. Nolina tertua kini ada di Meksiko, umurnya 350 tahun.

Dari info yang kami jasa tukang taman surabaya baca tanaman ini berasal dari famili Asparagaceae, dipercayai berasal autentik dari Meksiko, negara daerah ditemukannya pertama kali. 

Walaupun disebut juga ponytail palm, tanaman ini sama sekali tak terkait dengan tanaman palem yang sebenarnya atau bukan ialah suku Arecaceae. 

Nolina acap kali dihasilkan tanaman indoor ataupun tanaman outdoor, jangan hingga menyiram terlalu banyak sebab nolina tak menyenangi kelebihan air, 

apalagi apabila hingga becek sekali menyerupai lumpur. Bonggolnya ialah komponen batang yang membesar dengan tujuan untuk menaruh air.


Jasa Tukang taman Surabaya Jenis Palem Nolina

18 Jenis Palem Jepang

Meski namanya ‘jepang’, tapi palem ini berasal dari Australia. Daun sirip palem ini (Ptychosperma macarthurii) mempunyai si kecil-si kecil daun berpasangan dan bergerigi.  Pelepah daunnya berupa seludang yang tumbuh berumpun.

Jasa Tukang taman Surabaya Jenis Palem Jepang


19. Jenis Palem Payung

Daun payung merupakan tanaman endemik yang banyak ditemukan di daerah Sumatera. Tanaman ini memiliki karakteristik memiliki daun yang sangat lebar serta kuat. 

Karena itulah, pada zaman dahulu tumbahan ini sering dimanfaatkan sebagai dindin maupun atap rumah. 

Tanaman yang sering juga disebut sebagai daun sang atau salo ini memiliki nama ilmiah Joannestijsmania altifrons, yang diambil dari nama penemuannya yaitu Professor Teijsman.


Jasa Tukang taman Surabaya Jenis Palem Payung
Image : bibitbunga.com


20. Jenis Palem Raja

Pohon palem tipe ini (licuala grandis) berasal dari Papua Nugini dan New Britain. Wujud dari palem ini yaitu kipas bundar yang utuh. Sedangkan berbentuk kipas, tetepai tak gampang sobek oleh hembusan angin.

Palem raja yaitu sekelompok palem (10 tipe) yang diklasifikasikan dalam marga Roystonea. Tumbuhan ini berasal dari tempat Karibia dan Amerika tropika. 
Baca juga 25 Jenis Tanaman Yang Membutuhkan Sedikit Air
Nama Roystonea diambil dari nama seorang insinyur yang berprofesi di kemiliteran AS, Roy Stone. Salah satu anggotanya, R. regia lazim ditanam di pinggir jalan atau di taman-taman.

Palem raja termasuk suku Arecaceae (palem-paleman), yaitu tumbuhan biji tertutup (Angiospermae) merupakan biji buahnya terbalut daging.

Dari pengamatan kami jasa tukang taman surabaya. Palem raja (Roystonea regia) banyak di dapatkan di pulau Jawa. 

Palem raja dapat ditemukan di beragam daerah hingga dan pun cakap tumbuh pada ketinggian 1.400 m di atas permukaan laut.

Palem raja (Roystonea regia) yaitu tumbuhan pohon atau panjatan. Palem raja yaitu tumbuhan yang tidak bercabang dan tumbuh tegak ke atas. Tumbuhan ini dapat tumbuh sampai menempuh tinggi 20 m.


Jasa Tukang taman Surabaya Jenis Palem Raja


21. Jenis Palem Regu/Waregu

(Palem) Waregu adalah sekelompok palem yang termasuk dalam genus Rhapis. Terdapat sekitar 10 macam, sebagian di antaranya menjadi tanaman hias ruang ataupun taman. 

Macam-jenisnya berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara, khususnya pada tempat subtropika dan tropika.

Macam yang lazim dibuat tanaman hias ialah R. excelsa. Macam-macam lainnya yang dapat ditemui di taman atau ruangan ialah R. gracilis dan R. humilis. Palem ini relatif bendung udara dingin dan kering seperti pada ruangan ber-AC

Jasa Tukang taman Surabaya Jenis Palem Weregu




22. Jenis Palem Uban (Washington)

Jenis palem yang satu ini mirip dengan palem bismarkia hanya saja warna batang dan bentuk daunnya berbeda. Palem jenis uban daun berwarna hijau, sedangkan palem bismarkia cenderung ke warna silver.

Jasa Tukang taman Surabaya Jenis Palem uban washingtong


23. Jenis Palem Udang

Palem variasi Encephalartos horridus memang terbilang unik dan eksotis. Tanaman yang termasuk dalam family ini mempunyai perpaduan warna daun hijau pekat kebiruan serta dibalut dengan 

goresan warna silver yang mengagumkan pohon palem dengan perpaduan tiga warna sekalian itu termasuk langka. 

Daun-daun hal yang demikian tumbuh ke semua arah sampai menyerupai format air mancur taman. 

Format daunnya berduri tegas, dengan ukuran daun lebih tebal dan lebar dari pohon palem horridus pada lazimnya yang berduri halus dan berdaun sempit

Jasa Tukang taman Surabaya Jenis Palem udang


24. Jenis Palem Jenggot Varigata

Palem jenggot (Coccothrinax crinita) ialah tanaman langka dari Kuba, Kepulauan Karibia. Nama tanaman ini didapat dari formatnya yang memang seperti jenggot manusia, 

merupakan terdapatnya serat berwarna putih keemasan yang berjuntai-juntai menyelimuti batangnya. Ciri khas palem jenggot yakni format daunnya menyerupai kipas, batangnya dapat tumbuh sampai ketinggian 10 meter, 

ukuran diameternya antara 8 – 20 cm dan mempunyai bunga-bunga kecil dengan warna kuning muda. Bunga palem jenggot berlokasi di komponen ujung tangkainya yang menjuntai panjang. 

Tanaman yang satu ini juga mempunyai buah yang berwarna hitam dan ungu, dimana buah hal yang demikian cuma bisa tumbuh dikala musim panas tiba

 Jenis Palem Jenggot Varigata Coccothrinax crinita)


25. Jenis Palem Zamia

Zamia furfuracea adalah cycad asli ke tenggara negara bagian Veracruz di Meksiko timur. Meskipun bukan pohon palem, kebiasaan pertumbuhannya mirip dengan pohon palem; oleh karena itu umumnya dikenal sebagai kardus telapak tangan atau kardus cycad


Jenis Palem Zamia

Demikian tadi uraian kami jasa tukang taman surabaya tentang 25 Jenis-Jenis Pohon Palem Hias Dan Nama Latin. Semoga menambah dan edukatif bagi anda semua.


Butuh Jasa Kami Bisa Langsung Klik Kontak Di Bawah Ini :