8 Cara Mudah Membuat Water Wall Batu Alam

Jasa Tukang Taman Surabaya. Berbagi tips cara mudah membuat water wall minimalis dari batu alam. Pembuatan water wall dari batu alam ini bisa untuk menambah nilai estetika baik dalam ruangan (indoor) atau luar ruangan (Outdoor). Hadirnya water wall biasanya banyak yang menggunakan dengan istilah air terjun dinding batu alam.


Jasa Tukang Taman Surabaya Water Wall Batu Alam

Anda dapat membuat water wall atau air terjun dengan cara yang sangat sederhana sederhana misalkan dengan bahan material paralon. Karena pada dasar utamanya adalah adanya aliran air pada sisi atau muncul ke permukaan dengan keringgian tertentu.
Baca juga Cara Membuat Air Terjun Di Kolam Ikan
Jadi komponen dasar (utama) adalah daya dorong dengan pompa air sehingga terjadi aliran air yang tiada hentinya. Sebenarnya cara kerjanya juga sangat simpel saja, tetapi anda harus benar-benar memahami untuk tehnik dasarnya dalam pembuatan. Namun apabila anda ragu dan hanya buang waktu dan biaya bisa memakai jasa tukang kolam minimalis

Jasa Tukang Taman Surabaya Water Wall Batu Alam

Jasa Tukang Taman Surabaya Water Wall Batu Alam


Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang 8 Cara Mudah Membuat Water Wall Batu Alam

Salah satu keuntungan dari dinding air (water wall) adalah memiliki air dan tidak memerlukan medan yang sangat luas; penampilan dinding air juga akan memperindah dinding dan akan lebih mudah dilihat dan diapresiasi.
Berikut beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat water wall/dinding air:


1. Menentukan Tema Water Wall

Pikirkan dulu tentang tema yang ingin Anda buat sebelum membuat dinding air. Tema dinding air yang Anda buat tidak boleh bertentangan dengan konsep rumah yang ada.


2. Memilih Tempat Yang Tepat

Secara umum, dinding air diletakkan di tempat terbuka, seperti di taman rumah. Agar penghuni interior rumah dapat menikmati, lokasi dinding air atau kolam minimalis harus dipilih sehingga menghadap ke rumah. 
Baca juga Cara Penataan Taman Dan Kolam Agar Terlihat Indah
Jika Anda ingin menempatkan dinding air di dalam rumah, Anda harus berhati-hati agar tidak membiarkan dinding air mengalir kemana-mana.


3. Memberikan Efek Air

Menurut kami jasa tukang taman surabaya. Ada beberapa cara untuk membuat dinding sehingga menghasilkan efek berbeda pada air. Yang pertama adalah air yang mengalir, air mancur atau air terjun. 

Jika Anda ingin membuat efek air terjun, Anda membutuhkan reservoir air dan melepaskannya di banyak tempat pembuangan sampah. Jika Anda menginginkan efek air mengalir, Anda tidak perlu menyiapkan tangki air.  Untuk biayanya anda dapat
Baca juga Biaya Pembuatan Water Wall/Air Terjun Minimalis
Dan jika Anda menginginkan efek air mancur, Anda memerlukan tangki air dan lokasi untuk membuat efek air mancur yang berasal dari lubang kecil.


4. Bangunan Penopang (Pondasi)

Ukuran yang disarankan untuk membuat fondasi dinding air adalah sekitar 40 cm dan kedalaman 40 cm. Pondasi ini berfungsi sebagai penguat untuk bangunan tembok air.


5. Lapisan Dinding Luar

Dinding air pasti bisa ditutup dengan cat atau batu alam. Jika Anda ingin menggunakan cat, Anda harus menggunakan cat tahan air untuk mencegah kerusakan. Pilihan lain adalah menggunakan batu alam, pilihlah karakteristik batu yang tidak menyerap air dan tahan terhadap gerusan air.
Baca juga 10 Batu Alam Yang Bagus Dan Terfavorit
Lebih disukai memilih batu alam yang mungkin memiliki pori-pori padat seperti batu andesit, batu candi atau batu alam. Ingatlah untuk menutupi batu alam menggunakan lapisan untuk mencegah pertumbuhan lumut dan jamur.


6. Mesin Pompa Air

Untuk penggunaan pompa, itu disesuaikan dengan sumber air. Jika air yang digunakan berasal dari tanah, itu tidak bisa menggunakan pompa biasa. Jika Anda menggunakan air dari lapisan tanah yang lebih dalam, Anda harus menggunakan pompa jet.


7. Elemen Aksesoris Softcape dan Hardscape

Dengan tambahan hardscape dan softscape, tampilan dinding air akan menjadi lebih indah. Contoh hardscape adalah batu alam, guci, dan lampu. Sedangkan contoh softscape adalah tanaman sirih Belanda, anthurium dan air melati.
Baca juga 43 Macam Tanaman Hias Indoor dan Outdoor
Karakteristik tanaman yang sesuai di dinding air, seperti tanaman tahan di tempat yang dilindungi. Alami dan memiliki rakteristik tersendiri termasuk sirih Belanda, philodendron, anthurium atau air melati.


8. Lampu / Penerangan Pada Dinding Air

Anda bisa menambahkan lampu ke dinding air sehingga di malam hari, keindahan dinding air selalu terlihat. Selain itu, penggunaan dinding air juga berperan sebagai penambah estetika.

Karena Selain digunakan sebagai lampu malam untuk dapat melihat keindahan dinding air, penggunaan lampu juga boleh digunakan untuk memperbaiki estetika dinding air. 

Lampu boleh digunakan di belakang aliran air atau untuk menyerlahkan objek indah dinding air. Lampu yang sesuai adalah tempat yang mempunyai efek cahaya yang indah.

Demikian artikel singkat kami jasa tukang taman surabaya tentang 8 Cara Mudah Membuat Water Wall Batu Alam. Semoga dapat menjadi inspirasi anda.