image image image image image image

Harga Jasa Pembuatan Kolam Ikan Koi Minimalis Surabaya

Jasa Tukang taman Surabaya Desain gambar Kolam minimalis

Kesempatan kali ini kami jasa layanan Tukang Taman Surabaya Flamboyanasri sekaligus juga spesial dalam desain gambar untuk pembuatan kolam ikan koi minimalis kota surabaya yang sudah berpengalaman.


Kehadiran sebuah kolam ikan minimalis dalam hunian anda akan menambah nilai estetika yang indah dalam sebuah ruangan. Kolam Minimalis bisa di aplikasikan di luar (outdoor) atau di dalam ruangan (indoor) tergantung anda yang ingin membuatnya atau dalam area/ruangan kosong yang memungkinkannya hadirnya sebuah kolam minimalis.

Memang untuk kolam minimalis untuk sekarang ini lagi trend saat ini, yang mungkin desain rumah yang kebanyakan di desain minimalis maka gaya konsep dari kolam juga mengikuti untuk keserasian dengan konsep yang sama juga dengan taman minimalisnya.
Anda juga bisa membaca tentang Tukang Taman gresik Tentang Fungsi dan Desain Unik Kolam Minimalis
Kebanyakan kolam minimalis dibuat dengan sentuhan batu alam dengan berbagai jenis, menurut kesukaan anda sebagai custumer. Tetapi kebanyakan batu alam yang sering dipakai adalah jenis batu alam andesit biasa atau juga andesit bakar dan andesit tekstur.

Disamping batu alam jenis ini relatif kuat juga tahan terhadap jamur/bercamur. Namun ada pula beberapa jenis batu lainnya : batu palermo, Batu palimanan, batu candi, dan batu templek jadi semua pilihan tergantung anda.

Namun kami jasa tukang taman sekaligus special pembuatan kolam koi juga melayani pembuatan kolam koi yang tidak dengan batu alam namun dengan polesan seni dari semen yang di bentuk dan di cat biasa kami menyebutnya dengan sebutan kolam minimalis batu gobos.
Berikut contohnya :


Tukang taman Surabaya Jasa Relief Tebing

Tukang taman Surabaya Jasa Relief Tebing dan Kolam

Secara umum kolam minimalis dikategorikan menjadi dua diantaranya kolam minimalis dengan konstur diperuntukan untuk ikan koi atau kolam minimalis yang memang hanya untuk memperindah ruangan dengan gemercik airnya saja disebut dengan kolam minimalis waterwall.
Baca juga artikel kami tentang Paduan Rumah dan Kolam Minimalis
Kalau kolam minimalis diperuntukkan untuk memelihara ikan koi dalam kolam maka ukuran dari bak kolam tidak terlalu sempit dan juga kedalamam kolam harus diperhatikan minimal 1 meter lebih.

Selain kedalaman kolam juga tidak kalah pentingnya adalah sirkulasi air dan peran filter harus benar-benar terjaga, dikarena kalau membuatnya hanya asal-asalan saja tanpa memperhatikan hal tersebut maka ikan koi yang ada dalam kolam akan cepat stress bahkan akan cepat mati dikarenakan air dalam kolam cepat keruh dan sirkulasi air kurang bagus.

Nah...buat tambahan info buat anda, jadi planing desain kolam seperti apa yang anda inginkan ?

Jadi jangan heran kalau biaya atau harga pembuatan kolam ikan minimalis agak mahal, karena bukan perihal itu saja tingkat kebocoran atau merembes juga harus diperhatikan.

Sedangkan jika planing desain kolam minimalis anda hanya ingin menghadirkannya sebagai aksesoris dan mempercantik ruangan dengan dinikmati suara gemercik airnya Waterwall saja berarti dalam pembuatannya tidak sedetail kolam minimalis untuk ikan koi. Karena kolam minimalis waterwall sirkulasi airnya dialirkan melalui dinding kolam dengan sedikit pancuran airnya dari pompa air.

Tukang Taman Surabaya Pembuatan Kolam Minimalis

Tukang Taman Surabaya ahli Kolam koi Minimalis

Tukang Taman Surabaya gambar Kolam koi Minimalis

Kolam Minimalis Dalam Ruangan (Indoor)

Tiga Hal Pokok Dalam Pembuatan Kolam Ikan Minimalis

Menurut kami penyedia jasa layanan tukang taman flamboyanasri dan pembuatan kolam minimalis surabaya ada 3 hal yang pokok dalam pembuatan kolam minimalis :

1.Lantai Dasar Kolam
Untuk bahan lantai dasar kolam ini merupakan faktor terpenting dalam pembuatan kolam minimalis apabila menginginkan kolam yang indah dan kuat yang berfungsi dengan baik. Kolam dengan ukuran besar akan lebih natural karena dengan luas dan kedalaman yang sesuai maka ikan akan mudah bergerak aktif naik kepermukaan atau kedasar kolam.

Jika anda membuat kolamnya di luar ruangan maka kami sarankan untuk kedalam minimal 1 meter dikarena pada luar ruangan (outdoor) mudah terkena sinar matahari dan debu jika terlalu dangkal maka akan lebih mudah mengakhibatkan mudahnya timbulnya lumut dan membuat suhu air meningkat.

Konsep Kolam Ikan di Luar Ruangan (Outdoor)

Untuk dasar kolam bisa menggunakan cor dengan besi atau cor batu koral saja namun harus dengan komposisi perbandingan yang pas, dengan lebih banyak campuran semen daripada pasirnya dengan perbandingan batu kerikil, semen dan pasir ( 3 : 1 : 2 ). Untuk mencegah tingkat kebocoran atau merembes. *Red istilah jawa

Tukang taman Surabaya Gambar Kolam Minimalis

Hal selanjutnya tidak boleh lupa adalah memasang pipa pembuangan air kotor ketika anda mengurasnya yang terpasang pada dasar kolam karena secara berkala dan rutin anda harus membersihkan kolam dengan mengurasnya. Dan kemudian pipa pembuangan ini akan di arahkan ke bak kontrol atau saluran pembuangan air yang terdekat.

2.Dinding Kolam
Tahap pembuatan dinding kolam dibuat sebagai pembatas atau lebih dikenal dengan dinding. Apabila berdekatan dengan dinding pagar atau dinding rumah dinding kolam harus di buat berbeda namun masih terkesan unik dan mengandung keserasian dengan dinding pagar atau dinding rumah.

Dinding kolam dibuat dengan tetap mengedepankan satu-kesatuan sehingga akan terlihat dekoratif namun masih mengutamakan kekuatan dengan bahan dasar cor yang kemudian dilapisi dengan jenis bahan penutup, bisa merupa keramik atau batu alam juga.

Jasa Taman Surabaya Contoh Gambar Kolam minimalis

Untuk konsep desain kolam minimalis anda bisa menggunakan batu alam dikarenakan dapat menyatu kesannya dengan taman minimalis di sekelilingnya. Sehingga terkesan natural seperti sungai yang berada di area halaman atau rumah anda.

Kalau bisa pemilihan tempat kolam untuk memelihara ikan sebaiknya tetap mendapatkan sinar matahari langsung walaupun sedikit, hal ini dimungkinkan untuk mengurangi tingkat kelembapan yang berlebihan pada sekitar kolam.

Tukang Taman Surabaya Contoh desain Kolam minimalis

Tukang Taman Surabaya Contoh desain Kolam minimalis

Begitu juga pada bagian dinding belakang atau samping juga sebaiknya menggunakan batu alam sehingga terlihat natural sedangkan untuk bagian depannya bisa menggunakan batu koral sikat ukuran sedang untuk menambah kesan unik.

Bagian kanan kiri agak di atas diberikan aksesoris tanaman hias bisa berupa bambu air menambah kesan asri atau alami.  Karena komposisi warna akan lebih terlihat keunikannya.

3.Bak filter dan Pompa Air
Elemen penting selanjutnya adalah pompa air karena ini juga sangat dominan karena fungsinya adalah menyedot dan menyemprotkannya keluar lagi sebagai sirkulasi air kolam. Yang biasa untuk sekarang ini adalah jenis pompa air celup sehingga dapat disembunyikan dalam bagian dekat bak filter air.

Nilai tambah keindahan lagi adalah menambahkannya semburan air atau aliran air dalam dinding kolam atas (wall) sebagai aliran air sehingga keluar suara gemercik air. Namun disini anda perlu juga menambahkan alat nozzle untuk memberikan efek semburan pada kolam minimalis anda.

Aksesoris pemikat lainnya adalah sorotan lampu kolam sebagai efek pencahayaan yang membuat kesan kolam anda alami. Anda juga bisa menambahkan hiasan-hiasan lainnya seperti ukiran-ukiran batu seperti berikut ini :

Tukang taman Surabaya Hiasan Dinding Ukiran Batu

Tukang taman Surabaya Hiasan Dinding Ukiran Batu

Namun jika benar-benar ingin menambahkannya anda harus rela juga merogoh kantong anda sebagai tambahan anggaran dana pembuatan kolamnya, karena kami jasa taman sekaligus pembuat kolam minimalis akan menghadirkannya sesuai dengan pesanan klien kami. Jadi jangan minta murah tetapi bagus, karena ada kualitas ada harga.

Filter juga tidak kalah pentingnya karena filter dalam sebuah kolam berfungsi menjaga kualitas air supaya tetap bersih sehingga bagi anda bisa lebih mudah merawatnya dengan senggang waktu yang agak lama (tidak keseringan). Alat ini juga bergunan mengubah senyawa berbahaya dari sisa makanan ikan yang busuk dalam sistem penyaringan, karena fungsi filter ini dibantu oleh pompa air.

Kapasitas dari bak filter ini sebaiknya menurut kami jasa spesial pembuat kolam minimalis surabaya 30% dari ukuran kolam, misal jika ukuran kolam 3 m3 maka bak filternya berukuran 1 m3. Bak filter ini dibagi menjadi 3 bagian (chamber), yang masing-masing bagian diisi dengan sikat (brush) komposisi 5%, bioball 75% dan ziolit 20%

Material Bahan Untuk Filter Kolam
Adapun cara kerjanya yaitu sangat sederhana air kotor dari kolam dipompa masuk ke dalam chumber pertama yang berisi brush yang berfungsi seperti kapas penyaringan, kemudian mengalir ke chumber yang kedua berisi bioball (bola plastik seukuran bola pimpong yang berfungsi menyaring kotoran), setelah itu barulah air masuk ke chumber yang ke tiga yang berisi ziolit yang berfungsi membersihkan zat-zat kurang baik dalam air. Kemudian air yang sudah bebas dari amonia dialirkan lagi ke kolam.

Mungkin anda bertanya ribet benar pembuatannya, ada yang instan nggak...? Sekarang kan sudah jamannya pada instan.

Harga kolam ikan Minimalis jadi/Non Permanen

Bagi anda yang menginginkan kolam minimalis yang langsung jadi juga ada, bahannya biasanya dari pahatan batu kali. Jadi tinggal pasang pompa air sudah bisa dipakai, namun kolam minimalis ini hanya cukup untuk kolam minimalis sederhana saja.

Tidak cocok sebagai kolam ikan karena rata-rata ukuran baknya terbilang sempit. Namun kolam ikan langsung jadi ini portabel yaitu bisa dipindah-pidahkan tempatnya.

Untuk harga kolam ikan langsung jadi ini kisaran harga Rp. 3.000.000,- sampai Rp. 5.000.000,- tergantung ukuran dan bentuk variasi dari tingkat aliran airnya.

Jual Kolam Minimalis Jadi Non Permanen

Kolam Batu alam Jadi non Permanen

Harga Kolam Batu alam Jadi non Permanen

Kelebihan dari kolam minimalis batu jadi ini lebih mudah untuk dipindahkan dan lebih praktis dan sangat cocok untuk keserasian taman yang mungil sederhana yang di desain dengan konsep taman minimalis. Namun dalam estetika keindahan masih kurang karena bentuk hanya monoton itu saja kurang variatif berbeda dengan kolam minimalis yang biasa kami buat bisa menyesuaikan desain dan ukurannya.

Karena biasanya penjual hanya menyediakan kolam minimalis jadi yang sudah ready stok, tetapi anda bisa memesannya sesuai selera namun mungkin harganya lebih mahal dari yang sudah siap jual. Berikut ada beberapa contoh gambar kolam minimalis jadi dari kami jasa taman Surabaya spesialis tukang pembuatan kolam ikan koi minimalis :

Biaya pembuatan kolam ikan beton

Sedangkan untuk harga dalam pembuatan kolam ikan minimalis yang dari beton juga sama Antara harga Rp. 1.000.000,- sampai Rp. 1.500.000,- per meter persegi (M2) tergantung tingkat kerumitan desain dan lokasi pembuatannya.

Namun hitungan harga borongan atau per meter persegi tersebut dalam hitungan luas bidang, mulai dari dinding kolam sampai dinding bagian atas kolam untuk aliran air dinding (waterwall) tempata aksesoris. Tetapi harga dari kami sebagai layanan jasa pembuatan kolam minimalis surabaya flamboyanasri harga di atas sudah termasuk pompa air.

Sedangkan untuk aksesoris lainnya seperti lampu kolam, puzzle (sprinter) dan ukiran batu ada penambahan biaya lagi. Jika anda berminat atau konsultasi bisa kontak kami dengan klik tombol whatsapp berikut :

Tombol tidak berfungsi apabila dibuka via website komputer

0 Response to "Harga Jasa Pembuatan Kolam Ikan Koi Minimalis Surabaya"

Posting Komentar