Cara Membuat Kebun Sayur Sederhana

Jasa Tukang Taman Surabaya. Berbagi informasi tentang bagaimana cara membuat kebun sayur (agrikultural) dengan cara sederhana di halaman rumah. Mungkin anda memulai ide dengan kebun sayuran organik, yang memang notabennya anda langsung bisa mengonsumsi sendiri tanpa ada bahan kimiawi baik berupa pestisida atau insektisida.

Jasa Tukang taman surabaya kebun sayur sederhana

Anda dapat memulai dengan membuat kebun sayur di pekarangan rumah baik dengan sistem organik dengan tanaman sayuran organik dan modern. Untuk itu pemilihan jenis sayuran yang cocok untuk ditanam di pekarangan rumah merupakan langkah awal sebelum anda membuat media tanamnya.

Dengan memanfaatkan lahan sempit di samping rumah anda bisa berkebun di lahan sempit dengan vertical garden, anda bisa memanfaatkan media botol bekas
Baca juga 12 Cara Tanaman Di Rumah
Dengan menanam sayuran hidroponik dapat menjadi alternatif untuk media berkebung dengan cara berkebun sayuran ala modern. Anda bisa memanfaatkan paralon air yang di lobangi atau menanam sayur di botol bekas.

Namun tidak kalah pentingnya anda juga harus mengetahui jenis sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah.


Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang Cara Membuat Kebun Sayur Sederhana

Kebun dalam arti Indonesia adalah sebidang tanah, biasanya terletak di ruang terbuka, yang merupakan subjek perlakuan khusus oleh manusia, terutama sebagai tempat menanam tanaman.

Definisi taman adalah umum karena tanah yang diserang oleh tanaman liar juga bisa disebut taman, asalkan berada di daerah perumahan. Dalam keadaan seperti itu, kebun dibedakan dari hutan dengan jenis dan kerapatan tanaman.
Baca juga 17 Tanaman yang Bagus Ditanam Depan rumah
Menurut kami sebagai Jasa tukang taman surabaya. Dalam ekspresi sehari-hari, kebun sering digunakan untuk menunjuk perkebunan (seperti "kebun karet" atau "kebun kelapa"), terutama jika ukurannya tidak terlalu besar dan tidak intensif. sudut pandang komersial. 

Kata taman juga digunakan untuk merujuk ke kebun dan kebun. Kebun bisa menjadi halaman, tetapi tidak selalu demikian. Semua atau sebagian taman dapat dikonversi menjadi taman.

Kebun dapat ditandingi dengan kebun dalam bahasa Inggris. Taman dengan pemahaman ini adalah perusahaan monokultur pohon atau tanaman semak, tetapi bukan cara untuk menghasilkan makanan.
Baca juga  5 Teknik dasar budidaya tanaman hias
Taman-taman semacam itu telah lama dikenal, seperti kebun pala di Maluku dan berbagai kebun di berbagai bagian nusantara (seperti durian, duku, rambutan dan salak). Kebun dalam arti Indonesia biasanya tidak memiliki sistem tanam intensif dan hanya tempat budidaya dan panen.

Tidak ada fasilitas penyortiran atau pengkondisian yang tersedia di lapangan. Di luar negeri, kebun apel, jeruk, pisang, dan zaitun dibudidayakan secara intensif dan dapat dianggap sebagai perkebunan. Sumber : www.wikipedia.org


Sayuran Yang Cocok Ditanam Di Pekarangan Rumah 

Selain hemat, kita juga bisa memanen sayuran segar kapan saja. Apakah Anda tahu, memiliki kebun yang ditanam sendiri tidak sesulit kedengarannya. Sebagai permulaan, Menurut kami Jasa tukang taman surabaya ada 5 jenis sayuran yang dapat ditanam dengan mudah di beranda di sini. Anda ingin tahu? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini!


1. Tanam selada segar di dapur

Jika Anda membuat salad nanti, jangan membuangnya. Masalahnya adalah bahwa daun selada yang tersisa dapat ditanam kembali.

Masalahnya, potong bagian bawah selada sekitar 2 sentimeter. Tempatkan selada dalam mangkuk kecil yang telah diberi air ½ inci. Tempatkan di tempat yang terkena sinar matahari.

Ganti air setiap 2 hingga 3 hari. Setelah 4 minggu, batang selada akan mengembangkan jerawat baru. Jangan lupa untuk memindahkannya dalam pot kecil yang diisi dengan tanah subur.

Jasa Tukang taman surabaya kebun sayur sederhana


2. Panen bawang yang telah Anda tanam sendiri

Jika Anda memasak dan menggunakan bawang, Anda pasti akan membuang bagian atas siung bawang. Dan dengan bagian ini, Anda bisa menumbuhkan bawang sendiri, para gadis.

Caranya, keluarkan kulit bawang dan tanam di tanah dengan ujung bawang bunion ke bawah. Tempatkan di tempat di bawah sinar matahari langsung.

Jasa Tukang taman surabaya kebun sayur sederhana


3. Daun Bawang, sayuran termudah untuk tumbuh

Bawang hijau adalah salah satu sayuran yang paling mudah ditanam. Caranya, letakkan akarnya dalam wadah kecil berisi air. Daun bawang dengan tunas baru akan tumbuh sendiri setelah beberapa hari. Pastikan untuk mengganti air secara teratur dalam wadah.

Jasa Tukang taman surabaya kebun sayur sederhana


4. Tanam seledri Dengan Mudah

Menanam seledri hampir identik dengan menanam selada. Untuk melakukan ini, potong bagian bawah seledri pada 2 sentimeter dan masukkan ke dalam mangkuk kecil berisi air. Tempatkan mangkuk di dekat kaca di bawah sinar matahari langsung. Dalam beberapa hari, Anda akan memiliki tombol seledri baru di mangkuk.

Jasa Tukang taman surabaya kebun sayur sederhana


5. Sayuran Sawi Putih

Sawi adalah sekelompok tanaman klan Brassica digunakan sebagai daun atau sebagai bunga untuk makanan (sayuran), baik segar dan diproses. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang serupa pada waktu itu.

Di Indonesia, penyebutan mustard biasanya mengacu pada sawi hijau (Brassica adalah kelompok parachinensis, juga disebut bakso mustard, caisim atau caisin).

Selain itu, ada juga sawi putih (Brassica adalah kelompok Pekinensis, juga disebut kol Cina) yang biasanya disiapkan dalam sup atau diolah menjadi gherkin. Green mustard adalah jenis lain dari mustard hijau (untuk membedakannya dari caisim).
Baca juga Cara Membasmi Semut Dan Keong Pada Tanaman
Kailan (Brassica oleracea alboglabra group) adalah jenis sayuran daun yang agak berbeda karena daunnya lebih tebal dan lebih cocok untuk campuran mie goreng. Sendok mustard (pakcoy atau bok choy) adalah jenis sayuran daun sesawi yang juga dikenal di dunia keahlian memasak Indonesia.

Nah, mudah menyiapkan kebun kecil sayuran segar di rumah. Jadi, jika Anda memasak, jangan membuang semua sayuran yang Anda gunakan. Pastikan Anda dapat "mendaur ulang" dan menanam kembali sayuran. Selamat mencoba


Memanfaatkan Lahan Sempit Di Samping Rumah

Menurut kami sebagai Jasa tukang taman surabaya. Halaman adalah area tanah yang umumnya berdekatan dengan bangunan. Jika bangunan itu adalah rumah, itu disebut halaman rumah. Halaman mungkin terletak di depan, belakang atau samping bangunan, tergantung pada lebar lahan yang tersedia setelah digunakan untuk bangunan utama.
Baca juga 12 Cara Menanam Hidroponik Di Rumah
Budidaya sayuran kebun bukanlah hal baru. Praktik semacam itu telah digunakan sejak lama, terutama di daerah pedesaan. Namun, seiring waktu, kebiasaan ini semakin ditinggalkan dan banyak daerah pedesaan tidak digunakan, ditinggalkan dan steril.


Memanfaatkan Lahan Sempit Di Samping Rumah

Hampir semua jenis tanaman dapat ditanam dalam sistem tanam, pot dan hamparan bunga, termasuk bayam, kangkung, sawi, selada, kenikir, kemangi, daun bawang, seledri, cabai, tomat, terong, pare, kacang panjang, mentimun, oyong, dll.

Namun, untuk tanaman vertikal menggunakan talang yang dipasang secara horizontal, wadah bambu atau paralon yang dipasang secara horizontal, tidak cocok untuk sayuran buah seperti cabai, terong, tomat, kacang, melon pahit, dll.
Baca juga 13 Jenis Tanaman Hias Rambat Bagus Untuk Vertical Garden
Ini karena kurangnya tempat tanam, sehingga mereka tidak cukup kuat untuk memegang tanaman tegak. Sayuran buah-buahan dapat ditanam dalam pot, polybag, tas paralon atau tas bambu sehingga mereka dapat menyimpan banyak bahan tanam.


Cara Membuat Kebun Sayur Di Pekarangan Rumah

Rumah-rumah yang berada di kota, pasti mempunyai lahan sisah yang lebih sedikit dibandingkan rumah yang berada di desa atau pinggiran kota. Pasti diantara kalian ada yang mau memanfaatkan lahan sempit hal yang demikian supaya lebih bermanfaat
Baca juga Cara Merawat Buah Klengkeng Di Halaman Rumah
Lahan yang sempit memang jarang di manfaatkan, mungkin cuma dibuat taman. Tetapi terbukti anda dapat memanfaatkannya dengan vertikultur dari bambu atau paralon. Tips dari kami Jasa tukang taman surabaya, Berikut cara membuat kebun sayur sederhana dari bambu/paralon :
  1. Potong batang bambu / paralon sekitar 120 cm dengan membaginya 100 cm untuk tempat sampah ditanam dan 20 cm sisanya untuk menanamnya di tanah.
  2. Bersihkan ruas di antara bambu menggunakan linggis, kecuali untuk bagian bawah. Bagian terakhir tidak dibagi menjadi satu, tetapi hanya beberapa lubang kecil yang dibuat dengan paku untuk menyesuaikan kelebihan air. 
  3. Jika menggunakan paralon, buatlah penutupan berdasarkan paralon menggunakan tutup paralon tergantung pada ukuran paralon yang digunakan.
  4. Buat lubang tanam di sepanjang bagian 100 cm menggunakan bor, pahat atau pisau. Lubang-lubang dibuat bergantian di keempat sisi bambu / paralon. 
  5. Ada tiga lubang tanam di kedua sisi yang saling berhadapan di kedua sisi masing-masing lubang tanam, sehingga diperoleh 10 lubang tanam secara keseluruhan. Setiap lubang berdiameter sekitar 1,5 cm dan diameter 30 cm. 
  6. Bambu atau paralon kemudian ditanam dengan memasukkan bagian bawah 20 cm ke dalam tanah


Berkebun Di Lahan Sempit Dengan Vertical Garden

Langkah-langkah untuk membuat unit sistem rak vertikal adalah sebagai berikut:
  • Buat sederetan rak dengan ketinggian sekitar 1 m, lebar 1 m, panjang sesuai kebutuhan,
  • Atur empat baris rak dalam baris dengan jarak 30 cm antara anak tangga dan selebar 25 sampai 30 cm.
  • Potong talang sesuai ukuran sesuai dengan bingkai rak yang dibuat, lalu setiap ujung selokan ditutup dengan selokan penutup dan diperbaiki dengan lem selamanya,
  • Bor bagian dasar selokan dengan bor atau pisau, diameter lubang sekitar 1 cm dan jarak antara lubang antara 15 dan 20 cm.
  • Isi selokan menggunakan dukungan penanaman yang disiapkan dan atur di dataran tinggi.
  • Jenis-jenis pot yang digunakan mungkin pot plastik, ember, kaleng, pot tembikar, kantong plastik, dll. 
  • Pada prinsipnya, wadah atau pot dapat menampung media tanam dalam jumlah yang cukup. Untuk sayuran berdaun, volume tanam yang digunakan minimal 1 kg, sedangkan untuk buah bervariasi dari 3 hingga 20 kg. 
  • Jika masih belum ada lubang, buat lubang di bagian bawah pot dalam jumlah yang cukup untuk menyesuaikan penyiraman berlebih.
Demikian artikel dari kami jasa tukang taman surabaya tentang Cara Membuat Kebun Sayur Sederhana. Dengan media yang sederhana dan sistem organik modern sehingga sayuran yang anda tanam lebih sehat dan alami. Selamat mencoba..!!