image image image image image

Tips Cara Membuat dan Memperindah Lantai Dengan Batu Koral Sikat

Jasa Tukang Taman Surabaya - Flamboyanasri

Cara Buat Lantai Batu Koral Tukang Taman Surabaya
Kami sekarang hadir sebagai Tukang Taman Gresik Wilayah Jawa Timur
Salam sapa dari kami, mungkin anda sudah mendengar dan mengetahui tentang jenis batu alam yang satu ini, yaitu jenis batu alam Batu koral sikat atau ada yang menyebutnya Batu alam Ampyangan (istilah lain Batu Carport) anda juga bisa menyimaknya pada artikel kami tentang Harga Batu Alam Ampyangan/Koral Sikat dan Jasa Pemasangannya.

Jenis Batu koral sikat ini sendiri bisa dijadikan sebagai hiasan pada taman-taman, garasi, dan trotoar. Di samping itu, telah banyak sekali jenis batu koral yang satu ini untuk dijadikan material penghias pada lantai betonnya.

Anda juga dapat menyimak beberapa motif desain carport kami pada Carport Batu Alam Tukang Taman Surabaya

Cara Buat Lantai Batu Koral Tukang Taman Surabaya
Lantai Carport Desain Motif Planet
Pastikan lantai yang akan di pasang batu koral sikat/ampyangan sudah di rabat beton atau sudah benar-benar kuat agar nanti lantai yang terpasang koral sikat kuat dan tidak mudah retak. Langkah-langkah sederhana dalam Tips Cara Membuat dan Memperindah Lantai Dengan Batu Koral Sikat sebagai berikut :
Cara Buat Lantai Batu Koral Tukang Taman Surabaya
Lantai Carport Desain Motif Diagonal

A. Persiapkan Bahan Material
Sebelum memperindah lantai di garasi menggunakan koral sikat, sebaiknya persiapkan bahan material di bawah ini terlebih dulu :

1.  Persiapkan batu koral yang berwarna-warni sesuai dengan selera dan keinginan, dan selera warna yang anda sukai. Anda bisa membeli batu koral di toko khusus yang menjual jenis batu alam, pastikan ukuran batu koral tersebut sama besarnya.


2. Persiapkan pembatas dari kayu atau besi dengan ukuran sama rata. Anda juga bisa menggunakan dengan Gabus form yang biasa digunakan untuk dekorasi untuk ketebalannya anda bisa menggunakan dengan tebal 1cm - 2cm tergantung anda.

Adapun kegunaan dari pembatas ini supaya permukaan dari batu koral ini sesuai berdasarkan permukaan lantai yang sama rata dan sebagai pembatas yang dapat membentuk pola atau gambar.

Kemudian sebelum melakukan pengerjaan pembatas tersebut wajib dilumuri oleh oli supaya ketika pengerjaannya nanti menjadi lebih mudah untuk dipisahkan dan tidak lengket (rekomendasi bagi yang masih pemula) kalau sudah ahli seperti kami Tukang Taman Surabaya tidak perlu menggunakannya lagi.

3. Persiapkan sikat kawat yang khusus atau bisa juga dengan menggunakan sikat baju, yang digunakan untuk menyikat batu koral ini, umumnya dijual banyak di toko batu alam dan material.


4. Persiapkan juga adukan semen berfungsi untuk mengikat dan menguatkan batu koral antara satu dan yang lainnya. Adapun adukan pasir dan semen usahakan dengan perbandingan 1 :1. Lalu tambahkan dengan air secukupnya saja pastikan tidak terlalu encer.

B. Cara Memasang Hiasan Batu Koral Untuk Lantai
Bila semua bahan-bahan di atas sudah dipersiapkan, maka anda pun bisa langsung memasang hiasan dari batu koral dengan cara sebagai berikut :


1. Pertama-tama masukkan terlebih dulu adukan pasir dan semen pada cetakan yang telah dibuat.


2. Kemudian tata batu koral tersebut, untuk motif sendiri anda bisa memilihnya sesuka hati dari tingkat kerumitan mudah, sedang atau rumit. Ada motif desain koral sikat diagonal kotak, ornament, logo atau gambar abstrak, tetapi yang lebih penting anda sudah mempersiapkan dan pastikan cetakan yang dimulai pada pinggir cetakan terlebih dulu.


3. Selanjutnya aplikasikan batu alam sikat batu koral ke adonan semen, sesudah adukan semen dibubuhi oleh batu koral yang setengah kering. Setelah batu alam koral sikat sudah dimasukkan kasut perlahan dengan sedikit tekanan supaya batu koral menempel pada adonan semen.


Kemudian tunggu beberapa menit sekiranya batu koral sudah menempelkuat lalu disikat bagian permukaannya sepaya batu koral tersebut indah dan tampak jelas. Lalu kemudian di gosok memakai kain basah lalu biarkan sampai kering batu koral sikat tersebut.

4. Untuk langkah terakhir apabila lantai batu koral sikat atau ampyangan sudah benar-benar kering anda bisa melapisinya dengan cairan coating atau pelapis anti jamur. Jadi batu koral sikat akan lebih terlihat corak yang tajam dan menampilkan kesan naturalnya.

Untuk jenis cairan coatingnya ada dua dengan pengencer cairan minyak (coating minyak) dan cairan pencampur air (coating air) kami biasa menggunakan merk propant di toko material bangunan biasanya menyediakannya.

Itulah cara sederhana dalam Tips Cara Membuat dan Memperindah Lantai Dengan Batu Koral Sikat
Atau apabila anda tidak mau repot-repot dalam pembuatanya anda bisa menghubungi kami Tukang taman Surabaya untuk menyedia jasa dalam pemasangan Call contact WA 0857 5591 5557 atau PIN 583ACC66

0 Response to "Tips Cara Membuat dan Memperindah Lantai Dengan Batu Koral Sikat"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463