10 Langkah-Langkah Membuat Taman

Tukang Taman Surabaya. Tentang langkah-langkah dalam membuat taman yang indah, bisa dengan konsep taman minimalis untuk lahan yang sempit. Sangat cocok untuk taman kecil dengan memanfaatkan lahan yang kosong yang berada di depan rumah. Karena dengan hadirnya taman bunga dihalaman rumah anda, maka rumah akan lebih asri dan indah.

Dalam membuat taman, anda bisa memanfaat bahan-bahan yang berada di sekitar anda. Misalkan dengan cara menata batu di taman yang acal-acakan, bisa juga dengan bahan kardus bekas dan botol bekas untuk taman vertikal atau dengan taman buatan hidroponik. 

Tukang Taman Surabaya

Berikut Langkah - Langkah Membuat Taman Rekomendasi Dari Tukang Taman Surabaya.

Untuk anda yang mempunyai luas tanah yang bakal anda jadikan sebuah taman di halaman depan rumah atau di belakang rumah. 

Taman yang anda idamkan akam membawa dampak sebuah taman anda harus juga mengatur rencana sebuah taman tadi, dan jangan asal naruh tanaman, tujuanya kenapa, jika anda udah punya rencana yang jelas, tanaman anda bakal terlihat natural serta asri dan elok.

Salah satu usaha untuk menghadirkan keindahan di lingkungan rumah kita adalah dengan menghadirkan taman di rumah. 

Namun sebagian orang masih bingung bagaimana membawa dampak sebuah taman di kira-kira rumahnya. Dalam menghadirkan taman di rumah pasti saja ada sebagian hal yang harus diperhatikan, 

di antaranya luas area atau lahan, tata letak taman, tema atau rencana taman yang idamkan dihadirkan, jenis tanaman dan drainase atau saluran air. 

Dimulai dengan hal yang mendasar dalam membuat taman bisa dengan bermacam-macam konsep desain tergantung ide tema sesuai dengan keinginan anda. 

Berikut ini bakal dijelaskan bagaimana langkah membawa dampak taman yang indah berdasarkan hal-hal tersebut.

1. Menentukan Lokasi Untuk Taman

Tata letak taman di kira-kira rumah benar-benar terkait pada luas area yang tersisa di kira-kira rumah anda. Jika sisa lahan yang anda punya ada di samping, maka buatlah taman di samping rumah, 

tapi jika lahan yang tersisa ada di depan atau belakang, maka buatlah taman di depan atau di belakang rumah.

Kebanyakan taman rumah di letakkan di anggota depan rumah, tapi ada juga yang letakkan taman di belakang dan samping rumah. 

Selain itu, taman yang di letakkan di lantai dua atau atap sebuah rumah menjadi tren sekarang ini. Taman di di dalam rumah atau yang biasa disebut sebagai indoor garden juga sanggup memperindah interior rumah anda. 

Selain memperindah interior rumah, sanggup juga memberi kesegaran pada mata yang memandang.


2. Mengukur Luas Lahan Area Taman

Luas area merupakan hal yang pertama dan perlu untuk diperhatikan kala anda idamkan membawa dampak taman. Luas area bakal berpengaruh pada tema taman dan pemilihan jenis tanaman. 

Jika anda punya area yang cukup luas, anda sanggup letakkan banyak tanaman maupun hiasan seperti lampu taman di taman anda.

Keuntungan jika anda punya area yang luas adalah sanggup menjadikan taman sebagai area bermain anak – anak ataupun menjadi area berkumpul keluarga yang benar-benar menyenangkan. 

Anda sanggup membawa dampak rencana ruang tamu outdoor dan ruang makan outdoor jika anda punya lahan yang luas. Anda sanggup letakkan kursi santai, meja dan kursi makan maupun ayunan.
Namun jika anda hanya punya area yang sempit, anda tidak harus risau untuk membawa dampak taman di kira-kira rumah anda. 

Meskipun area yang anda punya sempit, anda selalu sanggup membawa dampak taman yang minimalis. Cara yang paling mudah untuk mempercantik taman kecil anda adalah dengan letakkan sebagian tanaman kecil di area yang bakal dijadikan taman. 

Anda tidak dianjurkan untuk letakkan banyak tanaman di taman kecil anda, karena hal tersebut sanggup membawa dampak taman anda menjadi sumpek. 

Jadi sebaiknya bagi anda yang punya lahan kecil, pilihlah tanaman – tanaman yang berukuran kecil saja. Lebih baik kembali jika anda menanam sayuran dengan memanfaatkan pipa susun. Selain mempercantik taman, sayuran juga sanggup dikonsumsi anda dan keluarga.

3. Menentukan Tema Desain Taman Yang Sesuai Dengan Tema Rumah

Tema taman sebaiknya sesuai dengan tema desain rumah yang idamkan dihadirkan pemilik rumah. Hal yang harus diperhatikan untuk memilih tema taman rumah anda adalah luas area yang bakal digunakan sebagai taman. 

Jika lahan yang ada terbatas, sanggup memanfaatkan tema minimalis moderen atau tema minimalis saja. Biasanya taman pada lahan sempit memanfaatkan tanaman gantung ataupun tanaman yang ditanam pada pipa – pipa yang cantik.
Beberapa tema taman di antaranya taman klasik, taman modern, taman tradisional, taman jenis tropis, taman minimalis dan lain-lain. 

Pada dasarnya seluruh tema taman sebetulnya sanggup diaplikasikan di area yang luas maupun kecil, tapi yang harus diperhatikan adalah tata letak dan jenis tanaman yang bakal digunakan. 

Dengan perhatikan dua hal tersebut, tema taman yang sesuai dengan permohonan anda bakal mudah diterapkan di kira-kira rumah anda.

4. Membuat Desain Taman Sesuai Keinginan

Setelah anda mendapatkan luas area yang akan dibuat taman selanjutnya anda mendesain atau sketsa tentang peletakkan dan jenis tanaman yang akan diaplikasikan dalam sebuah taman.

Tips kami Tukang Taman Surabaya dalam langkah kedua ini anda bisa memakai jasa desain taman (arsitek landscape taman) atau anda bisa membuat sketsa sederhana tentang sebuah konsep taman.

Mulai dari tanaman hias maskot, misalkan bonsai atau pohon pelindung besar sebagai tanaman utama yang termasuk unsur lunak (landscape) dalam sebuah taman.

Sketsa desain taman lebih detailnya dengan menggunakan perbandingan antara jarak yang ada di gambar dengan jarak sesungguhnya. 

Sehingga nanti akan mempermudah dalam pengerjaan sebuah taman. Anda tidak perlu binggung lagi dalam penempatan tanaman hiasnya.

3. Memilih Tanaman Yang Bagus Dan Sesuai

Pemilihan tanaman untuk menghiasi taman rumah anda menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Pemilihan tanaman ini menjadi hal penting, karena tanaman inilah yang bakal menghiasi taman rumah anda. 

Untuk apa anda capek – capek membayangkan tema, lahan dan tata letak jika anda tidak punya uraian pemilihan tanaman mana yang bakal isikan pekarangan anda.
Ketika anda belanja tanaman sebaiknya mengatur dengan luas area yang anda punya yang bakal anda jadikan taman. Jangan belanja tanaman yang benar-benar banyak, jika anda punya area kecil. 

Sebelum ke toko tanaman, anda sanggup membawa dampak daftar tanaman yang anda sukai lalu membelinya. Tanaman yang sehat dan berguna sanggup menjadi pilihan untuk taman anda. 

Anda sanggup menkombinasikan bunga dan sayuran untuk isikan taman anda. Jadi anda tidak jenuh jika hanya lihat bunga saja di pekarangan anda, sayuran sanggup menjadi sesuatu penampilan yang menarik, berlainan dan berguna di taman anda.

6. Menghitung Anggaran Biaya

Setelah anda selesai mendesain dan menentukan jenis tanaman hias yang dipakai, maka anda harus mempersiapkan anggaran dana yang dikeluarkan. 

Karena akan keluar list daftar nama bunga beserta harga setiap itemnya. Kalau dalam penawaran istilahnya adalah RAB (Rincian Anggaran Belanja) Tanaman hias.

Karena semakin bagus dan berkualitas jenis tanaman hiasnya, maka harga pembeliannya juga semakin mahal. Misalkan saja anda memakai pohon jenis bonsai yang unik dan artistik, maka nilai jual bonsai tersebut semakin mahal.

Jadi sesuai dengan budget yang sudah anda persiapkan, jika memang anda memiliki lahan kecil dan minimalis cukup membuat taman sederhana saja. 

Terpenting unsur taman terpenuhi yaitu lahan tanah taman (top foil), rumput, tanaman hias bunga dan bebatuan sebagai aksesoris pelengkap.

7. Mempersiapkan Lahan Untuk Taman

Saran dari kami Tukang Taman Surabaya. Area taman yang sudah ditentukan hendaknya perhatikan dahulu, struktur media tanamnya. Sudah layak untuk ditanami atau masih belum.

Karena ini akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman hias, jika lahan media tanah masih bercampur dengan sampah anorganik, misalkan plastik dan lainnya maka hendaknya dibersihkan terlebih dahulu.
Setelah itu proses menggemburan tanah, bisa dengan cara dicangkul. Namun jika dirasa tidak memungkin maka anda harus melapisinya dengan tanah taman (top foil) yang banyak mengandung humus dan hara. 

8. Membuat Gundukan Tanah

Jika area lahan taman memungkinkan anda perlu menambahkan gundukan tanah, agar taman akan terlihat indah dengan nuansa landscapenya.

Dalam pembuatan gundukan tanah, anda hanya membuat beberapa permukaan tanah jauh lebih tinggi dari tanah lainnya dan membentuk landai dan melandai sehingga terlihat seperti bukit.

Gundukan-gundukan ini biasanya dipakai untuk menanam pohon maskot taman (pohon besar) sejenis bonsai atau pohon pelindung (pulai, ketapang kencana) baru dibawahnya ditaruh beberapa tanaman hias semak dan perdu.

9. Mulai Menanam Tanaman Hias

Setelah membuat gundukan dan menanam pohon maskot selanjutnya menanam beberapa tanaman hias bunga/daun, perdu, semak dan penutup tanah (undercover). Berikut urutan cara menanam tanaman hias:
  • Menanam Bonsai/Pohon pelindung pada gundukan tanah
  • Meletakkan aksesoris penghias taman (batu hias taman) di bawah bonsai pada area gundukan
  • Mulai menanam tanaman hias yang agak tinggi terlebih dahulu dari sudut pandangan mata melihat. Biar nanti tanaman yang ukuran lebih pendek tetap terlihat.
  • Menanam tanaman semak dan perdu
  • Terakhir baru menanam rumput taman.

10. Memberi Jalan Setapak (Step Stone)

Pemberian jalan setapak ini sangat penting karena hal ini dapat mencegah ketika masuk dalam taman tidak menginjak rumput taman.

Selain itu juga dapat mempermudah ketika kita mau masuk ke lahan taman saat menyiram dan merawat taman.

Material jalan setapak ini bisa dengan membuat dari bahan semen yang di cat, menata batu kali/andesit atau dengan langsung membeli step stone perkiraan harganya mulai dari 60 ribu - 70 ribu per bijinya.

11. Memperhatikan Drainase Atau Saluran Air

Saluran air juga tidak kalah perlu untuk membawa dampak sebuah taman. Fungsi drainase adalah untuk mengatur dan menyerap kelebihan air supaya air tidak menggenang. 

Jika proses penyerapan air nya bagus, maka tanaman di taman bakal tumbuh dengan baik dan subur. Kondisi tanah yang bagus untuk perkembangan tanaman adalah suasana normal. 

Jika tanah benar-benar kering, maka tanah tidak cukup punya unsur hara supaya tanaman sulit untuk tumbuh subur. 

Sedangkan jika taman benar-benar basah dan melesak kala diinjak, maka bakal membawa dampak akar tanaman cepat membusuk.

Jadi di dalam membawa dampak taman hal-hal seperti luas, tata letak, tema, tanaman dan drainase seluruhnya saling berkaitan. 

Terima kasih telah membaca artikel kami tukang taman surabaya tentang 10 Langkah-Langkah Membuat Taman. Dengan membaca artikel tersebut, kami berharapanda sanggup untuk merencanakan sebuah taman dan bagaimana membawa dampak taman yang indah sesuai idaman anda.