image image image image image image

11 Tips Cara Memasang dan Membuat Batu Koral Sikat

Menurut kami Jasa Tukang Taman Pemasangan batu koral sikat di Surabaya, Untuk pemasangan biasanya dilakukan pada bidang dinding atau tembok (vertikal) namun pada umumnya pemasangan dilakukan pada bidang datar (horizontal). 

Harga Pemasangan Koral sikat per M2

Jadi sebagian besar area yang akan dipasang batu koral sikat berupa bidang datar seperti lantai carport, trotoar, lantai tangga, lintasan/jalan setapak pada taman dan lain-lain. Untuk bidang dinding (vertikal) umumnya pada tembok dan pagar sebagai penghias dan pemanis saja.
 
Berikut beberapa sekilas secara singkat alat dan bahan beserta langkah-langkah dalam pemasangan batu koral sikat.

Jasa Pemasangan Cartpot Koral sikat
 
Jasa Pemasangan Cartpot Koral sikat

A. Alat dan bahan Pemasangan Batu Sikat

1. Batu koral sikat
2. Semen
3. Palu
4. Paku
5. Ember dan Sikat
6. Pasir
7. Air
8. Benang
9. Sendok Semen
10. Ijuk atau sapu ijuk
11. Spon
12. Gabus foam jika dibutuhkan untuk batasan desain.



B. Langkah-langkah pengerjaan Koral Sikat

  1. Siap alat dan bahannya.
  2. Sebaiknya cuci batu koral sikat terlebih dahulu sebelum dipasang, atau anda juga bisa memakai langsung tergantung selera. Kelebihan jika dicuci terlebih dahulu agar debu yang menempel pada batu hilang, sehingga daya rekatnya semakin tinggi (Direkomendasikan) tergatung selera saja. Jika lahan yang akan dipasang tidak begitu luas, karena batu koral sikat yang ducuci jumlahnya hanya sedikit.
  3. Padatkan lahan, jika perlu tambahan pasir agar lebih merata. Atur ketinggian lantai kerja dengan lantai pijakan. Lantai yang diratakan harus lebih rendah, misalnya lebih rendah 14 cm dari lantai pijakan. Ketinggian ini untuk lantai kerja 5 cm, lantai koral sikat 4 cm dan sisanya 5 cm untuk jarak antara koral sikat dengan pijakan. Atau anda bisa menggunakan gabus foam dengan ketebalan 1 – 2 cm agar lebih mudah dalam pemasangan batu koral sikatnya. 
  4. Buat lantai dasar atau lantai kerja dengan membuat tulangan dari besi 40 cm, kemudian dicor beton. Tunggu hingga 2 hari. Namun jika menggunakan gabus foam anda hanya perlu menunggu dalam waktu 1 hari sudah cukup (sudah kering). 
  5. Siapkan adonan atau acian dengan perbandingan 1 : 3 (semen : pasir) kemudian diratakan sesuai dengan bidang yang telah direncakan atau didesainkan yang bebupa tulangan besi tadi atau gabus foam yang sudah digambar/didesainkan. 
  6. Taburkan bubuk semen pada lapisan sebelum batu koral sikat dipasang. Tujuannya agar cepat kering dan tinggi daya lekatnya. 
  7. diamkan selama 20 menit hingga setengah kering 
  8. Setelah itu batu koral sikat secara perlahan-lahan dibersihkan dengan menggunakan sikat dengan berhati-hati dan teliti. Tujuannya agar adonan atau spesi terangkat sebagian dan memunculkan karakter batu sikat yang menempel pada bidang area. 
  9. Setelah batu terlihat kira-kira ¾ penyikatan di hentikan 
  10. Tunggu hingga kering, kemudian lakukan penyikatan yang kedua dengan menggunakan ijuk (sapu ijuk) atau anda bisa menggunakan spon yang telah dibasahi dengan air secara berlahan. Gantilah air apabila sudah keruh terkena semen atau spesi tadi dengan air yang lebih jernih. Tujuannya pada tahap ini adalah agar batu koral sikat lebih bersih dari adonan atau spesi. 
  11. Langkah yang paling terakhir yaitu membiarkan batu koral sikat benar-benar kering dan menempel yang kemudian anda bisa melapisinya dengan coating (biasa kami jasa tukang taman dan pemasangan batu sikat surabaya jenis PROPAN BENING (TRANSPARAN). Dalam hal ini tidak harus untuk dilakukan, namun jika menginginkan hasil yang maksimal maka proses coating direkomendasikan, selain dapat melapisinya dari timbulnya jamur pada batu koral sikat juga dapat membangkitkan aura karakter batu alam yang lebih natural. 
Cara dan Harga Pemasangan Koral sikat per M2

Cara dan Harga Pemasangan Koral sikat per M2

Jika anda ingin tahu berapa biaya dan harga pemasangan batu koral sikat per meter perseginya (M2) anda bisa melihatnya pada Harga Batu Alam Ampyangan/Koral Sikat dan Jasa Pemasangannya.

Selanjutkan berikut ini beberapa tips yang perlu anda ketahui menurut versi kami jasa tukang taman dan pemasangan batu alam surabaya :
  1.  Gunakan batu alam koral sikat yang ukurannya sama
  2. Belilah batu koral sikat pada showroom, suplaiyer atau stand bunga biasanya  menyediakan barangnya dan beberapa contoh batu koral sikat beserta karyanya yang didokumentasikan atau dipublikasikan dalam bentuk foto
  3. Jika ragu memilih jenis batu alam koral sikat dan pola pemasangannya anda bisa menggunakan jasa layanan arsitek pemasangan batu alam koral sikat, apabila dana anda mencukupi dan tidak terlalu ribet memasangnya
  4. Gunakan spesi dengan perbandingan 1 : 3 (semen : pasir) jika biayanya memungkinkan bisa menggunakan semen khusus yang lebih cepat kering dan berdaya rekat lebih tinggi 
  5. Dalam pemasangan batu alam koral sikat biasanya ada batu yang tidak seragam atau rusak, sehingga pembelianya dilebihkan 20% dari total pembelian batu alam koral sikat yang telah direncanakan. 
  6. Kerjakan dengan teliti dan sabar tidak perlu terlalu terburu-buru 
  7. Untuk pemasangan di bagian eksterior pastikan cuaca cerah atau panas 
  8. Pekerjakan tukang yang sudah berpengalaman dalam pemasangan batu alam koral sikat 
  9. Untuk pemasangan koral sikat sebaiknya dibuat pola desain berurutan 1mx1m terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah pengeringan awal mengingat pemasangan batu koral membutuhkan waktu yang relatif lama.
Demikian ulasan singkat tentang 11 Tips Cara Memasang Batu Koral Sikat
Apabila kurang jelas mohon maaf dari kami Jasa Tukang Taman Surabaya Flamboyanasri. Mungkin dilain waktu dan kesempatan dapat menyertakan video tahapan proses pemasangan batu koral sikat.

Atau anda ingin tahu tips yang lain tentang 6 Tips Memilih Pola Pemasangan Batu Alam

Namun jika anda menginginkan langsun memakai jasa layanan kami bisa kontak kami dibawah ini :

Tombol tidak berfungsi apabila dibuka via website komputer

0 Response to "11 Tips Cara Memasang dan Membuat Batu Koral Sikat"

Post a Comment