10 Cara Membuat Air Terjun Sederhana

Jasa Tukang Taman Surabaya. Mengulas cara membuat air terjun sederhana, namun tidak secara detail. Karena untuk membuatnya harus sedikit banyak tahu tentang bagunan dan tehnik sipil. Walaupun anda hanya membuat air terjun buatan mini tetapi ilmu tentang cara membuat air terjun mini harus anda kuasai.

Apalagi apabila anda berencana membuat air terjun dinding kaca maka harus punya keahlian khusus. Berbeda dengan cara membuat air terjun mini dari barang bekas, ini hanya sekedar menyalurkan hobi dan berkreasi saja.

Jadi jika anda berniat membuat air terjun dinding dalam rumah, maka serahkan pada ahlinya saja. Dari pada anda buang-buang waktu dan biaya. Walaupun anda mempelajarinya pada chanel video yang memberi tutorial cara membuat tebing buatan namun itu tidaklah cukup.

Jasa Tukang taman surabaya Kolam minimalis


Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang Cara Membuat Air Terjun Sederhana

Menghadirkan suasana relaksasi pada hunian dapat dengan metode menghadirkan faktor air dengan kolam ikan minimalis batu alam. Elemen air ialah unsur penting yang dapat memunculkan suasana hening, nyaman serta meneduhkan pada sebuah kediaman.
Baca juga Cara Penataan Taman Dan Kolam Agar Terlihat Indah
Itulah sebagian alasan, banyak penghuni rumah berkeinginan membikin kolam, pancuran air atau water wallSalah satu kelebihan water wall yaitu kecuali menghadirkan keteduhan faktor air dan tak memerlukan lahan yang luas, 

tampilan water wall juga akan mempercantik dinding dan lebih gampang nampak sehingga lebih gampang dirasakan. Sebagian hal penting yang seharusnya dilihat sebelum membikin water wall antara lain:


1. Tentukan Tema Water Wall

Pikirkanlah terutama dulu tema apa yang berharap anda buat sebelum anda akan membikin water wall. Tema dinding air yang anda buat hendaknya tak bertabrakan dengan konsep rumah yang sudah ada.


2. Menentukan Ukuran Lokasi

Pada biasanya dalam membuat air terjun kami Jasa Tukang Taman Surabaya ditempatkan pada daerah yang terbuka seperti di taman rumah. Supaya bisa dirasakan penghuni dari dalam rumah karenanya hendaknya lokasi dinding air dipilih pada posisi yang menghadap rumah.
Baca juga Jasa Pembuatan Kolam Waterwall/Air Terjun Dinding
Sekiranya anda mau menempatkan air terju/water wall didalam rumah, hal yang perlu anda observasi ialah bagaimana caranya supaya water wall hal yang demikian tak mengalami kebocoran


3. Membuat Pondasi Kolam

Pembuatan bak kolam dan dinding dari cor semen memakai konsep kantilever. Dengan masing-masing berukuran 90cmx50cmx10cm. Undakan tertinggi berjarak 120cm dari mulut kolam, sementara antarundakan berjarak 20cm. Berikut sistem membikin kolam air terjun berundak.

10 Cara Membuat Air Terjun Sederhana


4. Membuat Dinding Untuk Air Terjun

Ukuran yang dianjurkan untuk pembuatan fondasi water wall yakni sekitar 40 cm dan dengan kedalaman 40 cm. Fondasi ini berfungsi sebagai penguat dari bangunan water wall.

Pertama, buat struktur barier tiap undakan berupa rangka berbentuk "L" dari rangkaian besi beton berdiameter 10mm dan 12mm - besi 12mm berfungsi sebagai pengikat struktur undakan ke dinding.Struktur kemudian ditutup dengan cor semen setebal 6 cm.
Baca juga Biaya Pembuatan Air Terjun Waterwall Minimalis
Beri dinding pembatas 4cm pada pinggiran undakan untuk menyusun semacam bak.Finishing batu alam dan penempatan kaca pada mulut undakan dikerjakan sesudah cor semen mengering.

Untuk Metode peredaran air kami Jasa Tukang Taman Surabaya mengaplikasikan pompa 110watt, yang ditanam di zona koral. Pompa dikaitkan dengan pipa dari kolam ke undakan paling atas.

10 Cara Membuat Air Terjun Sederhana


5. Lapisan Dinding Air Terjun/Water Wall

Lapisan luar bisa mengaplikasikan batu alam atau cat. Seandainya memakai batu alam pilihlah batu yang mempunyai pori-pori padat, dan jangan lupa untuk melapisinya dengan coating supaya tak ditumbuhi jamur dan lumut.


6. Memasang Pompa Air

Untuk penggunaan pompa disesuaikan dengan darimana air berasal. Bila air yang diaplikasikan berasal dari dalam tanah karenanya tak bisa mengaplikasikan pompa lazim, sekiranya mengaplikasikan air yang berasal dari lapisan tanah yang lebih dalam sepatutnya memakai pompa jet pump.


7. Memberikan Efek Air Pada Water Wall

Metode peredaran air menerapkan pompa 110 watt, yang ditanam di zona koral. Pompa dikaitkan dengan pipa dari kolam ke undakan paling atas.

Ada sebagian sistem yang bisa dijalankan dikala membikin waterwall sehingga akan memberikan efek air yang berbeda-beda. Seandainya pertama ialah air mengalir, air mancur atau air terjun.
Baca juga Jasa Pembuatan Dekorasi Tebing
Dari pengalaman kami Jasa Tukang Taman Surabaya. Jikalau anda akan membikin efek air terjun anda membutuhkan penampungan air dan dikeluarkan dalam debit yang banyak. Kalau mengharapkan efek air mengalir anda tak perlu menyiapkan penampungan air.

Dan bila mengharapkan efek air mancur dibutuhkan daerah penampungan air serta daerah untuk menjadikan efek air mancur yang berasal dari lubang kecil.

10 Cara Membuat Air Terjun Sederhana


9. Finishing

Finishing batu alam dan penempatan kaca pada mulut undakan dijalankan sesudah cor semen mengering.


10. Softcape dan Hardscape

Dengan penambahan hardscape dan softscape karenanya tampilan water wall akan menjadi kian indah. Meskipun hardscape merupakan batu-batuan alam, guci dan rumah lampu. Kecuali model softscape merupakan tanaman sirih belanda, anthurium dan melati air.

10 Cara Membuat Air Terjun Sederhana


9. Aksesoris Lampu / Penerangan Pada Water Wall

Lampu bisa anda tambahkan pada water wall, sehingga pada malam hari estetika dinding air bahkan akan konsisten bisa nampak. Formatnya itu pengaplikasian water wall juga berfungsi sebagai penambah keindahan.

Sekian artikel dari kami jasa tukang taman surabaya tentang 10 Cara Membuat Air Terjun Sederhana. Semoga dapat menjadi referensi anda. Selamat mencoba apabila anda masih ingin mencoba dan berkreasi.

Bila berminta langsung saja kontak kami :