Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Ciri Ciri Daun Pucuk Merah Terbaik

Konten [Tampil]

Tukang Taman Surabaya tentang ciri ciri daun pucuk merah jenis tanaman hias yang satu ini memang sangat populer dan banyak yang menyukainya walaupun pucuk merah tidak mempunyai bunga yang indah.

Sehingga biasa dikenal dengan jenis daun pucuk merah karena memang dinikmati keindahan dari warna daun yang kemerah-merahan.

Ciri ciri batang pucuk merah mempunyai banyak cabang sehingga cepat dalam pertumbuhan daunnya. Untuk warna daun pucuk merah hijau mengkilap pada pangkal batang sedangan merah keunguan pada ujung daun.

Ciri ciri daun pucuk merah tulang daunnya mempunyai ujung dengan bermata dua dan menyirip hasil sederhana dari observasi pucuk merah yang kami tukang taman Surabaya ketahui.

Tekstur daun pucuk merah halus berwarna hijau dan mengkilap ketika daun sudah dewasa, namun jika ketika tumbuh mempunyai warna yang indah yaitu merah keunguan.

Selain untuk tanaman hias pucuk merah yang dinikmati keindahan warna daunnya juga mempunyai beberapa manfaat daun pucuk merah

ciri ciri daun pucuk merah

Tukang Taman Surabaya Tentang Ciri Ciri Daun Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah atau Syzygium paniculatum memiliki kebiasaan daun yang lebat dengan rona merah pertumbuhan baru. 

Tingginya bisa mencapai 15 meter, tetapi ada beberapa bentuk tertentu yang ukurannya lebih kecil. Ini memiliki buah yang dapat dimakan, 

kebanyakan berwarna merah muda magenta, tetapi bisa juga berwarna putih atau ungu. Buahnya adalah buah bush tucker yang terkenal dan dapat digunakan untuk selai dan saus, dan sangat menarik bagi burung. 

Syzygium paniculatum dapat rentan terhadap psyllids, serangga yang dapat menyebabkan jerawat daun. 

Dapat ditanam di bawah sinar matahari untuk berpisah tempat teduh. Penyiraman, mulsa, dan pemupukan secara teratur akan memastikan pertumbuhan terbaik.

3 Ciri Ciri Daun Pucuk Merah

Pucuk merah atau Syzygium paniculatum ada pula yang menyebutnya dengan tanaman Lilly Pilly yang fantastis ini 

Berikut adalah ciri ciri daun pucuk merah :

  • Memiliki daun kecil, mengkilap, berbentuk tombak yang berwarna merah muda/merah saat muda. 
  • Daun hijau mengkilap kecil yang memiliki pertumbuhan baru merah-perunggu.
  • Bunga berbulu berwarna krem diikuti oleh tandan buah beri berwarna merah muda hingga merah yang dapat dimakan.

Yang bisa dimakan bisa digunakan untuk membuat selai yang enak. Buah beri memiliki rasa asam, seperti cranberry, dengan sedikit cengkeh dan merupakan makanan semak gourmet yang populer. 

Ini sangat baik sebagai pohon hias untuk tempat berteduh dan naungan dan sifat dedaunan yang lebat membuatnya

ciri ciri daun pucuk merah

Jenis Daun Pucuk Merah

Jenis daun untuk ciri ciri daun pucuk merah adalah tanaman hutan yang selalu hijau dengan daun hijau mengkilap. 

Banyak varietas memiliki rona pertumbuhan baru yang berwarna-warni, mulai dari merah muda cemerlang hingga merah-coklat.

Baca juga Jarak Tanam Pucuk Merah Untuk Pagar

Pada musim semi hingga awal musim panas, sebagian besar bunga lili memiliki bunga putih atau kehijauan yang halus diikuti dengan buah beri merah, ungu, atau keputihan yang tahan lama. 

Ada ciri ciri daun pucuk merah, karena banyak spesies dan kultivar di pasar. Dari jumlah tersebut, beberapa salah nama, sementara beberapa tampil lebih baik daripada yang lain di taman.

ciri ciri daun pucuk merah

Ciri Ciri Batang Pucuk Merah

Nama: lilly pilly, riberry, semak atau ceri sikat. Spesies Syzygium dan cvs, juga Acmena cvs dan Waterhousia sp.

Tinggi: 1–10m+, tetapi dapat dipotong sesuai ukuran.

Dedaunan: biasanya mengkilap. Dedaunan baru sering berwarna-warni, dan sering kali ada "ujung tetes" yang berbeda di ujung daun.

Baca juga Bentuk Tulang Daun Pucuk Merah

Iklim: varietas tersedia untuk semua kecuali daerah beriklim dingin atau gersang. Beberapa baik-baik saja di daerah terlindung dari zona dingin.

Tanah: lebih menyukai tanah yang dalam dan berkualitas, tetapi mudah beradaptasi. Varietas yang lebih kecil baik-baik saja dalam pot.

Berbunga dan berbuah: umumnya ciri ciri daun pucuk merah dan bunga "powder puff" dari musim semi hingga musim gugur. Banyak yang memiliki buah yang berwarna-warni, sering dapat dimakan.

Pemberian nutrisi: nutrisi setiap tahun dengan pupuk lepas-terkontrol yang berkualitas. Penyiraman: kelembaban yang andal selama periode panas dan kering, tetap mulsa dengan baik.

ciri ciri daun pucuk merah

Warna Daun Pucuk Merah

Pucuk merah lebih menyukai tanah lembap yang subur namun tetap tumbuh subur dalam kekeringan, sinar matahari penuh atau semi teduh akan tetap tumbuh normal, 

tanah berpasir, dan kondisi pantai. Pucuk merah tidak cocok di area basah, jadi pastikan ada drainase yang memadai.

Pucuk merah akan tumbuh cukup bahagia sebagai tanaman kontainer meskipun mereka membutuhkan penyiraman secara teratur, karena tanaman kontainer mengering dengan sangat cepat.

Pucuk merah, terutama banyak varietas taman, menghasilkan kontras yang indah dalam ciri ciri daun pucuk merah warna dedaunan dari daun dewasa hijau mengkilap hingga perunggu, merah, merah muda, atau tembaga dalam pertumbuhan baru.

Rentang warna ini dikombinasikan dengan pertumbuhannya yang padat secara alami menjadikannya pilihan yang bagus untuk lindung nilai. 

ciri ciri daun pucuk merah

Observasi Pucuk Merah

Syzygium adalah genus lebih dari 1000 spesies yang terjadi di hutan hujan tropis dan subtropis. Ada sekitar 50 spesies di Australia yang hidup di wilayah Kimberly di Australia Barat, Northern Territory, 

Queensland dan utara New South Wales. Genus termasuk spesies yang sebelumnya diklasifikasikan dalam genus Acmena serta sejumlah yang sebelumnya diklasifikasikan sebagai Eugenia. 

Baca juga 4 Cara Merawat Tanaman Dengan Baik

Spesies yang sebelumnya dikenal sebagai Eugenia australis sekarang dianggap sebagai dua spesies terpisah, Syzygium australe dan S.paniculatum.

Syzygium paniculatum adalah semak atau pohon kecil dengan kulit bersisik. Ciri ciri daun pucuk merah daunnya berseberangan 

(masing-masing pasangan muncul dari batang di lokasi yang sama tetapi pada sisi yang berlawanan), berbentuk tombak atau elips dan berwarna hijau cerah dan mengkilap. 

Bunga putih muncul di musim panas dan diikuti oleh buah-buahan besar, berdaging, berwarna magenta. 

Ini berbentuk bulat telur dan panjang sekitar 20 mm dengan biji besar. Buahnya dapat dimakan dan sering dibuat menjadi selai.

S.paniculatum adalah spesies yang dapat diandalkan di sebagian besar iklim sedang dan subtropis. Ia lebih menyukai tanah yang subur dan kelembapan yang terjamin. 

Bentuk yang menarik dengan dedaunan beraneka ragam adalah dalam budidaya. Untuk ciri ciri daun pucuk merah spesies ini dapat tumbuh dengan sukses di bak besar.

Perbanyakan biasanya dilakukan dari biji segar, baik dengan menabur buah utuh atau setelah mengeluarkan daging. 

Perkecambahan mungkin lambat dan spasmodik. Spesies ini juga dapat tumbuh dari stek yang kuat, pertumbuhan musim saat ini.

Tekstur Daun Pucuk Merah

Daunnya panjangnya 3-10 cm dan lebarnya 1,5-3 cm, berhadapan, sederhana dan agak lonjong, meruncing di pangkal daun. 

Mereka berwarna hijau gelap mengkilap di halaman atas, dan lebih pucat di bawah. Daun muda berwarna merah-perunggu. Tangkai daun memiliki panjang sekitar 3-5 mm.

Manfaat Daun Pucuk Merah

Buah pucuk merah adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit. 

Buah beri juga merupakan sumber anthocyanin yang baik untuk melindungi tubuh dari serangan lingkungan, folat untuk membantu mengembangkan materi genetik, dan kalsium untuk memperkuat tulang. 

Di antara orang Aborigin Australia, buah ini secara lokal dikenal sebagai "beri obat" dan dipercaya dapat membantu mencegah pilek dan infeksi.

Itulah ulasan kami tukang taman Surabaya tentang ciri ciri daun pucuk merah semoga dapat memberi informasi tentang tanaman hias daun yang indah.