image image image image image

Tukang Taman Gresik Tentang Fungsi dan Desain Unik Kolam Minimalis

Jasa Tukang Taman Gresik dan Tukang Taman Surabaya

Tukang Taman Surabaya Desain unik Kolam hiasTerima kasih kepada para pengunjung blog sederhana kami bersedia mampir, mungkin sekedar cari informasi tentang seluk beluk tanaman hias, inspirasi desain taman, atau sekedar melihat desain dan karya serta Prospect kami. Silahkan saja yang berkeinginan dijadikan inspirasi atau referensi Tentang Tukang Taman Gresik Fungsi dan Desain Unik Kolam Minimalis

Pada kesempatan kali ini kami ini menuliskan sedikit tentang sebuah kolam ikan minimalis atau juga bisa tentang kolam batu alam minimalis. Karena pada dasarnya itu sama masih dalam ruang lingkup sebuah kolam, hanya saja mungkin yang membedakan adalah desain dan konsepnya saja, misal ada konsep klasik atau modern. Karena pada umumnya kolam juga dibuat untuk hiasan pelengkap sebuah bangunan baik di luar rumah atau bangunan, bahkan ada pula yang memang dibuat di dalam ruangan seperti hotel atau gedung.

Anda juga bisa mengikuti artikel kami tentang Paduan Rumah Dan Kolam Minimalis
 
Jadi fungsi utama dari kolam adalah sebagai penghias, namun disisi lain selain dari segi keindahan atau penghias kolam juga harus diperhatikan tentang kebersihannya, jadi untuk pemilihan tanaman hias disekitarnya juga harus menjadi pertimbangan. Misalkan saja jenis tanaman yang daunnya mudah rontok maka daun tersebut akan mudah untuk mengotori kolam.
Tukang Taman Surabaya Desain unik Kolam hias

Jasa Tukang Taman Gresik dan Tukang Taman Surabaya
Selain faktor keindahan dan kebersihan kolam hias, ada pula yang harus diperhatikan yaitu tentang keamanan. Faktor keamanan umumnya terkait dengan anak-anak terutama balita. Karena kebanyakan anak balita menyukai kolam hias, terlebih lagi jika kolam hias tersebut dilengkapi dengan sebuah air mancur pancuran atau air terjun (waterwall). Oleh karena itu, jika anda berminat membuat kolam hias jangan terlalu dalam, kecuali jika dibuatkan pagar pengaman yang berada dipinggir kolam hias.

Desain unik sebuah kolam hias minimalis dapat dibedakan beberapa macam, antara lain berdasarkan bentuknya, bahan baku yang dipakai dan berdasarkan fungsinya.

Untuk anda yang membutuhkan inspirasi dapat anda ikuti tautan tentang Desain Kolam Ikan Unik Tukang Taman Surabaya.

1.Jenis  Kolam Hias Berdasarkan Bentuknya
Untuk kolam hias jenis ini dibedakan menjadi 2 yaitu :
a.Jenis Kolam Hias Formal
Jenis kolam hias ini biasanya berbentuk persegi panjang, bulat, oval, atau lunjong. Sehingga kesan dari konsep kolam hias ini justru terkesan kaku sehingga kebanyakan divariasi dengan ada penambahan berupa air mancur kecil atau air terjun (waterwall). Namun konsep dari kolam hias ini cocok dibangun pada lahan yang sempit karena lahan tersebut dapat lebih dioptimalkan.

Tukang Taman Surabaya Desain unik Kolam hias

b.Jenis kolam informal
bentuk atau konsep dari kolam informal ini terlihat bebas aren dalam pembuatannya kolam hias ini dibuat dengan desain berkelok-kelok karena agar terkesan natural (alami) seakan-akan memberikan kesan pegunungan atau pedesaan. Dan biasanya kolam hias informal ini diberikan hiasan unsur alam misal berupa bebatuan atau tanaman hias.

2.Jenis Kolam Hias Berdasarkan Bahan Baku
Berdasarkan bahan bakunya kolam hias dibedakan menjadi 3  jenis, yaitu :
a.Kolam Hias Beton
Kolam jenis ini memang dibuat dari bahan dasar semen dan diperlukan konstruksi yang baik agar kolam lebih kuat dan kokoh. Namun apabila pengerjaannya kurang baik maka kolam hias bisa saja terjadi kebocoran. Akhibatnya, air akan terus berkurang sehingga perlu ditambah setiap saat sehingga hal ini tidak efisien. Selain itu kolam hias dari bahan semen biasanya mudah berlumut sehingga diperlukan pembersihan secara berkala. Kolam hias jenis ini juga dapat dibuat lebih natural seperti pemandangan alam.

b.Kolam Plastik
Kolam hias jenis ini berbahan plastik Polyethilen (PE). Beragam jenis dan Merck plastik yang dijual di pasaran. Namun jenis kolam Hias ini kurang disukai disamping dari bahannya juga keartistikan, keunikan dan keindahannya pun kurang. Daya tahan dari jenis kolam hias plastik ini bervariasi mulai dari 2 – 10 tahun, karena itu semua tergantung dari ketebalan dan harganya.

c.Kolam hias dari bak plastik atau fiber Glass

kolam hias yang terbuat dari bak plastik atau fiber Glass umumnya dijual dalam bentuk yang sudah jadi sehingga jika anda berminat tinggal memasangnya  di luar maupun di dalam ruangan. Dan bentuk konsep kolam hias ini berbeda-beda dari berbentuk persegi empat, bulat, oval atau lonjong.

3.Kolam Hias Berdasarkan Fungsinya
Untuk jenis kolam hias berdasarkan fungsinya kolam hias ini dibagi menjadi dua yaitu kolam bermain dan kolam alami.
a.kolam bermain
kolam jenis ini berfungsi sebagai area bermain dan belajar anak-anak. Biasanya kolam bermain berukuran kecil dan dangkal. Dan harus dilengkapi dengan pagar untuk keamanan.

Tukang Taman Surabaya Desain unik Kolam hias

b.Kolam alami
Kolam alami merupakan miniatur danau yang biasanya terdapat di alam. Bentuknya sepintas terkesan acak-acakan namun akan terlebih natural dan indah yang biasanya kolam air mengalir suara gemercik dari aliran air membuat suasana nyaman.

Jasa Tukang Taman Gresik dan Tukang Taman Surabaya

Ada juga asesoris pelengkap lainnya misal semburan air yang berada ditengah atau salah satu sudutnya maka kolam hias akan makin terlihat mempesona. Tetapi anda harus melengakapinya dengan yang otomatis berjalan yang disebut dengan “nozzle” dan "Timer" yang ukuran semburannya dapat diatur sehingga menimbulkan efek suara gemercik air yang anda inginkan.

Untuk foto desain beberapa konsep Kolam bisa lihat di referensi desain kolam minimalis

Penampilan akan lebih indah dan memikat lagi apabila dilengkapi lagi dengan efek linting atau pencahayaan dengan begitu kolam ikan hias akan lebih tampak alami. Namun disamping itu semua yang lebih perlu diperhatikan adalah filter yang bagian terpenting dalam sebuah kolam hias.

Karena pada dasarnya kolam apa saja konsep dan desainnya sarana filter harus ada, karena fungsi utamanya adalah menjaga dari kualitas air agar tetap bersih sehingga anda tidak terlalu kesulitan dalam merawatnya. Karena filter ini dapat mengubah senyawa berbahaya dari hasil dekomposisi dan sisa pakan.

Terima ksih telah menyimak tulisan ringkas kami Tukang Taman Gresik Fungsi dan Desain Unik Kolam Minimalis

0 Response to "Tukang Taman Gresik Tentang Fungsi dan Desain Unik Kolam Minimalis"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463