Adsen Bawah Navi

Lantai Carport Dengan Batu Alam Koral Sikat (Ampyang)

Konten [Tampil]
Flamboyanasri.com Banyak pemilik rumah membutuhkan garasi atau carport tetapi tidak semua memiliki lahan yang cukup untuk mewujudkannya. Kami sebagai penyedia jasa sebagai Tukang Taman Surabaya juga melayani dalam pemasangan lantai carport. Akhibatnya ruang garasi pun berpindah ke halaman depan. Dengan memberi kesan pada lantai carport dan menambahkan teduhan secukupnya, terciptalah fasilitas dengan fungsi yang lebih kurang mirip garasi (carport) tetapi tidak harus menyediakan lahan khusus.

Tukang Taman Surabaya Lantai Carport
Fasilitas ini biasa dikenal dengan sebutan “Lantai Carport” meski sebutan carport sudah cukup familiar bisanya dengan menggunakan batu alam koral sikat atau berpaduan granit dengan batu koral sikat. Tidak sedikit yang lebih mengenal sebutan kanopi untuk atap atasnya, pergola serta berbagai sebutan lainnya meski sesungguhnya yang dimaksudkan adalah lantai carport.
 

Lantai carport adalah bagian penting yang harus anda perhatikan pada waktu membuat bangunan carport. Selain konsep lantai, sesuatu yang sangat utama adalah bahan yang dipakai untuk lantai carport. Ada beberapa macam bahan yang dipakai dalam membuat lantai yang dijual oleh toko bangunan atau penyedia jasa layanan seperti kami Tukang Taman Surabaya, mulai dari beton cetak hingga keramik. Namun tiap-tiap material mempunyai kesan serta keunggulan kualitas yang tidak sama.

Jika Anda ingin menggunakan bahan untuk penutup lantai carport, pastikan atasnya bertekstur tidak halus (kasar), sehingga tidak licin saat terkena air. Selain itu, pilih material yang mempunyai daya tahan yang kuat karena berfungsi menahan beban kendaraan (mobil) yang berat.
 

Selanjutnya, anda harus perhatikan adalah dari segi perawatannya. Pilih yang perawatannya yang mudah dan tidak mudah kotor seperti memakai batu koral sikat anda cukup menyiramnya dengan air ditergen dan membilasnya atau dengan sedikit disikat dengan ijuk (sapu). Bila warna batu alam sudah mulai kusam anda bisa mengcoatingnya lagi maka corak warna batu alam akan lebih tajam dan mengkilat.
 

Gambar Lantai Carport Batu Alam Koral Sikat

Carport sering diartikan sebagai garasi sementara. Mengupas pada asal katanya dalam bahsa inggris, carport dapat diartikan sebagai sebuah ruang tempat memarkir mobil. Sumber lain menyatakan arti kata dari lantai carport sebagai naungan tempat parkir mobil, atap tambahan untuk perlindungan mobil, atau struktur yang digunakan untuk memberi perlindungan tertentu bagi kendaraan terutama mobil, serta beberapa pengertian lainnya.

Pada prinsipnya, beberapa pengertian tersebut mengacu pada pengertian lantai carport sebagai pilihan untuk memperindah tempat garasi yang merupakan fasilitas berupa ruang yang terbentuk dari struktur atap tertentu yang berfungsi untuk menyimpan kendaraan. Tidak banyak yang tahu bagaimana kata carport terbentuk pertama kalinya. Kata ini pertama kali dipopulerkan oleh arsitek terkenal, Fank Lioyd Wright  sekitar tahun 1936.
 

Bagi Frank, sebuah mobil bukanlah kuda yang membutuhkan kandang, sehingga tidak memebutuhkan tempat perlindungan yang rumit. Menurutnya lantai carport memberi perlindungan yang lebih dari cukup karena mobil yang telah dibuat dengan baik.
 

 Gambar Lantai Carport Batu Alam Koral Sikat

Hal ini bisa dipahami dengan melihat kondisi pada masa itu yang jauh berbeda dengan kondisi saat ini. Pengaruh cuaca terhadap kondisi fisik mobil serta tingkat pencurian kendaraan bukanlah hal yang perlu dirisaukan seperti pada masa sekarang. Karena pada masa itu, fasilitas perlindungan mobil yang berupa carport merupakan suatu kemewahan tersendiri. Banyak pertimbangan yang menyebabkan pemilik rumah menambahkan carport pada halaman rumahnya. 

Beberapa pengguna membutuhkan carport sebagai tempat parkir sementara sebelum mobil dimasukkan kepada garasi pada malam hari jadi batu alam koral sikat sangat cocok untuk pilihan lantainya selain mempunyai keindahan seni juga lantai garasi lebih berwarna dan tidak monoton. Untuk perpaduannya koral sikat (ampyangan) bisa dikombinasikan dengan batu alam lainnya misalnya batu andesit, batu kali, batu marmer atau batu lempengan acak.

Seperti halnya seperti ini Desain Gambar Motif Batu Alam Koral Sikat (Ampyangan)

Untuk fungsi dari carport itu sendiri adalah sebagai garasi yang memang sering adanya keluar masuk mobil. Jadi lahan dari garasi biasanya berada pada samping rumah yang memungkinkan adanya lahan yang sudah disediakan karena garasi (carport) merupakan bagian dari bangunan rumah sehingga perlu perencanaan khusus.
 

Faktor biaya juga menjadi pertimbangan lain untuk memutuskan dalam memilih desain carport mulai dari atapnya hingga lantainya. Namun kontruksi carport bisa dibuat lebih sederhana daripada garasi, biaya pembuatannya dapat ditekan seminimal mungkin semuanya tergantung anda.
Seiring perkembangan dikota dengan keterbatasan lahan seperti halnya rumah minimalis dengan keterbatasan lahan, keberadaan carport semakin populer.

Apakah Fungsi Utama Dari Carport ?

Sebenarnya fungsi utama dari carport adalah untuk menyimpan kendaraan, khususnya mobil. Tentu saja tidak, selain berfungsi sebagai penyimpanan kendaraan, carport harus bisa memberi fungsi perlindungan untuk kendaraan yang disimpan di dalamnya juga tidak kalah pentingnya adalah keserasian dan keindahan maka pilihan lantai carport yang cocok adalah dengan batu alam koral sikat (ampyangan).
 

Meski diakui jika dibandingkan dengan garasi fungsi carport memberikan perlindungan yang lebih terbatas karena desain ruangnya yang terbuka. Ruang yang tengah terbuka tersebut dimaksudkan agar dapat memberikan sirkulasi udara yang lebih cukup. Jika ada kerusakan mobil carport juga dapat dipakai sebagai alternative ruangan yang dapat dipakai sebagai tempat bengkel darurat.
 

Ada pula fungsi lainnya dari carport adalah dapat menahan panas matahari agar tidak langsung memasuki rumah. Seperti teras, teduhan yang menghasilkan atap carport bisa berfungsi sebagai ruang antara yang dapat digunakan untuk menurunkan suhu udara luar sebelum memasuki rumah.
 

Beberapa fungsi tambahan dari carport sebagai ruang bermain anak jadi usahakan jangan sampai lantai carport kondisi licin karena ini akan sangat berbahaya bagi si kecil. Jadi pilihan yang tepat adalah menggunakan batu alam koral sikat sebagai pilihan untuk lantai carport, garasi, teras atau halaman rumah anda.

Namun carport juga sebagai tempat pertemuan seperti arisan, pertemuan keluarga, atau kegiatan lainnya. Meski bersifat insidental fungsi-fungsi tambahan ini harus diperhitungkan ketika merencanakan pembuatan carport, sehingga keberadaan carport nantinya dapat bermanfaat untuk kegiatan lainnya.

Apa saja elemen penyusun carport?

Jika selama ini ada anggapan bahwa carport tidak dibatasi dinding karena fasilitas ini merupakan garasi darurat, pada kenyataannya tidaklah demikian. Sejak adanya carport memang tidak hanya diperuntukkan sebuah bangunan yang ruangnya tertutup.
 

Berbeda dengan arti sebuah garasi yang diartikan sebagai bangunan tambahan (sebuah bangunan tambahan dari bangunan) untuk meyimpan kendaraan roda empat. Namun arti dari carport tidak mengacu pada bangunan yang cenderung tertutup. Batasan ruang carport bisa dipahami dengan mengenali elemen penyusun ruangnya. Secara garis besar, ruang carport terbentuk atas tiga elemen utama yaitu lantai carport, penyangga dan atap.
 

Untuk elemen atap pada carport bukan hanya untuk melindungi ruang dibawahnya maupun pengguna di dalamnya. Namun atap dari carport juga difungsikan sebagai pembentuk yang sekaligus membatasi ruang utama carport.
Jika atap merupakan batas atas ruang carport, lantai carport merupakan batas bawah dari ruang carport.


Elemen lantai carport ini menerima beban yang cukup besar berat dari mobil jadi anda harus teliti dalam membuatnya jangan asal-asalan. Pondasi atau cor harus benar-benar kuat, namun jika anda berniat memasang lantai carport dari batu sikat dengan perpaduan batu granit atau andesit untuk kekutannya bisa direkomendasikan. Asalkan pondasi atau cornya harus kuat agar tidak mudah retak.

Baca juga Tips Cara Membuat dan Memperindah Lantai Dengan Batu Koral Sikat


Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, fungsi lain dari lantai carport ini juga biasanya terdapat aktifitas lainnya misalnya membersihkan dan mencuci mobil. Bahkan kadang servis ringan kendaraan juga di lakukan pada ruang carport.
 

Selain elemen lantai dan atap yang merupakan elemen utama, terdapat pula elemen penyangga yang berfungsi secara struktural. Elemen ini biasanya berupa dinsing atau tiang. Namun seiring perkembangan teknologi dalam pengetahuan struktur dan dunia konstruksi, elemen penyangga ini tidal selalu berupa dinsing atau tiang, misalnya pada struktur kabel dan membran. Lebih jauhnya mengenai struktur atap carport yang bisa dipakai adalah temperad atau galvalum sebagai pilihan.
 

Meskipun tersusun dari tiga elemen utama (atap, penyangga dan lantai carport) namun bentuk carport lebih banyak ditentukan oleh elemen atapnya. Bentuk atap carport memberi bentuk dari tampilan carport secara keseluruhan karena ukuran dan letaknya yang lebih dominan terlihat dari elemen lainnya. Bisa dikatakan bahwa atap merupakan elemen utama pembentuk sebuah carport yang mendominasi dari tampilan sebuah carport.
 

Jadi tidak heran apabila keindahan dan keserasian sebuah tampilan carport sebagian besar ditentukan oleh keindahan atapnya. Untuk itu eksplorasi dan inovasi pada tampilan atap carport terus dilakukan. Tidak hanya pada bentuk dan struktur atap, melainkan juga pada material rangka dan penutup atap. Jika dahulu atap carport hanya mengikuti bentukan atap konvensional, saat ini berbagai bentuk baru bermunculan. Semuanya memiliki maksud untuk mendapatkan tampilan yang indah dan serasi antara bangunan rumah dengan atap carport.
 

Gambar Lantai Carport Tukang Taman Surabaya

Keindahan carport mencerminkan keindahan tampilan sebuah rumah karena letaknya di depan atau disamping rumah. Keindahan tersebut dapat dicapai karena peran dari atap dan lantai carport. Tidak heran apabila sekarang membangun sebuah carport membutuhkan inspirasi agar tampilan atap dan lantai carport terlihat lebih cantik dan serasi.

Namun, jangan sampai salah kaprah dengan menghadirkan sebuah bangunan carport yang hanya menonjolkan satu karakter dengan atap dan lantai carport yang terlalu kontras dan mencolok namun tidak memperhatikan sebuah keserasian karena akan mengurangi nilai estetika tampilan rumah.

Keserasian merupak aspek satu kesatuan desain dengan rumah induk untuk itu memilih atap dan lantai carport dengan menggunakan batu alam koral sikat akan menghadirkan carport yang unik dan cantik. Dan semoga menjadi solusi pilihan bagi anda yang butuh pilihan desain lantai carport dengan batu alam koral sikat.


Butuh jasa pemasangan lantai carport dengan batu koral sikat kami sebagai penyedia Tukang Taman Surabaya juga melayani dalam pemasangan dengan kualitas dan harga terbaik kami.
Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Lantai Carport Dengan Batu Alam Koral Sikat (Ampyang)"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel