3 Unsur - Unsur Elemen Taman Landscape

Tukang Taman Surabaya. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa unsur-unsur dalam pembuatan taman. Karena ini merupakan prinsip dalam membuat taman, jika unsur dan element ini terpenuhi maka akan tercipta sebuah taman yang indah.

Karena selain fungsi penghijauan disisi lain taman juga harus sedap dan indah dipandang mata. Unsur elemen taman secara dibagi menjadi 3 yaitu landscape, hardscape dan artscape untuk lebih detailnya akan kami jelasnya dibawah ini.

Dari tiga kategori tersebut masih membutuhkan lebih detail rincian dan bentuk pengaplikasiannya seperti apa termasuk prinsip dalam perancangan taman yang baik mulai dengan rinci. Mulai dari pemilihan lahan, desain taman sampai tahap finishing dalam pembuatan taman.

Pemilihan sebuah konsep taman harus tepat karena harus disesuaikan dengan fungsi dan penempatan lokasi taman itu berapa, misalkan konsen taman kota modern jelas berbeda dengan konsep taman rumah minimalis.
Dilihat dari jenis pemilihan pohon pelindung dan tanaman hiasnya harus disesuaikan. Ambil contoh juga pada lokasi indoor yang jarang sekali terkena sinar matahari, 

maka pemilihan konsep taman yang tepat adalah taman kering/dry garden (zen garden) karena desain konsep taman ini minim penggunaan tanaman hias hidup.

3 Unsur - Unsur Taman

Tukang Taman Surabaya Tentang 3 Unsur-Unsur Elemen Taman Landscape

Elemen unsur taman merupakan bagian atau unsur yang mampu membuat komposisi taman menjadi lebih indah dan tertata dengan kompak.

Dan harus diketahuai bahwa ketiga unsur-unsur taman tersebut harus senantiasa mempunyai keserasian sehingga terbentuk sebuah taman yang artistik. 
Unsur elemen berikut akan memiliki pembawaan dan ragam type yang bakal saling melengkapi agar hadirnya sebuah taman mampu tampil fungsional. Berikut adalah unsur-unsur dalam pembuatan taman antara lain :

1. Unsur Elemen Keras (Hardscape)

Elemen keras (hardscape) memiliki material bahan yang keras elemen berikut terdiri berasal dari tanah, beragam bebatuan, pendustrian, pagar, bangku taman, Gazebo dan sebagainya.

bahan material untuk elemen keras bersifat keras seperti beton logam kayu dan sebagainya. elemen keras terhadap taman minimalis memiliki pembawaan tanpa ornamen terhadap setiap elemennya kesan dingin dan kaku 

Hal ini sangat mendominasi dikarenakan penampilan material yang dominan batu sebagai elemen keras digunakan terhadap taman ini. 

Penempatannya ditata dengan sederhana, misalnya dengan komposisi yang radial. Atau batu diletakkan dibiarkan dibiarkan saja atau ditata sesuai dengan komposisi radial, diagonal dan sebagainya.

Berbagai jenis batu yang dipakai pun bermacam ragam, menjadi berasal dari batu kali, batu koral, batu sikat atau batu hias taman dan batu lainnya.

Batu hias taman mampu di letakkan untuk  melengkapi elemen taman yang lunak agar Akan tampil lebih anggun.  Untuk batu alam yang berukuran kecil dapat digunakan dengan kuantitas yang banyak sebagai penutup tanah atau ground cover, jalan setapak, atau pendestrian
 
Aksesories taman seperti kursi taman, taman dan lampu taman memiliki bentuk-bentuk yang geometris tanpa detil yang rumit agar penataan yang sesuai bakal menjadikan satu kesatuan antara bangunan dan elemen keras. 

2. Unsur Elemen Lunak (Softscape)

Elemen unsur lunak (softscape) terhadap taman terdiri berasal dari type tanaman menjadi berasal dari rumput sampai pepohonan.  

Pembawaan terhadap elemen lunak bersifat tanaman yang memiliki garis-garis tegas, sederhana,  dan ringan.  fungsinya adalah memperkuat penampilan bangunan agar memperoleh kecocokan konsep komitmen taman antara taman dan bangunan

Secara umum tersedia berbagai jenis tanaman yang termasuk di dalam elemen lunak yakni tanaman yang sedikit air, tanaman air dan pohon perlindung (perindang)
Jenis tanaman yang sedikit air atau istilahnya tanaman bernuansa gurun antara lain sikap,  Palem,  siklo,  Agave dan type kaktus
 
Ragam tanaman yang dapat difungsikan sebagai pohon pelindung atau perindang,  kebanyakan type ini ini yang memiliki ketinggian lebih tinggi berasal dari tanaman lainnya.  

misalkan pohon kamboja tabebuya, pohon pulai, pohon ketapang kencana, pohon jacaranda, pohon trembesi dan lain sebagainya.
 
Pohon ini kebanyakan difungsikan sebagai pohon perindang yang mampu menjadikan situasi lebih asri.  Dan fungsinya agar tanaman hias di bawahnya hidup dengan baik karena lebih sejuk tidak terkena matahari langsung
 
Jenis tanaman rumput atau semak atau  ground cover makna lain adalah tanaman penutup tanah.  misalkan bambu Jepang anjing gondok bawang brojol, miana,  tanaman taiwan Dan lain sebagainya.
Tanaman type typa terhadap saat ini menjadi pilihan favorit untuk menghiasi taman,  dikarenakan memiliki pembawaan garis-garis yang tegas dan ringan dalam perawatannya. 

Tanaman rumput kebanyakan di letakkan di taman kolam sebagai Tanaman pagar dan akses terhadap pintu masuk.

3. Unsur Elemen Keindahan (Artscape)

Selain elemen unsur-unsur di atas tidak kalah pentingnya adalah elemen air yang menjadi sangat mutlak berasal dari bagian Sebuah taman dikarenakan Kedatangan air mampu merefleksikan bayangan ke bangunan.  

Karena dengan kehadiran air berikut mampu sebabkan penampilan bangunan yang kaku menjadi dinamis. Elemen berikut mampu diaplikasikan terhadap kolam atau fountain.  Bentuk kolam dan fauna ikuti komitmen yang sangat simple dengan bentuk-bentuk yang geometris.

Bentuk menghadirkan air dapat di aplikasikan adanya batu hias buatan (batu artifisial) Walaupun secara umum dikategorikan pada unsur keras, namun elemen ini lebih menonjolkan pada unsur keindahannya karena menambah nuansa berwarna pada sebuah taman.

Demikian tadi ulasan singkat dari kami Tukang Taman Surabaya Tentang 3 Unsur-Unsur Elemen Taman Landscape. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi bagi anda. Terima kasih.